Beternak Ayam Phoenix untuk Memenuhi Permintaan Pasar

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Beternak Ayam Phoenix untuk Memenuhi Permintaan Pasar

Ayam Phoenix Jantan

Beternak Ayam Phoenix untuk Memenuhi Permintaan Pasar

Beternak Ayam Phoenix mungkin belum begitu banyak di geluti peternak ayam hias. Padahal permintaan akan ayam hias phoenix semakin banyak. Kelebihan yang dimiliki oleh ayam jenis ini membuat banyak penghobi yang berminat memeliharanya. Mungkin sebagian orang bertanya apa saja kelebihan ayam phoenix yang berasal dari Jerman ini dan apa bedanya dengan ayam Onagadori yang berasal dari Jepang?

Ayam phoenix mempunyai kelebihan pada ekornya yang lurus dan panjang. Sedangkan ayam onagadori mempunyai ekor yang ikal dan mempunyai ekor yang lebih panjang di bandingkan ayam phoenix. Ayam phoenix mempunyai warna yang bermacam-macam seperti warna hitam, hitam kemerahan, putih kehijauan/ wido maupun warna putih.

Ayam Phoenix berasal dari Jerman dan mulai dikembangkan di negara lain. Phoenix mulai dikenal di Indonesia belum begitu lama. Orang lebih mengenal berbagai jenis kalkun dan mutiara dibandingkan ayam phoenix. Ayam jenis ini dari postur tubuhnya tidak jauh berbeda dengan ayam kampung, namun bila melihat ekornya yang panjang dan lurus, orang akan terkesima. Untuk phoenix jantan betina, ukuran panjang ekornya tidak sama ukurannya dibandingkan ekor pejantan.

Berikut ciri-ciri ayam phoenix ekor panjang :

  • Memiliki ekor yang panjang dan lurus
  • Bobot ayam phoenix jantan sekitar 2,5 kg dan betina sekitar 1,8 kg
  • Memiliki berbagai macam warna bulu
  • Jengger bertipe tunggal bergerigi 5 warna merah

"<yoastmark

Karena ekor ayam pejantan phoenix yang panjang membuat peternak perlu menyediakan kandang dengan ukuran yang lebih luas dibandingkan kandang ayam kampung biasa. Sedangkan bila masih anakan, pemeliharaan masih sama seperti ayam pada umumnya. Kandang indukan mempunyai luas minimal 2 x 3 meter untuk satu pejantan dengan beberapa ekor betina. Di tengah kandang bisa diletakkan kayu memanjang tempat bertengger ayam. Selain itu diusahakan kandang bebas dari berbagai jenis barang yang dapat merusak keindahan ekornya.

Pakan ayam phoenix

Makanan Ayam Phoenix berupa konsentrat seperti voer atau BR. Untuk mengurangi pengeluaran akibat biaya pakan yang tinggi, maka peternak biasanya memberi tambahan  bahan pakan seperti bekatul atau dedak. Bekatul harganya lebih mahal dibandingkan dedak karena kandungan nilai gizinya lebih tinggi dibandingkan dedak. Teksturnya juga lebih halus sehingga saat diberi sedikit air, ayam mudah menelannya. Maka dari itu kita perlu mengetahui Cara Pemberian Pakan Ayam Phoenix yang Baik agar dalam pemberian pakan sesuai dengan kebutuhan Ayam Phoenix baik yang masih anakan atau indukan.

Baca artikel menarik lainnya :

Untuk memelihara agar ekornya tetap bagus dan tidak mengalami kerontokan, peternak perlu memberikan tambahan suplemen berupa protein dan kalsium yang tinggi. Suplemen sangat penting untuk menunjang pertumbuhan ekornya optimal dan kuat/tidak mudah rontok. Apalagi phoenix yang masih dalam masa reproduksi, saat mengawini betinanya biasanya bulunya mengalami kerontokan. Namun bila perawatan baik, bulu akan tumbuh kembali. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam merawat ekor Ayam Phoenix seperti artikel 5 Hal Penting dalam Cara Merawat Ayam Phoniex . Dalam artikel tersebut ada 5 hal yang perlu kita perhatikan untuk merawat ekor Phoenix diantaranya adalah dari makanan, minuman dan mengantisipasi serangan penyakit.

Untuk phoenix yang telah melewati masa produksi, biasanya di letakkan dalam kandang tersendiri yang dalam satu kandang hanya terdapat satu ekor pejantan. Untuk ayam yang telah melewati masa produksi, suplemen tetap diberikan. Di samping itu perlu pemeliharaan ekstra perlu dilakukan dengan mengelap menggunakan lap basah dari pangkal hingga ujung ekor. Proses pengelapan dapat dilakukan seminggu 2-3 kali. Dengan rutin melakukan penggelapan maka ekor pejantan phoenix akan terawat dan tidak mudah mengalami kerontokan.

Berikut daftar harga ayam phoenix :

1 Bln Rp200.000/ekor
2 Bln Rp300.000/ekor
3 Bln Rp400.000/ekor
4 Bln Rp550.000/ekor
5 Bln Rp700.000/ekor
Indukan Rp1.350.000/ekor
Jantan 5 bulan Rp750.000/ekor
Indukan Jantan Rp1.400.000/ekor

Informasi di atas adalah harga ayam phoenix di jualayamhias.com . Apabila Anda ingin melihat perkembangan ayam phoenix sampai dewasa, maka Anda bisa membeli yang usia anakan atau sekitar usia 1 bulan. Beternak ayam phoenix dari usia anakan Anda bisa mendapatkan keuntungan karena Anda bisa melihat perkembangan ayam phoenix dari anakan sampai usia dewasa.

Berikut adalah contoh foto-foto ayam phoenix :

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam phoenix, kami menyediakan telur ayam phoenix yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam phoenix kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam phoenix dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

 

Kata terkait:
Kandang ayam phoenix, makanan ayam phoenix, memelihara ayam phoenix, produktivitas ayam phoenix, harga ayam phoenix

*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Phoenix
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

One Response

  1. […] Beternak Ayam Phoenik untuk Memenihi Permintaan Pasar […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: