3 Tips Merawat Burung Kenari yang Sedang Mengeram

Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung hias yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi jika burung kenari yang dipelihara sedang bertelur, tentu akan membuat peternak atau pemelihara merasa senang bukan.

Merawat burung kenari yang sedang bertelur cukup memerlukan ketelatenan dan menjadi hal yang penting bagi pemelihara. 

Ketika burung kenari mulai bertelur, kemudian akan melakukan proses pengeraman yang bertujuan untuk menetaskan telur menjadi anak kenari.

Proses pengeraman telur burung ini berlangsung selama 14 hari. Untuk mempermudah peternak atau pemelihara dalam melakukan proses perawatannya, maka biasanya peternak memberikan catatan khusus untuk megawasi proses bertelur burung tersebut hingga masa telur menetas. 

Bagamaina Merawat Indukan Burung Kenari yang sedang Mengerami Telurnya?

Catatan yang digunakan peternak pada pembahasan diatas bertujuan untuk mencatat perkembangan burung kenari saat mengeram.

Sehingga hal ini bertujuan untuk dapat memperkirakan kapan telur kenari akan menetas.

Selain itu dengan adanya pencatatan tersebut kita akan mengetahui beberapa hal yang mungkin akan terjadi, seperti telur tidak menetas.

Untuk telur tidak menetas tersebut bisa disebabkan karena sudah melewati batas waktu pengeraman. Selain itu juga disebabkan karena salah satu indukan mandul sehingga tidak menghasilkan keturunan. 

Burung Kenari sedang bertengger di sangkar | Burung KenariSource: resizeme.club/
Burung Kenari sedang bertengger di sangkar | Burung Kenari

Burung Kenari yang sedang mengerami telurnya perlu dirawat secara baik, tempat untuk pengeraman pun diusahakan senyaman mungkin.

BACA JUGA:  5 Langkah untuk Merawat Burung Kenari yang Sedang Mabung

Agar indukan kenari tidak mengalami kegagalan dalam penetasan yang disebabkan adanya gangguan saat proses pengeraman.

Dibawah ini kami akan membagikan tiga tips merawat burung kenari yang sedang mengerami telur. 

Tips Merawat Burung Kenari yang sedang Mengerami Telur

1.Memberi menu makan yang tepat

Saat burung kenari sedang mengerami telurnya, peternak pelu memberikan menu pakan yang tepat dan sangat penting untuk diterapkan.

Hal ini dikarenakan cukup memberikan pengaruh terhadap kesehatanya. Untuk proses pengeluaran telur kenari biasanya burung ini akan berada di sepanjang sarang sepanjang waktu untuk mengerami telurnya.

Hanya sesekali saja indukan kenari ini akan meninggalkan sarang untuk makan. 

Pemberian pakan burung kenari yang tepat membuat burung akan terlihat sehat dan fit | Kenari di dalam sangkarSource: resizeme.club/
Pemberian pakan burung kenari yang tepat membuat burung akan terlihat sehat dan fit | Kenari di dalam sangkar

Saat indukan mengerami telurnya bisa kita amati pergerakannya jika indukan sering bergerak naik turun dikandang pada saat berada disarang kemungkinan indukan mengalami kekurangan gizi.

Apabila indukan kenari sering meninggalkan sarang maka kemungkinan peluang gagal menetas cukup besar.

Maka jenis pakan yang diberikan yang tepat dan menyediakan makanan utama biji-bijian serta pemberian pakan tambahan berupa sayuran atau telur puyuh.

Baca juga : Beberapa Manfaat Telur Puyuh Bagi Burung Kenari

2. Memperhatikan kebersihan kandang

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi presantase menetas telur kenari yaitu dengan menjaga kebersihan kandang.

Pembersihan kandang bertujuan agar menjaga kandang tetap dalam keadaan steril dan bersih. Sehingga indukan kenari akan merasa nyaman saat proses bertelur hingga masa telur menetas.

Perlu adanya penjadwalan khusus terkait pembersihan kandang ini, peternak dapat melakukannya seminggu 2 – 3 kali. 

Cara menjaga kebersihan Kandang Burung Kenari 

1.Menjaga kondisi kandang kenari tetap kering,

Karena kandang yang lembab memungkinkan kutu akan menyerang yang mengakibatkan kesehatan indukan Kenari terganggu.

BACA JUGA:  8 Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus untuk Kontes

Maka peternak perlu mengupayakan agar kandang dalam keadaan kering. Peternak perlu mengupayakan wadah minum di dalam kandang agar tidak mudah tumpah hingga kandang kenari menjadi basah. 

Pembersihaan kandang burung kenari dapat dilakukan secara terjadwal, yakni 2 - 3 kali seminggu | Kandang kenariSource: petcentral.chewy.com
Pembersihaan kandang burung kenari dapat dilakukan secara terjadwal, yakni 2 – 3 kali seminggu | Kandang kenari
2.Membersihkan kandang dari kotoran sisa makanan.

Sisa makanan yang jatuh akan menempel pada bagian bawa kandang. Bahkan bisa menyebabakan kotoran tersebut menjamur hingga menimbulkan bau yang akan mengundang lalat.

Dengan adanya lalat yang mendekat ke kandang menandaan bahwa kandang perlu segera dibersihkan akan tidak menjadi sarang lalat untuk bertelur. 

3.Kandang yang kotor membuat indukan

Kenari merasa tidak nyaman, apalagi sisa makanan yang masih menempel dikandang yang dapat mengundang semut yang kemungkinan akan mengerumuni sisa makanan yang dikhawatirkan akan mengerumuni indukan maupun telurnya yang mengakibatkan kondisi indukan terganggu.

Baca juga : Mempersiapkan Sangkar yang Tepat untuk Burung Kenari

3.Memberi perlakuan yang baik terhadap indukan Kenari

Saat proses pengeraman telur berlangsung indukan Kenari perlu mendapat perlakuan yang baik, pastikan dalam kondisi nyaman.

Selama indukan sedang mengerami telurnya yang perlu dilakukan oleh pemiliknya yaitu:

Burung Kenari yang sedang mengeram perlu diberlakukan secara baik agar burung tidak mudag stres | Kenari bertenggerSource: thesprucepets.com
Burung Kenari yang sedang mengeram perlu diberlakukan secara baik agar burung tidak mudag stres | Kenari bertengger
  1. Jangan menyediakan air minum yang terlalu banyak, karena Kenari bisa saja menjadi sering mandi.

    Dengan begitu kondisi tubuh indukan Kenari menjadi lembab, tentu hal ini akan mempengaruhi proses pengeraman telur yang memungkinkan telur gagal menetas.

  2. Tempatkan indukan Kenari ditempat yang aman dari binatang penganggu seperti tikus, kucing dan anjing.
  3. Sebaiknya saat proses pengeraman berlangsung, indukan Kenari jangan ditempatkan ditempat yang ada ventilasi udaranya , karena angin yang masuk akan mempengaruhi proses pengeraman telur yang sedang berlangsung.
  4. Saat Indukan kenari mengerami telurnya, indukan tidak perlu untuk dijemur.

    Karena biasanya indukan yang sedang mengerami telurnya, tingkat minumnya berkurang, sehingga apabila dijemur apalagi dengan waktu yang lama akan menyebabkan indukan Kenari akan mengalami kehausan/ dehidrasi.

BACA JUGA:  2 Sistem Penjodohan dalam Beternak Burung Kenari

Baca juga : Tips Mudah Agar Burung Kenari Cepat Bertelur

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan selama indukan Kenari sedang mengerami telurnya, perlakuan yang baik dengan cara pemberian pakan yang tepat, menjaga kebersihan kandang hingga menempatkan ditempat yang nyaman merupakan suatu cara untuk merawat indukan kenari yang sedang mengerami telur.

Layanan Pemesanan Bibit & Indukan Unggas

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan Bibit & Indukan Unggas hias berkualitas di tempat kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi lengkap lainnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0896-0696-2052

WA burung kenari sedang mengeram Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 burung kenari sedang mengeram 3 Tips Merawat Burung Kenari yang Sedang Mengeram
5/5 - (15 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!