0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Mari Mengenal Ayam Kapas

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mari Mengenal Ayam Kapas

mengenal ayam kapas

Mari Mengenal Ayam Kapas – Ayam kapas adalah salah satu ayam yang unik serta menggemaskan. Bentuk bulu yang putih serta lembut saat di pegang menambah keunikan ayam hias yang satu ini. Bagi yang belum tau mengenai ayam kapas ini secara mendalam, ternyata selain memiliki bulu berwarna putih, ada juga ayam kapas yang berbulu coklat, hitam atau campuran. Bulunya juga tak kalah cantik dan unik. Ayam kapas memiliki karakter yang unik. Ayam ini termasuk jenis ayam hias yang berasal dari daratan Cina yang di sebarluaskan oleh Marcopolo ke berbagai negara di Eropa. 

Keunikan ayam kapas terdapat pada bulunya yang mirip seperti kapas
Keunikan ayam kapas terdapat pada bulunya yang mirip seperti kapas

Ayam kapas memiliki beberapa kelebihan dari tampilannya selain bulunya yang tidak mempunyai folikel hingga bulu tidak melekat satu sama lain dan nampak seperti kapas. Kaki ayam jenis kapas biasanya berbulu walau di temukan juga ayam yang jari kakinya tidak berbulu. Banyak orang meyakini ayam ini dengan daging yang berwarna hitam dipercaya bisa menghindarkan penyakit sakit persendian seperti reumatik dan lain-lain. Biasanya daging ayam ini di jadikan sup ginseng ayam yang berhasiat dan juga mahal. Namun hal tersebut termasuk dalam keyakinan sendiri-sendiri. 

Baca juga : Cara Mudah Memelihara Ayam Kapas

Ayam ini mempunyai pial/jengger seperti bunga mawar atau rose. Pialnya besar dan terdiri dari beberapa baris pial bergerigi. Beberapa ayam jenis kapas memiliki jambul dibelakang pial. Jenggernya ada yang berwarna merah atau ada yang berwarna biru.

Ayam kapas memiliki pial / jengger yang berbentuk seperti mawar
Ayam kapas memiliki pial / jengger yang berbentuk seperti mawar

Adapun ciri – ciri khusus yang terdapat pada ayam kapas antara lain : 

  • Ukuran tubuh pada ayam kapas relatif kecil
  • Memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, sehingga tahan terhadap penyakit
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru
  • Konsumsi pakan relatif sedikit sekitar 80 – 90 gram
  • Warna bulu pada ayam kapas putih polos dan terasa halus
  • Jengger dan pial pada ayam kapas berwarna hitam
  • Beberapa ayam kapas ada yang memiliki jambul dibagian belakang pial
  • Paruh dan kaki ayam kapas pendek dan berwarna hitam
  • Ayam kapas dapat memproduksi telur 165-200 butir per tahun
  • Bobot ayam kapas dewasa jantan dapat mencapai 1 – 1,4 kg , pada ayam betina dewasa 0,8 – 1 kg

Ayam ini termasuk jenis ayam petelur yang cukup produktif, dalam setahun ayam ini betina bisa menghasilkan telur lebih dari 200 butir. Dengan produksi telur yang lumayan besar ini, ayam kapas cocok dijadikan sebagai ayam kampung petelur, karena karakter daging dan telur mirip dengan ayam kampung.

Ayam Kapas Usia 1 Bulan
Ayam Kapas Usia 1 Bulan

Harga Ayam Kapas

Ayam Kapas merupakan ayam hias yang banyak diminati oleh sebagian masyarakat. Dengan keunikan yang ada pada ayam kapas ini dapat menarik perhatian para pecinta ayam hias. Peluang usaha ayam kapas ini pun masih terbuka lebar untuk para peternak. Karena memang harga ayam kapas yang ada dipasaran relatif cukup tinggi, sehingga peternak yang membudidayakan ayam kapas dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar.

Adapun harga ayam kapas putih yang ada di tempat kami
sebagai berikut :

1 Bln Rp85.000/ekor
2 Bln Rp110.000/ekor
3 Bln Rp135.000/ekor
4 Bln Rp175.000/ekor
5 Bln Rp225.000/ekor
Dewasa Rp300.000/ekor
Kapas Coklat Jantan Rp550.000/ekor
Kapas Hitam Jantan Rp650.000/ekor

Harga tersebut dapat mengalami perubahan seiring dengan perkembangan harga ayam kapas yang ditawarkan dipasaran. Budidaya ayam kapas merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Peternak dapat dengan mudah mengembangkan usaha ayam kapas karena memang pemeliharaan ayam kapas sangatlah mudah.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk pembudidayaan ayam kapas : 

1. Kandang

Kandang yang sesuai standar merupakan kandang yang memiliki peralatan dan fasilitas yang lengkap. Dengan tersediannya segala fasilitas yang lengkap tentu akan membuat produktivitas ayam menjadi lebih baik lagi. Dalam pembuatan kandang ayam kapas peternak atau pemelihara ayam kapas sebagai ayam hias dapat membuat kandang berbahan material bambu ataupun kayu. Pastikan dalam membuat kandang ayam kapas buatlah selebar mungkin, agar ayam kapas dapat beraktifitas dan bergerak bebas. Usahakan sinar matahari dapat dengan leluasa masuk ke dalam kandang agar segala bibit penyakit dapat musnah.

2. Kebersihan Kandang

Kesehatan lingkungan kandang harus tetap diperhatikan kandang yang sehat dan dibersihkan secara rutin akan memberikan kenyaman bagi ayam dan peternak. Kandang yang sehat harus dibersihkan dan disemprot setiap dua minggu sekali. Hal ini bertujuan agar tidak ada hama yang bisa menyerang ayam kapas dan ayam kapas pun dapat terhindar dari berbagai penyakit.

3. Pemberian Pakan

Agar peternak dapat mencapai hasil yang maksimal dalam beternak ayam kapas. Maka, peternak harus senantiasa memperhatikan pemberian pakan dan vitamin yang benar.

Pakan merupakan asupan makanan yang diberikan kepada hewan ternak sebagi sumber energi dan materi bagi pertumbuhan ayam. Pakan ayam menjadi salah satu faktor terpenting yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha ternak ayam bagi peternak. Untuk menghasilkan ternak yang unggul, pakan ayam harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin.

Pakan Ayam Kapas terdiri dari : 

  • Nasi

Nasi untuk pakan ayam kapas
Nasi untuk pakan ayam kapas
  • Jagung

Jagung untuk pakan ayam kapas
Jagung untuk pakan ayam kapas
  • Gabah

Gabah untuk pakan ayam kapas
Gabah untuk pakan ayam kapas
  • Kedelai

Kedelai Untuk Pakan Ayam Kapas
Kedelai Untuk Pakan Ayam Kapas
  • Dedak

Dedak untuk pakan ayam kapas
Dedak untuk pakan ayam kapas
  • Voer

Voer untuk pakan ayam kapas
Voer untuk pakan ayam kapas

4. Pakan Anak Ayam Kapas

Dalam pemberian pakan pada anak ayam kapas peternak dapat memberikan pakan berupa voer. Pemberian voer pada ayam kapas dapat membantu pertumbuhan ayam kapas, sehingga ayam kapas pun dapat tumbuh besar dan menghasilkan jumlah telur yang relatif banyak.

Dalam perawatan ayam kapas beri penerangan berupa lampu pijar di dalam kandang, ini bertujuan agar ayam kapas tersebut mendapatkan kehangatan karena ayam kapas yang masih kecil akan rentan terhadap penyakit.

Hal – hal yang harus diperhatikan dalam memelihara ayam kapas diantaranya sebagai berikut : 

1. Memilih Bibit

Dalam mengembangkan usaha pembudidayaan ayam kapas. Peternak atau pemelihara ayam kapas harus senantiasa memperhatikan bibit ayam kapas yang baik untuk diternakkan maupun dipelihara sendiri. Bibit ayam kapas yang baik berasal dari indukan ayam kapas yang unggul pula.

2. Memilih Pakan

Pakan sangat berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan pada ayam kapas. Untuk para peternak dan pemelihara usahakan dalam pemberian pakan jangan berikan pakan dengan kondisi buruk, karena akan mempengaruhi kesehatan ayam.

3. Vitamin 

Pemberian vitamin juga sangat berpengaruh baik kepada ayam kapas. Vitamin dapat mencegah ayam kapas mudah terserang penyakit. Untuk vitamin ayam kapas sesuaikan dengan keadaan dan kondisi pada ayam kapas, jika kondisi buruk terjadi pada ayam kapas segera hentikan pemberian vitamin.

Ingin memiliki ayam ini, silahkan hubungi kami kapan saja. Kami menyediakan berbagai macam ayam hias mulai dari jenis ayam kapas, ayam polandia, ayam kate ayam cemani dan jenis ayam hias lainnya. Anda dapat mendapatkan telur, anakan sampai indukan ayam jenis kapas ini. Dan untuk harga terbaru silahkan klik di DAFTAR HARGA. Hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353


Kata terkait :
ayam kapas hitam, harga ayam kapas, harga ayam kapas putih, jenis ayam kapas, ayam polandia, harga ayam silkie, ayam kate, ayam cemani

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: