Tips Beternak Bebek Peking untuk Pemula

Tips Beternak Bebek Peking untuk Pemula

cropped Panduna Lengkap Ternak Bebek Peking Beternak Bebek Peking Jual Ayam Hias HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA Beternak Bebek Peking Tips Beternak Bebek Peking untuk Pemula

Cara Beternak Bebek Peking untuk Pemula

Bebek Peking adalah jenis bebek pedaging atau bebek potong yang terkenal dengan pertumbuhan yang cukup cepat. Bebek Peking memiliki ciri khas warna bulunya yang putih jika dilihat mirip dengan entok. Pertumbuhan bebek peking tergolong lebih cepat, cepat saat baru berusia satu bulan sudah mencapai bobot 1,5 kg dan akan bertambah lagi di bulan-bulan berikutnya. Bebek Peking juga dikenal lebih tahan terhadap penyakit. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk beternak bebek peking cukup sederhana. Jenis bebek peking ini merupakan persilangan antara persilangan antara indukan hibrida dengan pejantan peking super.

Bebek Peking merupakan bebek pedaging yang memiliki masa panen 45 hari
Bebek Peking merupakan bebek pedaging yang memiliki masa panen 45 hari

Saat ini bebek peking mulai banyak diminati oleh masyarakat untuk diambil dagingnya. Tidak hanya dijadikan penghasil daging tetapi bebek ini juga dapat dipelihara untuk dijadikan bebek penghasil telur. Produksi telur yang dihasilkan pun juga cukup tinggi. Dalam kurung satu tahun produksi telur bebek dapat mencapai 220 – 250 butir. Untuk memulai beternak bebek peking sebaiknya peternak segera menentukan tujuan pemeliharaan dari ternak bebek peking. Akan dijadikan bebek pedaging atau dijadikan bebek penghasil telur.

Mengapa peternak harus menetukan tujuan pemeliharaan sebelum beternak bebek peking ? Karena masa pemeliharaan antara bebek peking dijadikan pedaging dan petelur cenderung berbeda. Untuk dijadikan pedaging bebek peking dapat dipanen pada usia 45 hari panen. Dalm kurun waktu tersebut bobot bebek peking dapat mencapai 1,5 – 2,2 kg per ekornya. Tentu hasil yang cukup tinggi bukan dengan masa poemeliharaan yang singkat.Sedangkan bebek peking untuk dijadikan petelur memiliki masa bertelur ketikan menginjak usia 150 hari atau 6 bulan. 

DOD Bebek Peking pada usia anakan cenderung berwarna kuing setelah menginjak dewasa akan berubah warna menjadi berwarna putih
DOD Bebek Peking pada usia anakan cenderung berwarna kuing setelah menginjak dewasa akan berubah warna menjadi berwarna putih

Pakan Bebek Peking juga mudah untuk didapatkan seperti cacing, ikan kecil dari sungai dan tumbuhan lain seperti kangkung dan lain-lain. Tipe bebek ini lebih suka bergerombol dan jinak. Jenis bebek peking ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk diambil dagingnya. Selain diambil dagingnya ternyata te;urnya pun juga banyak dikonsumsi dan bulunya yang dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan. 

Bagaimana cara beternak Bebek Peking?

Beternak Bebek Peking meliputi pembibitan, penggemukan hingga ternak yang khusus berorientasi pada telurnya. Pada umumnya pemeliharaan Bebek Peking sama halnya dengan pemeliharaan Itik biasa. Memilih anakan yang berkualitas juga perlu dilakukan dan yang paling utama yaitu untuk bibit pejantannya karena bebek pejantan lebih cepat dibesarkan dibandingkan dengan betina. Dalam beternak bebek peking ada beberapa tahapan yang harus diketahui oleh peternak. Apa sajakah itu ? Berikut penjelasannya 

Dalam pemeliharaan bebek Peking ada 3 tahapan yang peternak perlu mengetahui, yakni  :

1.Intensif
2.Semi Intensif
3.Extensif

Pertama yaitu tahap pemeliharaan anakan yang mulai diakukan saat usia 1-60 hari. Karena pada usia anakan masih cukup rawan maka perlu adanya pemisahan dengan indukannya, biasanya menggunakan kandang box yang diberikan penghangat. Untuk pemeliharaan bebek peking anakan ada makanan khusus yang memiliki kandungan protein sekitar 20%. Dengan masa pertumbuhan 61 hingga 150 hari, di waktu tersebut kita sudah memulai mempersiapkan bebek jantan dan betina yang memiliki kualitas unggul. Pemilihan Bebek jantan dan betina di tempatkan dalam kandang khusus, dengan perlengkapan tempat bertelur, kandang umbaran dan perairan seperti kolam agar sesuai dengan habitatnya.

DOD Bebek Peking banyak diminati oleh masyarakat untuk diambil dagingnya
DOD Bebek Peking banyak diminati oleh masyarakat untuk diambil dagingnya

Secara umum dari ketiga sistem tersebut jenis sistem intensif yang cukup banyak dipilih karena dirasa lebih menguntungkan. Sistem Intensif yaitu pemeliharaan secara dikandangkan. Semua aktivitas berada di dalam kandang mulai dari pemberian pakan dan tanpa melepaskan didaerah sumber makanan.

Baca juga : 

Mengenal Pakan Bebek Peking supaya cepat besar 

Pakan merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan untuk tumbuh kembang bebek. Pemberian pakan yang baik akan membuat bebek semakin cepat dalam pertumbuhan daging bahkan dalam produksi telurnya. Asupan pakan yang bergizi memang diperlukan. Jenis pakan yang biasa diberikan yaitu dedak atau bekatul, tepung cangkang, bekicot, tepung jagung, tepung ikan dan sebagainya. 

Dalam pemberian pakan pun juga harus dibedakan antar usia, seperti berikut ini : 

1.Usia 0-2 minggu = Full BR Starter 511
2.Usia 2 minggu-1 bulan = dengan perbandingan 1:2 untuk starter 551: Bekatul ( 3 kali sehari)
3.Usia 1 bulan ke atas = dengan perbandingan 1:3 untuk starter 551: Bekatul ( 3 kali sehari)

Mengenal 3 Jenis Kandang Bebek yang baik 

1.Kandang Baterai

Sistem kandang baterai ini maksimal dalam satu kandang hanya memuat 1 ekor bebek peking dewasa (sepasang). Karena hanya berisi satu ekor memang lebih mudah untuk dikontrol dan diteliti kondisi ayamnya. Sehingga untuk mendeteksi kesehatannya juga mudah.

2.Kandang Postal

Jenis kandang postal ini sedikit berbeda dengan kandang baterai. Dalam satu kandang dapat digunakan untuk menempatkan beberapa ekor tergantung dari penggunaan kandangnya baik untuk starter, grower atau layer. Jika untuk kandang starter dalam satu kandang usia 1 hingga 2 bulan bisa untuk sekitar 10 ekor/m2.

Kandang Tipe Postal Beternak Bebek Peking Jual Ayam Hias HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA Beternak Bebek Peking Tips Beternak Bebek Peking untuk Pemula
Kandang Postal menjadi salah satu tipe kandang yang banyak digunakan oleh peternak bebek peking

Untuk usia grower dalam satu kandang dapat ditempatkan sekitar 7 ekor usia 61-150 hari.Saat sudah memasuki masa bertelur yaitu usia 5 bulan ke atas dalam satu kandang hanya memuat sekitar 5 ekor saja. Untuk tempat pakan dan minum dijadikan dalam satu ruangan, namun jenis kandang lebih tepat untuk kandang starter dan grower.

3.Kandang Ranch

Kandang Ranch hampir sama dengan kandang postal hanya saja jenis kandang ranch ada untuk tempat ternakan dan tempat untuk umbaran. Layaknya seperti pemeliharaan bebek pada umumnya, kandang ranch ini dilengkapi kolam yang berguna sebagai tempat mandi dan membersihkan kotoran. Selain itu juga berguna untuk mengatur suhu tubuhnya karena bebek termasuk tipe hewan yang tidak terlalu tahan dengan panas.

Perlu diketahui juga bahwa harga bebek peking di setiap wilayah berbeda-beda, biasanya menyesuaikan dengan minat di daerah tersebut. Itulah sedikit informasi mengenai beternak Bebek Peking semoga bermanfaat.

Kami menjual DOD bebek dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : Ternak bebek pedaging, bebek alabio, ternak semi intensif, beternak bebek petelur unggul, budidaya bebek mojosari, bebek betina lokal, bebek champbell, harga pejantan lokal, harga DOD atau bibit bebek hibrida, kandang bebek, bebek mandarin, bebek magelang,bebek peking, bebek peking adalah, apa itu bebek peking, apa itu dod peking, apa itu bebek peking kw, apa yang dimaksud bebek peking, asal bebek peking, bebek jenis peking, bebek pedaging peking, bebek peking anak, bebek peking anakan, bebek peking asli, bebek peking berasal dari, bebek peking kw, bebek peking lokal,

*Hasti Nurchayati*

 

2 Responses

  1. apakah mirip cara merawatnya dengan ayam potong?

    • Duwi Kristinawati says:

      Berbeda Pak, mengingat jenisnya juga berbeda. Sehingga untuk ukuran kandang dan porsi pakannya juga berbeda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: