0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

9 Fakta Unik Ayam Kalkun, Si Ayam Besar yang Ternyata Bisa Terbang

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

9 Fakta Unik Ayam Kalkun, Si Ayam Besar yang Ternyata Bisa Terbang

Fakta unik ayam kalkun

9 Fakta Unik Ayam Kalkun, Si Ayam Besar yang Ternyata Bisa Terbang – Siapa sih yang tidak kenal dengan ayam kalkun? Ya, ayam yang terkenal dengan pial atau jengger dan suaranya yang unik ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Selain itu, ayam kalkun juga terkenal dengan rasa dagingnya yang lezat dan juga bermanfaat. Bahkan tidak sembarang tempat atau restoran yang menyajikan olahan daging ayam kalkun karena daging ayam kalkun tergolong sebagai hidangan mewah. 

Namun dibalik keunggulan-keunggulan ayam kalkun tersebut, tahukah Anda bahwa ayam kalkun bisa terbang? Ya benar sekali, meskipun bertubuh besar ternyata ayam kalkun bisa terbang. Penasaran dengan fakta unik ayam kalkun yang lain? Yuk simak informasinya!

Fakta unik ayam kalkun
Ayam besar yang satu ini, tidak hanya dikenal sebagai hewan peliharaan saja. Bahkan daging kalkun pun bisa di olah menjadi hidangan mewah

Fakta Unik Ayam Kalkun

1. Ayam Kalkun Merupakan Pelari yang Handal

Meskipun ayam kalkun dikenal memiliki tubuh yang besar bahkan bisa berukuran 5 kali lipat lebih besar dari ayam biasa, jangan dikira kalkun tidak bisa berlari. Kalkun memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan yang baik yaitu sekitar 40 km/jam. Lumayan kencang juga ya. Karena kalkun memiliki kaki yang ramping serta memiliki cakar yang kuat, tidak heran jika hewan ini bisa berlari dengan cepat. 

Fakta unik ayam kalkun
Dengan kaki nya yang ramping dan cakar yang kuat, kalkun bisa berlari dengan kecepatan mencapai 40 km/jam

2. Ayam Kalkun Bisa Terbang

Selain memiliki kemampuan berlari yang cukup baik dan kencang, ternyata kalkun bisa terbang juga loh. Seperti ayam-ayam lainnya kalkun pun memiliki kemampuan untuk terbang. Tercatat kalkun jenis Meleagris gallopavo atau kalkun liar dapat terbang dengan kecepatan penuh 55 km/jam. Karena kalkun tersebut memiliki postur tubuh yang ramping sehingga bisa terbang dengan cepat. Namun untuk kalkun yang diternakkan umumnya memiliki badan besar sehingga kecepatan terbangnya tidak bisa maksimal. Sedangkan kalkun liar jenis Meleagris gallopavo kini populasinya semakin sedikit dan hampir punah.

Fakta unik ayam kalkun
Siapa sangka ayam kalkun tidak bisa terbang? Ayam kalkun jenis kalkun liar ini bisa terbang loh.

3. Ayam Kalkun Bisa Tidur Diatas Pohon

Seperti hewan lain, kalkun juga memiliki hewan predator. Setelah matahari tenggelam, untuk menghindari hewan predator seperti rubah atau serigala. Kalkun akan mulai naik ke pohon dengan cara terbang ke cabang paling rendah lalu ia dengan kikuk akan melompat ke atas cabang demi cabang hingga ia mencapai ketinggian yang aman.

Fakta unik ayam kalkun
Keunikan lain yang dimiliki oleh ayam kalkun ialah mereka bisa tidur diatas pohon. Salah satu fungsinya adalah sebagai perlindungan diri dari serangan musuh

4. Jenis Kelamin Ayam Kalkun Bisa Dibedakan Berdasarkan Betuk Kotorannya

Fakta ini memang terdengar sangat unik namun sedikit menjijikkan, namun hal ini memang benar adanya. Dengan melihat bentuk dari kotoran yang dikeluarkan oleh kalkun, kita bisa mengetahui jenis kelamin dari kalkun tersebut. Jika bentuk kotoran yang dikeluarkan berbentuk spiral maka kalkun tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan jika kotoran yang dikeluarkan berbentuk seperti huruf J maka kalkun tersebut berjenis kelamin betina.

Fakta unik ayam kalkun
Jika Anda bingung membedakan jenis kelamin dari kalkun peliharaan Anda? Lihatlah bentuk dari kotoran mereka, jenis kelamin dari kalkun juga bisa dibedakan dari bentuk kotoran yang dikeluarkannya.

5. Ukuran Tubuh Ayam Kalkun Jantan Lebih Besar daripada Ayam Kalkun Betina

Kalkun jantan berukuran lebih besar daripada kalkun betina dengan berat tubuh rata-rata 8-10kg. Kemudian untuk kalkun betina memiliki berat tubuh yang lebih kecil yaitu sekitar 4-6 kg.
Kalkun juga memiliki gelambir merah yang menjuntai di bawah dagu dan biasa disebut dengan jengger. Baik kalkun jantan maupun betina, keduanya memiliki jengger. Hanya saja jengger pada kalkun betina lebih kecil. Sedangkan jengger pada kalkun jantan lebih besar dan fungsional karena bisa berfungsi sebagai penarik perhatian dari kalkun betina. Kalkun betina akan lebih memilih pasangan dengan jengger yang panjang.

Fakta unik pada ayam kalkun
Ukuran tubuh kalkun jantan lebih besar dari kalkun betina. Kalkun jantan juga memiliki gelambir jengger yang lebih panjang sebagai pemikat perhatian kalkun betina.

6. Produktivitas Ayam Kalkun

Saat memasuki usia 8 bulan keatas, kalkun telah memasuki masa produksi dimana kalkun betina akan mulai bertelur. Dalam sekali musim kawin kalkun dapat bertelur sebanyak 10 hingga 12 biji selama kira-kira 2 minggu lamanya periode bertelur. 

Pernahkah Anda melihat telur ayam kalkun? Karena ukuran tubuhnya yang besar, telur ayam kalkun juga besar meskipun tidak sebesar telur burung unta. Telur kalkun berukuran kira-kira dua kali lebih besar dari telur ayam biasa. Usia menetas dari telur kalkun adalah saat telur kalkun berumur 28 hari. Anakan kalkun termasuk hewan precocial, sehingga ketika menetas anakan kalkun telah memiliki bulu-bulu halus. Lalu mereka dengan cepat akan segera bisa berjalan, berlari, dan mencari makan sendiri. Anakan kalkun sudah bisa mandiri tanpa induknya.

Fakta unik pada ayam kalkun
Selama musim kawin, kalkun betina akan bertelur. Telur tersebut akan menetas menjadi anakan dan ternyata anakan kalkun bisa mandiri hidup tanpa induknya.

7. Ayam Kalkun Memiliki 2 Perut

Seperti hewan unggas lainnya, kalkun tidak memiliki gigi jadi kalkun butuh bantuan tambahan untuk memecah makanan yang mereka makan. Setiap suapan yang ditelan masuk terlebih dahulu akan masuk ke dalam ruang yang disebut dengan proventriculus, yang menggunakan asam lambung untuk mulai melunakkan makanan. Dari ruang tersebut, makanan bergerak menuju empedal, tempat dimana otot-otot khusus bekerja untuk menghancurkan makanan menjadi potongan-potongan kecil.

Fakta unik yang dimiliki ayam kalkun
Karena tidak memiliki gigi, jadi kalkun memerlukan bantuan untuk melunakkan makanan yang ditelan. Di dalam proventriculus lah makanan akan dilunakkan dengan bantuan asam lambung

8. Kalkun Memiliki Penglihatan yang Cukup Tajam

Tanpa kita sadari, mata kalkun memiliki penglihatan yang tajam. Selain itu kalkun memiliki penglihatan tepi yang luar biasa. Manusia hanya dapat melihat sekitar 180 derajat saja tetapi kalkun bisa lebih dari itu. Mengingat letak mata kalkun terdapat di sisi kepala maka kalkun bisa melihat hingga 270 derajat. Jadi kalkun memiliki penglihatan yang jauh lebih baik daripada manusia dan dapat melihat sinar ultraviolet.

Fakta unik yang dimiliki kalkun
Karena letak matanya yang presisi dan berada di sisi kepala, kakun dapat melihat hingga 270 derajat.

9. Ayam Kalkun Termasuk Hewan yang Cerdas

Mengapa bisa dibilang cerdas? Ya, karena kalkun dapat saling mengenali teman-temannya dengan melalui suara. Kalkun juga bisa memvisualisasikan peta wilayah dimana mereka tinggal dan bisa mengenali pola. Kalkun jantan akan menyerang apapun yang tampak seperti ancaman.

Fakta unik ayam kalkun
Hewan ini juga tergolong cerdas, kalkun bisa mengenali teman-temannya melalui suara yang dikeluarkan.

Banyak juga ya ternyata fakta-fakta unik dari ayam kalkun. Jenis-jenis dari ayam kalkun juga beragam, baik kalkun untuk konsumsi ataupun sebagai kalkun hias. Selain jinak dan mudah untuk diternakkan, pakan yang diberikan pun tidak sulit. Untuk saat ini harga ayam kalkun relatif terjangkau.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam kalkun konsumsi ataupun kalkun hias, kami menyediakan berbagai jenis ayam kalkun mulai dari telur, anakan, hingga usia dewasa. Kami siap mengirimkan ke seluruh daerah di Indonesia. Untuk pemesanan, silahkan hubungi kami kapan saja di nomor :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
pakan ayam kalkun, daging ayam kalkun, ternak ayam kalkun, jual ayam kalkun, ayam kalkun betina, harga ayam kalkun, jenis ayam kalkun, 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: