4 Manfaat Penting Buah Mentimun untuk Burung Kenari

4 Manfaat Penting Buah Mentimun untuk Burung Kenari

4 Manfaat Penting Buah Mentimun untuk Burung Kenari | gambar 1

Burung kenari mempunyai kegemaran memakan biji-bijian dan juga makan sayuran. Salah satu sayuran yang disukai burung kenari ini adalah mentimun. Mentimun adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi, dan ini sangat bagus untuk mendukung stamina burung kenari agar tetap fit. Mentimun sangat bermanfaat diberikan pada burung kenari saat cuaca panas, fungsinya untuk menyegarkan tubuh kenari. Mentimun juga dapat membersihkan tenggorokan kenari yang berlendir. Bila sayur ini dikonsumsi manusia biasanya sebagai lalapan. Apabila untuk burung kenari cukup dipotong secukupnya lalu digantungkan di sangkar. Alangkah lebih baik jika yang diberikan pada burung kenari itu merupakan mentimun yang masih muda dan kita bisa membuang bijinya terlebih dahulu.

4 Manfaat Penting Buah Mentimun untuk Burung Kenari | gambar 1
4 Manfaat Penting Buah Mentimun untuk Burung Kenari | gambar 1

Apa saja Manfaat Mentimun untuk Burung Kenari ?

1. Mengatasi Kegemukan

Apabila burung kenari mengalami masalah dengan berat badan di tubuhnya, mentimun sangat bagus untuk menurunkan tingkat kegemukan. Karena burung kenari yang terlalu gemuk menjadi penyebab bahwa burung ini jarang berbunyi. Adapun cara pemberian mentimun bisa kita iris tipis lalu kita sajikan pada burung dengan mengaitkan ke kandang.Burung kenari mempunyai kebiasaan mengkonsumsi sayur-sayuran, akan tetapi sebagai pemilik yang baik harus bisa memilih sayuran yang tepat untuk burung kenari di situasi dan kondisi eksklusif. Sebab jenis sayuran satu dengan yang lainnya mempunyai tekstur dan manfaat yang bermacam-macam. Jadi diharapkan untuk bijak dalam memberikan sayuran yang tepat untuk burung kenari ini agar hasil yang didapatkan lebih memuaskan.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan 

Pemberian sayuran di burung sesuai dengan kebutuhan, idealnya wajib selang seling supaya burung kenari tidak bosan dan tetap memakannya. Namun yang wajib diingat pemberian sayur juga disesuaikan dengan kondisi burung, jadi jangan berlebihan. Apabila pemberian mentimun terlalu banyak bukannya burung kenari bisa sehat tapi malah bisa diare.

Buah Mentimun dipercaya dapat melancarkan sistem percernaan burung kenari | gambar 2
Buah Mentimun dipercaya dapat melancarkan sistem percernaan burung kenari | gambar 2

3. Sebagai pakan praktis saat pengiriman Burung Kenari ke Pembeli 

Bila kita seorang peternak atau pedagang yang sering menjual burung kenari, maka buah mentimun inilah yang menjadi pakan alternatif yang sangat tepat saat pengiriman burung. Karena sayur ini mempunyai kandungan air cukup tinggi sehingga kita tidak wajib lagi menambahkan air minum di dalam kandang saat pengiriman, mengingat apabila diberi minum bisa tumpah sehingga burung kenari rawan mati di dalam kandang karena kehausan.

4. Menurunkan Birahi Burung Kenari 

Manfaat mentimun pada burung kenari yang tidak kalah penting adalah bisa menurunkan tingkat birahi. Penting Anda ketahui bahwa burung kenari terlalu over birahi, itu semua sangat tidak baik terutama saat burung akan dilombakan diajang kontes lomba burung. Pada saat itu burung kenari tidak bisa diam berkicau ngerol melainkan ia akan meloncat kesana kemari, karena ia sedang over birahi.

Selain mentimun ternyata ada juga jenis pakan lainnya yang memiliki gizi yang tinggi. Tentu dengan gizi yang tinggi ini akan membuat burung kenari tumbuh dengan sehat. Adapun untuk pakan agar Burung Kenari tubuh dengan sehat yakni sebagai berikut ini : 

Macam – macam Pakan Burung Kenari agar Tumbuh dengan Sehat  

Pakan merupakan salah satu komponen utama dalam pertumbuhan burung kenari. Dengan memberikan pakan yang berkualitas akan membuat burung kenari tumbuh dengan sehat. Seperti yang kita ketahui bahwa burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki keunggulan pada suaranya. 

Aneka biji - bijian juga menjadi salah satu jenis pakan yang mengandung gizi tinggi untuk pertumbuhan Burung Kenari | gambar 2
Aneka biji – bijian juga menjadi salah satu jenis pakan yang mengandung gizi tinggi untuk pertumbuhan Burung Kenari | gambar 3

Suara burung kenari terkenal merdu dan nyaring. Sehingga banyak masyarakat yang memelihara burung kenari untuk dijadikan sebagai burung hias dan kontes. Kontes burung kenari ini sudah terkenal sejak lama. Bahkan di setiap daerah telah banyak komunitas pecinta burung. 

Memelihara burung kenari memang perlu perawatan yang optimal. Mulai dari pembuatan kandang yang sesuai, pemberian pakan yang berkualitas, serta pemberian vitamin lainnya. Untuk jenis pakan yang baik untuk pertumbuhan burung kenari diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

Pakan yang baik untuk Kesehatan Burung Kenari 

1. Kroto 
2. Biji – bijian
3. Buah Apel
4. Rebusan Telur Puyuh
5. Ulat Hongkong 
6. Daun Mengkudu Muda
7. Biji Niger 

Apel menjadi salah satu makanan yang baik untuk diberikan pada Burung Kenari | gambar 5
Apel menjadi salah satu makanan yang baik untuk diberikan pada Burung Kenari | gambar 4

Untuk jenis – jenis pakan diatas selain dapat meningkatkan kesehatan si Burung Kenari ternyata juga dapat membuat suara burung kenari menjadi nyaring dan merdu. Dengan suara burung kenari yang merdu inilah yang menjadi daya tarik masyarakat untuk memelihara.

Menjaga Kebersihan Kandang Burung Kenari 

Selain pakan yang menjadi faktor utama kesehatan burung kenari ternyata kebersihan kandang juga peru diperhatikan dengan baik dan benar. Kandang yang kotor akan megakibatkan burung kenari mengalami gangguan kesehatan. Ketika kesehatan tergantu tentu burung kenari akan mengalami sakit bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu penting sekali bagi peternak untuk selalu memperhatikan kesehatan si burung kenari dengan cara membersihkan kandang dengan rutin. Pembersihan kandang ini dapat dilakukan seminggu 2 – 3 kali. Dengan begitu kandang akan selalu dalam keadaan bersih sehingga meninbulkan rasa nyaman bagi burung kenari. 

Kata terkait: buah mentimun, mentimun, buah timun, mentimun untuk kenari, efek mentimun untuk kenari, khasiat mentimun untuk kenari, pemberian mentimun pada kenari, manfaat mentimun, burung kenari, mengatasi kenari kurus secara alami, cara menggemukan kenari kurus, pakan untuk kenari yang kurus, burung kenari, pakan kenari, kenari kontes, pakan burung kenari, kenari suara merdu

Image Sources:

  • gambar 1: snaped.fns.usda.gov
  • gambar 2: petcentral.chewy.com
  • gambar 3: tradeindia.com
  • gambar 4: doktersehat.com

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: