Ayam Pelung

6 Ciri-Ciri Ayam Pelung Asli Trah Cianjur yang Berkualitas

Written by

Ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Bahkan keberadaan ayam ini sudah mulai tersebar di negara Indonesia.

Ayam ini termasuk jenis ayam buras atau ayam bukan ras, karena jika dilihat dari bentuk fisiknya ayam mirip dengan bentuk ayam buras lainnya.

Keunikan dari ayam pelung yaitu pada suara kokoknya yang panjang dan mengalun. | image 1
Keunikan dari ayam pelung yaitu pada suara kokoknya yang panjang dan mengalun. | image 1

Ayam Pelung merupakan salah satu jenis ayam hias yang memiliki tiga keunggulan. Diantaranya yaitu suara kokoknya yang panjang dan khas, pertumbuhan yang cepat, dan badannya yang besar (bongsor).

Karena alasan inilah beberapa penghobi ayam memelihara ayam pelung sebagai hobi atau untuk mengikuti kontes.

Suara kokok yang panjang dan merdu ini ternyata hanya dimiliki pada ayam pelung jantan saja, untuk jenis ayam betina hanya memiliki suara kokok layaknya ayam betina biasa pada umumnya.

6 Ciri-Ciri Ayam Pelung Asli Trah Cianjur

Dari segi ukuran dan berat badan ukuran ayam ini relatif besar dengan bulu yang berkilau dan tidak ada standar khusus untuk segi fisik.

Selain kokoknya yang panjang dan mengalun ayam pelung ini juga memiliki perawakan tubuh yang besar dan bobot yang tinggi juga | image 2
Selain kokoknya yang panjang dan mengalun ayam pelung ini juga memiliki perawakan tubuh yang besar dan bobot yang tinggi juga | image 2

Bobot ayam pelung dewasa dapat mencapai sekitar 5-6 kg dengan tinggi sekitar 40-50 cm. Namun untuk suara kokoknya sangat khas yaitu panjang dan mengalun.

Bagi anda yang ingin memelihara ayam pelung, alangkah baiknya jika Anda mengenali ciri-ciri ayam pelung yang baik dan berkualitas terlebih dahulu. Berikut ciri-ciri ayam pelung yang berkualitas :

Berikut dokumen foto salah satu kegiatan latihan bersama dan kontes ayam pelung di severang Istana Presiden Cipanas | image 3
Berikut dokumen foto salah satu kegiatan latihan bersama dan kontes ayam pelung di severang Istana Presiden Cipanas | image 3
  1. Memiliki badan yang besar dan kokoh. Berat badan ayam pelung bisa mencapai sekitar 3 kg dan tinggi sekitar 30-40 cm untuk yang dewasa.
  2. Memiliki pial yang besar, bulat dan berwarna merah.
  3. Cakarnya panjang, besar berwarna hitam, hijau, kuning atau putih.
  4. Jengger ayam pelung besar, tebal serta tegak. Namun ada sebagian yang miring. Jenggernya berwarna merah dan tunggal.
  5. Warna bulu ayam pelung tidak ada standar yang khas, tetapi biasanya berwarna hitam dan merah, putih dan kuning dan campuran warna hijau yang mengkilat.
  6. Suara ayam pelung lebih merdu, panjang dan mengalun.
BACA JUGA:  Tips Mempersiapakan Pakan Ayam Pelung Agar Mampu Berkokok Panjang dan Merdu

Memulai ternak ayam pelung sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Untuk makanan ayam pelung dapat anda dapatkan di sekitar rumah Anda.

Ayam pelung dapat diberi pakan yaitu kedelai, jagung, gabah dan lain-lain. Selain pakannya yang mudah ternyata pemeliharaan ayam hias jenis pelung ini cukup mudah juga.

Baca juga : 4 Jenis Makanan Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang

Salah satu jenis pakan ayam pelung yang dapat peternak berikan yakni berupa bekatul dengan campuran voer | image 4
Salah satu jenis pakan ayam pelung yang dapat peternak berikan yakni berupa bekatul dengan campuran voer | image 4

Anda cukup memperlakukan ayam ini seperti jenis ayam kampung biasa. Namun agar ayam tetap selalu senang berkokok usahakan ayam pelung tetap merasa nyaman.

Kenyamanan tersebut salah satu faktornya yaitu kandang. Kandang ayam pelung harus di buat senyaman mungkin. Seperti ventilasi udara yang cukup pada kandang dan kandang yang tidak sempit.

Karena apabila ayam pelung merasa tidak nyaman didalam kandang, ia akan tidak mengeluarkan kokok. Dengan pemeliharaan yang benar maka dapat menghasilkan ayam pelung super jumbo atau ayam pelung yang berkualitas.

Layanan Pemesanan Ayam Produksi, Bebek dan Ayam Hias

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti  Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan ayam produksi, bebek atau ayam hias berkualitas lainnya di tempat kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi kami sekarang untuk pemesanan dan layanan konsultasi : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA Ayam pelung Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 Ayam pelung 6 Ciri-Ciri Ayam Pelung Asli Trah Cianjur yang Berkualitas
5/5 - (14 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!