15 Hal Unik yang Perlu Kita Ketahui Tentang Burung Unta

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

15 Hal Unik yang Perlu Kita Ketahui Tentang Burung Unta

Burung unta atau yang mempunyai nama ilmiah Struthio camelus merupakan salah satu burung yang terbesar untuk saat ini. Tingginya bisa mencapai hampir 3 meter dan berat mencapai 100 kg – 120 kg per ekor. Meskipun tergolong burung, namun burung unta berbeda dibandingkan dengan jenis burung lain karena tidak bisa terbang. Hal itu disebabkan karena burung unta mempunyai bobot yang cukup besar. Burung unta pada awalnya banyak ditemukan di benua Afrika dan sebagian di wilayah Timur Tengah. Sebenarnya banyak sekali jenis burung unta hanya saja kini jenis dan populasinya makin berkurang. Beberapa penyebab punahnya burung unta diantaranya perburuan liar untuk diambil daging, bulu dan telur untuk dijadikan berbagai makanan dan asesoris bagi manusia. Dibalik penampilannya yang besar terdapat beberapa hal unik mengenai burung unta.

Burung Unta

Burung Unta

Beberapa hal mengenai burung unta yang perlu kita ketahui :

  1. Burung unta merupakan salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang. Badannya yang sangat besar menyebabkan dia tidak bisa terbang layaknya burung jenis lainnya. Seperti kita ketahui agar dapat terbang seekor burung harus mempunyai beberapa syarat diantaranya harus mempunyai sayap yang berbulu dan juga harus berbadan ringan. Burung unta mempunyai bulu sayap yang halus namun karena bobotnya cukup berat maka burung unta tidak bisa terbang.
  2. Burung unta mempunyai kemampuan lari yang sangat hebat. Mereka dapat berlari dengan kecepatan 70 km / jam dengan sekali melompat bisa mencapai 5 meter. Kecepatan tersebut merupakan yang tercepat dari jenis burung lainnya. Jadi dalam satu kali melangkah dapat menempuh sekitar 5 meter.
  3. Mempunyai rentang sayap yang lebar sekitar 2 meter yang dapat digunakan untuk mengubah arah saat berlari.
  4. Dapat hidup dengan jumlah kelompok yang banyak dari 10 burung hingga 50 burung dalam satu kelompok.
  5. Mempunyai kemampuan menyembunyikan kepala di dalam tanah untuk melindungi dari musuh.
  6. Hanya mempunyai 2 kuku saja, berbeda dengan kuku burung lain yang berjumlah 4 kuku.
  7. Burung unta dapat hidup bersama-sama dengan hewan lain dalam satu komunitas. Saat mereka berpindah tempat, mereka juga bersama-sama dengan hewan lain seperti zebra.
  8. Terkadang terjadi pertarungan antar pejantan dalam memperebutkan betina. Pertarungan itu terkadang mengakibatkan kematian salah satu pejantannya.
  9. Burung unta termasuk hewan social dimana mereka bisa bersama-sama meletakkan telur dalam tempat yang sama. Namun mereka dapat membedakan telur mana saja yang mereka hasilkan. Tempat telur itu berukuran cukup besar sekitar 3 meter.
  10. Telur burung unta mempunyai panjang 15 cm dengan berat mencapai 24 kali berat telur ayam biasa. Kita bisa membayangkan betapa besar telur burung unta. Telur itu dilapisi cangkang yang sangat keras.
  11. Telur burung unta dierami bergantian antara pejantan dan betina. Pada siang hari, telur akan dierami betina sedangkan pada malam hari akan dierami pejantan. Pergantian itu dimaksudkan untuk melindungi dari predator. Bulu betina warnanya menyerupai warna pasir sehingga sesuai untuk mengerami pada siang hari. Sedangkan warna bulu jantan lebih gelap sehingga sangat tepat melindungi telur pada malam hari.
  12. Telur akan menetas setelah 45 hari dierami. Setelah menetas, mereka akan bersama-sama mengasuh bersama-sama. Pejantan akan melindungi anak-anaknya dan mengajari mereka memberi makan.
  13. Burung unta kini dapat dikembangkan menjadi wisata dimana mereka dapat menjadi arena pacuan burung unta yang menarik wisatawan. Jika di Indonesia arena pacuan burung unta belum lazim dilakukan.
  14. Seperti halnya hewan yang hidup di gurun pasir, mereka dapat bertahan beberapa hari tanpa minum air. Namun setelah menemukan sumber air, mereka akan banyak minum air. Tak jarang mereka akan mandi di sumber air tersebut.
  15. Burung unta mempunyai bola mata yang cukup besar sekitar diameter 5 cm.

Baca juga!

Burung Unta

Burung Unta

Telur burung unta  termasuk telur terbesar didunia khususnya dari jenis unggas. Satu butir telur burung unta dapat mencapai 1,4 kg per butir. Panjang telur mencapai 15 cm dan lebar 13 cm. Dibandingkan telur ayam, besar telur burung unta 20 – 24 kali lipat lebih besar dibandingkan ukuran telur ayam biasa. Sehingga jika dibuat makanan maka dapat menjadi berbagai jenis makanan yang banyak.

Menurut penelitian, burung unta mengandung magnesium dan zat besi yang banyak, kolesterol dan lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan telur ayam dengan berat yang sama. Namun telur burung unta mengandung sedikit vitamin A dan E. Jika dibandingkan telur ayam biasa, telur burung unta sangat lezat dan enak. Hal ini menjadi suatu tantangan bagi penangkar untuk menyediakan telur burung unta untuk tujuan ditetaskan dan dikonsumsi.

 

Dewasa ini peminat burung unta di Indonesia mengalami peningkatan. Hal itu ditandai dengan meningkatnya jumlah pemesanan burung unta untuk kategori umur 1 dan 2 bulan. Saat ini pemesanan untuk memenuhi permintaan burung unta untuk tujuan dijadikan ternakan atau hewan peliharaan. Harganya yang relatif lebih mahal tidak menjadi kendala yang berarti bagi pecinta burung unta. Dengan adanya penangkaran tersebut maka akan menambah populasi burung unta di habitat yang baru.

Burung unta cukup mudah beradaptasi di lingkungan yang baru. Dengan kelebihan tersebut maka bisa memudahkan dalam menangkarkan terutama di habitat yang baru. Selain itu burung unta juga mudah beradaptasi terhadap hewan  lain sehingga tidak memerlukan kandang khusus yang terpisah dari hewan jenis lainnya. Burung unta dapat berkelompok menjadi beberapa ekor hingga 50 ekor dalam satu kelompok.

 

Keunikan burung unta lainnya :

Keunikan yang dimiliki burung unta adalah pejantan ikut mengerami telurnya sehingga menetas. Setelah menetas maka pejantan akan ikut mengasuh anak-anaknya sehingga besar. Saat ini sangat jarang ditemukan pejantan yang mau bersama-sama mengerami dan mengasuh anaknya hingga dewasa. Namun itulah kelebihan sekaligus keunikan dari burung unta.

Demikianlah serba serbi tentang burung unta. Burung unta kini tak hanya di pelihara di wilayah yang merupakan habitat asli namun menyebar ke berbagai benua yang lain termasuk Asia tenggara. Dalam pemeliharaannya tidak membutuhkan perlakuan yang khusus. Pakan burung unta juga bisa diperoleh di sekitar kita. Jika memungkinkan untuk kandang memerlukan lahan yang luas terutama jika ingin dikembangbiakkan. Dengan pola pemeliharaan yang tepat maka kita dapat menjaga populasi burung unta agar tidak mengalami kepunahan. Jika tidak mendapatkan perhatian kita akan khawatir anak cucu kita tidak mengenal berbagai hewan yang telah punah karena tidak mendapatkan pemeliharaan yang baik.

Bagi Anda yang berminat memelihara burung unta, kami menyediakan burung unta dari anakan yang berumur 1 bulan dan 2 bulanan. Kami juga menyediakan berbagai jenis ayam hias yang dapat kami kirimkan dalam bentuk telur dan anakan, remaja hingga dewasa. Kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Anda dapat memesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

 

Kata terkait:
habitat burung unta, burung unta bertelur, daging burung unta, burung unta kawin, makanan burung unta, harga burung unta, burung unta di Indonesia 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3.5 based on 7 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Burung Unta
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

One Response

  1. […] lebih lanjut Anda juga bisa membaca artikel kami tentang 15 Hal Unik yang Perlu Kita Ketahui Tentang Burung Unta. Di artikel tersebut kami menjelaskan ke unikan burung unta atau ada juga sebagian kecil yang […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: