3 Cara Jitu Menghindari Ayam Bertarung dan Mudah Akur

Ada kalanya kita membeli ayam baru untuk menambah maupun memperbanyak koleksi ayam kita. Tetapi dengan adanya ayam baru terkadanng malah membuat masalah baru yakni ayam baru tadi akan bertarung dengan ayam yang lama.

Kalau hal ini tidak kita fahami dengan baik, maka akan mengakibatkan kejadian yang fatal. Bisa jadi ayam akan berdarah-darah yang berujung cidera.

Kemungkinan terburuk ayam akan mengalami kematian setelah bertarung dan ayam yang menang pun akan cidera maupun luka serius. Pada dasarnya ayam yang kita ternakkan pun perlu dipisah antar jenis-jenisnya.

Membiarkan ayam bertarung secara brutal akan memberikan efek yang buruk terhadap ayam terutama pada kesehatannya | image 1Source: analisaaceh.com
Membiarkan ayam bertarung secara brutal akan memberikan efek yang buruk terhadap ayam terutama pada kesehatannya | image 1

Jangan menggabungkan jenis ayam yang berbeda beda dalam satu kandang karena ada kemungkinan ayam akan kawin silang. Selain itu resiko penularan penyakit akan terjadi bila ayam di gabung semua.

Lalu ketika ayam bertarung dengan jenis ayam lainnya apa yang kita lakukan ? Membiarkannya bertarung atau dipisah ?

Nah.. sebaiknya dipisah yaa teman-teman. Karena itu tadi ayam yang bertarung dan tidak segera dipisah akan mengakibatkan kejadian yang kami ceriatakan diatas

Untuk menghindari ayam agar tidak betarung maka lakukan cara-cara yang kami jelaskan dibawah ini ya :

Baca juga : 10 Jenis Ayam Hias Populer yang Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

3 Cara Mudah Menghindari Ayam Bertarung

Umumnya yang bertarung atau berkelahi adalah jenis ayam yeng bekelamin jantan. Bahkan sudah menjadi kodratnya ayam jago bertarung dengan sesama ayam jago.

Namun kami dapati ayam kecil juga sudah bertarung, seperti jenis ayam bangkok  bisa menjadi penyebab ayam kecil tarung.

Tidak hanya bertarung secara alami, ternyata ayam bertarung juga banyak disalah gunakan oleh masyarakat dalam kegiatan sabung ayam atau adu ayam | image 2
Tidak hanya bertarung secara alami, ternyata ayam bertarung juga banyak disalah gunakan oleh masyarakat dalam kegiatan sabung ayam atau adu ayam | image 2

Karena ayam bangkok memang memiliki sifat aduan sejak ayam masih kecil. Ayam bangkok memang layak di sejajarkan dengan ayam shamo dalam hal aduan.

BACA JUGA:  Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Ayam

Tetapi untuk menghindari ayam cidera yang dapat berujung pada kematian maka jenis-jenis ayam aduan ini sudah banyak dijadikan senagai ayam hias. Karena postur tubuhnya yang besar dan kekar.

Untuk menghindari ayam bertarung tadi kita bisa lakukan dengan beberapa cara berikut ini :

1. Letakan Ayam ke Kandang yang berbeda

Biasanya ayam yang baru akan diletakan berdekatan dengan kandang ayam lama. Walaupun berbeda kandang jika ayam baru dan ayam lama tersebut masih dalam satu area kandang maka tidak akan bertarung.

Jika ingin menjadikannya menjadi satu dalam kandang umbaran maka jangan langsung dilepakan secara bersamaan. Anda dapat membiarkannya di dalam kandang yang berbeda selama sekitar satu mingguan.

Setelah itu Anda dapat melepaskan ayam baru tersebut dan kita amati pergerakannya.

Cara pertama yang dapat dilakukan agar ayam tidak bertarung yakni meletakan pada kandang yang berbeda | image 3
Cara pertama yang dapat dilakukan agar ayam tidak bertarung yakni meletakan pada kandang yang berbeda | image 3

Perlu di ingat hal ini masih di butuhkan pengamatan karena kadang mereka di awal terlihat akur namun di luar pengamatan kita ayam bisa bertarung lagi. Pemisahan ini dilakukan sebagai cara agar ayam tidak bertarung.

Saat beberapa hari ayam sudah terlihat rukun maka kita bisa lepaskan ayam tersebut dalam satu kandang. 

2. Memisahkan ayam baru ke tempat umbaran yang berbeda

Jika pembahasan point pertama yakni meletakan ayam baru dan yang lama pada kandang yang bebeda. Maka pada pembahasan ayam baru dan ayam yang lama diletakan pada tempat umbaran yang berbeda.

Pada umumnya banyak masyarakat yang lebih senang melihat tingkah laku ayam saat diumbar. Namun. ketika ada jenis ayam baru datang maka tidak menutup kemungkinan ayam baru tersebut akan berkelahi dengan ayam lama.

Cara kedua yang dapat dilakukan peternak yakni dengan membuat pagar pemisah seperti menggunakan jaring paranet agar ayam tidak bertarung | image 4Source: okutimurpos.disway.id
Cara kedua yang dapat dilakukan peternak yakni dengan membuat pagar pemisah seperti menggunakan jaring paranet agar ayam tidak bertarung | image 4

Maka solusi dari hal tersebut yakni peternak dapat memisakan ayam baru tersebut ke tempat umbaran yang berbeda. Cara tersebut dapat dilakukan dengan membuat pagar pembatas atau memberi jaring ayam paranet di tempat yang akan dijadikan kandang umbaran.

BACA JUGA:  Tahapan dalam Penetasan Telur Ayam atau Unggas

3. Mengumbar ayam secara bergantian

Jika lingkungan untuk ternak Anda memiliki ukuran yang tidak luas maka cara yang dapat diterapkan agar ayam tidak bertarung yakni dengan mengumbar ayam secara bergantian.

Untuk waktu pergantiannya bisa pada pagi hari dan sore harinya. Hal ini dilakukan agar ayam tidak bertarung dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Perlu diingat juga apabila ayam yang kita ternakan tersebut sedang bertarung maka kita sebagai peternak harus dengan sigap memisahkan kedua ayam bertarung tersebut. Bisa dengan mengurung salah satu jenis ayam bertarung tersebut dalam kandang.

Berikut merupakan salah satu kandang ayam yang dapat digunakan peternak. bisa digunakan secara bergantian dan menembaptkan ayam yang lain di luar kandang | image 5Source: hipwee.com
Berikut merupakan salah satu kandang ayam yang dapat digunakan peternak. bisa digunakan secara bergantian dan menembaptkan ayam yang lain di luar kandang | image 5

Apabila terdapat ayam yang sakit atau ayam cidera akibat carakan dan gigitan segera berikan penanganan yang tepat. Peternak dapat mengecek pada tubuh mana saja yang luka, setelah menemukan maka peternak pelu memberikan pengobatan.

Untuk luka peternak dapat membersihkan luka terlebih dahulu dengan air mengalir kemudian bisa memberikan obat merah berupa betadine, miniol dan lain sebagainya.

Baca juga : 14 Jenis Ayam Hias Unik ini Sungguh Sangat Indah

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan dan memelihara ayam kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias populer mulai dari ayam hias import dan ayam hias lokal.

Untuk pengiriman dapat kami jangkau ke seluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpercaya dengan ongkos pengiriman terjangkau dan tentunya ama.

Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami untuk mendapatkan daftar harga ayam hias terbaru, cara pengiriman, cara pemesanan dan informasi lengkap lainnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

 

5/5 - (13 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: