0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Pemeliharaan Ayam Kampung Super dari DOC Sampai Masa Panen

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Pemeliharaan Ayam Kampung Super dari DOC Sampai Masa Panen

Pemeliharaan Ayam Kampung Super dari DOC Sampai Masa Panen

Ayam Kampung Super atau Ayam Joper merupakan jenis unggas dari hasil persilangan genetik Ayam Kampung dengan ayam lain yang memiliki genetik yang lebih dibandingkan dengan ayam pada umumnya. Ayam Kampung Super untuk menunggu masa panennya lebih cepat, saat berusia 60 hari ayam ini sudah dapat dipanen. Sehingga ayam ini banyak dilirik oleh para peternak, selain itu juga tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas, kandang tidak berbau dan pemeliharaan cukup mudah dan permintaannya juga cukup banyak.

Memelihara Ayam Kampung Super memang cukup mudah, akan tetapi saat masih berusia DOC (usia nol hari dari menetas) biasanya masih membutuhkan perlakuan khusus, hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para peternak dalam beternak Ayam Kampung Super ini. Pemeliharaan Ayam Kampung Super memang memiliki berbagai keunggulan salah satunya yaitu lebih tahan terhadap penyakit. Namun pola pemeliharaan juga akan mempengaruhi kondisi ayamnnya.

Kenapa Ayam Kampung Super atau Ayam Joper lebih Tahan dari Penyakit?

Ayam joper memang terlihat lebih tahan terhadap serangan penyakit, hal ini memang tidak sepenuhnya salah. Waktunya yang lebih pendek dalam pembesaran menjadi alasan kenapa ayam joper ini resiko terserang penyakitnya lebih rendah di banding dengan memelihara ayam kampung asli yang baru dalam usia 5 bulan ke atas ayam kampung asli bisa di panen. Tentu saja dengan waktu pembesaran yang lebih lama resiko terkena penyakitnya juga lebih besar bukan?

BOX DOC Ayam Kampung Super berisi 100 ekor per boknya

Box DOC Ayam Kampung Super berisi 100 ekor per boknya. Sebelum masuk ke box bibit atau DOC ayam joper ini kami cek satu persatu selain di pastikan jumlah dalam setiap box nya betul.

Ayam Kampung Super yang masih berusia 1-21 hari memang cukup rentan terhadap kematian, maka dari itu memberikan perhatian yang khusus pada usia tersebut memang diperlukan. Pemeliharaan dilingkungan yang tenang dengan kondisi box yang selalu hangat merupakan salah salah satu cara untuk menjaga kondisi DOC Ayam Kampung Super. Untuk harga ayam kampung joper setiap tahun dapat berubah – ubah,hal ini tergantung pada peminat ayam jenis ini.

Dengan menejeman dan sistem bertenak ayam kampung yang baik memang merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Peluang usaha ini masih terbuka lebar untuk para wirausaha. Tingginya permintaan daging ayam kampung serta telur ayam kampung dipasaran membuat para produksi ayam kampung semakin gencar untuk meninggikan hasil produksinya. Biaya yang dikeluarkan untuk berwirausaha ayam kampung ini pun relatif tidak terlalu tinggi. Dan perawatannya juga tidak terlalu sulit. Dengan demikian kita perlu mempelajari analisis ternak ayam joper yang baik dan terstruktur.

 

Pakan Ayam Super

Memelihara ayam kampung super atau ayam joper ini memang tidak terlalu sulit, tetapi kita harus selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan ayam maupun kadang ayam super. Terutama pada pemberian makanan, pemberian pakan pada ayam joper ini sebaiknya diberikan sesuai usia ayam kampung super tersebut. Agar ayam super tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Adapun pakan yang dianjurkan untuk ayam super yaitu pemberian konsentrat, dedak, bekatul, onggok, polard, jagung kuning, dan pelet. Dalam pemberian pakan pada DOC Ayam super ini sebainya diberikan pada jenis makanan yang teksturnya halus, seperti konsentrat, dedak, bekatul dan pelet agar DOC Ayam Super dapat mencerna pakan dengan mudah.

Murah Mana Pakan pabrikan atau Pakan Alternatif?

Dari banyak peternak ayam joper yang kami amati memang pemberian pakan pabrikan terlihat jatuhnya lebih mahal bila di bandingkan dengan mencapur nya dengan pakan alternatif. Namun peternak kadang lupa biaya pengadaan pakan ayam joper alternatif kadang bisa jauh lebih tinggi dari pada menggunakan pakan pabrikan yang sudah memiliki komposisi standar serta komplit. Menggunakan pakan standar pabrikan memang akan lebih efisien karena kandungan nya sudah sangat komplit sesuai yang di butuhkan ayam sesuai dengan kategori umurnya. Untuk perhitungan mudahnya pakan pabrikan membutuhkan sekitar 2,2 kg pakan untuk menghasilkan sekitar 0,9 kg daging ayam kampung super. Kesimpulan nya memang bisa berbeda-beda untuk setiap peternak. Karena pakan ayam alternatif bisa juga menjadi murah bila bahan tersebut mudah di dapat, melimpah dengan harga yang murah. Tapi bila memang hal itu tidak memungkinkan pakan pabrikan akan lebih tepat. Perlu di ingat kesalahan dalam memilih startegi memang memunculkan tantangan tersendiri dalam hal kerugian ternak ayam joper.

 

Kandang Ayam Joper

Kandang merupakan tempat tinggal ayam atau tempat ayam untuk melakukan segala aktivitas. Pembuatan kandang yang baik akan menunjang kesehatan pada ayam kampung joper, serta kebersihan kandang ayam adalah kunci utama suksesnya dalam beternak ayam kampung ini. Persiapan dalam pembuatan kandang harus dirancang secara tertata agar dalam pembuatannya nanti tidak mengalami kendala apapun. Pembuatan kandang harus selalu memerhatikan beberapa aspek antara lain, luas nya kandang, banyak sedikitnya jumlah ayam dan wadah pakan yang memadai.

Baca Juga : 

Bagaimana cara pemeliharaan  Ayam Kampung Super dari DOC hingga panen ?

Berikut tahapan pemeliharaan Ayam Kampung Super dari DOC hingga panen

  1. Dalam kandang box indukan sediakan air minum obat antibiotic dan vitamin. Pakan disiapkan di Freeder Chick dan lantai koran.
  2. Memberikan Vaksinasi ND B1 ( bagian hidung, mata, mulut) sejumlah satu tetes.
  3. Setelah vaksin selesai, tutup indukan dengan rapat.
  4. Jauhkan dari lokasi yang ramai. Tempatkan kandang dilokasi yang aman.
  5. Pakan dan Minum selalu tersedia.
  6. Karena DOC masih terlalu kecil jadi saat usia 1 hari, pada tempat minumnya diberi kerikil agar DOC tidak berenang ditempat minum tersebut.
  7. Saat sudah hari kedua dan ketiga kerikil dapat diambil.
  8. Pada usia 1- 7 hari kondisi box tertutup, saat usia 8-21 hari lihat kondisi ayamnya, jika DOC kepanasan maka penutup bisa dibuka sedikit penutupnya.
  9. Saat DOC usia 10-14 hari memberikan vaksin gumboro B yang bisa dicampur di air minum.
  10. DOC yang berusia 15-30 hari sudah dapat dilepaskan dari kotak indukan.

     

Ayam kampung super masa panennya cukup cepat yaitu sekitar 60hari

Ayam kampung super masa panennya cukup cepat yaitu sekitar 60hari

Pemeliharaan Ayam Kampung Super usia 21 hari hingga panen :

  1. Kandang diberikan lampu agar ayam dapat beraktivitas terlebih lagi untuk makan dan minumnya.
  2. Pemberian pakan dan minum rutin setiap hari.
  3. Kondisi pakan dan minum dalam keadaan bersih.
  4. Satu tempat pakan digunakan untuk pemberian pakan 50-100 ekor. Pemberian air minum juga disesuaikan dengan kebutuhan ayamnya.
  5. Obat tradisional bisa diberikan setiap hari melalui air minumnya.
  6. Ayam yang terlihat sakit segera pisahkan dari kandang, dan tempatkan dilokasi yang jauh dari kandang.
  7. Ayam diamati setiap hari, jika ada ayam yang kondisinya tidak sehat segera dipisahkan dan diobati.
DOC Ayam kampung super (JOPER) siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia

DOC Ayam kampung super (JOPER) siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia

Untuk harga ayam joper di usia nol hari atau bibit memang kadang mengalami naik turun harga walaupun relatif masih bisa terjangkau. Bagi anda yang ingin mencoba beternak Ayam Kampung Super, kami menyediakan dan menjual  DOC Ayam Kampung Super yang siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia. untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
pakan ayam jawa super, harga ayam jawa super, cara membuat ayam joper, penjual doc jawa super, kandang ayam joper, harga ayam joper, harga bibit ayam joper, analisa ternak joper

 

One Response

  1. […] Pemeliharaan Ayam Kampung Super dari DOC Sampai Masa Panen  […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: