Kandang Ternak Ayam Kampung Super dengan Lantai Semen

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Kandang Ternak Ayam Kampung Super dengan Lantai Semen

Kandang Ternak JOPER

Kandang Ternak Ayam Kampung Super dengan Lantai Semen –  Kandang merupakan tempat berteduh dan berlindung dari cuaca buruk dan ancaman hewan liar. Selain itu kandang juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ayam.

Kandang DOD Bebek
Kandang DOD Bebek

Kandang ternak ayam kampung super ada tiga tipe bentuk lantai, yang terdiri dari :

1.Litter
2.Slat
3.Kandang dengan Lantai tanah campuran 

Terkait dari tipe kandang tersebut, “bagaimana dengan kandang ternak ayam kampung super dengan lantai semen?”,

Kandang Semen 

Kandang dengan lantai semen merupakan kandang yang lantainya terbuat dari bahan adukan semen dan pasir. Dimana pada bagian lantai dasar harus diberikan alas atau fondasi batu dan batu bata yang disusun rapi. Kemudian lantai tersebut diplester atau ditutup dengan adukan semen dan pasir. Sesudah itu ditutup dengan sekam padi, sisa serutan gergaji, dan kapur sebagai litter. Ketebalan litter 8 – 10 cm. 

Fungsi dari Kandang Litter yaitu :

  • Untuk menyerap air bebas, menyerap kelembaban dan mengeringkan.
  • Mengurangi kontak antar kotoran dan unggas.
  • Memberikan insulasi pada anak ayam atas pengaruh dingin dari lantai.

Pengelolaan Litter

Sebelum bibit ayam dipindahkan pada kandang yang telah diberikan litter. Sebaiknya, litter tersebut diberikan disinfektan. Hal tersebut bertujuan agar membasmi bibit penyait yang mucul. 

Selanjutnya, litter yang sudah dipakai dapat digunakan dengan syarat tergantung dari sejarah penyakit dari ayam sebelumnya. Kandang ternak ayam kampung super dengan lantai semen atau kandang litter, yang berbahan dasar litter harus yang efektif harus mudah menyerap, ringan, tidak mahal, dan tidak beracun.

Kandang Ternak
Kandang Bebek Tipe Postal

Sebaiknya litter selalu dalam kedaan kering, tetapi bukan berati berdebu. Apabila litter terlalu berdebu, akan menyebabkan iritasi pada sistem pernapasan ayam, sehingga ventilasi harus ditingkatkan untuk menurukan level dari debu.

Litter dapat menjadi basah karena beberapa hal, diantaranya :

– jatuhnya air minum atau atap bocor, 
– pengaturan tempat minum yang tidak benar,
– tingkat kepadatan kandang yang tinggi, 
– ventilasi yang kurang baik.

Hal ini akan melepaskan sejumlah amonia dan akan memberikan efek berbahaya pada kandang yang ventilasinya kurang baik. Sementara populasi mikroba tinggi akan meyebabkan terjadinya penyakit. 

Tindakan untuk mencegah litter basah adalah :

  • Memperhatikan bahwa air dari luar dan tidak masuk ke dalam kandang.
  • Tempat air minum diatur dengan tinggi dan kedalaman air minum. Hal ini bertujuan agar mengurangi jatuhnya air ke dalam litter.
  • Ketebalan litter yang baik dapat ditambahkan sesuai dengan keperluan.
  • Menghindari kepadatan kandang.
  • Mengatur ventilasi yang baik.

Ciri- ciri litter yang baik :

  • Ringan.
  • Ukuran partikel medium.
  • Mudah menyerap air.
  • Halus dan padat.
  • Tidak berbahaya bagi ternak dan tumbuhan.
  • Tidak mendukung pertumbuhan jamur
Contoh Kandang Ternak Skala Kecil
Contoh Kandang Ternak Skala Kecil

Bahan dari Litter ialah :

1. Serutan kayu

Serutan Kayu
Serutan Kayu

Salah satu bahan litter yang baik yaitu serutan kayu. Jenis litter tersebut berasal dari sisa produksi pembuatan bahan baku kayu, meja, almari dan lain sebagainya. Ukuran partikel pada serutan kayu dan kapasitas dalam penyerapan airnya baik, membuat serutan jayu tersebut dipilih oleh beberapa peternak. 

2. Serbuk kayu

Serbuk Kayu
Serbuk Kayu

Litter  berbahan dasar serbuk kayu tersebut hampir menyerupai dengan serutan kayu. Hanya saja serbuk kayu memiliki ukuran yang kecil dan berdebu dibanding dengan serbuk kayu.

3. Potongan jerami

Jerami
Jerami

Potongan jerami diperoleh dari rumput atau jerami yang dicacah dengan panjang tidak lebih dari 100 mm. Penggunaan jerami lebih umum digunakan oleh beberapa peternak karena keberadaannya yang mudah didapat. 

4. Sekam padi

Sekam Padi
Sekam Padi

Bahan litter sekam padi merupakan bahan sisa hasil pengolahan padi. Sekam tersebut berasal dari kulit padi yang mengelupas dari pengelolaan beras. Dalam ketersediannya, sekam padi cukup mudah ditemukan bahkan memiliki harga yang cukup terjangkau. . Litter dari sekam padi termasuk bahan litter yang baik dan cukup banyak peternak yang menggunakan sekam padi sebagai alas pada lantai kandangnya. 

5. Potongan kertas

Potongan kertas merupakan bahan litter yang baik, akan tetapi penggunanya terbatas karena ketersediaannya dan biaya nya pun juga cukup mahal.

Keuntungan dari kandang dengan lantai semen ialah tahan lama dan lantai yang basah atau kotor akibat tumpahan air cukup mudah untuk dibersihkan. Adapun kekurangannya adalah kurang ekonomis karena pembiayaan yang tinggi. Kandang ternak ayam kampung super dengan lantai bisa menjadi referensi untuk anda. Jenis kandang ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Kandang ternak
Kandang ternak

Semoga ulasan tentang kandang ternak ayam kampung super dengan lantai semen ini dapat memberi manfaat bagi anda.

Disini kami juga menyediakan DOC atau bibit ayam kampung super. Bagi anda yang mengingikan DOC ayam kampung super. Untuk pemesanan kami melayani ke seluruh wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
ukuran kandang ayam joper 100 ekor, ayam jawa super siap panen, gambar kandang ayam joper, ukurankandang doc 100 ekor, cara membuat kandang ayam joper, kandang doc yang baik, budidaya joper, cara membuat kandang box.

**Dwi Sri Rahayu**

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: