Serba Serbi Tentang Pemeliharaan Ayam Cemani yang Mudah

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Serba Serbi Tentang Pemeliharaan Ayam Cemani yang Mudah

Ayam Cemani

Serba Serbi Tentang dalam Ternak Ayam Cemani

Mungkin ada beberapa orang yang penasaran bagaimana cara ternak Ayam Cemani. Apakah sama seperti ayam kampung atau berbeda dalam hal pakan? Seperti yang kita tahu bahwa Ayam Cemani mempunyai penampakan yang cukup ekstrim yaitu serba hitam. Apakah hal tersebut akan mempengaruhi jenis makanan yang dikonsumsinya atau tidak? Mari kita belajar bersama-sama.

Ayam Cemani termasuk ayam lokal yang berasal dari Kabupaten Temanggung di Jawa Tengah. Ayam ini mempunyai warna yang hitam pada hampir seluruh bagian tubuhnya. Hitam warnanya tak sehitam bisnis Ayam Cemani karena justru banyak permintaan akan Ayam Cemani ini di kalangan masyarakat, kita bisa memanfaatkannya dengan Membaca Peluang Ternak Ayam Cemani Yang Eksotik . Untuk harga jual Ayam Cemani saat ini relatif stabil. Warna hitam mulai dari warna bulu, kulit, kuku, daging, tulang, lidah dan darahnya. Memang tidak semua Ayam Cemani mempunyai beberapa ciri di atas. namun untuk mengetahui keasliannya apakah sebenarnya Ayam Cemani memiliki darah dan lidah berwarna hitam, baca artikel Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli.

Bagaimana mengetahui ciri ayam cemani yang bagus untuk dijadikan indukan?

Ayam Cemani dewasa mencapai tinggi sekitar 60 cm, lingkar dada 34 cm dan rentang sayap sekitar 25 cm. Sementara betina dewasa mencapai tinggi sekitar 50 cm, lingkar dada 27 cm dan rentang sayap 21 cm. Ayam Cemani dengan ciri-ciri diatas dapat dijadikan indukan yang bagus agar dapat menurunkan sifat yang baik kepada keturunannya nanti. Indukan juga harus sehat, mempunyai nafsu makan yang bagus dan dari keturunan yang bagus juga.

Ayam cemani yang akan dijadikan indukan diletakkan dalam kandang khusus dengan komposisi pejantan 1 berbanding 4-5 betina. Makanan indukan berupa voer atau BR. Bisa ditambah bahan pakan bekatul atau jagung giling. Ada yang meyakini perlu diberi makanan berupa beras ketan hitam agar menghasilkan warna yang benar-benar hitam. Namun hal tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Bagaiamana produktivitas telur ayam cemani?

Seekor betina yang diumbar bisa menghasilkan telur sekitar 56-77 butir per tahun. Sedangkan yang dipelihara dalam kandang baterai bisa mencapai 215 butir per tahun. Adanya perbedaan itu karena ayam yang dipelihara di kandang baterai hanya bertelur, tidak mengerami dan mengasuh anak-anaknya. Untuk itu guna memaksimalkan produktivitas, betina ayam cemani bisa bertelur saja. Sedangkan telur bisa dititipkan pada indukan ayam lain.

Telur Ayam Cemani

Telur Ayam Cemani

Setelah betina bertelur sekitar 8-15 butir, betina akan mengerami telurnya. Pada saat ini betina diletakkan pada kandang khusus bertelur agar tidak terganggu pejantannya. Setelah 21 hari telur mulai menetas. Anakan yang menetas dapat diasuh indukannya sendiri atau diletakkan dalam kandang berpenghangat. Makanan anakan berupa voer atau BR murni, tanpa campuran atau tambahan air.Setelah anakan agak besar, makanan dapat ditambah dengan bekatul atau dedak. Hal itu dilakukan agar pengeluaran karena bahan pakan ternak dapat dikurangi. Agar memudahkan menelan, maka bisa ditambahkan air.

Baca artikel selanjutnya : Cara Memelihara Ayam Cemani dari Anakan hingga Indukan

Ayam Cemani

Ayam Cemani

Bagaimana dengan kandang  ayam cemani?

Kandang ayam cemani tergantung dari umur ayam. Jika masih DOC kandang bisa berupa kotak/ kardus yang ada lampu. Setelah besar bisa dipindahkan ke dalam kandang yang lebih besar. Setelah umur 3 bulanan, kandang berupa kandang umbaran. Kandang umbaran dapat memuat banyak ayam.Jika akan dikawinkan, ayam cemani dewasa bisa dipindahkan ke dalam kandang yang lebih kecil yang muat sekitar 6 ekor ayam cemani dewasa.

Apa saja Makanan Ayam Cemani ? 

Pakan ayam cemani umumya sama dengan ayam – ayam kampung lainnya. Hanya saja banyak masyarakat mempercayai bahwa dengan memberikan pakan ayam berupa ketan hitam dapat membuat seluruh bagian ayam berwarna hitam termasuk darahnya. Namun hal ini masih belum dapat dibuktikan secara jelas, karena yang mempengaruhi warna tubuh bukanlah pada makanan tetapi gen ayam cemani itu sendiri.

Dalam menyusun pakan ayam, peternak dapat menyusun pakan ayam sendiri dengan menggunakan bahan yang banyak tersedia pada lingkungan sekitar. Pakan ayam dilihat dari bentuknya dapat berupa butiran dan tepung. Berikut adalah bentuk – bentuk pakan ayam :

1. Pakan Ayam Butiran 

Pakan butiran merupakan makanan yang tersaji dalam bentuk butiran misalnya jagung, ketan hitam, gabah, beras merah, kacang hijau, kacang kedelai, dan lain sebagainya. Pemberian pakan ini dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari.

2. Pakan Ayam berupa Tepung 

Pakan ayam berbentuk tepung merupakan pakan campuran dari bahan – bahan yang telah digiling. Tujuan diberikannya pakan tepung ini agar makanan mudah untuk dicerna oleh perut ayam. Bahan – bahan makanan yang biasa di campur adalah tepung jagung, tepung ikan, tepung kacang hijau, tepung kacang kedelau, dan tepung daging. Makanan berbiji maupun tepung agar susunanya lebih lengkap biasanya masih ditambah dengan sayur yang sudah dicacah atau dicampur dengan grit (pecahan – pecahan rumah siput, batu kecil – kecil dan sebagainya) ini bertujuan agar membantu percernaan makanan.

Harga Ayam Cemani 

Ayam cemani merupakan ayam yang memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan ayam pada umumnya, sehingga nilai jualnya memiliki harga yang sangat tinggi. Alasan inlah yang membuat peluang usaha ayam cemani kian menjanjikan.

Tetapi sebelum memulai beternak ayam cemani tentunya peternak harus mempersiapkan segala persiapan dan fasilitas yang ada. Mulai dari modal, lokasi peternakan, pakan ayam hingga segi pemasaran yang harus selalu diperhatikan. Dengan jual ayam cemani peternak dapat mendapatkan keuntungan yang relatif lebih besar.

Harga ayam cemani dipasaran dijual dengan harga yang relatif tinggi mulai dari harga Rp 100.000 – Rp 600.000 kita dapat membawa pulang ayam cemani yang memiki corak yang sangat indah ini. Ayam cemani dijual berdasarkan usia pada ayam, semakin besar usianya maka akan semaki tinggi harga yang ditawarkan.

Harga ayam cemani 2018 di tempat kami sebagai berikut : 

1 Bln Rp110.000/ekor
2 Bln Rp150.000 /ekor
3 Bln Rp200.000/ekor
4 Bln Rp250.000/ekor
5 Bln Rp300.000/ekor
Dewasa Rp550.000/ekor

*Tidak melayani permintaan Cemani untuk ritual, pengobatan dan sejenisnya

Jika anda ingin mencoba beternak Ayam Cemani sebagai salah satu bentuk usaha, bisa mempelajari artikel Ayam Cemani Menjadi Salah Satu Bentuk Usaha Ternak Ayam. Apabila anda baru memulai beternak ayam ini anda juga bisa mempelajari Memilih Indukan atau Anakan untuk Memulai Beternak Ayam Cemani?

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam cemani, kami menyediakan telur ayam cemani yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam cemani kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam cemani dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
Kandang ayam cemani, makanan ayam cemani, memelihara ayam cemani, produktivitas ayam cemani, harga ayam cemani
*.

 

One Response

  1. […] Serba serbi Tentang dalam Ternak Ayam Cemani […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: