3 Cara Merawat Ayam Onagadori yang Baik dan Benar

Ayam Onagadori adalah ayam hias yang memiliki ekor panjang dan sangat unik. Kini ayam tersebut sedang banyak diburu oleh pecinta ayam hias di Indonesia.

Ayam Onagadori memiliki ekor yang sangat panjang, di wilayah asalnya sana ekor ayam ini bisa mencapai 10 meter. Perlu diketahui bahwa ayam ini berasal dari Jepang sehingga diberilah nama dengan Onagadori. 

Sesuai dengan namanya, Onagadori yang berarti “O” ekor, “naga” yang berarti panjang, dan “dori” yang berarti unggas. Jadi secara bahasa Jepang Onagadori berarti Unggas dengan ekor panjang.

Ayam Onagadori saat ini sudah banyak dikembangkan di beberapa peternakan yang ada di Indonesia | image 1Source: id.pinterest.com
Ayam Onagadori saat ini sudah banyak dikembangkan di beberapa peternakan yang ada di Indonesia | image 1

Ayam jenis ekor panjang ini juga disebut sebagai unggas terhormat. Gelar unggas terhormat ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan seekor ayam yang terdapat di Jepang.

Banyak masyarakat tertarik unutk memelihara ayam onagadori ini, bahkan Kaisar Jepang pun juga tertarik untuk memelihara ayam ekor panjang ini.

Baca juga : Ternak Ayam Onagadori Si Ayam Berekor Panjang

Bagaimana Perawatan Ayam Onagadori yang Baik ?

Saat ini keberadaan ayam onagadari sudah cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dikarenkan banyaknya peternak yang mulai mengembangkan ternak ayam onagadori untuk dijadikan ayam hias.

Untuk keturunan ayam onagadori yang terdapat di wilayah Indonesia, ayam ini tidak memiliki ekor yang begitu panjang dibandingkan dengan jenis ayam onagadori yang ada pada habitat aslinya di Jepang.

Ciri khas dari ayam onagadori yaitu ekornya panjang dan ikal | image 2Source: https://www.toopics.com/
Ciri khas dari ayam onagadori yaitu ekornya panjang dan ikal | image 2

Kemungkinan hal ini disebabkan karena perbedaan suhu dimana Negara Jepang memiliki iklim yang dingin sedangkan di Indonesia sendiri beriklim tropis.

Dalam memelihara ayam onagadori yang terpenting tentunya adalah kebersihan kandang. Ini dilakukan agar menjaga ekor ayam onagadori yang menyentuh tanah tidak menjadi kotor sehingga tetap indah dan cantik ketika dilihat.

BACA JUGA:  Sepasang Ayam Phoenix Umur 2 Bulan Persiapan Kirim ke Bapak Paulus Surabaya Via Kereta Tujuan Stasiun Pasar Turi

1. Pakan Ayam Onagadori 

Untuk makanan ayam onagadori harus mengandung asupan makanan yang sehat dan cukup. Pakan yang dapat diberikan berupa voer, dedak, dan jagung.

Makanan tersebut dapat membuat bulu pada ayam onagadori menjadi lebih baik dan bagus. Pemberian pakan tersebut dapat dilakukan 2 kali sehari cukup pagi dan sore hari.

Salah satu jenis pakan ayam onagadori yang dapat diberikan yakni jagung | image 3
Salah satu jenis pakan ayam onagadori yang dapat diberikan yakni jagung | image 3

Pada pemberian pakan untuk ayam onagadori harus bervariasi agar ayam onagadori tidak bosan dengan makanan yang sama.

Baca juga : Jual Ayam Onagadori Siap Kirim ke Seluruh Penjuru Indonesia

2. Persiapan Kandang Ayam

Dalam pembuatan kandang untuk ayam jenis ini, usahakan buatlah kandang dengan tempat berteduh dan beristirahat.

Pembuatan kandang ayam ekor panjang ini memang sedikit berbeda seperti pembuatan ayam lainya.

Dalam membuat kandang ayam onagadori usahakan di dalam  kandang terdapat tempat untuk bertengger. Hal ini dilakukan agar ekor ayam onagadori tetap terjaga kebersihannya | image 4Source: agrozine.id
Dalam membuat kandang ayam onagadori usahakan di dalam kandang terdapat tempat untuk bertengger. Hal ini dilakukan agar ekor ayam onagadori tetap terjaga kebersihannya | image 4

Karena kandang ayam onagadori harus memiliki tingkatan yang lebih tinggi serta harus dilengkapi dengan tempat bertengger.

Hal ini dilakukan karena ayam onagadori suka dan senang memanjang bulu ekornya yang panjang.

Baca juga : Kandang Ayam Onagadori Adalah Salah Satu Hal Yang Paling Penting

3. Kebersihan Kandang Ayam

Pada kandang ayam onagadori kebersihan adalah faktor utama yang harus selalu diperhatikan karena ayam ekor panjang ini sebernarnya mudah terserang penyakit.

Pembersihan kandang bisa dilakukan sesering mungkin, dapat dilakukan 2 kali sehari atau 3 kali sehari.

Agar kesehatan ayam onagadori tetap terjaga dengan baik, maka peternak harus selalu menjaga kebersihakan kandang setiap saat | image 5
Agar kesehatan ayam onagadori tetap terjaga dengan baik, maka peternak harus selalu menjaga kebersihakan kandang setiap saat | image 5

Perlu dilakukan juga penjemuran ayam onagadori selama beberapa menit dibawah sinar matahari di pagi hari. Agar kuman – kuman yang menempel pada bulu ayam dapat hilang.

Ayam yang berasal dari Negeri Tirai Bambu Jepang ini bukan tak asing lagi di telinga masyarakat. Bahkan peluang usaha untuk budidaya ayam onagadori masih terbuka lebar untuk kalangan wirausaha.

Keuntungan yang didapatkan pun cukup tinggi karena ayam onagadori usia dewasa memiliki harga yang sangat fantasti.

BACA JUGA:  5 Hal Penting dalam Cara Merawat Ayam Phoniex

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ternak ayam onagadori. Kami dari jualayamhias.com menyediakan ayam onagadori mulai dari usia satu bulan hingga indukan siap produksi.

Untuk pengiriman dapat kami kirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan dengan tarif ongkos kirim yang terjangkau.

Untuk mengetahui daftar harga ayam onagadori terbaru, cara pemesanan, cara pengiriman dan informasi lengkap lainnya bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (15 votes)

2 pemikiran pada “3 Cara Merawat Ayam Onagadori yang Baik dan Benar”

    • Alhamdulillah, kami bisa mengirimkan sampai ke Lombok untuk informasi lebih lanjut silahkan bisa langsung hubungi layanan pelanggan kami via Telp/SMS/Whtasapp di 085647723888

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: