0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Cara Mudah Ternak Bebek Petelur Modern untuk Pemula

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Cara Mudah Ternak Bebek Petelur Modern untuk Pemula

Salam peternak Indonesia!.  Kali ini kami akan berbagi mengenai ternak bebek petelur modern. Kenapa ternak bebek petelur menjadi plihan? Tentu saja hal ini tidak lepas dari meningkatnya permintaan telur bebek seiring dengan tumbuh nya usaha kuliner yang cukup melesat sebagai gaya hidup wisata kuliner masyarakat kita.

Bebek merupakan salah satu unggas air yang sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat di Indonesia. Bebek pun banyak diunggulkan oleh produktifitas daging maupun telurnya. Pada jenis bebek lokal pedaging pun sudah marak kita temukan di setiap daerah – daerah tertentu. Begitu pula dengan bebek petelur, kini bebek petelur telah banyak dikembangbiakan oleh masyarakat di Indonesia. Untuk cara pembudidayaannya juga cukup mudah, mari kita simak pembahasannya berikut ini 

Cara Mudah Ternak Bebek Petelur untuk Pemula

Ternak bebek petelur bisa menjadi pilihan kesibukan yang menguntungkan. Masih banyaknya lahan yang belum di optimalkan serta banyak nya bahan makanan yang terkadang memiliki nilai jual yang rendah atau bahkan masuk di kategori limbah merupakan peluang tersendiri yang sangat mendukung ternak bebek petelur ini. Dan sudah saatnya kita bisa memulai ternak bebek modern. Jika berbicara ternak bebek modern memang kita bisa menyusun terlebih dahulu analisa usaha bebek petelur.

Cara Mudah Ternak Bebek Petelur Modern

Cara Mudah Ternak Bebek Petelur Modern

Terkadang memang masih ada juga yang memandang ternak bebek petelur adalah sebagai suatu kegiatan yang kotor dengan lingkungan yang kurang sedap. Namun jangan di anggap sebelah mata terlebih dahulu kegiatan ternak bebek petelur memiliki kenikmatan tersendiri yang tidak di temukan bagi pekerja kantoran yang ada di balik layar komputer. Menikmati lingkungan yang lapang, menghirup udara segar di alam serta mengumpulkan telur bebek yang rajin bertelur sungguh mengasyikan bukan?

Dan mari kita coba untuk belajar bersama tentang cara ternak bebek petelur yang semoga bisa menjadi gambaran sederhana yang sedang memilih usaha baru. Baik, berikut adalah tahapan-tahapan cara mudah ternak bebek petelur tersebut:

1. Persiapan Kandang Bebek Petelur

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatian dalam persiapan kandang bebek petelur ini, seperti berikut:

a. Lokasi Kandang

Sebaikanya lokasi kandang tidak dekat dengan pemukiman hal ini untuk mengurangi resiko bebek petelur mengalami stress atau pun mengurangi bau yang mungkin bisa di timbulkan dari area peternakan bebek petelur kita. Untuk bahan yang di gunakan untuk pembuatan kandang lebih baik dengan bahan yang bagus. Mengapa? Karena kandang dengan bahan yang bagus dapat bertahan lama dan tidak rusak dalam jangka waktu pakai sekitar 10 tahun.  Kalau Anda menginginkan kandang bebek yang murah bisa menggunakan bambu. Kandang dengan menggunakan bambu dapat di pakai selama 5 tahun.

b. Kelembapan Area

Kelembapan yang bagus memang di angka sekitar 60 %. Udara di kandang harus sesuai dengan aturannya di karenakan apabila kelembapan udara tidak tepat akan berpengaruh pada hewan ternaknya. 

c. Penerangan yang Bagus

Kandang dengan penerangan berfungsi untuk mempermudah dalam pengawasan dan pemeliharaan serta saat malam hari dapat membuat bebek menjadi hangat dan tidak akan kedinginan.

d. Mudahnya Menjangkau Suber Air akan sangat membantu

Dalam beternak bebek sebaiknya tidak jauh dari sumber air karena air sangat penting dalam proses beternak bebek. 

2. Pemilihan Bibit Bebek Petelur yang Baik

Memilih bibit bebek petelur memang menjadi kewajiban sebagai calon peternak. Membeli bibit di tempat yang terpercaya merupakan salah satu cara sederhana untuk mendapatkanya. Bicara mengenai bibit bebek untuk sekarang harga bebek petelur relatif bisa di bilang cukup stabil.

Kandang Bebek Mojosari
DOD Bebek Mojosari yang dipelihara dengan baik menggunakan lampu bohlam sebagai penghangat

3. Perawatan Bebek Petelur

Dalam perawatan ternak bebek petelur kita perlu mengamati area kandang yang tepat. Sebagai cara mudah menghitungnya cukup dengan mengamati bebek petelur kita apakah kesempitan atau tidak saat bergerak. Kandang memang perlu lega bagi bebek petelur agar leluasa bergerak.

Pemilihan pakan untuk bebek petelur memang kadang membuat peternak kebingungan namun saat kita bicara harga biasanya tidak jauh dengan kualitas. Jangan terpengaruh dengan harga pakan bebek petelur yang murah. Tapi sebanarnya memilih pakan bebek petelur dengan harga yang murah bukan menjadi suatu yang salah asal anda perlu bereksperiman mengenai kualitas pakan tersebut dengan mengamati hasilnya setelah Anda memcobanya.

Dalam masa perawatan terkadang memang peternak bebek petelur memberikan vitamin atau suplemen untuk menunjang produksi bebek petelurnya.

4. Masa Pemanenan Bebek Petelur

Pemeliharaan bebek Remaja - Dewasa perlu adanya perhatian khusus dalam hal pemberian pakan
Pemeliharaan bebek Remaja – Dewasa perlu adanya perhatian khusus dalam hal pemberian pakan

Pada umumnya bebek petelur akan bertelur di waktu dini hari. Saat pagi sebaikanya Anda segera mengumpulkan telur bebek tersebut untuk mengurangi resiko yang mungkin bisa di timbulkan jika telur bebek tidak segera di kumpulkan. Di masa panen ini Anda bisa segera memasarkan nya atau mungkin bisa juga segera di mulai proses pembuatan telur asin untuk menjaga kesegaran telur bebek tersebut.

Ternak Bebek Petelur - Saat Panen Telur Bebek
Ternak Bebek Petelur – Saat Panen Telur Bebek

Jika Anda ingin mendapatkan bibit bebek petelur atau DOD Petelur silahkan bisa hubungi kami kapan saja dan kami siap mengirimkan bibit bebek petelur ke seleruh penjuru Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : pakan ternak bebek petelur, ternak bebek petelur modern, cara ternak bebek petelur, ternak bebek pedaging, kandang bebek petelur, cara ternak itik petelur tanpa air, harga bebek petelur, analisa usaha bebek petelur, harga pakan bebek petelur, jenis bebek petelur

*.

Image Sources:

  • DOD Mojosari: pinterest.com

 

3 Responses

  1. achmad nasiruddin says:

    pak bisa minta saran tidak tentang bebek petelur… selain yang disebut keterangan diatas…

  2. Andi Aspawi says:

    Info nya sangat bermanfaat,terima kasih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: