Mengenal Asal Usul Ayam Kalkun Hitam atau Kalkun Black Spanish Si Ayam Eksotis

Berbagai jenis ayam kalkun di Indonesia salah satunya ayam kalkun hitam menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan dengan ayam kalkun lainnya. Pasalnya ayam kalkun hitam ini memiliki warna bulu full hitam yang mana akan semakin menambah kecantikannya.

Ayam Kalkun Black Spanish kini sudah ada di Indonesia dan sudah mulai banyak yang membudidayakannya. Ayam kalkun ini memiliki ciri khas yang elegan, warnanya hitam sehingga terlihat sangat eksotis.

Ayam kalkun hitam menjadi salah satu jenis kalkun yang memiliki keindahan pada warna bulunya | image 1Source: en.wikipedia.org
Ayam kalkun hitam menjadi salah satu jenis kalkun yang memiliki keindahan pada warna bulunya | image 1

Hadirnya ayam kalkun hitam atau yang kita sebut sebagai ayam kalkun black spanish semakin banyak dicari dan dipelihara oleh kolektor ayam hias. Selain dijadikan sebagai ayam kalkun hias ternyata banyak peternak yang memanfaatkan daging ayam kalkun untuk dikonsumsi.

Harga ayam kalkun hitam pun relatif lebih mahal di bandingkan dengan ayam-ayam kalkun jenis lain. Namun sudah tahukah Anda tentang asal mula ayam kalkun black spanish ini ? mari kita sama-sama belajar tentang ayam kalkun black spanish ini.

Baca juga : Apakah Daging Kalkun Bisa Dimakan ?

Mengenal Ayam Kalkun Hitam si Ayam Kalkun Black Spanish

Ayam kalkun black spanis sebenarnya berasal dari Eropa sebagai keturuan langsung dari Meksiko yang dilakukan dengan penjelajahan di tahun 1500-an.

Ayam kalkun hitam ini menjadi begitu populer di Spanyol sehingga ayam kalkun ini dinaman dengan nama “Black Spanish”, dan di Inggris terutama di wilayah Nortflok yang mana mereka dikenal sebagai “Nortfolk Blacks”. Di wilayah ini ayam kalkun hitam banyak diproduksi untuk daging konsumsi selama lebih dari dua abad.

Asal mula ayam kalkun hitam atau kalkun black spanish berasal dari Meksiko  | image 2
Asal mula ayam kalkun hitam atau kalkun black spanish berasal dari Meksiko | image 2

Karena rasa dan bentuknya yang khas, maka ayam kalkun hitam atau black spanish ini sering dibawa untuk oleh-oleh ke negara-negara para turis dan membuat perjalanan kembali ke Amerika dengan koloni awal di Eropa.

BACA JUGA:  Apakah Ayam Kalkun Halal atau Haram ? Bagaimana Rasa Daging Kalkun ?

Beberapa saat disana, meraka kemudian berkoloni dengan kalkun liar timur yang membentuk dasar berbagai ayam kalkun black spanish di Amerika. Varietas jenis hitam ini sangat komersial pada awal abad ke-20, meskipun tidak sepopuler seperti kalkun jenis White Holland, Narragansett dan Burbon Red.

Asal mula ayam kalkun hitam atau disebut sebagai ayam kalkun black spanish | image 3
Asal mula ayam kalkun hitam atau disebut sebagai ayam kalkun black spanish | image 3

Populasi ayam kalkun black spanis pun semakin bertambah banyak ketika pada tahun 1937 yang menyatakan bahwa ayam kalkun ini dikembangbiakan dalam jumlah besar.

Pertumbuhan ini berkembang dan dalam jumlah besar di sepanjang pantai timur termasuk Maryland dan Virginia, popularitas mereka ditingkatkan oleh seleksi disposisi yang tenang dan baik sehingga pertumbuhannya cepat.

Ciri – ciri Ayam Kalkun Black Spanish 

Ayam kalkun black spanish diakui oleh Asosiasi Unggas America pada tahun 1874. Bulu varietas jenis ini memiliki ciri khas hitam berkilau, seperti kilau logam yang kehijauan di atas dan undecolor hitam yang tidak membosankan.

Ayam kalkun hitam black spanish ini memiliki ciri khas paruh hitam, gelambir merah dan juga jari-jari kaki yang berwarna merah muda pada kalkun dewasa. Pada bagian mata cenderung berwarna cokelat gelap, bulu berwarna hitam seperti layaknya varietas jenis kalkun hitam lainnya.

Adapun untuk ciri-ciri ayam kalkun hitam atau kalkun black spnaish ini sebagai berikut :

Salah satu ciri-ciri ayam kalkun hitam black spanish yakni memilki gelambir merah dan juga warna bulunya yang hitam | image 4Source: en.wikipedia.org
Salah satu ciri-ciri ayam kalkun hitam black spanish yakni memilki gelambir merah dan juga warna bulunya yang hitam | image 4
  • Memiliki warna buku mengkilat seperti pelangi
  • Pada ayam kalkun jantan dapat memiliki bobot yang besar dengan daging yang lebih besar
  • Memiliki jengger dan wajah berwarna merah serta unggu
  • Memiliki kemampuaan domestik lebih baik
  • Ayam kalkun memiliki selera makan yang cukup banyak

Bagaimana sudah mengenal bukan dengan ayam kalkun hitam si ayam kalkun black spanish ini. Perlu diketahui bahwa bobot yang dihasilkan oleh ayam kalkun hitam saat mencapai usia indukan mampu mencapai ukuran 3 kg/ ekor untuk ayam kalkun betina dan 5-8 kg/ ekor ayam kalkun jantan / ekornya.

BACA JUGA:  Mengobati Penyakit Cacar Ayam Kalkun Dengan Cara Mudah

Dengan adanya bobot ayam kalkun yang tinggi tersebut menjadikan banyak masyarakat yang mengkonsumsi daging ayam kalkun sebagai makanan. Aneka olahan kuliner berbahan dasar daging kalkun pun sudah banyak digemari.

Manfaat daging ayam kalkun pun juga cukup banyak dan tentunya dapat memberikan tambahan bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca juga : Berapa Lama Masa Panen Kalkun dari Usia Anakan Hingga Dewasa ?

Salah satu olahan daging ayam kalkun yang banyak digemari oleh masayarakat | image 5
Salah satu olahan daging ayam kalkun yang banyak digemari oleh masayarakat | image 5

Hal tersebut dapat didasari dari pemeliharaan yang diterapan oleh peternak. Ternak ayam kalkun pun dinilai cukup mudah diteranakkan dan dikembangkan. Jika peternak ingin membudidayakan ternak ayam kalkun dapat dicoba mulai dari usia anakan atau indukannya juga.

Baca juga : Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Beternak Ayam Kalkun

Pakan yang diberikan untuk ternak ayam kalkun black spanish ini pun cukup mudah. Saat ayam kalkun masih usia anakan peterna dapat memberikan full konsentrat atau pakan pabrikan dan usia dewasa dapat diberikan pakan konsentrat yang dicampur dengan bekatur atau cacahan sayuran hijau lainnya.

Jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur.

Berikut merupakan jenis-jenis ayam kalkun yang tersedia di jualayamhias.com, pemesanan bisa langsung WA ke 0856-4472-3888 | image 6Source: jualayamhias.com
Berikut merupakan jenis-jenis ayam kalkun yang tersedia di jualayamhias.com, pemesanan bisa langsung WA ke 0856-4472-3888 | image 6

Bagi anda yang lebih memilih bibit atau ayam kalkun anakan kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan.

Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam kalkun hias terbaru di DAFTAR HARGA AYAM KALKUN dan hubungi kami sekarang di :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: