0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Memilih Jenis Pakan yang Baik Untuk Ayam Kampung Super atau Joper

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Memilih Jenis Pakan yang Baik Untuk Ayam Kampung Super atau Joper

Pakan Ayam Joper

Pakan Ayam JOPER – Ayam Kampung Super menjadi peluang usaha baru yang cukup menguntungkan. Permintaan daging ayam kampung super dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Cita rasa dagingnya yang khas, kenyal, dan tidak terlalu berlemak membuat masyarakat menyukai daging ayam kampung super. Dibandingkan ayam kampung biasa yang memerlukan masa panen diatas waktu 75 hari, ayam kampung super ini lebih cepat. Tentu hal ini bisa untuk menyiasati permintaan pasar yang tinggi terhadap daging ayam kampung. Pertumbuhan ayam kampung super relatif lebih singkat jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Pertumbuhan ayam kampung super berkisar antara 55-60 hari saja untuk siap dipanen. Hal ini sangat berpengaruh terhadap Anda yang ingin mencoba usaha ternak ayam kampung super. Cara pemeliharaannya pun tergolong mudah yaitu dengan cara diumbar. Namun, jika Anda menginginkan beternak ayam jawa untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal bisa Anda lakukan dengan pemeliharaan secara intensif atau di kandangkan.

DOC Ayam Joper
DOC Ayam Joper

Bagi Anda seorang peternak ayam kampung super, ada beberapa pakan ayam joper yang baik dan berkualitas untuk Anda berikan pada ternak ayam jawa Anda.

Berikut ini beberapa pakan yang baik untuk ayam Joper (Ayam Kampung Super)

1. Konsentrat

Ayam Kampung Super yang masih DOC masih sangat membutuhkan pakan jenis konsentrat, dikarenakan konsentrat memiliki tekstur yang halus sehingga pakan yang diberikan mudah dicerna oleh anak ayam. Pemberian konsentrat ini digunakan para peternak dengan tujuan untuk meningkatkan nutrisi bagi hewan ternak. Selain itu konsentrat juga di tujukan untuk penggemukan hewan ternak, meningkatkan kemampuan cerna dari pakan kering, dan keefesienan dalam pemakaian atau penggunaan pakan pokok.

2. Dedak

Dedak atau yang biasa disebut dengan bekatul berasal dari limbah olahan padi yang cocok untuk diberikan sebagai pakan untuk ayam jawa super. Hanya saja dedak sedikit lebih kasar dibandingkan dengan bekatul. Kandungan energi di dalamnya berkisar antara 700-2500 kkal/kg dan kandungan seratnya 12%. Kandungan tersebut cukup tinggi sebagai pakan ayam, maka dari itu dedak bisa diberikan untuk mempercepat pertumbuhan ayam.

Dedak
Dedak

3. Bekatul

Ketika usia anakan ayam kampung sudah berumur 1 bulan, jenis pakan ini bisa Anda berikan. Karena bekatul memiliki tekstur yang halus sehingga mudah dicerna untuk ayam jawa super yang masih anakan.

Bekatul untuk pakan Ayam Pegar
Bekatul

4. Ongggok

Onggok berasal dari limbah olahan singkong menjadi tepung tapioka. Kandungan metabolismenya cukup banyak sekitar 2.956 kkal/kg. Namun pemberiannya dibatasi hanya 5-10% saja.

Onggok untuk Pakan Ayam Jawa Super
Onggok untuk Pakan Ayam Jawa Super

5. Pollard

Pollard merupakan limbah olahan gandum menjadi tepung terigu, pakan jenis ini cocok dijadikan bahan pakan ayam kampung. Namun, penggunaanya harus dibatasi. Meskipun kandungan energinya tergolong tinggi, tapi kandungan serat yang dimiliki dapat membuat ayam diare (mencret).

Pollard Pakan Ayam Kampung Super
Pollard Pakan Ayam Kampung Super

6. Jagung Kuning

Jagung merupakan biji-bijian yang disenangi oleh ayam dan menjadi salah satu jenis pakan yang sudah menjadi pakan ayam sejak dahulu. Selain itu, jagung banyak mengandung karbohidrat. Pemberiannya bisa disesuaikan dengan usia ayam, jagung bisa diberikan dalam bentuk utuh, jagung giling kasar ataupun jagung giling halus. Pakan jagung yang berbentuk utuh bisa Anda berikan pada ayam kampung super yang sudah dewasa. Di Indonesia terdapat 3 jenis jagung, yaitu jagung merah, jagung putih dan jagung kuning. Namun, diantara jagung tersebut jagung kuninglah yang mempunyai kandungan nutrisi yang paling besar. Kandungan energinya mencapai 3360 kkal/kg. Tetapi harga jagung kuning masih tergolong mahal.

"<yoastmark
Jagung Kuning

7. Pelet

Pelet adalah pakan yang digiling dan kemudian dipadatkan. Selain itu pelet ini merupakan pakan yang sangat disukai ayam karena pelet bisa meningkatkan selera makan. Di samping itu pemberian pelet dapat menekan tingkat pemborosan pakan, karena efisiensi pakan pelet lebih tinggi dibandingkan dengan pakan tepung. Namun, Jenis pakan ini bisa membuat ayam menjadi tahan lapar.

Pelet untuk pakan ayam
Pelet untuk pakan ayam

Ayam kampung super atau Joper secara sekilas mirip dengan ayam kampung biasa. Namun terdapat ciri khusus nya yaitu sebagai berikut :

Ciri-ciri DOC JOPER

Ciri-ciri DOC JOPER yang baik

  1. DOC (Day Old Chick) atau anakan ayam kampung Joper berukuran lebih besar.
  2. Memiliki warna dominan putih dan kuning, tetapi terkadang ada juga yang berwarna hitam, abu-abu, dan coklat.
  3. Masa panennya singkat, yaitu 55-60 hari.
  4. Daya tahan tubuhnya tinggi jika dibandingkan ayam kampung biasa.
  5. Tingkat kematian ayam joper juga lebih rendah dibandingkan dengan ayam kampung biasa.
  6. Dalam masa awal pemeliharaan, ayam Joper relatif lebih kuat.
  7. Ayam kampung Joper lincah, tahan penyakit, berkokok, dan bertengger.
  8. Memiliki sifat bertelur secara terus menerus seperti ayam ras, tetapi ayam kampung Joper tidak memiliki sifat mengeram.

Dengan cepatnya masa panen yang dimiliki oleh ayam kampung Joper, para peternak mulai beralih untuk mencoba berternak ayam kampung Joper. Hal itu juga untuk mengatasi permasalahan lamanya masa panen pada ayam kampung biasa. Ayam kampung Joper juga telah terbukti memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Nah, maka dari itu.. Yukk mencoba berternak ayam kampung Joper !

Kami jualayamhias.com menyediakan bibit atau DOC ayam kampung super / Joper usia baru saja menetas. Dan kami siap mengirimkan DOC ayam Joper untuk wilayah Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa yang terjangkau dengan kargo hewan. Apabila anda ingin berternak ayam Joper, silahkan menghubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, kebutuhan pakan ayam kampung super, pakan unggas murah, jual DOC ayam kampung super, membuat pakan unggas, Jual DOC ayam kampung super, Harga DOC ayam kampung super, jual ayam kampung super

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: