Jenis Ayam Ringneck Pheasant yang Dibedakan Menurut Warna Bulunya

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Jenis Ayam Ringneck Pheasant yang Dibedakan Menurut Warna Bulunya

green ringneck pheasant

Jenis Ayam Ringneck Pheasant yang Dibedakan Menurut Warna Bulunya – Ayam Ringneck merupakan salah satu jenis ayam hias yang cukup banyak beredar di Indonesia. Maka tidak heran jika sekarang terdapat banyak berbagai jenis ayam pheasant yang dijual. Walaupun jenis ayam ini bukanlah asli Indonesia melainkan berasal dari negeri tirai bambu tiongkok, Cina. Di Indonesia sendiri jenis ayam pheasant tergolong dalam jenis ayam langka dan masih jarang ditemukan peternak ayam pheasant, karena populasinya masih terbatas dengan harga yang relatif tinggi. Karena biasanya ayam pheasant yang banyak diburu hanya untuk menyalurkan hobi bagi kolektor jenis ayam hias yang sangat menyukainya.

jenis ayam ringneck

Berbagai jenis ayam pheasant

Sebenarnya apa itu ayam green ringneck pheasant?

Berasal dari namanya sendiri ring dan neck yaitu cincin dan leher. Salah satu alasan mengapa ayam ini dinamakan ayam ringneck pheasant karena jenis ayam ini memiliki bulu yang berbeda dibandingkan dengan jenis ayam pada umumnya. Tepatnya bulu yang mengelilingi pada bagian lehernya sehingga menyerupai seperti cincin dan sering disebut sebagai ayam pegar kalung. Kalung di leher hanya dimiliki oleh pejantan saja dan tidak dimiliki oleh jenis ayam pheasant betina. Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membedakan antara jenis ayam ringneck pheasant dengan jenis pheasant lainnya.

Berikut merupakan ciri-ciri yang dimililki ayam green ringneck pheasant :

  • Memiliki jengger berwarna merah
  • Memiliki ring pada bagian lehernya yang serupa seperti kalung
  • Ekornya panjang
  • Warna bulu tubuhnya didominasi oleh warna hijau yang dihiasi bintik-bintik hitam dengan kepalanya cenderung kebiru-biruan
  • Memiliki sifat agresif
  • Dan termasuk jenis hewan omnivora
  • Ayam ini memiliki kemampuan terbang walaupun hidupnya yang lebih suka hidup di tanah

Sedikit perbedaan antara ringneck pheasant jika dibandingkan dengan jenis pheasant lainnya. Karena pada dasarnya ayam pheasant masa bertelurnya hanya sekali dalam setahun sedangkan untuk ayam ringneck pheasant yang hampir sepanjang tahun mampu bertelur. Postur tubuh ringneck pheasant dibandingkan dengan golden pheasant yang cenderung lebih besar. Postur tubuh ringneck pheasant jantan juga sedikit lebih besar  serta warna bulunya yang lebih mencolok dibandingkan dengan ringneck pheasant betina.

Ayam ringneck pheasant memiliki keunikan tersendiri yang terdapat pada suara ayam ringneck yaitu jenis ayam yang mampu menjadi alat pendeteksi akan datangnya gempa yang biasanya 5 menit sebelum terjadinya gempa ayam ini akan ribut sendiri. Keunikan lain yang dimiliki ayam pheasant ini apabila terdapat orang yang datang dan memiliki niat jahat yang akan masuk kerumah kita. Sehingga jenis ayam pheasant menjadi incaran banyak orang. Dengan begitu  ayam pheasant menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan dalam beternak ayam hias dan tak jarang ayam hias pheasant ini sering diimpor di berbagai negara di dunia.

Jenis ayam ringneck – ayam pheasant

Untuk jenis ayam ringneck pheasant sendiri yang dibedakan menurut warna bulunya yakni ayam ringneck merah dan ayam ringneck hijau (Green Ringneck Pheasant). Selain itu terdapat pula berbagai jenis ayam pheasant yang terkenal di Indonesia. Berikut merupakan beberapa jenis ayam pheasant yang dibedakan menurut warna bulunya :

  1. Golden Pheasant

    jenis ayam ringneck

    Golden Pheasant

    Merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Cina dan dikenal dengan sebutan ayam pegar emas. Di Indonesia jenis ayam ini terkenal dengan sebutan ayam hong atau ayam tibet. Bentuk badannya memang hampir sama dengan jenis burung. Habitat aslinya di darat. Bulu pada bagian dadanya yang berwarna merah serta berwarna kuning keemasan pada bagian jambul juga lehernya. Sehingga jenis ayam golden pheasant merupakan satu dari beberapa jenis ayam pheasant lainnya yang paling popular di pasaran Indonesia.

  2. Lady Amherst Pheasant

    jenis ayam ringneck

    Kandang ayam pheasant

    Mengingat harganya yang relatif mahal, ayam lady amherst pheasant kini jarang ditemukan di pasaran Indonesia. Sama halnya dengan jenis pheasant lainnya postur tubuh ayam jantan cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan ayam betina.

  3. Silver Pheasant

    jenis ayam ringneck

    Ayam Silver Pheasent Dewasa

    Ayam silver pheasant sering disebut juga dengan sebutan ayam pegar perak. Jika dilihat postur tubuhnya memang lebih besar dibandingkan dengan golden pheasant dan juga pegar ledy. Jenis bulu ayam ini yang didapatkan dari perpaduan antara hitam dengan putih. Sementara untuk jenis ayam silver pheasant betina bulu tubuhnya yang dominan berwarna coklat serta postur tubuhnya yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan silver pheasant jantan.

  4. Yellow Pheasant

    jenis ayam ringneck

    Ayam Yellow Pheasent Dewasa

    Yellow Phesant sering disebut juga dengan sebutan ayam pegar kuning. Bulu di seluruh tubuhnya yang hampir berwarna kuning dengan kakinya yang berwarna putih kekuning-kuningan, jambulnya juga berwarna kuning, pada bagian punggungnya berwarna coklat dengan perpaduan strip-strip hitam di bagian kepala belakang hingga lehernya serta terdapat lurik-lurik pada  bagian ekornya.

  5. Red Lady Pheasant

    Ayam red lady pheasant merupakan salah satu jenis ayam pheasant yang memiliki karakteristik yang unik, yaitu memiliki ekornya panjang. Jenis ayam ini merupakan hasil persilangan antara ayam golden pheasant dengan lady amherst pheasant.

  6. Reeves Pheasant

    jenis ayam ringneck

    Reeves pheasant

    Pheasant merupakan salah satu jenis burung yang memiliki tubuh sedang dan merupakan salah satu dari beberapa jenis ayam pheasant yang memiliki ekor terpanjang. Ayam ini terkenal dengan warna bulunya yang kecoklatan yang berpadu dengan garis berwarna hitam yang menawan.

Tak kalah dengan jenis golden pheasant bahwa jenis ayam ringneck pheasant merupakan ayam yang popular di pasaran Indonesia karena ayam ringneck pheasant merupakan satu diantara jenis pheasant lainnya yang memiliki harga jual relatif paling murah.

Berikut merupakan daftar harga dari berbagai jenis ayam pheasant :

Daftar harga ayam ringneck pheasant :

1 Bulan     : Rp.1.200.000 per pasang
2 Bulan     : Rp.1.600.000 per pasang
Remaja     : Rp.2.300.000 per pasang
Dewasa     : Rp.3.300.000 per pasang

Daftar harga ayam Ringneck hijau/ Green Ringneck Pheasant :

Green Ringneck Pheasant Remaja   : Rp.2.500.000 per pasang
Green Ringneck Pheasant Dewasa   : Rp.3.700.000 per pasang

Daftar harga ayam Golden Pheasant :

Golden Pheasant Remaja   : Rp.7.500.000 per pasang
Golden Pheasant Dewasa   : Rp.9.500.000 per pasang

Daftar harga ayam Silver pheasant :

Silver Pheasant Remaja    : Rp.8.000.000 per pasang
Silver Pheasant Dewasa    : Rp.10.000.000 per pasang

Daftar harga ayam ringneck merah Red Lady Pheasant :

Red Lady Pheasant Remaja   : Rp.7.500.000 per pasang
Red Lady Pheasant Dewasa   : Rp.9.500.000 per pasang

Daftar harga ayam pheasant lainnya :

Yellow Pheasant Dewasa                : Rp.9.500.000 per pasang
Lady Amherst’s Pheasant Dewasa  : Rp.10.500.000 per pasang
Reeves Pheasany Dewasa               : Rp.16.000.000 per pasang
Khalij Pheasant Dewasa                  : Rp.14.500.000 per pasang

Makanan Ayam Ringneck/Pheasant

Ayam pheasant atau green ringneck pheasant merupakan salah satu jenis ayam yang dapat memakan segalanya. Karena jenis ayam ini termasuk dalam jenis ayam omnivora. Makanan ayam ringneck relatif sama jika dibandingkan dengan jenis ayam pada umumnya. Pemberian pakannya pun harus memperhatikan kandungan gizi sehingga ayam pheasant terjamin kesehatannya. Selain itu ayam pheasant juga menyukai buah-buahan seperti pepaya matang dengan kandungan antibiotiknya yang sangat dibutuhkan ayam pheasant.

Kandang  Ayam Pheasant

Kandang merupakan salah satu kebutuhan penting dalam sebuah usaha peternakan. Ayam dapat berkeliaran dan memudahkan pemantauan serta perawatan pada ternak ayam tersebut. Kandang dapat mempengaruhi kualitas serta kuantitas  suatu peternakan. Pada umumnya kandang ayam pheasant dapat dibuat dengan ukuran 2×3 dengan ketinggian 2 meter dan dibuatkan dinding  serta atap kandang yang terbuat dari kawat strimin. Sedangkan dalam kandang sebaiknya diberikan tempat bertengger seperti kayu walaupun jenis ayam pheasant ini hidupnya lebih suka di daratan. Untuk alasnya bisa menggunakan pasir halus atau tanah yang dapat menjaga kecantikan bulu ayam tersebut.

Dalam pemeliharaan kebersihan kandang merupakan hal yang penting. Karena dengan menjaga kebersihan kandang merupakan suatu hal yang bisa mencegah penyakit pada ayam. Dengan mencuci tempat pakan dan minum serta mebersihkan kandang dari sisa pakan maupun kotoran ayam. Selain itu dapat juga dengan menyemprotkan cairan antiseptic yang dapat dilakukan seminggu sekali karena hal itu berguna untuk menjaga kesehatan, kebersihan dan keindahan pada bulu dan tubuh ayam tersebut.

jenis ayam ringneck

Ayam Pheasant

Mengingat harga jual ayam pheasant yang relatif tinggi, dalam perkembangbiakannya masih dibudidayakan untuk ditetaskan yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah ayam. Bagi anda yang lebih memilih bibit ayam pheasant baik itu ayam ringneck pheasant merah maupun hijau (Green Ringneck Pheasant) kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pheasant dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :

harga ayam ringneck, makanan ayam ringneck, ayam ringneck hijau, ayam ringneck merah, suara ayam ringneck, harga ayam ringneck merah, harga ayam ringneck hijau,

Viky Ristiyarti 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ringneck Pheasant
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

One Response

  1. […] Jenis Ayam Ringneck Pheasant yang Dibedakan Menurut Warna Bulunya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: