Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina Serta Perawatan Ayam Mutiara yang Tepat

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina Serta Perawatan Ayam Mutiara yang Tepat

Perbedaan ayam mutiara jantan dan betina

Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina Serta Perawatan Ayam Mutiara yang Tepat – Ayam Mutiara adalah jenis ayam hias yang juga dikenali sebagai ayam guinea, ayam api-api atau ayam piru. Ayam mutiara ini sejenis ayam seperti ayam belanda tetapi lebih kecil yang berasal dari Afrika. Ayam mutiara merupakan jenis unggas dari keluarga Phasianidae yang tidak dapat terbang dan berkerabat dekat dengan burung. Sehingga tidak heran, jika ayam mutiara adalah ayam yang tergolong paling bisa terbang tinggi diantara ayam-ayam lain. Ciri khas ayam mutiara adalah warna bulunya abu-abu dengan bintik-bintik putih kecil dengan leher tidak berambut. Bentuk jantan dan betina hampir mirip antara jengger dan jambulnya. Suara ayam mutiara sangat nyaring, dan di beberapa negara ayam ini dikembangbiakkan untuk diambil daging dan telurnya.

Kami jualayamhias.com memiliki beberapa jenis mutiara yang biasa kami jual. Diantaranya adalah jenis ayam mutiara silver,  ayam mutiara putih dan ayam mutiara plangkok. Ayam mutiara ini biasa digunakan sebagai hiasan, baik di rumah maupun disebuah obyek wisata taman. Kalau di Magelang, Anda akan menjumpai ayam mutiara di Taman Wisata Kyai Langgeng. Disana ayam mutiara dibiarkan bebas berkeliaran tentunya dalam satu kandang besar.

Hal yang cukup rumit sebagai orang awam adalah cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina. Hal ini karena ayam mutiara baik jantan dan betina memiliki bentuk jengger dan jambul yang sekilas sangat mirip. Berbeda dengan kebanyakan ayam hias yang ketika kita melihat jambul atau jenggernya akan langsung bisa mengerti mana jantan dan mana betina. Berikut ini beberapa perbedaan antara jantan dan betina :

Ayam Mutiara Hitam

Ayam Mutiara Hitam

Ayam mutiara Jantan :

  • Pial bawah merah terang dan lebar
  • Di hidung seperti ada pembengkakan dan terlihat sangat jelas
  • Tanduk disebelah atas tegak, berisi, lebih gelap dan tumpul

Sedangkan untuk ayam mutiara betina :

  • Pial bawah berwarna merah pudar dan lebih kecil
  • Bengkakakan atas hidung tidak jelas
  • Tanduk ujung bagian atas, sorong ke belakang, kurang berisi dan agak runcing

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut :

Perbedaan ayam mutiara jantan dan betina

Perbedaan ayam mutiara jantan dan betina

Bagaimana Perawatan Ayam Mutiara yang Mudah ?

Ayam mutiara merupakan salah satu jenis ayam hias yang banyak diminati oleh masyarakat karena memeiliki bulu yang khas dengan warna abu – abu bertotol – totol putih. Perawatan untuk ayam mutiara tersebut sama hal nya dengan perawatan ayam pada umumnya. Untuk melakuka budidaya ayam mutiara tentu tidak begitu mudah berbeda dengan ternak ayam untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa tips untuk budidaya ayam mutiara  :

Ayam Mutiara Putih Dewasa

Mutiara Putih Dewasa

1.Perhatikan Kandang Ternak 

Bentuk kandang pada ayam mutiara sedikit berbeda dengan bentuk ayam pada umumnya. Bentuk kandang pada ayam mutiara harus disamakan seperti dengan habitat aslinya meskipun pembuatan tersebut tetap menggunakan kandang hanya saja perubahan di dalam kandang.

Dalam pembuatan kandang untuk ayam mutiara peternak harus menyediakan tempat bertengger. Kondisi suhu yang ada di sekitar kandang harus senantiasa dalam keadaan hangat hal ini dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam beternak ayam mutiara.

Baca juga di : 

2. Mempelajari tata cara ternak yang baik

Sebeleum memulai beternak ayam mutiara ada baiknya jika peternak sudah mengetahui ilmu – ilmu yang berkaitan dengan perawatan ayam mutiara. Untuk mendapatkan ilmu tersebut dapat bersumber dari buku dan mendatangi peternak  yang berpengalaman dalam pembudidayaan ayam mutiara.

3. Beri makanan yang tepat

Habitat asli ayam mutiara berasal dari hutan, maka ayam mutiara dapat dikategorikan sebagai hewan omnivora yang dapat makan segalanya mulai dari tanaman, rumput, hingga beberapa jenis daging. Untuk peternak pemula ada baiknya jika tetap memperhatikan gizi serta vitamin untuk ayam mutiara agar tetap sehat dan unggul.

Ayam Mutiara Silver Dewasa

Ayam Mutiara Silver Dewasa

4. Pemilihan Indukan

Dalam beternak ayam mutiara peternak harus memilih indukan ayam mutiara yang sehat dan unggul. Dengan indukan ayam mutiara yang unggul akan menghasilkan anakan ayam mutiara yang berkualitas pula. Indukan yang unggul dan sehat memiliki postur tubuh dan bulu yang baik serta tidak mudah rontok dan tidak mengalami kondisi penurunan pada kesehatan ayam.

5. Perawatan Ayam yang Bertelur

Ayam mutiara akan memproduksi telur secara baik pada saat musim penghujan seperti saat ini. Ayam mutiara dapat menghasilkan telur sebanyak 50 – 100 butir sekali bertelur. Ketika ayam mutiara mulai bertelur peternak harus segera mengumpulkan telur – telur ayam mutiara kedalam wadah dan kemudian dimasukan ke dalam mesin penetas agar telur – telu dapat menetas dengan baik.

6. Perawatan Anakan Ayam

Perawatan ayam mutiara harus duperhatikan dengan baik dan benar. Karena pada saat ayam mutiara menetas cuaca masih dalam keadaan masih memasuki musim penghujan. Peternak harus mempersiapkan kandang khusus untuk perbesar ayam mutiara yang dilengkapi dengan penghangat agar anakan ayam dapat berkembang dengan baik.

7. Pemberian Makanan Anakan Ayam

Pemberian pakan pada ayam mutiara harus diperhatikan dengan baik. Pakan yang baik harus mengandung lemak, protein , mineral, karbohidrat dan juga vitamin. Pada usia anakan ayam mutiara belum dapat mengkonsumsi pakan yang keras. Maka, peternak sebaiknya memberikan makanan konsentrat buatan pabrik dan dapat ditambahkan irisan sayur agar nutrisi pada ayam mutiara dapat terpenuhi.

Nah demikianlah artikel kami tentang Cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam mutiara berkualitas. Kami menjual ayam mutiara silver, ayam mutiara putih dan ayam mutiara plangkok. Hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Email : hobiternakmail@gmail.com

Kata terkait :
Ayam Mutiara, ayam mutiara jantan, ayam mutiara betina, perawatan ayam mutiara, ternak ayam mutiara, anakan ayam mutiara, pakan ayam mutiara, kandang ayam mutiara
*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3 based on 9 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Mutiara Plangkok
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

One Response

  1. […] Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: