Ayam Mutiara

Inilah 3 Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina yang Tepat

Written by

Ayam Mutiara adalah jenis ayam hias yang juga dikenali sebagai ayam guinea, ayam api-api atau ayam piru. Ayam mutiara ini sejenis ayam seperti ayam belanda tetapi lebih kecil yang berasal dari Afrika.

Ayam mutiara merupakan jenis unggas dari keluarga Phasianidae yang tidak dapat terbang dan berkerabat dekat dengan burung.

Salah satu potret keberadaan ayam mutiara di habitat aslinya terlihat sedang minum di pinggir sungai | image 1
Salah satu potret keberadaan ayam mutiara di habitat aslinya terlihat sedang minum di pinggir sungai | image 1

Sehingga tidak heran, jika ayam mutiara adalah ayam yang tergolong paling bisa terbang tinggi diantara ayam-ayam lain.

Ciri khas ayam mutiara adalah warna bulunya abu-abu dengan bintik-bintik putih kecil dengan leher tidak berambut. Bentuk jantan dan betina hampir mirip antara jengger dan jambulnya.

Suara ayam mutiara sangat nyaring, dan di beberapa negara ayam ini dikembangbiakkan untuk diambil daging dan telurnya.

Ayam mutiara memiliki kebiasaan bertengger di atas pohon. Hal ini berguna untuk menghindari dari serangan predator | image 2
Ayam mutiara memiliki kebiasaan bertengger di atas pohon. Hal ini berguna untuk menghindari dari serangan predator | image 2

Hal yang cukup rumit sebagai orang awam adalah cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina.

Hal ini karena ayam mutiara baik jantan dan betina memiliki bentuk jengger dan jambul yang sekilas sangat mirip.

Berbeda dengan kebanyakan ayam hias yang lain ketika kita melihat jambul atau jenggernya akan langsung bisa mengerti mana jantan dan mana betina.

Lalu bagaimana cara membedakan antara ayam mutiara jantan dan betina ? Simak pembahasannya dibawah ini :

Baca juga : Fakta Asal Usul Ayam Mutiara Si Ayam Cantik dari Benua Afrika

Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina

Karena ayam mutiara jantan dan ayam mutiara betina memiliki kemiripan yang hampir signifikan maka tidak jarang bagi masyarakat yang merasa kesulitan dalam membedakan ayam mutiara jantan dan betina.

Padahal jika kita amati dengan teliti perbedaan antara ayam mutiara jantan dan betina akan dengan mudah terlihat. Untuk cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina sebagai berikut ini :

Salah satu gambar cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina | image 3
Salah satu gambar cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina | image 3
Perbedaan Ayam Mutiara Jantan Perbedaan Ayam Mutiara Betina
Memiliki pial berwarna merah dan terang Pial cenderung berwarna merah pudar dan berkuran lebih kecil
Pada bagian hidung sedikit terdapat pembengkakan dan telihat dangat jelasPembemkakan di hidung tidak bergitu terlihat jelas
Bagian tanduk sebelah atas berbentuk tegak, berisi, warna lebih gelap dan tumpul Tanduk ujung bagian atas sorong kebelakang, kurang berisi dan agak runcing

Selain itu ayam mutiara anakan juga dapat dibedakan melaui beberapa ciri-ciri seperti ukuran tubuh, yaitu Ayam mutiara jantan anakan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari ayam mutiara betina anakan.

BACA JUGA:  Tantangan Dalam Beternak Ayam Mutiara Serta Pemberian Pakan pada Ayam Mutiara

Selain itu dari warna bulu ayam mutiara jantan anakan lebih gelap dari ayam mutiara betina anakan. Dan yang terakhir dari segi perilaku ayam mutiara jantan anakan lebih agresif dan dominan dibandingkan ayam mutiara betina anakan.

Jika sudah mengetahui cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina, maka anda dapat dengan mudah memilih ayam mutiara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin memelihara ayam mutiara untuk dikembangkan, Anda perlu memilih ayam mutiara jantan dan betina yang berkualitas.

Kami jualayamhias.com memiliki beberapa jenis mutiara yang biasa kami jual. Diantaranya adalah jenis ayam mutiara silver, ayam mutiara putih dan ayam mutiara plangkok.

Ayam mutiara ini biasa digunakan sebagai hiasan, baik di rumah maupun disebuah obyek wisata taman. Harga ayam mutiara pun relatif murah dan tidak mahal.

Selain itu peluang usaha untuk ternak ayam mutiara ini pun masih terbuka cukup lebar dan tentunya akan memberikan keuntungan bagi peternaknya.

Baca juga : Jenis-Jenis Pakan Ayam Mutiara yang Paling Disukai

Nah demikianlah artikel kami tentang cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina. Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam mutiara berkualitas. Kami menjual ayam mutiara silver, ayam mutiara putih dan ayam mutiara plangkok mulai dari usia anakan satu bulan hingga indukan dewasa.

Informasi lebih lengkapnya mengenai daftar harga ayam mutiara, cara pemesanan, cara pengiriman dan lain-lainnya silahkan hubungi whatsaap kami di :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0857-2944-1388

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

WA cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 cara membedakan ayam mutiara jantan dan betina Inilah 3 Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina yang Tepat
5/5 - (27 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!