10 Jenis Ayam Hias Populer yang Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

Ayam menjadi salah satu hewan yang paling banyak diternakan oleh sebagian masyarakat di dunia. Pada pembahasan artikel ini kami akan membahas tentang ayam hias. Tentu ayam hias ini berbeda dengan jenis ayam pedaging ataupun ayam petelur.

Ayam hias adalah jenis ayam yang memiliki keindahan dan keunikan pada bulu dan bentuk tubuhnya. Selain itu jenis ayam hias ini tentunya sangat cantik dan enak dipandang.

Ayam hias merupakan jenis ayam yang memiliki bentuk tubuh unik, lucu dan juga mengemaskan. Banyak para kolektor ayam hias yang memburu ayam hias untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah. | image 1Source: roehnfried.de
Ayam hias merupakan jenis ayam yang memiliki bentuk tubuh unik, lucu dan juga mengemaskan. Banyak para kolektor ayam hias yang memburu ayam hias untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah. | image 1

Bahkan bagi sebagian orang dapat menjadi obat dan penghilang stress saat melihat kelincahan ayam serta tingkah lakunya yang unik. Banyak kalangan masyarakat yang menjadikan ayam hias sebagai hobi ternak dan komunitas pecinta ayam hias.

Bagi Anda yang tertarik untuk memlihara ayam hias, tentu Anda perlu mengetahui jenis-jenis ayam hias yang cantik dan populer serta cocok untuk dipelihara di rumah.

Menurut beberapa sumber dan informasi yang kami dapatkan berikut jenis ayam hias populer yang cocok untuk dipelihara dirumah.. Simak pembahasannya dibawah ini yaa :

10 Jenis-jenis Ayam Hias Populer | image 2Source: jualayamhias.com
10 Jenis-jenis Ayam Hias Populer | image 2

Jenis-jenis Ayam Hias yang Cocok dipelihara di Rumah

1. Ayam Kalkun

Sekilas jika melihat ayam kalkun maka yang akan tampak yakni bentuk tubuhnya yang besar serta warna bulunya yang berbagai macam.

Keunikan lainnya dapat ditemukan pada bagian bulu ekor yang sewaktu-waktu dapat mekar seperti kipas. Biasanya ayam kalkun akan memekarkan ekornya untuk menarik perhatian si kalkun betina.

Ayam kalkun menjadi salah satu jenis ayam hias cantik yang banyak dipelihara oleh masyarakat | image 2
Ayam kalkun menjadi salah satu jenis ayam hias cantik yang banyak dipelihara oleh masyarakat | image 2

Jenis-jenis ayam kalkun pun cukup banyak, seperti di jualayamhias yang menyediakan delapan jenis ayam kalkun diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Kalkun Bronze
  2. Kalkun Golden Palm
  3. Kalkun White Holland
  4. Kalkun Royal Palm
  5. Kalkun Self Buff
  6. Kalkun Burbon Red
  7. Kalkun Black Spanish
  8. Kalkun Blue Slate

2. Ayam Cemani

Ayam yang dikenal memiliki warna bulu hitam ini merupakan jenis ayam asli yang berasal dari wilayah Indonesia. Asal mula ditemukannya ayam cemani ini tepatnya berasal dari wilayah Kedu, Temanggung, Jawa Tengah.

Keunikan dari ayam cemani ini yakni memiliki warna serba hitam disekujur tubuhnya. Hal tersebut dapat kita amati mulai dari jengger di kepala, bulu, paruh, kulit, daging hingga tulang berwarna hitam. Tetapi perlu diingat ya bahwa warna darah ayam cemani tidaklah berwana hitam, namun darah ayam cemani ini hanya berwarna merah tua.

Ayam Cemani saat ini banyak diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan hias untuk penghobi ayam hias| image 3
Ayam Cemani saat ini banyak diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan hias untuk penghobi ayam hias| image 3

Keberadaan ayam cemani ini banyak dicari oleh masyarakat sebagai hewan peliharaan rumahan dan biasanya telah dimiliki oleh kolektor ayam hias. Untuk harga ayam cemani pun juga relatif murah dan terjangkau.

BACA JUGA:  Jual Reeves Pheasant Dewasa di Jualayamhias.com

3. Ayam Mutiara

Ayam Mutiara terlihat unik dengan bintik-bintik putih seperti mutiara di bulu tubuhnya. Selain itu ayam mutiara juga terbagi menjadi berbagai jenis yang berbeda-beda. Adapun untuk jenis ayam mutiara tersebut terdiri dari :

Selain postur tubuhnya yang unik, ternyata ayam mutiara ini sangat istimewa yaitu bertelur hanya saat musim hujan saja | image 4
Selain postur tubuhnya yang unik, ternyata ayam mutiara ini sangat istimewa yaitu bertelur hanya saat musim hujan saja | image 4
  1. Ayam Mutiara Hitam
  2. Ayma Mutiara Putih
  3. Ayam Mutiara Silver
  4. Ayam Mutiara Plangkok

Jenis ayam mutiara ini memiliki suara yang nyaring dan lantang, maka tidak sedikit masyarakat yang memlihara ayam mutiara sebagai ayam penjagaan alami di rumah.

4. Ayam Ketawa

Perlu diketahui bahwa keunikan ayam ketawa ini terdapat pada bagian penghujung suara kokoknya yang mirip dengan orang yang sedang tertawa. Jika dilihat dari bentuk fisik tubuhnya sekilas ayam ketawa ini hampir sama dengan ayam kampung pada umumnya.

Ayam ketawa memiliki kokok suara  yang menyerupai seperti ketawa manusia | image 5
Ayam ketawa memiliki kokok suara yang menyerupai seperti ketawa manusia | image 5

Beberapa daerah di Indonesia pun juga sering mengadakan kontes kejuaraan ayam ketawa. Dalam kontes tersebut setiap juri pun akan menilai dari suara kokoknya yang panjang dan indah.

Tidak hanya suaranya saja yang dinilai tetapi bentuk postur tubuh ayam ketawa pun juga tak luput dari penilaian juri. Selain itu untuk tipe-tipe suara ayam ketawa pun juga bermacam-macam.

5. Ayam Poland

Siapa yang tidak mengenal dengan ayam jambul yg unik ini ? Nah ayam jambul atau disebut sebagai ayam poland ini memiliki keunikan pada kepalanya yang memiliki bulu jambul.

Perlu Anda ketahui bahwa ayam poland ini bukan berasal dari Negara Polandia yaa.. melainkan ayam poland ini berasal dari Negara Belanda. Di Indonesia sendiri ayam poland disebut sebagai ayam jambul atau ayam mahkota.

Memiliki bulu yang lebat di bagian kepala dan mirip seperti jambul, membuat orang-orang menyebut ayam poland sebagai ayam jambul | image 7
Memiliki bulu yang lebat di bagian kepala dan mirip seperti jambul, membuat orang-orang menyebut ayam poland sebagai ayam jambul | image 7

Tipe ayam poland ini awalnya adalah sebagai ayam petelur, namun karena kecantikan dan keunikannya banyak masyarakat yang menjadikan ayam poland atau ayam jambul ini sebagai ayam hias rumahan.

BACA JUGA:  Ayam Cochin Berbulu Unik dari Negeri Tirai Bambu China

6. Ayam American Silkie

Sekilas ayam american silkie hampir mirip sekali dengan ayam kapas, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan antara ayam american silkie dan ayam kapas ini terdapat pada ketebalan bulu, tekstur bulu dan bentuk tubuhnya.

Ayam american silkie dikenal memiliki karakter lembah lembut, ramah, lucu, bulunya yang setebal kapas, ukuran tubuhnya yang sangat besar dan berbentuk bulat.

Penampilannya yang unik dan berbeda dari jenis ayam lain membuat para pecinta ayam hias terpukau dan tertarik | Image 8Source: IG : thekiki.gang
Penampilannya yang unik dan berbeda dari jenis ayam lain membuat para pecinta ayam hias terpukau dan tertarik | Image 8

Sedangkan ayam kapas memiliki bulu yang tidak setebal american silkie, bentuk tubuhnya cenderung seperti ayam kampung pada biasanya. Namun jambul pada ayam kapas cenderung besar dan seperti bunga mawar.

7. Ayam Onagadori

Ayam Onagadori merupakan salah jenis ayam hias yang memilik bulu ekor yang panjang. Selain bulu ekornya yang panjang, warna dari bulu ayam ini pun tidak hanya satu tetapi ada banyak variasi warna lainnya.

Variasi warna tersebut berasal dari persilangan dan beberapa faktor lainnya yang membuat warna bulu ayam ini macam-macam. Di negara aslinya Jepang ekor ayam onagadori dapat mencapai lebih dari 1 meter.

Ciri khas dari ayam onagadori yaitu ekornya panjang dan ikal | image 9Source: https://www.toopics.com/
Ciri khas dari ayam onagadori yaitu ekornya panjang dan ikal | image 9

Untuk pemeliharaan ayam onagadori ini relatif cukup mudah. Pemberian pakannya pun dapat beripa kacang-kacangan, jagung giling, beras merah, voer pakan pabrikan dan aneka biji-bijian lainnya.

Agar ayam onagadori dapat tumbuh dengan sehat dengan pemberian pakan yang berkualitas serta pengendalian penyakit yang tepat dan benar.

8. Ayam Pelung

Ayam Pelung merupakan salah satu jenis ayam hias yang diantaranya memiliki 3 keunggulan. Yaitu Suara kokoknya yang panjang dan khas, pertumbuhan yang cepat, dan badannya yang besar (bongsor).

Untuk yang memiliki suara kokok yang panjang tersebut tentu saja hanya ayam pelung jenis jantan saja yang memiliki suara kokok yang panjang.

Keunikan dari ayam pelung yaitu pada suara kokoknya yang panjang dan mengalun. | image 10
Keunikan dari ayam pelung yaitu pada suara kokoknya yang panjang dan mengalun. | image 10

Karena alasan inilah beberapa penghobi ayam memelihara ayam pelung baik sebagai hobi atau untuk mengikuti kontes.

Ayam pelung adalah ras ayam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Berbeda dengan kebanyakan ayam hias yang perkembangbiakan ayamnya diseleksi dari keindahan bulunya, untuk ayam pelung ini diseleksi karena suara kokoknya yang panjang mengalun.

9. Ayam Serama

Spesies Ayam serama adalah salah satu ayam hias yang memiliki postur yang pendek, kecil, dan dadanya membusung.

Ayam ini adalah ayam terkecil di dunia atau dikenal dengan nama “The Smallest Bantam Chicken” atau ayam kate terkecil di dunia.

Ayam serama termasuk ayam terkecli yang ada di dunia | image 11Source: pixabay.com
Ayam serama termasuk ayam terkecli yang ada di dunia | image 11

Serama memiliki bentuk yang mirip dengan ayam kate, bedanya kalau ayam ini posturnya lebih kecil dan dadanya membusung.

BACA JUGA:  Cara Beternak Ayam Serama dari Sang Pakar

Ukuran ayam serama dewasa hanya satu lebih kepalan tangan orang dewasa, dan tingginya satu hanya satu kilan (jari jempol-jari kelingking) orang dewasa. Bobot ayam serama jantan hanya sekitar 350gr, sedangkan ayam serama betina sekitar 300gr dengan tinggi rata-rata 15cm.

10. Ayam Batik

Ayam batik adalah sejenis ayam hias yang memiliki motif menyerupai motif kain batik yaitu memiliki 2 jenis warna bulu yang ada pada tubuhnya menyerupai corak batik.

Jenis ayam batik ada dua macam yaitu ayam batik itali yang memiliki perpaduan warna putih dan hitam. Dan ayam batik kanada, yang memiliki warna hitam dan ke emasan.

Ayam batik itali biasa di sebut dengan ayam sebright | image 12Source: backyardchickencoops.com.au
Ayam batik itali biasa di sebut dengan ayam sebright | image 12

Ayam batik Itali ini merupakan jenis ayam hias yang memiliki corak batik yang indah dengan kombinasi warna putih dan hitam diseluruh tubuhnya.

Warna bulu ayam batik itali ini jika dilihat seperti corak kain batik, padahal sebenarnya memang seperti itulah warna natural dari ayam tersebut.

Nah bagaimana Anda tertarik ternak ayam hias yang mana nih ?

Bagi Anda yang tertarik untuk ternak ayam hias seperti ayam kalkun, ayam cemani, ayam americal silkie, ayam serama, ayam batik dan berbagai jenis ayam hias lainnya.

Kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias import dan eksport mulai dari usia satu bulan hingga indukan dengan harga terjangkau.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga lebih lengkapnya, cara pemesanan, cara pengiriman dan konsultasi gratis bisa langsung menghubungi nomor whatsaap kami dibawah ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (17 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: