0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Mengenal Berbagai Jenis Bebek Petelur yang Unggul

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal Berbagai Jenis Bebek Petelur yang Unggul

8 Jenis Bebek Petelur yang Unggul untuk di Budidayakan | Cover

Mengenal berbagai jenis Bebek Petelur yang unggul – Bagi sebagian orang, tentu bukan hal yang mudah untuk langsung mengenali jenis bebek petelur atau bebek pedaging. Hanya peternak profesional yang mengetahui berbagai jenis bebek yang cocok digunakan untuk petelur atau pedaging atau bisa digunakan dalam 2 keperluan sekaligus.

Memang ada beberapa bebek yang bisa digunakan sebagai petelur sekaligus pedaging. Bebek petelur kini menjadi peluang yang baik bagi masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang saat ini mengembangkan usaha budidaya bebek petelur. Produktivitas telur yang dihasilkan bebek pun cukup tinggi. Sehingga diharapkan mampu mencukupi kebutuhan pangan di masyarakat terutama di Indonesia. Nah pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dengan jenis bebek petelur dalam produktifitas telur. 

Produktifitas telur bebek akan semakin meningkat jika menejemen pemeliharaan dalam hal pakan tercukupi dengan baik | Telur Bebek
Produktifitas telur bebek akan semakin meningkat jika menejemen pemeliharaan dalam hal pakan tercukupi dengan baik

Apa saja jenis Bebek Petelur yang potensial untuk dipelihara ?

Jenis bebek petelur yang unggul dalam produktifitas telurnya tidak hanya satu jenis saja. Bagi Anda yang ingin ternak bebek petelur tapi masih bingung mau ternak jenis yang mana. Nah simak penjelasan kami berikut ini ya. 

1. Bebek Jawa

Bebek Jawa merupakan salah satu bebek petelur lokal asli Pulau Jawa | Bebek Jawa
Bebek Jawa merupakan salah satu bebek petelur lokal asli Pulau Jawa | Bebek Jawa

Bebek ini dikenal bebek jawa yang merupakan salah satu bebek lokal asli Indonesia. Umumnya bebek ini banyak diternakkan di Pulau Jawa. Tetapi, seiring berkembangnya jaman bebek ini sudah banyak diternakkan di berbagai wilayah di Indonesia.

Bebek Jawa ini juga termasuk dalam bebek poeghasil telur dengan jumlah produktifitas yang tinggi. Dalam setahun bebek ini mampu menghasilkan telur dengan jumlah 250 – 300 butir. Bebek ini akan mulai menghasilkan telur saat menginjak usia 5 – 6 bulan, dan akan tetap priduktif sampai usia 2 tahun.

2. Bebek Karawang

Bebek Karawang juga merupakan salah satu jenis bebek lokal yang berasal dari Pulau Jawa | Bebek Karawang
Bebek Karawang juga merupakan salah satu jenis bebek lokal yang berasal dari Pulau Jawa | Bebek Karawang

Sesuai dengan namanya, Bebek Karawang merupakan bebek petelur yang populasinya banyak terdapat di daerah Karawang, Jawa Barat. Selain bebek karawang yang banyak terdapat di daerahnya, ada jenis bebek Cirebon yang juga dikenal bebek lokal asli. 

Ciri khas agat kita dapat dengan mudah mengenali bebek petelur karawang ini adalah dengan bulunya yang berwarna kecoklatan dengan leher panjang. 

3. Bebek Mojosari

Bebek Petelur Mojosari termasuk bebek petelur unggul yang berasal dari daerah Mojosari di Jawa Timur. Bentuk badan bebek mojosari termasuk kecil namun mempunyai bentuk telur yang besar. Produktivitas telur yang dihasilkan bebek mojosari cukup tinggi. Jika dipelihara dengan cara tradisional saja sudah bisa menghasilkan 220 – 250 butir/ ekor/ tahun, apalagi jika dipelihara dengan cara intensif. Pasti dapat melebihi dari jumlah diatas. Bebek mojosari mulai bertelur pada umur 6 bulan. Setelah berumur 7 bulan akan mulai stabil produktivitasnya.

Saat ini permintaan akan DOD/Bibit Bebek Mojosari tengah meningkat. Banyak peternak yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia mencoba untuk membudiayakan bebek petelur ini untuk diambil telurnya. Kami dari jualayamhias.com juga menyediakan DOD Bebek Mojosari dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. 

Bebek Mojosari adalah salah satu jenis bebek petelur yang cukup terkenal di Indonesia. | Bebek Mojosari
Bebek Mojosari adalah salah satu jenis bebek petelur yang cukup terkenal di Indonesia. | Bebek Mojosari

4. Bebek Magelang

Bebek ini terdapat di daerah Magelang Jawa Tengah. Ciri khas bebek magelang dapat dikenali dengan mudah karena adanya bulu yang melingkar di leher mirip kalung sehingga ada sebagian masyarakat ada yang menyebut dengan bebek kalung. Bebek kalung dapat berproduksi 200-230 butir/ ekor/ tahun.

 

Bebek Magelang juga merupakan salah satu bebek penghasil telur dengan jumlah yang cukup tinggi | Bebek Magelang
Bebek Magelang juga merupakan salah satu bebek penghasil telur dengan jumlah yang cukup tinggi | Bebek Magelang

Baca juga : 

5. Bebek Tegal

Bebek Petelur Tegal terdapat di kabupaten Tegal Jawa Tengah. Warna bebek tegal bervariasi dan tiap warna mempunyai nama yang berbeda. Jenis bebek ini ternyata dapat menempuh perjalanan jauh sehingga peternak menggunakan cara ternak tradisional dengan diumbarkan di alam bebas. Produktifitas telur yang dihasilkan dapat bertelur hingga 250 butir/ ekor/ tahun. Untuk masa betelur bebek ini mulai bertelur pada umur 5,5 bulan. 

Bebek Tegal dapat bertelur hingga 250 butir per ekor dalam setahun | Bebek Tegal
Bebek Tegal dapat bertelur hingga 250 butir per ekor dalam setahun | Bebek Tegal

6. Bebek Alabio

Pada mulanya ini terdapat di kecamatan Alabio di kabupaten Hulu Sungai Utara di Kalimantan Selatan. Bebek ini mempunyai keunggulan yaitu produktivitas telurnya yang tinggi. Jumlahnya hingga mencapai 300 butir/ ekor/ tahun. Daya tahan tubuhnya yang kuat sehingga tidak gampang terkena penyakit, cepat besar dan rasa dagingnya yang lezat.

Bebek Alabio memiliki keunggulan yaitu produktivitas telurnya yang tinggi hingga mencapai 300 butir/ ekor/ tahun | Bebek Alabio
Bebek Alabio memiliki keunggulan yaitu produktivitas telurnya yang tinggi hingga mencapai 300 butir/ ekor/ tahun | Bebek Alabio

Ukuran telurnya memang lebih kecil dibandingkan dengan bebek jenis lainnya. Untuk itu bebek alabio sering disilangkan dengan jenis bebek lain agar menghasilkan keturunan yang lebih unggul. Contoh hasil persilangan antara bebek betina alabio dan bebek jantan mojosari yaitu bebek hibrida yang diberi nama Raja dan Ratu.

7. Bebek Khaki Champbell

Bebek Khaki Champbell mampu bertelur hingga 330 butir/ ekor/ tahun jika dipelihara secara intensif. | Bebek Khaki Champbell
Bebek Khaki Champbell mampu bertelur hingga 330 butir/ ekor/ tahun jika dipelihara secara intensif. | Bebek Khaki Champbell

Bebek ini merupakan hasil persilangan antara bebek jawa dan bebek Rouen dari Perancis. Bebek Khaki Champbell mampu bertelur hingga 330 butir/ ekor/ tahun jika dipelihara secara intensif. Daya tahan tubuh bebek ini juga cukup tinggi. Telur yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan telur bebek jenis lain. Warna kulit telur putih sehingga kurang bisa diterima masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan warna kulit telur kebiru-biruan.

8. Bebek MA-2000 (Bebek Ratu)

Produksi bebek ratu sekitar 260 butir/ ekor/ tahun, bentuk seragam dan tahan terhadap penyakit | Bebek Ratu
Produksi bebek ratu sekitar 260 butir/ ekor/ tahun, bentuk seragam dan tahan terhadap penyakit | Bebek Ratu

Bebek ratu merupakan persilangan dari bebek betina Alabio dan pejantan Mojosari. Produksi bebek ratu sekitar 260 butir/ ekor/ tahun, bentuk seragam dan tahan terhadap penyakit. Bebek Ratu mewarisi seluruh keunggulan dari indukannya. Usia bertelur pada umur 4,5-5 bulan, lebih cepat jika dibandingkan dengan bebek lain. Warna kerabang telur hijau kebiru-biruan. Masa produksi bebek ratu sekitar 2 tahun.

Untuk penjelasan diatas merupakan salah satu dari sekian jenis – jenis bebek yang ada di Indonesia. Tentu dari berbagai jenis bebek tersebut memiliki ciri – ciri dan karakteristik yang berbeda – beda. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha budidaya bebek petelur, kami dari jualayamhias.com menyediakan bebek petelur jenis Bebek Mojosari usia baru saja menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. 

Selain bebek petelur kami juga menyediakan jenis bebek pedaging, yakni ada jenis bebek hibirdan dan peking. Silahkan dapat dipesan ditempat kami. Untuk informasi mengenai daftar harga, cara pemesanan, dan cara pembayaran bisa menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini ya : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait : ternak bebek petelur lahan kering, kandang bebek petelur sistem kering, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, kandang bebek petelur modern, beternak bebek petelur tanpa air, cara membuat kandang bebek dari bambu, cara beternak itik petelur yang baik, beternak bebek petelur di lahan sempit, pelihara bebek petelur, jenis itik petelur, tempat membeli bibit bebek petelur, ternak bebek petelur modern, bibit bebek petelur unggul, budidaya ternak bebek petelur, pakan itik petelur

** Hasti Nurchayati **

Image Sources:

  • Telur Bebek: pengusahadahsyat.com
  • Bebek Jawa: rahtutgen.blogspot.com
  • Bebek Karawang: supplierbebekhidup.blogspot.com
  • Bebek Mojosari: Hasti Nurchayati
  • Bebek Magelang: beritamagelang.id
  • Bebek Tegal: facebook.com
  • Bebek Khaki Champbell: pinterest.com
  • Bebek Ratu: hasilkebun.wordpress.com

 

4 Responses

  1. Iwan says:

    Berapa ya pak harga dod khakki chambel

  2. Bahar says:

    ….saya.mo tanya…klo wilayah bima ntb…di layani gak pembelian DOD nya

    • admin says:

      Silahkan untuk wilayah Bima NTB kami bisa kirimkan dan Pak Bahar bisa hubungi layanan pelanggan kami kapan saja untuk pemesanan dan info lebih lanjut di 0812 2028 8686

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: