0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

6 Ciri-Ciri Ayam Pelung Asli Trah Cianjur yang Berkualitas

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

6 Ciri-Ciri Ayam Pelung Asli Trah Cianjur yang Berkualitas

6 Ciri-Ciri Ayam Pelung Asli Trah Cianjur yang Berkualitas

Mengenal Ayam Pelung Asli Trah Cianjur – Ayam Pelung merupakan salah satu jenis ayam hias yang diantaranya memiliki 3 keunggulan. Yaitu Suara kokoknya yang panjang dan khas, pertumbuhan yang cepat, dan badannya yang besar (bongsor). Karena alasan inilah beberapa penghobi ayam memelihara ayam pelung baik sebagai hobi atau untuk mengikuti kontes. Ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Berbeda dengan kebanyakan ayam hias yang perkembangbiakan ayamnya diseleksi dari keindahan bulunya, untuk ayam pelung ini diseleksi karena suara kokoknya yang panjang mengalun. Tentu saja hanya ayam pelung jenis jantan saja yang memiliki suara kokok yang panjang.

Saat ini ayam pelung sudah mulai tersebar di negara Indonesia. Ayam pelung termasuk jenis ayam buras  atau ayam bukan ras. Dilihat dari bentuk fisiknya ayam pelung mirip dengan bentuk ayam buras lainnya. Namun, meskipun sama ayam pelung memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dengan ayam buras lain. Seperti postur tubuh yang besar, memiliki perkembangan yang lebih cepat dan memiliki suara kokok yang panjang dan berlagu. Mengenai suara atau kokok ayam pelung memang memiliki pesaing dari ayam yang berasal di daerah timur Indonesia, yakni ayam ketawa.

Ayam Pelung memiliki suara kokok yang panjang dan mengalun
Ayam Pelung memiliki suara kokok yang panjang dan mengalun

Nama ayam pelung sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu Mawelung atau Melung yang artinya melengkung, karena dalam berkokok menghasilkan bunyi melengkung juga karena ayam pelung memiliki leher yang panjang dalam mengakhiri suara / kokokannya dengan posisi melengkung atau mengalun.

Dari segi ukuran dan berat badan. Ukuran ayam pelung ini relatif besar dengan bulu yang berkilau. Tidak ada standar khusus untuk segi fisik, bobot ayam pelung dewasa sekitar 5-6 kg dengan tinggi sekitar 40-50 cm. Namun untuk suara kokoknya sangat khas  yaitu panjang mengalun.

Sejarah Ayam Pelung di Indonesia

Sejarah ayam pelung sendiri berasal dari Cianjur. Yaitu oleh  seorang petani dan tokoh agama dari Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, bernama H. Djarkasih (Mama’ Acih). Ia memulai penangkaran sejak tahun 1850 dengan mengambil seekor ayam jantan muda yang diamatinya memiliki kokokan lebih panjang daripada yang lainnya. Penangkaran dilakukan pertama kali dengan mengawin silangkan dengan ayam betina biasa.

Ayam pelung asli trah Cianjur
Ayam pelung asli trah Cianjur

Anak ayam yang trundul di bawa pulang dan dipelihara. Pertumbuhan anak ayam tersebut sangat pesat menjadi seekor Ayam Jago bertubuh besar dan tinggi serta suara kokoknya panjang mengalun dan berirama. Ayam jantan itu dinamakan Ayam Pelung dan oleh Mama Acih dikembangkan, dikawinkan dengan ayam betina biasa.

Hingga sampai saat ini Ayam Pelung semakin terkenal dan cukup diminati oleh masyarakat umum, wisatawan nusantara dan mancanegara. Bahkan pernah seorang Putra Kaisar Jepang berkunjung ke Warungkondang untuk melihat peternakan Ayam Pelung tersebut. Karena tertarik dengan ayam khas Indonesia ini. Saat ini hampir tiap-tiap kota besar di Indonesia terdapat komunitas pecinta ayam pelung yang rutin mengadakan kontes, untuk itulah hal ini menjadi peluang usaha tersendiri bagi para penghobi ayam pelung.

Disamping itu apabila ayam pelung pernah diikutkan kontes dan menang, harga ayam pelung akan semakin mahal. Maka tah heran bila saat ini banyak yang berkeinginan untuk beternak ayam pelung. Jadi, bagaimana apakah Anda tertarik untuk beternak ayam pelung ?

6 Ciri-Ciri Ayam Pelung Asli Trah Cianjur

  1. Memiliki badan yang besar dan kokoh. Berat badan ayam pelung bisa mencapai sekitar 3 kg dan tinggi sekitar 30-40 cm untuk yang dewasa.
  2. Memiliki pial yang besar, bulat dan berwarna merah.
  3. Cakarnya panjang, besar berwarna hitam, hijau, kuning atau putih.
  4. Jengger ayam pelung besar, tebal serta tegak. Namun ada sebagian yang miring. Jenggernya berwarna merah dan tunggal.
  5. Warna bulu ayam pelung tidak ada standar yang khas, tetapi biasanya berwarna hitam dan merah, putih dan kuning dan campuran warna hijau yang mengkilat.
  6. Suara ayam pelung lebih merdu, panjang dan mengalun.

Berikut adalah daftar harga Ayam Pelung Asli :

1 Bln Rp185.000 /ekor
2 Bln Rp210.000/ekor
3 Bln Rp235.000/ekor
4 Bln Rp260.000/ekor
5 Bln Rp310.000/ekor
5 Bln jantan Rp 360.000/ekor
Dewasa Rp535.000/ekor
Dewasa Jantan Rp 735.000/ekor

Beternak Ayam Pelung Mudah

Memulai ternak ayam pelung sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Untuk makanan ayam pelung dapat Anda dapatkan di sekitar rumah Anda. Contoh pakan ayam pelung yaitu kedelai, jagung, gabah dan lain-lain. Selain pakannya yang mudah ternyata pemeliharaan ayam hias jenis pelung ini cukup mudah juga. Anda cukup memperlakukan ayam ini seperti jenis ayam kampung biasa. Namun agar ayam tetap selalu senang berkokok usahakan ayam pelung tetap merasa nyaman. Kenyamanan tersebut salah satu faktornya yaitu kandang. Kandang ayam pelung harus di buat senyaman mungkin. Karena apabila Ayam pelung merasa tidak nyaman didalam kandang, ia akan tidak mengeluarkan kokok. Dengan pemeliharaan yang benar maka dapat menghasilkan ayam pelung super jumbo atau ayam pelung yang berkualitas.

Berikut adalah contoh video Ayam Pelung :

Silahkan bagi Anda yang berminat memiliki ayam pelung berkualitas, kami menyediakan stok dari anak ayam pelung asli usia 1 bulan sampai indukan. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Kami juga menyediakan berbagai jenis ayam hias dari ayam poland, kate, serama, cemani, cemani walik dan lain sebagainya.
Silahkan hubungi kami kapan saja di nomor whatsapp di bawah ini :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
ciri ciri ayam pelung asli, ayam pelung super jumbo, suara ayam pelung, video ayam pelung, anak ayam pelung asli, makanan ayam pelung
*.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: