0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Galeri Foto Ayam Serama Terbaru Serta Pakan Ayam Serama yang Baik

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Galeri Foto Ayam Serama Terbaru Serta Pakan Ayam Serama yang Baik

Ayam Serama

Galeri Foto Ayam Serama Terbaru Serta Pakan Ayam Serama yang Baik – Ayam serama dilihat dari postur tubuhnya memang mirip dengan ayam kate, namun sebenarnya jenis ayam hias ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan Ayam Kate. Berat ayam serama hanya sekitar 350 gram sampai  dengan 500 gram saja. Jika di lihat hanya sebesar satu kepalan tangan orang dewasa. Sedangkan ayam kate beratnya bisa diatas 500 gram. Maka dari itu ayam serama merupakan ayam terkecil di dunia. Ayam Serama berasal dari negeri Jiran Malaysia. 

Keistimewaan Ayam Serama

Keistimewaan yang ada pada Ayam Serama yaitu postur tubuhnya yang mini dengan dada membusung sehingga terlihat gagah. Bahkan saat dadanya membusung, kepala ayam serama bisa hampir menyentuh ekor. Dan juga sayapnya pun akan jatuh lurus kebawah saat dadanya dibusungkan. Di Indonesia ayam serama biasa dipelihara sebagai ayam hias dan dibeberapa wilayah sering diadakan kontes ayam serama. Banyak para pemelihara ayam serama yang memanfaatkan peluang bisnis dari beternak ayam serama dengan mengikutsertakan peliharaannya ke dalam kontes. Harga ayam serama yang sudah sering diikutkan dalam kontes pun akan lebih mahal dari ayam serama biasa.

Pemeliharaan Ayam Serama

Memelihara ayam serama sedikit berbeda dengan memelihara ayam kate. Karena ayam serama memiliki postur tubuh yang kecil, jadi pada saat masa kawin agak sedikit sulit. Hal itu dikarenakan kaki ayam serama berukuran kecil jadi ayam serama jantan sulit melakukan penetrasi saat mengawini ayam serama betina. Jadi kita harus memegangi ayam serama agar pada saat kawin agar memudahkan proses pengawinan. Atau bisa juga dengan mengawinkan beberapa ayam serama jantan dengan satu ayam serama betina agar meningkatkan presentase kesuburan dari ayam serama.

Produktivitas Ayam Serama

Ayam serama memang memiliki tubuh yang mungil. Akan tetapi ayam serama memiliki hormon libido yang besar. Pada saat ayam serama berusia 3 bulan, ayam serama sudah mulai belajar untuk kawin. Saat ayam serama berusia 5 bulan pun sudah siap untuk dikawinkan. Tetapi akan lebih baik jika mengawinkan ayam serama saat ayam serama sudah berusia sekitar 6 sampai 7 bulan. Karena pada usia tersebut adalah masa reproduksi ayam serama sehingga menjadi momen yang pas dan tepat untuk mengawinkan ayam serama.

Telur Ayam Serama

Ayam serama jantan bisa mengawini beberapa ayam serama betina dalam satu hari. Jadi produktivitas ayam serama betina saat bertelur bisa dikatakan cukup tinggi. Saat bertelur ayam serama betina bisa memproduksi telur sekitar 10 bahkan bisa lebih. Namun karena badan ayam serama berukuran kecil, ayam serama betina akan kesulitan dalam mengerami semua telurnya. Hal itu bisa diatasi dengan menitipkan sisa telur ayam serama yang belum dierami kepada ayam lain yang sedang mengerami telur atau bisa juga menggunakan inkubator telur atau mesin penetas telur.

Baca selanjutnya di : 

Kandang Ayam Serama

Saat memelihara ayam serama, kandang juga perlu diperhatikan. Terutama pada kebersihannya. Usahakan membersihkan kandang ayam serama setiap hari, khususnya pada tempat makan dan minum ayam serama. Karena jika tidak dibersihkan akan terdapat bakteri di tempat makan dan minumnya. Gantilah air minum untuk ayam serama setiap hari. Tempatkan kandang serama di tempat yang terlindung dari air hujan sehingga ayam serama akan terhindar dari penyakit.

Pakan Ayam Serama

Pakan merupakan sumber utama kebutuhan hewan. Jenis pakan yang baik harus mengandung lemak, protein, karbohidrat, mineral, gizi dan vitamin. Pemberian pakan yang baik terutama untuk ayam serama akan berpengararuh pada pertumbuhan ayam serama. Melihat ayam serama merupakan ayam hias dan banyak dijadikan sebagai ayam kontes, maka perawatan ayam serama harus dilakukan dengan baik dan benar.

Makanan ayam serama terdiri dari biji – bijian, karena kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada bijian berfungsi untuk menjaga kesehatan ayam serama.

Adapun jenis – jenis pakan ayam serama antara lain :

1. Kacang – kacangan atau biji-bijian

Kandungan nutrisi di dalam biji-bijian bagus untuk ayam serama. Terdapat banyak vitamin di dalamnya yang bermanfaat sebagai nutrisi dan kesehatan ayam serama. Anda bisa memberinya biji kenari atau kacang hijau disaat masa pertumbuhan ayam serama.

Makanan Ayam Pelung
Kacang Hijau
2. Jagung

Nutrisi yang terkandung di dalam jagung sangat bagus untuk ayam serama. Jagung memiliki banyak karbohidrat dan sangat cocok diberikan untuk ayam serama dewasa. Nutrisi pada jagung juga baik untuk ayam serama betina yang sedang dalam masa bertelur karena membantu dalam proses pembentukan cangkang telur.

Makanan ayam onagadori
Makanan ayam Serama
3. Voer

Konsentrat atau voer ini adalah salah satu jenis pakan ayam serama yang mudah didapatkan di toko pakan ayam. Kandungan gizi yang lengkap pada voer akan membuat pertumbuhan ayam serama anda menjadi baik dan maksimal.

Voer
Voer
4. Beras Merah

Beras Merah untuk pakan ayam Kate
Beras Merah untuk pakan ayam Serama
5. Beras/Gabah

Padi / Beras untuk pakan Ayam Kate
Padi / Beras untuk pakan Ayam Serama

Berikut Foto-Foto Ayam Serama di Peternakan Kami

Jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam serama, kami menyediakan telur ayam serama yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam serama kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan.
Untuk ayam serama dewasa juga bisa anda pesan di jualayamhias.com.
Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
Ayam Hias, Ayam Serama, Ternak Ayam Serama, Peternak Ayam Serama, Foto Ayam Serama, Galeri Foto Ayam Serama, Telur Ayam Serama, Jual Telur Serama, Jual Ayam Hias Serama, Harga Telur Ayam Serama, Harga Ayam Hias Serama
*.

 

2 Responses

  1. Ady says:

    Berapa harga ayam serama umur 1 bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: