3 Jenis Pakan Entok Menurut Umurnya agar Cepat Besar

Pakan Entok merupakan kebutuhan terpenting bagi kelangsungan hidup entok. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua mahluk hidup tidak akan hidup tanpa adanya makanan.

Makanan adalah sumber pokok agar mahluk hidup dapat bertahan hidup. Makanan yang berkualitas sangatlah diperlukan agar mahluk hidup dapat tumbuh secara optimal. Makanan-makanan yang berkualitas juga sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup entok.

Memang benar entok bisa mencari makanan sendiri dengan memanfaatkan kakinya yang berselaput untuk berenang di air dan paruhnya yang sudut untuk mengambil makanan didalam air.

Entok memang dikenal karena dapat menghasilkan bobot yang tinggi. Sehingga banyak masyarakat yang memelihara entok untuk diambil dagingnya. | image 1Source: Facebook.com
Entok memang dikenal karena dapat menghasilkan bobot yang tinggi. Sehingga banyak masyarakat yang memelihara entok untuk diambil dagingnya. | image 1

Akan tetapi tanpa pakan pokok dari pemeliharaannya sudah pasti hewan ini tidak akan bertahan hidup atau tumbuh dengan baik dan cepat gemuk.

Setiap pemberian pakan untuk entok perlu diberikan asupan-asupan nutrisi berupa vitamin atau pun gizi  supaya menghasilkan entok yang berkualitas.

Kita juga harus memperhatikan porsi makanan untuk anakan entok atau indukan entok. Hal ini bermaksud agar kita tidak salah takaran untuk pemberian pakannya.

Sumber – sumber Pakan yang Baik untuk Menghasilkan Entok Berkualitas

Pada pemberian pakan untuk entok dalam kesehariannya dapat diberikan sebanyak 2 kali. Yakni dilakukan pada pagi hari dengan jumlah 40% dan sore hari sebanyak 60%. Ketika DOE entok berusia satu hari ternyata pakan yang dibutuhkan sekitar 30 gram.

Semakin bertambahnya usia entok maka akan mempengaruhi konsumsi pakan yang akan semakin bertambah juga. Maka peternak juga harus melakukan perkiraan untuk penambahan pakan entok. Perlu adanya penambahan 6 gram setiap hari untuk pemberian pakannya.

BACA JUGA:  Cara Mudah Memulai Ternak Entok Sebagai Peluang Bisnis Baru

1. Pakan Anak entok umur 1-14 hari

Pakan entok untuk umur 1-14 hari harus memiliki kandungan nutrisi dan protein yang sesuai dengan porsi anak entok. Sehingga dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangbiakan dan sistem kekebalan tubuh serta saluran pencernaan.

Anakan entok yang masih berusia bari saja menetas memiliki warna yang cerah | image 2Source: Facebok.com
Anakan entok yang masih berusia bari saja menetas memiliki warna yang cerah | image 2

Untuk kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anakan entok antara lain seperti protein kasar, energi, kalsium, fosfor, dan vitamin. 

Sedangkan untuk jenis pakan yang tepat dan sesuai dengan usia entok tersebut adalah jenis pakan seperti pelet atau konsentrat starter.

Jenis pakan tersebut merupakan pakan kualitas pabrikan yang diformulasikan untuk anakan entok agar dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan dari entok tersebut. 

2. Pakan Entok Usia 15 – 35 hari

Disaat umur 15-35 hari kebutuhan pakan sedikit menurun dibanding dengan umur 1-14 hari. Pada tahap pertumbuhan ini anak entok lebih membutuhkan energi, hal ini bertujuan agar laju pertumbuhan bobot cepat.

Untuk jenis pakan yang dapat diberikan agar ternak entok cepat besar yakni jenis bekatul atau dedak halus, umbi – umbian, ampas tahu, biji jagung dan anak sayur – sayur lainnya. Berikan pakan berupa konsentrat yang dapat dicampur dengan dedak, jagung, ampas tahu dan lainnya.

Baca juga : Mengenal Entok yang Potensial untuk dibudidayakan

Masa panen entok berlangsung sekitar 70 - 75 hari dengan bobot mencapai 1,4 hingga 2 kg per ekor. I image 3Source: Facebook.com
Masa panen entok berlangsung sekitar 70 – 75 hari dengan bobot mencapai 1,4 hingga 2 kg per ekor. I image 3

3. Pakan Entok usia 36 – 60 hari

Pada umur 36-60 hari, entok cenderung lebih membutuhkan vitamin dengan mineral dengan jumlah yang besar. Hal ini  dikarenakan untuk menjaga rangka dan kesehatan entok tetap baik.

Biasanya pada umur ini peternak bisa memformulasikan sendiri jenis pakan yang akan diberikan untuk ternak entok.

Biasanya terdiri dari  ikan runcah, menir, bekatul, enceng gondok, keong, dedak, ampas tahu nasi aking dab masih banyak lainnya. 

BACA JUGA:  Cara Sukses Ternak Mentok Agar Cepat Besar

Cara Membuat Pakan Fermentasi dari Gedebog Pisang 

Seperti yang kita ketahui bahwa keberadaan pohon pisang dapat kita temukan di seluruh daerah di Indonesia.

Pohon pisang selain banyak dimanfaatkan oleh masyarakat ternyata juga dapat bermanfaat untuk entok. Banyak peternak yang memanfaatkan gedebog pisang sebagai pakan entok.

Tentu pemberian nya pun tidak langsung diberikan begitu saja, tetapi sebelumnya peternak harus memfermentasikan terlebih dahulu. Proses membuat fermentasi dari gedebog pisang ini dinilai cukup mudah dilakukan dan lebih irit jika dilihat dari sisi biaya.

Kedebog Pisang menjadi salah satu jenis pakan yang dapat diberikan pada ternak Entok untuk di fermentasi | image 4
Kedebog Pisang menjadi salah satu jenis pakan yang dapat diberikan pada ternak Entok untuk di fermentasi | image 4

Untuk menghasilkan fermentasi pakan entok yang berkualitas peternak perlu mencacah nya agar menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga mudah untuk dicerna.

Kandungan yang terdapat dalam gedebog pisang terlogo relatif sedikit sehingga da;am pembuatan pakan fermenasi tersebut perlu adanya campuran pakan lain.

Bahan pakan campuran tersebut dapat berupa jagung giling, bungkil kedelai dan bahan lain yang mudah di dapat di daerah Anda. 

Lakukan Pemberian Vitamin agar Kesehatan Entok Tetap Terjaga 

Agar kesehatan entok tetap terjaga maka perlu adanya pemberian vitamin. Vaksin ini dilakukan agar entok yang dibudidayakan dapat tumbuh dengan sehat sehingga target bobot dapat tercapai. Entok cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kuat dibandingkan dengan jenis unggas lainnya.

Tetapi kita sebagai peternak perlu mengantisipasi hal – hal tersebut agar tidak terjadi kematian yang cukup tinggi. Adapun untuk jenis vitamin yang dapat diberikan yakni vitamin vitachicks. 

Vitachik merupakan vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan, mencegah kekurangan vitamin, mengalami angka kematian pada anak maupun entok dewasa. 

Bagi Anda yang ingin ternak entok kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis entok mulai dari usia anakan hingga indukan bisa WA ke 0856-4772-3888 | image 5
Bagi Anda yang ingin ternak entok kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis entok mulai dari usia anakan hingga indukan bisa WA ke 0856-4772-3888 | image 5

Apabila entok yang diternakkan mengalami gejala-gejala sakit Anda sebagai peternak dapat juga memberikan obat tetra chlor. Obat tetra chlor ini tidak hanya diberikan pada ternak ayam produksi atau ternak ayam kalkun saja tetapi aman diberikan juga pada unggas jenis entok.

BACA JUGA:  Mengenal Pakan Entok untuk Menghasilkan Entok yang Berkualitas

Entok memang masik memiliki peluang bisnis yang cukup bagus untuk diterapkan. Karena entok sendiri memiliki bobot yang cukup tinggi serta pemeliharaan yang relatif mudah.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara dan mengembangkan ternak entok kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis entok seperti entok lokal, entok rambon, entok jumbo, entok tronton dan masih banyak lagi jenis entok lainnya.

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai daftar harga entok, cara pemesanan dan pemeliharaan entok silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

4.8/5 - (21 votes)

2 pemikiran pada “3 Jenis Pakan Entok Menurut Umurnya agar Cepat Besar”

    • *Harga Bibit Entok*

      Harga per ekor = 14,000
      Minimal order 2 box

      *1 Box isi 80 ekor
      *Untuk luar Pulau Jawa tambah ongkos kirim 250rb/Box

      Silahkan, berikut untuk cara Order nya:
      1. Tentukan jumlah Bibit Entok yang ingin dipesan.
      2. Pelanggan mendapat total harga.
      3. Transfer ke rekening kami.
      4. Pesanan akan kami masukan ke daftar tetas. Dan pelanggan akan mendapatkan estimasi tanggal kirim sekitar 3 hari setelah transfer.
      5. Pengiriman sekitar 7 sampai 20 hari dari masuk order.(Tergantung antrian jadwal tetas)

      *Cara Kirim Mentok Mengunakan Kereta:*
      1. Sebelum mengirim kami akan info waktu kirim dan estimasi paket sampai di stasiun tujuan.
      2. Setah paket di terima kargo, kami akan menginformasikan kepada pelanggan mengenai Nomer Resi Cargo.
      4. Kebanyakan paket akan sampai di stasiun tujuan pagi harinya dan pelanggan bisa mengambil di stasiun mulai jam 8 pagi saat kantor cargo hewan mulai buka dengan menunjukkan nomor resi yang kami kirimkan.

      *Tahapan Pengiriman Via Pesawat Kargo Hewan*
      1. Kami akan memberikan data Bibit Entok dan data pembeli kepada Jasa Kargo Hewan.
      2. Jasa Kargo Hewan akan membantu pengurusan surat-surat yang di perlukan dan untuk daerah tertentu di perlu pelanggan mengurus Surat ijin masuk di Kabupaten penerima.
      3. Menunggu proses dokumen di kerjakan, akan berbeda untuk masing-masing airport tujuan.
      4. Setelah semua kelengkapan surat siap, kami akan menginformasikan kepada pembeli untuk jadwal pemberangkatan.
      5. Setelah paket terbang kami akan menginformasikan nomer SMU (Surat Muatan Udara) serta waktu kedatangan pesawat.
      6. Waktu tempuh sekitar ±12jam(saat kami kirim pagi, sore atau malam sudah sampai di bandara tujuan)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: