10 Point Penting Cara Mudah Beternak Angsa Putih

Angsa adalah burung air besar dengan spesies seperti angsa putih dan wooper. Mereka memiliki ukuran yang lebih besar daripada burung air lainnya, dengan sayap mencapai hingga 3 meter panjangnya.

Di beberapa negara, angsa melambangkan kesetiaan. Dalam tradisi pernikahan, gambar angsa berenang di kolam sering muncul dalam kartu undangan.

Dalam budaya tertentu, orangtua memberikan angsa sebagai hadiah kepada calon pengantin, sebagai simbol harapan akan kehidupan bahagia, penuh cinta, dan kesetiaan dalam keluarga mereka.

Angsa Putih
Angsa merupakan salah satu burung air yang ukurannya sangat besar.

Namun, saat ini, ternak tidak hanya pada ayam, burung, bebek, atau entok. Angsa juga menjadi pilihan yang menjanjikan untuk beternak secara profesional.

Meskipun di Indonesia, bisnis peternakan angsa secara profesional masih tergolong langka, sebagian orang tetap memeliharanya sebagai hobi atau usaha sampingan.

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam Beternak Angsa Putih

1. Memilih Bibit atau Indukan Angsa yang baik 

Pilih jenis angsa yang memiliki postur tubuh besar dan tingkat produksi telur yang tinggi. Dengan memilih bibit berkualitas, keturunan mereka akan mewarisi sifat-sifat baik tersebut.

Beberapa jenis angsa berkualitas termasuk Toulouse, Ambden, African, Pilgrim, dan Chinese. Jika sulit menemukan bibit impor, bibit lokal yang menghasilkan daging berlimpah dan telur sering bisa menjadi alternatif.

Angsa Putih
Dengan pemilihan bibit yang berkualitas maka anakan yang dihasilkannya akan mewarisi sifat indukannya yang berpostur besar dan produktivitas telur banyak.

2. Membuat Kandang untuk Angsa

Kandang angsa biasanya berukuran besar dan terbuat dari bambu, dengan ruang yang luas. Kandang anakan dipisahkan dari angsa remaja dan dewasa.

BACA JUGA:  6 Faktor Penting dalam Mempersiapkan Kandang Angsa

Anakan ditempatkan dalam kandang khusus dengan pemanas listrik agar tetap hangat, sementara kandang harus selalu kering. Lantai semen sangat dianjurkan karena lebih mudah dibersihkan.

Samping kandang sebaiknya ditutup rapat atau dengan menggunakan plastik agar angin tidak masuk. Kandang bertelur bisa memiliki ukuran sekitar 30x30x30cm, dengan alas berupa jerami atau serutan kayu.

Kandang Angsa ternak angsa Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 ternak angsa 10 Point Penting Cara Mudah Beternak Angsa Putih
Kandang Angsa biasanya terbuat dari bambu dengan ruangan yang sangat luas.

3. Menjaga Suhu Kehangatan di dalam Kandang 

Untuk menjaga suhu dan kelembaban dalam kandang angsa, sebaiknya peternak memasang lampu berdaya 40 watt yang dapat dihidupkan pada malam hari sebagai penghangat.

Selain itu, kandang juga bisa dilapisi dengan semen dan diberi sekam, serbuk kayu, atau litter di dalamnya untuk menambah kehangatan. 

4. Berikan tempat berteduh untuk Angsa 

Angsa merupakan salah satu hewan yang suka bergerombol dengan teman sesama angsa lainnya. Untuk pembuatan kandang sebagainya peternak dapat membuat dengan dua tempat, yakni tempat untuk bermain dan tempat untuk berteduh, beristirahat dan berkembagbiak. 

Tempat berteduh Angsa ternak angsa Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 ternak angsa 10 Point Penting Cara Mudah Beternak Angsa Putih
Untuk pembuatan kandang sebagainya peternak dapat membuat dengan dua tempat, yakni tempat untuk bermain dan tempat untuk berteduh, beristirahat dan berkembagbiak. 

5. Pemberian Pakan yang baik

Pemberian pakan kepada angsa relatif mudah, yaitu dengan memberikan dedak sebagai pakan dasar. Namun, agar angsa dapat tumbuh dengan baik, peternak dapat menambahkan bahan-bahan lain ke dalam pakan.

Dedak dapat dicampur dengan berbagai jenis tepung, seperti tepung kerang, tepung ikan, ampas tahu, dan sayuran.

Penting bagi peternak untuk memberikan variasi pakan kepada angsa agar mereka tidak bosan. Gizi dan vitamin dalam pakan beragam tersebut akan mendukung pertumbuhan berat dan kesehatan angsa. 

6. Cara Perkawinan

Agar peternak dapat mengembangbiakan angsa menjadi banyak, maka peternak cukup mencampurkan angsa jantan dan betina dalam satu kandang. Umumnya angsa tersebut akan berkawin dengan sendiri. 

7. Kerbersihan Kandang 

Kandang yang bersih memiliki dampak positif pada pertumbuhan, reproduksi, dan kesejahteraan angsa. Oleh karena itu, peternak sebaiknya membersihkan kandang angsa minimal dua kali seminggu.

BACA JUGA:  11 Pakan Angsa Terbaik agar Cepat Besar dan Bertelur

Peternak perlu mengganti alas kandang yang basah dengan yang baru, serta menjaga agar tempat pakan dan minum angsa tetap bersih. Ini adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan angsa dengan baik.

Selain diletakan dalam kandang, Anga juga dapat dilepas liarkan di sekitar lingkungan rumah
Selain diletakan dalam kandang, Anga juga dapat dilepas liarkan di sekitar lingkungan rumah

8. Pencegahan Penyakit 

Penyakit bisa menyerang hewan peliharaan Anda kapan saja, oleh karena itu, sangat penting bagi peternak untuk selalu menyiapkan obat-obatan sebagai tindakan pencegahan jika ada angsa yang sakit.

Angsa umumnya memiliki kekebalan tubuh yang kuat, namun peternak tetap harus menjaga kesehatan mereka dengan baik, merawat kebersihan kandang, dan memberikan perawatan yang sesuai.

Jika ada tanda-tanda bahwa angsa terkena penyakit, disarankan untuk memisahkan mereka ke dalam kandang karantina. Tindakan ini dapat mencegah penyakit menular ke angsa lain di kandang yang sama.

9. Proses Pemanenan Daging dan Telur 

Angsa bisa diambil dagingnya saat usia 4-6 bulan, sedangkan untuk pemanenan telur biasanya dilakukan ketika angsa mencapai usia 1 tahun.

Angsa memiliki masa produktivitas yang panjang, sekitar 10 tahun, dan bisa menghasilkan lebih dari 10 telur dalam satu masa produksi.

Secara umum, angsa bisa dipanen ketika berusia 6 bulan dengan berat sekitar 7-8 kg per ekor. Untuk mencapai bobot tersebut, jenis pakan yang diberikan kepada angsa harus dipertimbangkan.

Menggabungkan dedak dengan pakan alternatif seperti tepung ikan dan sayuran bisa membantu meningkatkan berat badan angsa.

Daging Angsa ternak angsa Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 ternak angsa 10 Point Penting Cara Mudah Beternak Angsa Putih
Pada umumnya angsa dapat dipanen pada saat angsa memasuki usia 6 bulan, dengan bobot 7 – 8 kg per ekor.

10. Masa bertelur

Angsa memiliki pola hidup dengan bergerombol dengan teman – teman lainnya. Bahkan telurnya pun sering bercampur menjadi satu sarang. Dalam satu sarang tersebut biasanya hanya dierami satu indukan saja.

Biasanya ketika telur angsa tersebut sudah menetas dan masih ada sisa telur yang belum menetas, angsa akan langsung meningalkan telurnya.

BACA JUGA:  Daftar Harga Angsa Dewasa & Persiapan Ternak Angsa yang Benar

Untuk mengantisipasinya Anda dapat lakukan dengan membuat tempat khusus bertelur untuk satu angsa. Anda cukup memprsiapkan kotak untuk bertelur berisikan jerami atau rumput dan sisusun secara berderet. 

Layanan Pemesanan Bibit & Indukan Angsa 

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit angsa & indukan angsa berkualitas di tempat kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi lengkap lainnya : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0896-0696-2052

WA ternak angsa Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 ternak angsa 10 Point Penting Cara Mudah Beternak Angsa Putih

Kata terkait : jual angsa, beternak angsa, harga angsa dewasa, jual angsa, pakan angsa, cara ternak angsa, harga angsa, telur angsa, ternak angsa, anak angsa

5/5 - (27 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: