0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Ayam Anda Lumpuh ? Obati dengan Kapsul Ostelin

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Ayam Anda Lumpuh ? Obati dengan Kapsul Ostelin

Ayam yang mengalami kelumpuhan biasanya disebabakan oleh beberapa faktor | Cover Ayam Lumpuh

Ayam merupakan salah satu hewan unggas yang sangat digemari oleh semua kalangan. Banyak para penghobi yang rela menghabiskan uangnya untuk membeli ayam yang sesuai dengan keinginannya. Beternak adalah salah satu kegiatan yang cukup mengasyikan, selain untuk hobi saja ternak ayam pun dapat menghasilkan kuntungan yang tinggi loh. 

Ternak ayam yang saat ini banyak digemariadalah ternak ayam hias dan ternak ayam joper/ ayam penghasil daging. Untuk ayam joer tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan ayam  yang satu ini. Yaa.. ayam joper ini disebut sebagai ayam kampung super dengan masa panen yang singkat. Masa panen ayam joper  ini hanya berlangsung selama 60 hari dengan bobot yang dihasilkan mulai dari 0, 8 – 1, 1 kg per ekor.

Namun, beternak pun juga terdapat beberapa kendala yang dapat membuat peternak was – was. Kendala yang biasanya ditakukan peternak adalah adanya kematian pada ternak ayamnya.Kematian pada ayam biasnya didasari dengan terserangnya ayam terhadap virus penyakit. Nah.. salah satunya ayam lumpuh, tidak hanya ayam saja yang dapat terserang penyakt lumpuh. Ternyata bebek pun juga dapat terserang penyakit lumpuh, kelumpuhan pada ayam ini disebabkan dari beberapa faktor eksternal maupun internal.

Apa saja penyebab kelumpuhan pada ternak Ayam & Bebek ?

1. Penyakit

Salah satu penyebab kaki ayam atau bebek menjadi lumpuh yakni dengan terserangnya penyakit. Salah satu penyebab kelumpuhan ini adalah penyakit Tetelo atau kita sebut sebagai ND. Penyakit Tetelo atau ND ini dapat peternak antisipasi dengan memberi vaksin. Dengan pemberian vaksin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Tetapi beberapa ayam pun juga dapat bertahan dengan penyakit tetelo. Hanya saja setelah itu ayam akan menjadi linglung dan lama kelamaan menjadi lumpuh. 

2. Keseleo atau terkilir

Kaki keseleo atau terkilir biasaya disebabkan karena kaki ayam terjepit di antara bilah – bilah kau pada kandang. Gejala awal yang biasanya dialami ayam keseleo, yakni ayam menjadi pincang. Setelah itu lama kelamaan ayam akan menjadi lumpuh

Ayam yang sedang megalami kelumpuhan akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas di kandang | Ayam Lumpuh
Ayam yang sedang megalami kelumpuhan akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas di kandang | Ayam Lumpuh

Untuk mengetahuinya peternak dapat meraba kaki ayam dari jari sampai pangkal paha. Biasanya di daerah kaki ayam yang keseleo akan terasa lebih panas di bandingkan dengan daerah lainnya. 

3. Luka

Ketika ayam terluka terutama pada bagian kaki, biasanya akan menyebabkan ayam menjadi lumpuh. Cara paling mudah untuk mengetahuinya yakni dengan mencari sumber luka pada anggota tubuh si ayam. Luka pada bagian kaki ayam yang tidak segera diobati akan menyebabkan tumbuhnya bakteri atau virus. Sehingga luka tersebut akan semakin memperparah hingga ayam menjadi lumpuh.

Bubul atau mata ikan terbentuk karena tekanan dan gesekan berulang pada kulit yang mengakibat penebalan | Penyakit Bubul
Bubul atau mata ikan terbentuk karena tekanan dan gesekan berulang pada kulit yang mengakibat penebalan | Penyakit Bubul

Luka yang menyebabakan ayam menjadi lumpuh biasanya adanya bubut di telapak kaku atau di bagian lutut si ayam. Sehingga bila ada luka sebaginya peternak segera memberikan penangan yang baik.

4. Kekurangan Vitamin

Faktor lain ayam terserang kelumpuhan yakni karena kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin ternyata dapat menyebabkan ayam menjadi lumpuh. Untuk vitamin yang dapat Anda berikan untuk ternak ayam bisa menggunakan Vitachick. Vitamin ini dapat memerikan pengaruh yang baik untuk pertumbuhan ayam, terutama untuk menjaga kekebalan ayam yang Anda ternakan. 

Bagaimana cara mengatasi Ternak Ayam yang mengalami Kelumpuhan ? 

Ayam yang biasanya terlihat sehat bisa sewaktu – waktu menjadi sakit bahkan bisa mendadak mengalami kematian. Tentu Anda sebagai peternak tidak perlu kawatir dengan hal tersebut. Untuk itu peternak dapat melakukan langkah antisipasi agar ayam tidak terserang penyakit lumpuh. Cara itu dapat dilakukan dengan rajin mengamati kesehatan ayam. 

Ayam yang lumpuh sebaiknya segera diberikan perawatan yang baik agar ayam segera sembuh | Ayam Lumpuh
Ayam yang lumpuh sebaiknya segera diberikan perawatan yang baik agar ayam segera sembuh | Ayam Lumpuh

Jika dirasa kandang ayam terlalu sempit hingga menyebabkan ayam kurang leluasa bergerak, segera kurangi jumlah populasi ayam di dalam kandang. Ruang kandang yang lembab dan basah serta ventilisasi yang kurang baik menjadi faktor penyebab penyakit ini. Selain itu suhu yang dingin juga menjadi penyebab ayam mengalami kelumpuhan.

Lalu, bagaimana jika ayam sudah terlanjur terkena penyakit lumpuh dan tidak berdiri. Ayam yang sudah terlanjur sakit lumpuh tetap dapat disembuhkan dengan menggunakan obat, obat ini bernama kapsul ostelin. 

Apa itu Kapsul Ostelin ?

Kapsul Ostelin merupakan salah satu obat yang di produksi oleh EKA FARMA. Di dalam kapsul ini juga mengandung vitamin untuk menambah dan menjaga kesehatan ayam. Dalam hal ini kapsul ostelin tentu saja bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah datangnya penyakit kelumpuhan pada ayam kita. Untuk mengantisipasi penyakit kelumpuhan pada ayam Anda dapat memberikan kapsul ostelin satu butir setiap harinya. Namun jika ayam Anda sudah menderita kelumpuhan Anda dapat memberikanya 3 kali sehari.

Kapsul Osteline dapat memberikan kesembuhan bagi ayam yang mengalami kelumpuhan | Kapsul Ostelin
Kapsul Osteline dapat memberikan kesembuhan bagi ayam yang mengalami kelumpuhan | Kapsul Ostelin

Manfaat kapsul ostelin memang untuk menyembuhkan kaki ayam yang lumpuh. Anda sebagai peternak sebaiknya menyiapkan berbagai jenis obat tersebut di dalam kandang sebagai langkah antisipasi. Untuk harga kapsul ostelin sendiri biasanya hanya di badrol dengan harga yang cukup terjangkau antara Rp. 4.000 – 10.000 per kemasan. Kapsul tersebut dapat anda dapatkan di toko – toko obat hewan terdekat di daerah Anda tinggal.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam joper, ayam hias maupun jenis ayam produksi lainnya. Silahkan dapat dipesan bibitnya ditempat kami. Kami menyediakan berbagai jenis ayam dan bebek dengan kualitas bibit yang unggul.

Informasi lebih lengkap mengenai cara pemesanan, cara pembayaran, cara pengiriman dan KONSULTASI. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait: obat kaki ayam lemas tak bertenaga, obat ayam lemas, obat tradisional ayam lumpuh, obat ostelin, obat ayam lesu, kapsul ostelin untuk mengobati kelumpuhan ayam, lumpuh ayam, obat untuk penyakit kelumpuhan ayam, penyebab penyakit kelumpuhan ayam

Image Sources:

  • Ayam Lumpuh: interestingfactsfun.com
  • Penyakit Bubul: http://ajfmagetan.blogspot.com/
  • Ayam Lumpuh: cluckinggoodpoultry.com
  • Kapsul Ostelin: tokopedia.com
  • Cover Ayam Lumpuh: independent.co.uk

 

One Response

  1. Afrina says:

    Informasi yang menarik, terima kasih admin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: