0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Ayam Anda Cacingan?, Obati dengan Cara Ini! Manjur

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Ayam Anda Cacingan?, Obati dengan Cara Ini! Manjur

Cara Mengobati Penyakit Cacingan dengan Obat Cacing Exitor

Cara Mengobati Penyakit Cacingan pada Unggas dan upaya pencegahan dengan Pemberian Cacing Exitor

Penyakit cacingan tidak hanya menyerang pada manusia namun hewan juga bisa terkena penyakit cacingan ini. Gejala yang nampak seperti badannya lemas, kalau pada manusia perutnya biasanya buncit, kelopak mata nampak pucat dan berkurangnya nafsu makan. Pada bagian dubur biasanya ada cacing yang keluar. Makanya dubur terasa gatal dan panas. Pada ayam terkadang bila kita buka kelopak matanya, maka cacing yang kecil dan bening akan nampak dan keluar dari kelopak matanya.

Untuk cacingan jangan dianggap sepele karena cacing bisa menyerap nutrisi yang seharusnya diserap oleh ayam. Jika dibiarkan berlarut-larut pertumbuhan pada ayam akan terganggu. Jika pertumbuhan terganggu maka imbasnya perkembangan selanjutnya akan mengalami kendala seperti masa reproduksi.

Bagaimana bisa penyakit cacingan bisa menular ke ayam :

1. Dari makanan (pakan)

Jangan berikan ayam, pakan yang tidak steril atau kotor

Jangan berikan ayam, pakan yang tidak steril atau kotor

Cukup sering terjadi penularan penyakit cacingan di sebabkan oleh pakan yang ayam makan. Biasanya bibit-bibit penyakit ada di makanan yang tidak steril atau tidak di masak dahulu. Contohnya yaitu jagung atau dedak.

Bibit-bibit penyakit tersebut akan tumbuh berkembang di usus dan juga bersarang. Nahh, inilah yang menyebabkan ayam menjadi sakit cacingan.

2. Kebersihan kandang yang tidak terjaga

Jika kandang selalu di bersihkan, maka penyakit tidak akan mendekat

Jika kandang selalu di bersihkan, maka penyakit tidak akan mendekat

Kandang yang jarang di bersihkan bisa mengakibatkan munculnya berbagai penyakit, baik itu dari bakteri ataupun virus dan juga yang tentu bisa juga mencul yaitu cacing.

Jika sudah ada satu ayam yang terjangkit penyakit, dan ada kotoran ayam yang ada telur cacingnya dan termakan oleh ayam lain, maka tidak menutup kemungkinan ayam yang lain juga akan terserang penyakit cacingan juga. Jadi, kandang harus selalu kita bersihkan agar tidak ada penyakit yang mendekat.

3. Ayam memakan binatang yang sudah mati (bangkai)

Biasanya bangkai hewan yang sudah mati sering terdapat bibit cacing, jadi jangan biarkan ayam memakan bangkai tersebut

Biasanya bangkai hewan yang sudah mati sering terdapat bibit cacing, jadi jangan biarkan ayam memakan bangkai tersebut

Bangkai ini adalah salah satu tempat yang di minati oleh cacing-cacing. Jadi, jika ayam memakan bangai binatang dan ternyata bangkai tersebut juga terjangkit cacingan, maka dengan otomatis ayam akan ikut juga terjangkit penyakit cacingan.

4. Ayam memakan binatang kecoa

Kecoa juga bisa menyebabkan ayam menjadi sakit cacingan

Kecoa juga bisa menyebabkan ayam menjadi sakit cacingan

Binatang kecoa adalah salah satu binatang liar yang sering terdapat bibit-bibit cacing. Jadi, pastikan kandang harus selalu bersih agar kecoa tidak berkeliaran di kandang dan tidak termakan oleh ayam.

Obat Untuk Ayam yang Sakit Cacingan

Salah satu obat yang penggunaannya disarankan bagi ayam yang sakit cacingan adalah dengan Cacing Exitor. Obat tersebut berfungsi untuk membasmi cacing yang bersarang di pencernaan dan mata ayam. Bentuk dari obat tersebut berupa kapsul. Untuk penggunaannya dengan cara di berikan langsung pada ayam yang menderita cacingan. Untuk dosis mengikuti dari  gejala yang ditimbulkan.

Obat Cacing Exitor dapat menyembuhkan ayam yang sedang sakit cacingan

Obat Cacing Exitor dapat menyembuhkan ayam yang sedang sakit cacingan

Untuk pemberian obat, unggas diberikan pakan terlebih dahulu. Setelah ayam mengkonsumsi makanan barulah diberikan obat cacing dengan dosis yang disesuaikan. Untuk menjaga agar unggas aman dari cacing sebaiknya pengobatan dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Untuk pengobatan cacingan dengan cara tradisional bisa dilakukan dengan menggunakan bahan yang gampang ditemui di sekitar kita.

3 Bahan Tradisonal untuk Menyembuhkan Penyakit Cacingan pada Ayam atau Bebek:

  1. Tembakau

Tembakau adalah salah satu obat tradisional yang mujarab untuk menyembuhkan penyakit cacingan pada ayam

Tembakau adalah salah satu obat tradisional yang mujarab untuk menyembuhkan penyakit cacingan pada ayam

Daun tembakau diiris kemudian dibentuk seukuran kelereng, kemudian disuapkan ke mulut ayam. Dalam satu dosis diberikan 3 kali seukuran kelereng. Mudah mudahan keesokan harinya ayam anda sudah pulih. Untuk tembakau ini termasuk mujarab karena respon cepat. Disamping itu jika penggunaanya tidak berlebihan maka tidak menimbulkan efek negatif.

  1. Buah Pinang

Buah pinang juga bisa mengobati ayam yang sedang sakit cacingan

Buah pinang juga bisa mengobati ayam yang sedang sakit cacingan

Pemberiannya yaitu buah pinang yang masih muda diiris halus kemudian diberi air atau minyak agar mudah ditelan oleh ayam. Kemudian diberi minum dengan cara spons dibasahi dan diperas dibagian mulut ayam agar cepat masuk ke dalam kerongkongan. Pijatlah tembolok dengan lembut. Jika cacing sudah keluar cepat dibersihkan agar tidak dimakan oleh ayam.

  1. Daun Pepaya Muda

Gunakan daun pepaya yang masih muda untuk mengobati ayam yang sakit cacingan

Gunakan daun pepaya yang masih muda untuk mengobati ayam yang sakit cacingan

Untuk daun pepaya muda bisa dijadikan obat. Caranya sama seperti saat kita menggunakan buah pinang sebagai pengobatan alternatif untuk penderita cacing.

Penyakit yang disebabkan oleh cacing Ascaris lumbricoides ini menyerang bagian usus halus. Untuk itu selain pengobatan lebih baik lagi kita melakukan upaya pencegahan agar ayam yang kita pelihara terbebas dari penyakit cacingan. Agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran cacing kita harus mebunuh cacing dewasa. Contohnya adalah Piperavaks yang penggunaannya dengan dicampurkan pada minumannya yang diberikan setiap 4 minggu sekali.

2 Cara Pencegahan Serangan Penyakit Cacingan pada Ayam dan Bebek:

  1. Sanitasi kandang yang baik. Bersihkan kandang secara berkala.

Sebaiknya semua sisi kandang dibersihkan temasuk bagian pintu kandang, lantai, tempat makan dan minum ayam, tempat untuk bertengger ayam, sekat antar kandang. Lingkungan sekitar kandang juga harus bersih. Tempat pembuangan air jangan tergenang, karena akan menjadi tempat bersarang nyamuk.

  1. Pemisahan ayam berdasarkan umur

Pada umumnya ayam yang terkena cacingan saat mulai umur 3-4 bulan. Untuk itu perlu di pisahkan berdasarkan kelompok umur agar tidak menular ke kelompok yang lain. Ayam yang rentan terkena cacingan dipisahkan dengan kelompok yang lain.

Jika kita secara rutin melakukan upaya pencegahan dan pengobatan niscaya bisa meminimalisir terjangkitnya penyakit cacingan.

Demikianlah informasi mengenai cara mengobati penyakit cacingan pada unggas dan cara pencegahannya.  Disini anda mendapatkan pilihan pengobatan cara tradisional atau cara modern yang lebih praktis. Semua tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Bagaimanapun mencegah terjadinya penyakit cacingan itu lebih baik dibandingkan mengobati.

Kata terkait:
Penyebab Cacingan pada Ayam, Cara Mengobati Ayam yang Terserang  Penyakit Cacingan, Kapsul Cacing Exitor Obat Cacingan untuk Ayam

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: