Berapa Lama Penetasan Telur Kalkun ?

Hallo sobat ternak ayam hias.. Siapa yang tidak mengenal unggas jenis kalkun ini ? Pasti hampir semuanya mengenal bukan dengan kalkun ?

Nah Kalkun ini merupakaan unggas yang termasuk ke dalam golongan ayam, orang-orang biasa menyebutnya dengan Ayam Kalkun atau Turkey.

Ayam kalkun banyak dipelihara oleh masyarakat guna dijadikan sebagai ayam hias maupun penghasil daging. Daging ayam kalkun memiliki bobot yang tinggi, satu ekor ayam kalkun dapat mencapai bobot mulai dari 3,6 kg- 7,2 kg.

Ayam Kalkun saat ini banyak diternakkan untuk hiasan maupun sebagai penghasil daging | image 1
Ayam Kalkun saat ini banyak diternakkan untuk hiasan maupun sebagai penghasil daging | image 1

Tingginya permintaan ayam kalkun untuk sebagai hiasan ataupun diambil dagingnya membuat banyak peternak mulai mencai cara agar ayam kalkun yang diternakkan dapat berkembangbiak secara banyak. Selain itu telur kalkun bisa dimakan menjadi bahan makanan pokok sehari-hari.

Salah satu cara agar dapat menghasilkan anakan dalam jumlah banyak maka peternak perlu menggunakan mesin tetas telur sebagai alat bantu untuk menetaskan telur.

Tetapi jika peternak ingin menetaskan secara alami menggunakan indukan ayam kalkun sendiri maka tidaklah mengapa.

Lalu lama telur ayam kalkun menetas kira kira berapa hari yaa ? Nah kita simak pembahasannya pada paragraf dibawah ini yaa..

Baca juga : Jual Mesin Penetas Beserta Cara Kerja Mesin Penetas Telur Semi Otomatis

Salah satu bentuk telur ayam kalkun dengan bintik-bintik cokelat di cangkangnya | image 2
Salah satu bentuk telur ayam kalkun dengan bintik-bintik cokelat di cangkangnya | image 2

Berapa Lama Telur Kalkun Menetas ?

Kalkun akan mulai menghasilkan telur setelah mencapai usia 8 bulanan keatas. Hal tersebut dapat ditandai ketika ayam kalkun jantan mulai mengembangkan ekornya untuk menarik simpati dari indukan ayam kalkun betina.

Indukan ayam kalkun betina memiliki masa tetas telur cukup lama dibandingan dengan jenis ayam pada umumnya. Telur ayam kalkun akan menetas pada usia kurang lebih 28 hari masa pengeraman.

Dalam proses penetasan telur ini peternak dapat menggunakan mesin penetas sebagai alat bantu menetasakan. Selain itu peternak juga dapat menggunakan indukan alami untuk menetaskan telur.

BACA JUGA:  Jenis-jenis Penyakit Ayam Kalkun dan Cara Menanggulanginya

Sebelum indukan ayam kalkun akan mengerami telurnya alangkah baiknya jika peternak memperhatikan hal-hal berikut ini supaya kenyamanan ternak ayam kalkun tetap terjaga.

Baca juga : 6 Hal Penting Ternak Ayam Kalkun yang Baik

Untuk anakan ayam kalkun bisa diasuh oleh indukan atau bisa langsung dimasukan ke dalam kadang boks | image 3
Untuk anakan ayam kalkun bisa diasuh oleh indukan atau bisa langsung dimasukan ke dalam kadang boks | image 3

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Kalkun Mengeram

Adapun hal-hal penting yang diperhatikan saat ayam kalkun mengeram sebagai berikut ini :

  1. Pastikan bahwa sarang dalam keadaan kering dan tidak lembab
  2. Peternak perlu memberikan tempat mengeram yang aman dan pastikan telur kalkun tidak mengelinding dari eraman agar tidak pecah.
  3. Jauhkan kandang dari lingkungan yang berisik agar kalkun tidak terganggu dan stress.
  4. Berikan pakan dan minum yang berkualitas pada indukan ayam kalkun saat mengeram
Salah satu penggunaan ban mobil bekas sebagai tempat untuk ayam kalkun bertelur | image 4
Salah satu penggunaan ban mobil bekas sebagai tempat untuk ayam kalkun bertelur | image 4

Selain memperhatikan hal-hal diatas peternak juga perlu mempersiapkan tempat bertelur ayam kalkun atau sarang dengan baik dan nyaman. Seperti menyiapkan ban bekas, lokasi yang aman, tidak berisik, menyiapkan jerami, dan memberikan ban bekas yang dialasi jerami.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Tempat Mengeram untuk Ayam Kalkun

Ciri ciri telur kalkun yakni cangkangnya berwarna cokelat muda dengan bintik-bintik coklat tua, selain itu kuning telurnya berwarna orange.

Pada umumnya ayam kalkun akan menghasilkan 7-15 butir telur/ ekornya. Jika Anda ingin telur kalkun menetas telur dengan jumlah yang banyak kami dari jualayamhias.com menyarankan agar menggunakan mesin tetas.

Contoh Mesin Tetas Sliding Turning C-50 yang dapat digunakan untuk menetaskan berbagai macam telur ayam dalam jumlah yang banyak | image 5
Contoh Mesin Tetas Sliding Turning C-50 yang dapat digunakan untuk menetaskan berbagai macam telur ayam dalam jumlah yang banyak | image 5

Untuk mesin tetas yang kami sediakan ada berbagai macam jenisnya, mulai dari mesin penetas manual maupun otomatis. Mesin tetas yang kami sediakan pun ada berbagai macam kapsitas, mulai dari kapasitas 30 butir hingga 1000 butir.

Selain itu bagi Anda yang ingin menetaskan telur ayam hias kalkun tetapi tidak memiliki indukan kalkun yang sedang bertelur. Kami pun juga jual telur kalkun seperti telur kalkun bronze, telur kalkun royal palm, telur kalkun putih dan masih banyak lagi jenis ayam kalkun populer lainnya.

BACA JUGA:  READY STOCK AYAM HIAS Tanggal 25 Februari 2019

Daftar Harga Telur Kalkun

Jenis-jenis TelurHarga
Telur Kalkun BronzeRp. 30.000
Telur Kalkun Golden PalmRp. 45.000
Telur Kalkun Royal PalmRp. 70.000
Telur Kalkun Self BuffRp. 80.000
Telur Kalkun Bourbon RedRp. 80.000
Telur Kalkun Black SpanishRp. 100.000

Untuk informasi lebih lengkap mengenai daftar harga ayam kalkun terbaru, cara pemesanan, cara pengiriman ataupun konsultasi lalinnya silahkan bisa langsung menghubungi nomor layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: