0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Ayam Onagadori Ekor Panjang Asli dari Anakan Hingga Indukan

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Ayam Onagadori Ekor Panjang Asli dari Anakan Hingga Indukan

ayam onagadori ekor panjang

Jenis Ayam Onagadori merupakan termasuk jenis ayam yang masih langka. Menurut sejarahnya jenis Ayam Onagadori berasal dari  Negara Jepang yang merupakan salah satu Negara maju di Asia Tenggara. Dengan memiliki ekornya yang ikal juga panjang. Ekornya bisa mencapai 20 meter di negara asalnya. Namun di negara Indonesia sendiri ekor ayam onagadori hanya mencapai 1,5 meter saja. Ayam Onagadori merupakan  salah satu dari 17 jenis ayam yang berasal dari Jepang dan dikembangbiakkan di Indonesia. Untuk di wilayah Indonesia sendiri ada 2 jenis ayam yang memiliki ekor panjang. 2 jenis ayam yang memiliki rekor panjang  yakni ayam phoenix serta ayam onagadori yang dapat dibedakan pada ekornya. Perbedaannya yakni pada ayam phoenix dengan ekornya yang panjang serta lurus dengan onagadori pada ekornya yang cenderung ikal.

ayam onagadori ekor panjang
Indukan Ayam Onagadori Jantan dan Betina

Keindahan Ayam Onagadori

Jenis Ayam Onagadori yang unik dapat menarik perhatian kalangan masyarakat  luas terutama bagi penghobi ayam hias dikarenakan tubuhnya yang indah. Jika dilihat dari fisiknya bulu ayam onagadori dapat dibedakan dalam beberapa warna diantaranya, putih, hitam, merah, dan juga kuning. Terdapat juga warna bulu Ayam Onagadori dengan kombinasi dari berbagai warna tersebut. Berat badan Ayam Onagadori antara 1,8 kg – 2 kg dengan telurnya yang berwarna cokelat muda.

Pada pemeliharaan jenis Ayam Onagadori perlu diperhatikan mengenai jenis pakan yang dimakannya baik yang memicu pada telur maupun pada kesehatan ayam tersebut. Biasanya dalam pemberian  pakan sendiri dapat dibedakan menurut usianya. Misalnya, pada anakan ayam yang dapat diberikan voer atau BR dengan kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu pertumbuhan pada anakan ayam tersebut. Untuk Ayam Onagadori sendiri memang cukup rentan terhadap penyakit, untuk menjaga kesehatan sendiri dapat di berikan pakan basah dari campuran voer, beras merah, serta bekatul halus.

Selanjutnya pada Onagadori dewasa yang dapat diberikan dedak, bekatul dapat dicampurkan dengan irisan sayur kangkung, bayam, sawi atau bisa juga  diberikan jagung halus, pakan pabrikan (511), ketan hitam, beras merah. Selain itu air minum yang diberikan merupakan air yang matang untuk membunuh kuman yang berada pada air sewaktu masih mentah guna menunjang kesehatan pada ayam.

Ayam Onagadori Dewasa
Ayam Onagadori

Kandang ayam onagadori

Perihal kandang ayam onagadori, yang diperlukan memang berbeda dengan jenis ayam kampung biasa maupun jenis ayam biasa lainnya. Kandang Ayam Onagadori dibuat secara khusus karena jenis ayam ini memiliki keistimewaan terutama pada bagian ekornya yang panjang. Sehingga Ayam Onagadori harus ditempatkan secara khusus. Jenis kandang yang dibutuhkan yaitu kandang yang luas yang disertai tempat untuk bertengger. Hal itu berguna untuk menjaga keindahan pada bulu ayam serta pada ekornya.

Pemeliharaan ayam onagadori baik ayam onagadori betina maupun ayam onagadori jantan dapat dilakukan dengan kondisi kandang yang jauh dari tempat keramaian serta kebisingan. Jangan sampai Ayam Onagadori anda stress karena efek dari kandang yang ditempatkan di tempat bising. Usahakan letak kandang dibuat jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga Ayam Onagadori bisa tenang dan juga menghindari resiko keluhan dari warga akan limbah dari kotoran Ayam Onagadori.

Baca juga di :

Dalam pemilihan lokasi kandang yang sebaiknya berada ditempat yang sejuk. Hal itu berfungsi sebagai tempat berteduh bagi Ayam Onagadori. Dan Ayam Onagadori akan terhindar dari stres yang disebabkan oleh suhu lingkungan yang panas. Selain itu dalam pembuatan kandang ayam haruslah berada ditempat yang strategis atau areal yang mudah diakses kendaraan apapun serta dapat memudahkan pemasaran.

Setiap hari, kandang dan bulu ayam onagadori dibersihkan dari kotoran yang melekat pada tubuh ayam baik sisa makanan maupun kotoran ayam sendiri. Bila perlu Ayam Onagadori dijemur pada pagi hari selama beberapa menit guna mendapatkan viatmin D.

Di Indonesia sendiri untuk saat ini jenis ayam hias onagadori memang masih memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini dikarenakan jumlah peternak ayam onagadori yang masih jarang dan juga populasi Ayam Onagadori sendiri yang masih jarang ditemukan dipasaran Indonesia. Walaupun demikian, hal ini tidak menyurutkan bagi kalangan penghobi ayam hias untuk membudidayakan ayam hias jenis Onagadori ini.

Berikut adalah daftar harga ayam ekor panjang onagadori :

Harga Ayam Phoenix Per Ekor :

1 Bulan  @ Rp200.000
2 Bulan   @ Rp300.000
3 Bulan   @ Rp400.000
4 Bulan   @ Rp550.000
5 Bulan   @ Rp700.000
Dewasa   @ Rp1.350.000

Harga Ayam Onagadori Per Ekor :

1 Bln Rp200.000/ekor
2 Bln Rp300.000/ekor
3 Bln Rp400.000/ekor
4 Bln Rp550.000/ekor
5 Bln Rp700.000/ekor
Dewasa Rp1.350.000/ekor

Berikut merupakan gambar ayam onagadori :

ayam onagadori ekor panjang
Onagadori
ayam onagadori ekor panjang
Ayam Onagadori Dewasa Jantan
ayam onagadori ekor panjang
Jenis Ayam Onagadori dengan Bulu Warna Putih

Kami menyediakan ayam onagadori dari telur sampai indukan. Untuk telur ayam onagadori Anda bisa tetaskan dengan mesin penetas telur atau dengan di titipkan ke indukan ayam lain yang sedang mengeram. Jualayamhias.com selain menyediakan telur kami juga menjual anakan ayam onagadori dari umur 1 hingga 5 bulan dan setelah itu masuk di kategori ayam indukan. Untuk harga ayam onagadori silahkan klik di DAFTAR HARGA AYAM ONAGADORI.

Silahkan bagi Anda yang ingin memiliki ayam onagadori berkualitas, hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait :
kandang ayam onagadori, harga ayam ekor panjang onagadori, gambar ayam onagadori, ayam phoenix, ayam onagadori betina,

Viky Ristiyarti

 

One Response

  1. […] Ayam Onagadori Ekor Panjang Asli dari Anakan Hingga Indukan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: