Ternak Ayam Batik Kanada Agar Menghasilkan Anakan yang Banyak dan Berkualitas

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Ternak Ayam Batik Kanada Agar Menghasilkan Anakan yang Banyak dan Berkualitas

Ayam Batik Kanada Dewasa

Ternak Ayam Batik Kanada Agar Menghasilkan Anakan yang Banyak dan Berkualitas

Ayam Batik Kanada sekarang mulai banyak dikenal dikalangan para pehobi ayam hias. Corak warnanya yang coklat keemasan sangat menarik untuk dijadikan hewan peliharaan. Badan ayam jenis batik kanada terhitung mungil yang tidak begitu jauh dari ayam kate. Namun jangan salah dengan ayam ini meskipun mungil namun mempunyai produktivitas yang cukup tinggi.

Ayam jenis Batik Kanada dari corak warnanya serupa dengan Ayam jenis Batik Itali. Hanya warnanya berbeda, jika Batik itali warna putih dengan corak garis hitam yang menarik. Kedua ayam jenis batik tersebut dari postur tubuhnya sama, letak perbedaannya hanya pada warna bulunya saja.  Antara ayam jantan dan betina dapat dibedakan dari pial atau jenggernya dan dari postur tubuhnya yang lebih besar untuk pejantan. Harga ayam batik kanada dan batik itali sebenarnya sama saja. Yang membedakan hanya dari sisi warna saja. Dan saat kita bicara mengenai warna sebenarnya di sini kita bicara mengenai selera yang setiap individu bisa berbeda-beda.

Sepasang Ayam Batik Kanada Jantan Betina sedang berjemur

Sepasang Ayam Batik Kanada Jantan Betina sedang berjemur

Ayam Batik Kanada Dewasa

Ayam Batik Kanada Dewasa

Bagaimana cara mengawinkan ayam batik kanada?

Ayam jenis batik kanada mulai belajar berproduksi pada umur 6 bulanan keatas. Pada umumnya ayam mulai berproduksi pada umur 8 bulanan. Pada awal bertelur biasanya belum bisa ditetaskan. Barulah pada periode bertelur selanjutnya baru ditetaskan.

Ayam betina batik kanada karena posturnya yang mungil jadi menyulitkan saat penetrasi dengan pejantan. Agar pembuahan mempunyai persentase yang besar maka dilakukan dengan perkawinan bergilir. Jadi setiap 2-3 hari sekali, pejantan dapat digilir dalam satu kandang kemudian dipindahkan dalam kandang yang lain. Perlu diketahui bahwa libido ayam jenis batik sangat besar untuk itu merupakan potensi menjadikan mereka sebagai pejantan.

Ayam ini mulai belajar berproduksi pada umur 5- 6 bulanan. Pada umumnya ayam mulai berproduksi pada umur 8 bulanan. Pada awal bertelur biasanya belum bisa ditetaskan. Barulah pada periode bertelur selanjutnya baru ditetaskan. Namun hal ini kadang tidak berlaku untuk sebagian ayam.

Ayam Batik Kanada Indukan

Ayam Batik Kanada Indukan

Ayam Batik Kanada Betina Induk sedang merawat anak nya

Ayam Batik Kanada Betina Induk sedang merawat anak nya

Kelebihan Ayam jenis Batik Kanada adalah pada produktivitasnya yang cukup tinggi. Sekali produksi mampu menghasilkan 8-15 butir telur dalam sekali periode bertelur. Periode bertelur per tahun bisa 6-7 kali setahun. Hal itu bisa menjadikan ayam ini sebagai petelur baik untuk konsumsi maupun untuk produksi anakan. Jika Batik Kanada hanya bertugas bertelur tanpa harus mengerami dan mengasuh anak-anaknya maka mampu bertelur lebih sering lagi.

Baca juga: Kunci Keberhasilan Beternak Ayam Batik Kanada dan Itali

Untuk itu jika ingin memaksimalkan produktivitas Batik Kanada, kita bisa meletakkan indukan Ayam Batik Kanada yang sudah dibuahi dalam kandang baterai. Setelah selesai bertelur dalam satu periode maka dapat di kembalikan ke dalam kandang umbaran bersama pejantanya. Dalam hal ini peternak bisa mengamati tingkah dan ayam yang telah dikawini pejantan dan segera memasuki masa bertelur.

Jika ingin tetap mengerami dan menetaskan menggunakan indukan ayam jenis batik, maka perlu pembatasan jumlah telur yang dierami karena postur tubuh yang mungil tidak bisa mengerami telur dalam jumlah banyak karena dikhawatirkan tidak cukup menghangat telur yang dierami tersebut. Jadi jika produksi telur cukup banyak, telur yang dihaslkannya bisa dititipkan pada indukan lain atau dimasukkan pada mesin penetas. Indukan batik cukup mengerami 5-8 butir saja.

Ayam Batik Kanada Jantan 7 Bulan

Ayam Batik Kanada Jantan 7 Bulan

Ayam Batik Kanada Jantan dengan usia remaja dan dalam beberapa waktu lagi siap produksi

Ayam Batik Kanada Jantan dengan usia remaja dan dalam beberapa waktu lagi siap produksi

Apa makanan yang baik untuk indukan ayam batik kanada yang sedang bertelur?

Ayam batik kanada yang sedang bertelur membutuhkan asupan makanan seperti jagung giling, tepung ikan, ampas kedelai dan bekatul agar menghasilkan telur yang berkualitas. Makanan tersebut bisa kita buat sendiri atau membeli pada toko pakan ternak yang menyediakan pakan untuk ayam petelur. Dengan pakan yang berkualitas dan mengandung protein tinggi maka cangkang telur tidak mudah retak serta kuning telur berwarna orange.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam batik kanada, kami menyediakan telur ayam batik kanada yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam batik kanada kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam batik kanada dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

 

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
Kandang ayam batik kanada, makanan ayam batik kanada, memelihara ayam batik kanada, produktivitas ayam ayam batik kanada, sejarah ayam batik kanada

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4 based on 8 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Batik Kanada
No HP
085647723888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: