Bagaimana Ciri-ciri Ayam Onagadori ? Simak pembahasannya

Jenis Ayam Onagadori merupakan termasuk jenis ayam yang masih langka. Menurut sejarahnya jenis Ayam Onagadori berasal dari  Negara Jepang yang merupakan salah satu Negara maju di Asia Tenggara.

Dengan memiliki ekornya yang ikal juga panjang, ekornya pun bisa mencapai 20 meter di negara asalnya. Namun di negara Indonesia sendiri ekor ayam onagadori hanya mencapai 1-1,5 meter saja.

Ayam Onagadori merupakan  salah satu dari 17 jenis ayam yang berasal dari Jepang dan dikembangbiakkan di Indonesia. Untuk di wilayah Indonesia sendiri ada 2 jenis ayam yang memiliki ekor panjang.

Salah satu jenis ayam onagadori yang memiliki ekor sangat panjang | image 1Source: Lazada
Salah satu jenis ayam onagadori yang memiliki ekor sangat panjang | image 1

Adapun dua jenis ayam yang memiliki rekor panjang yakni ayam phoenix serta ayam onagadori dan dapat dibedakan pada ekornya.

Perbedaannya yakni pada ayam phoenix dengan ekornya yang panjang serta lurus dengan onagadori pada ekornya yang cenderung ikal.

Ciri-ciri Ayam Onagadori

Ayam onagadori jantan memiliki berat badan 1,8 – 2 kg sedangkan untuk betina memiliki bobot sekitar 1 – 1,3 kg

Ayam ekor panjang ini dapat memiliki panjang ekor hingga 20 meter Ciri khas yang dimiliki ayam onagadori terdapat pada ekornya yang panjang dan cenderung ikal

Untuk ayam onagadori jantan memiliki jengger yang berwarna merah dengan tipe single

Ayam Onagadori saat ini sudah banyak dikembangkan di beberapa peternakan yang ada di Indonesia | image 2Source: id.pinterest.com
Ayam Onagadori saat ini sudah banyak dikembangkan di beberapa peternakan yang ada di Indonesia | image 2

Ayam onagadori betina mampu memproduksi telur yang banyak dan umumnya telur ayam onagadori berwarna coklat muda atau krem

Pada ayam onagadori memiliki bulu yang berwarna putih dengan kombinasi antara hitam, merah, keemasan dan putih.

Perawatan Ayam Onagadori

Jenis ayam onagadori yang unik dapat menarik perhatian kalangan masyarakat  luas terutama bagi penghobi ayam hias dikarenakan tubuhnya yang indah.

Berat badan Ayam Onagadori antara 1,8 kg – 2 kg dengan telurnya yang berwarna cokelat muda.

BACA JUGA:  Jual Ayam Onagadori Siap Kirim ke Seluruh Penjuru Indonesia

Pada pemeliharaan jenis ayam onagadori perlu diperhatikan mengenai jenis pakan yang dimakannya baik yang memicu pada telur maupun pada kesehatan ayam tersebut.

Baca juga : 3 Cara Merawat Ayam Onagadori yang Baik dan Benar

Saat merawat ayam onagaori usahakan di dalam kandang terdapat tempat untuk bertengger. Hal ini dilakukan agar ekor ayam onagadori tetap terjaga kebersihannya | image 3Source: agrozine.id
Saat merawat ayam onagaori usahakan di dalam kandang terdapat tempat untuk bertengger. Hal ini dilakukan agar ekor ayam onagadori tetap terjaga kebersihannya | image 3

Biasanya dalam pemberian  pakan sendiri dapat dibedakan menurut usianya. Misalnya, pada anakan ayam yang dapat diberikan voer atau BR dengan kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut.

Untuk Ayam Onagadori sendiri memang cukup rentan terhadap penyakit, untuk menjaga kesehatan sendiri dapat di berikan pakan basah dari campuran voer, beras merah, serta bekatul halus.

Salah satu jenis pakan ayam onagadori yang dapat diberikan yakni jagung dengan tekstur halus | image 4
Salah satu jenis pakan ayam onagadori yang dapat diberikan yakni jagung dengan tekstur halus | image 4

Selanjutnya pada Onagadori dewasa yang dapat diberikan dedak, bekatul dapat dicampurkan dengan irisan sayur kangkung, bayam, sawi atau bisa juga  diberikan jagung halus, pakan pabrikan (511), ketan hitam, beras merah.

Selain itu air minum yang diberikan merupakan air yang matang untuk membunuh kuman yang berada pada air sewaktu masih mentah guna menunjang kesehatan pada ayam.

Baca juga : Jual Ayam Onagadori Siap Kirim ke Seluruh Penjuru Indonesia

Bagaimana Anda tentu tertarik bukan untuk memelihara ayam onagadori ini ? Bagi Anda yang ingin memelihara ayam oanagadori kami dari jualayamhias.com menyediakan ayam onagadori mulai dari usia anakan satu bulan hingga indukan dewasa.

Untuk pengiriman kami dapat mengirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dengan tarif ongkos kirim terjangkau.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga ayam onagadori terjangkau, cara pemesanan, cara pengiriman dan konsultasi lengkap lainnya. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Kata Terkait :

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: