Mengenal Asal Usul Ayam Kalkun yang Melegenda | Dari Mana Asalnya ?

Saat ini keberadaan ayam kalkun di Indonesia sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Bahkan daging ayam kalkun tersebut sudah banyak dimanfaatkan untuk santapan kulineran.

Berbagai macam masakan atau kuliner berbahan dasar kalkun sudah menjamur di berbagai resto-resto terkenal. Biasanya daging ayam kalkun ini banyak diolah menjadi ayam panggang, sup dan anekan kuliner khas daerah.

Ayam kalkun menjadi salah satu jenis ayam hias import yang banyak dikembangbiakan oleh masyarakat di Indonesia | image 1Source: canva.com
Ayam kalkun menjadi salah satu jenis ayam hias import yang banyak dikembangbiakan oleh masyarakat di Indonesia | image 1

Ayam kalkun banyak dipilih untuk menjadi olahan masakan karena memiliki nilai gizi dan vitamin yang tinggi. Manfaat daging kalkun pun juga cukup banyak dan tentunya akan menyehatkan bagi tubuh manusia.

Di luar negeri daging ayam kalkun banyak digunakan untuk perayaan hari-hari besar agama dan thanks giving. Tetapi apakah Anda tahu dari manakan asal usul ayam kalkun ini ?

Baca juga : Manfaat Daging Ayam Kalkun untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Asal Usul Ayam Kalkun

Jenis-jenis ayam kalkun yang banyak dan terdiri dari variasi warna yang berbeda-beda tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Adapun untuk jenis ayam kalkun populer yang ada di jualayamhias.com meliputi ayam kalkun bronze, kalkun self buff, kalkun royal palm, kalkun burbon red, kalkun goleden palm, kalkun putih, kalkun self buff, kalkun hitam dan kalkun blue slate.

Disebut sebagai meleagris ayam kalkun menjadi salah satu spesies burung yang memiliki ukuran tubuh besar. Ayam kalkun ini masin termasuk ke dalam ordo Galliformes genus Meleagris.

Asal mula ayam kalkun berasal dari Meksiko | image 2
Asal mula ayam kalkun berasal dari Meksiko | image 2

Ada satu hal yang membuat ayam kalkun ini unik. Jika kita amati ayam kalkun jika dalam bahasa inggris disebut sebagai Turkey. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa meskipun namnya Turkey, kalkun ini bukan berasal dari Turki loh.

Terus kira-kira dari mana yaa ? Jadi sekitar 400 tahun yang lalu ayam kalkun tersebut telah ditemukan di daerah Meksiko dan Amerika Utara. Ayam kalkun yang memiliki ukuran besar ini mulanya memang sudah banyak diternakkan oleh penduduk kuno di Meksiko.

BACA JUGA:  11 Jenis Ayam Kate yang Unik dan Mempesona

Kemudian datanglah orang-orang Spanyol ke Meksiko, kedatangan orang-orang Spanyol tersebut tidak lain untuk disebarkan ke Benua Eropa.

Setelah sampai di Eropa, ketika orang-orang Eropa tersebut tidak mengetahui asal muasal ayam kalkun ini banyak mengira bahwa ayam kalkun ini dibawa dari Turki.

Jenis ayam kalkun yang paling dicari dan banyak peminatnya yakni ayam kalkun hitam | image 3Source: en.wikipedia.org
Jenis ayam kalkun yang paling dicari dan banyak peminatnya yakni ayam kalkun hitam | image 3

Oleh karena hal tersebut orang Eropa menamakan ayam kalkun tersebut dengan sebutan Turkey. Bahkan nama tersebut masih bertahan hingga saat ini.

Kalau di Indonesia gimana nih ceritanya kok bisa jadi Kalkun ? Jadi dulu nama kalkun tersebut diambil dari ejaan dalam Bahasa Belanda yang namanya “Kalkoen” nah nama tersebut pun juga diambil dari kota “Kalikut” di India.

Baca juga : 6 Hal Penting Ternak Ayam Kalkun yang Baik

Bagaimana Ciri-ciri Ayam Kalkun

Ayam kalkun terkenal memiliki ukuran tubuh yang besar dan bongsor. Keunikan ayam kalkun yang paling mencolok yakni terdapat pada gembair di leher, hidung dan juga bulu pada ekornya.

Gelambir tersebut terdapat pada bagian depan hidung dan mengantung hingga leher. Selain itu pada gelambir di leher terlihat sangat jelas dengan benjolan-bejolan berwarna merah.

Jika kita amati ekor pada bulu ayam kalkun jantan dapat mengembang dan mekar layaknya burung merak. Biasanya ekor bulu ayam kalkun akan mekar pada saat musim kawin tiba.

Berikut merupakan sepasang ayam kalkun jantan dan ayam kalkun betina. Sekilah memang nambah sama tetapi berbed a| image 4
Berikut merupakan sepasang ayam kalkun jantan dan ayam kalkun betina. Sekilah memang nambah sama tetapi berbed a| image 4

Hal ini bertujuan agar dapat menarik perhatian ayam kalkun betina. Bebeda lagi jika dengan ayam kalkun betina. Ayam kalkun betina tidak dapat mengembangkan ekornya layaknya ayam kalkun jantan.

Untuk warna bulu ayam kalkun betina pun cenderung lebih netral jika dibandingkan dengan ayam kalkun jantan yang memiliki warna cerah dan cantik.

Agar dapat mengenal lebih jauh tentang ciri-ciri ayam kalkun lebih lengkapnya baik kalkun jantan maupun ayam kalkun betina sebagai berikut ini :

BACA JUGA:  Cara Mudah Ternak Ayam Kalkun Putih
Ayam Kalkun JantanAyam Kalkun Betina
Ukuran kepala cenderung besarBerwarna hitam dengan ujung abu-abu pada paruhnya
Tidak terdapat bulu pada kepalaSedikit berongga antara badan dan sayap
Bagian kepala ada gelambir ada kulit tebal berlipat-lipat berwarna merah, bercak putih dan kebiruanWarna abu-abu kehitaman pada lidah dan langit-langit
Mata berwarna kehitaman dan agar menjorok ke lapisan kulit yang berkerut-kerutPada ujungnya bulu ekornya menyempit
Paruh berwarna putih dengan pangkal hitamMemiliki pial berukuran kecil dengan warna hitam kusam
Terdapat daging yang tumbuh di depan hidung posisi menjulur kebawahMatanya besar, berbentuk bundar, dan berwarna hitam
Memiliki ekor yang dapat mengembang seperti kipasWarna hitam kusam pada kulit dan telapak kakinya
Untuk yang betina setelah kalkun berusia 4 bulan dapat bertelur 30 butir per periode

Keberadaan ayam kalkun saat ini masih menjadi peluang bisnis yang masih menjanjikan. Banyak dari kolektor ayam hias yang menjadikan ayam hias ini sebagai hewan peliharaan di rumah. Selain itu tidak sedikit pula yang menjadi ayam kalkun ini sebagai ayam penghasil daging.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam kalkun. Kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam kalkun mulai dari usia 1 bulan hingga indukan siap produksi.

Kami siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia menggunakan kargo hewan terpecaya dan tentunya dengan ongkos kirim terjangkau.

Silahkan dapat menghubungi nomor layanan pelanggan kami dibawah ini untuk mengetahui daftar harga ayam kalkun terbaru, cara pengiriman, cara pemesanan dan konsultasi gratis lainnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (3 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: