Cara Mudah Membuat Rasum Pakan Angsa Agar Cepat Besar & Bertelur

Siapa yang tidak mengenal angsa ? Yakk pasti hampir seluruh masyarakat di Indonesia mengenal angsa bukan. Unggas berkaki dua ini atau kita sering menyebutnya sebagai angsa merupakan unggas yang cantik dan unik.

Angsa memiliki keunikan pada bentuk lehernya yang panjang serta ukuran tubuhnya yang besar. Selain itu angsa ini memiliki suara yang nyaring sehingga banyak juga yang memanfaatkan angsa sebagai hewan penjagaan.

Pemberian pakan yang berkualitas dapat membuat angsa menjadi tumbuh dengan sehat | image 1Source: pixabay.com
Pemberian pakan yang berkualitas dapat membuat angsa menjadi tumbuh dengan sehat | image 1

Ternak angsa merupakan salah satu kegiatan yang mudah diterapkan oleh masyarakat. Dalam hal pemberian pakan angsa pun juga dinilai mudah, efisien dan tidak susah.

Agar angsa dapat cepat besar dan cepat bertelur maka peternak harus memberikan pakan dan menyusun pakan angsa yang benar.

Salah satu jenis-jenis pakan angsa pun cukup banyak anda dapat melihatnya diartikel kami di jualayamhias.com

Dalam pemberian pakan angsa ini peternak dapat menyusun pakan angsa menjadi rasum pakan angsa yang mudah. Adapun cara membuat rasum pakan angsa agar cepat besar dan cepat bertelur adalah sebagai berikut ini :

Baca juga : 10 Point Penting Cara Mudah Beternak Angsa Putih

Cara Menyusun Rasum Pakan Angsa

Cara berkembang biak angsa adalah dengan bertelur. Dengan penyediaan pakan yang bagus dan berkualitas tentu saja hasil dari telur nya juga akan bagus.

Sehingga anakan yang bagus akan di panen oleh peternak.

Dedak menjadi salah satu penyusun bahan rasum pakan angsa terbesar dibanding dengan bahan lainnya | image 2
Dedak menjadi salah satu penyusun bahan rasum pakan angsa terbesar dibanding dengan bahan lainnya | image 2

Dengan pemberian ransum yang bergizi dan tepat, angsa anda dapat tumbuh cepat dan sehat. Untuk membuat sendiri ransum bahan-bahannya sangat mudah seperti :

  • 15 kg dedak
  • 3 kg konsentrat
  • 2 kg jagung giling

Bahan-bahan tersebut diaduk menjadi adonan agar mudah dicerna ketika diberikan pada angsa. Untuk menu siang hari, makanan angsa perlu ditambahkan irisan sayuran segar seperti kangkung, sawi, bayam, genjer.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Sampingan dengan Beternak Angsa

Selain itu untuk selingan bisa juga diberikan irisan daun pepaya segar. Angsa juga mau mengkonsumsi batang pisang yang dicacah atau diiris halus lohhh.

Jagung menjadi bahan penyusun rasum pakan angsa setelah dedak dan dapat pula dicampur dengan potongan-potongan sayuran lainnya | image 3
Jagung menjadi bahan penyusun rasum pakan angsa setelah dedak dan dapat pula dicampur dengan potongan-potongan sayuran lainnya | image 3

Jika kita perhatikan jenis-jenis pakan angsa diatas tentu mudah dan murah bukan ?

Sebelum diberikan usahakan bahan tersebut dibersihkan, dihaluskan atau diiris halus agar angsa tidak tersedak oleh tulang atau cangkang dari kepiting.

Untuk jumlah susunan rasum pakan diatas dapat diberikan pada ternak angsa dengan jumlah yang banyak.

Jika hanya diberikan pada ternak yang berkapasitas sedikit peternak dapat mengurangi susunan rasum tersebut sesuai dengan kebutuhan angsa.

Jenis-jenis Pakan Angsa

Dengan pemberian makanan berupa protein alami dari sekitar kita, hal itu bisa meningkatkan produktivitas telur hingga bisa mencapai 80%.

Kini anda dapat memelihara angsa tanpa rasa khawatir angsa anda kekurangan makanan. Jika anda dapat secara konstan memberikan makanan yang bergizi maka anakan yang dihasilkannya akan berkualitas.

Dari indukan yang berkualitas dan disertai dengan pola makan yang bergizi dan perawatan yang tepat maka anakan yang dihasilkannya akan berkualitas.

Untuk jenis-jenis pakan angsa yang dapat diberikan pada angsa sebagai campuran rasum pakan angsa dan selingan adalah sebagai berikut ini :

Jenis-jenis pakan angsa yang berkualitas serta mudah di dapat | image 4Source: canva.com
Jenis-jenis pakan angsa yang berkualitas serta mudah di dapat | image 4
JagungBeras Merah
Enceng GondokKacang Hijau
Potongan SayurGabah
VoerNasi
Ikan KecilDedak atau Bekatul
Keong

Baca juga : 11 Pakan Angsa agar Cepat Besar dan Segera Bertelur

Jika anda mengalami kesulitan dalam menyusun pakan angsa silahkan dapat menghubungi nomor whatsaap kami, kami siap melayani Anda dengan senang hati. Selain itu kami juga melayani konsultasi seputar ternak angsa secara GRATIS.

Bagi Anda juga yang tertarik untuk mengembangkan atau membudidayakan ternak angsa kami dari tim jualayamhias.com menyediakan angsa mulai dari usia anakan satu bulan hingga usia indukan.

BACA JUGA:  10 Point Penting Cara Mudah Beternak Angsa Putih

Untuk pengiriman dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan amanah.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga angsa terbaru, cara pemesanan dan cara pengiriman dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: