Mau Ternak Ayam Cemani?, Simak dulu Harga Jual Ayam Cemani Berikut !

Mau Ternak Ayam Cemani?, Simak dulu Harga Jual Ayam Cemani Berikut !

Daftar Harga Jual Ayam Cemani | cover

Ayam cemani termasuk jenis ayam hias yang unik dan indah. Dengan bulu diseluruh tubuhnya yang berwarna hitam membuat ayam ini menarik untuk kita pelihara dirumah.

Tidak hanya bulunya yang berwarna hitam bahkan kaki, paruh jengger hingga dagingnya pun juga berwarna hitam.

Keunikan pada warnanya lah yang tidak dimiliki oleh jenis ayam lainnya. Harga jual ayam cemani pun relatif cukup stabil.

Promo DOC bibit Ayam Joper

Jenis ayam berbulu hitam tersebut merupakan ayam asli yang berasal di sebuah wilayah di Indonesia, tepatnya di wilayah Kedu, Temanggung, Jawa Tengah.

Menurut sejarahnya keberadaan ayam cemani sudah ada sejak Kerajaan Majapahit.

Ayam Cemani saat ini banyak diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan hias untuk penghobi ayam hias| image 1
Ayam Cemani saat ini banyak diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan hias untuk penghobi ayam hias| image 1

Berapa Harga Jual Ayam Cemani ?

Ayam cemani memang dikenal dengan ayam yang memiliki keunikan pada warna tubuhnya. Warna dari ayam cemani yakni hitam, mulai dari jengger hingga kaki berwarna hitam.

Tetapi tentu warna darah yang dihasilkan ayam cemani ini cenderung berwarna merah tua dan bukan hitam. Dikenal dengan ayam yang unik, ayam cemani memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Beberapa juga muncul sedikit warna merah di bagian kepala namun tidak begitu mencolok bila tidak di amati dengan baik.

Harga jual ayam cemani umumnya mulai dari Rp. 100.000 hingga puluhan juta. Tentu harga yang cukup fantastik bukan.

Bagi Anda pengemar ayam unik seperti ayam hias cemani ini tidak perlu khawatir. Kami dari jualayamhias.com jual ayam cemani dengan harga yang terjangkau.

Ayam cemani yang kami sediakan mulai dari usia anakan satu bulan hingga usia indukan. Adapun untuk daftar harganya sebagai berikut ini :

UsiaHarga
1 bulan Rp. 95.000
2 bulan Rp. 135.000
3 bulan Rp. 185.000
4 bulan Rp. 235.000
5 bulan Rp. 285.000
Cemani Jantan 5 BulanRp. 375.000
Cemani Indukan Rp. 535.000
Cemani Indukan Jantan Rp. 750.000

Walaupun harga ayam hitam atau ayam cemani ini memiliki harga yang cukup tinggi, tetapi banyak pecinta ayam hias mengemari ayam tersebut. Harga ayam cemani asli yang tinggi tidak menyurutkan minat pecinta ayam hias. 

Mengapa Ayam Cemani Berwarna Hitam ?

Beberapa sumber yang kami dapati untuk menjawab pertanyaan ini memang bisa bervariasi. Namun mutasi gen yang ada pada jenis cemani ini yang menjadi sebab ayam cemani ini berwarna hitam.

Dan kami amati dari waktu ke waktu warna hitam ini cenderung stabil dan tidak ada pudar ataupun luntur.

Kecuali memang untuk ayam cemani yang semakin berumur akan memutih di bagian ujung paruh dan ujung kukunya.

Lidah ayam cemani tidak serta merta berwarna hitasm, tetapi biasanya ada juga yang memiliki warna abu  abu | image 2
Lidah ayam cemani tidak serta merta berwarna hitasm, tetapi biasanya ada juga yang memiliki warna abu abu | image 2

Baca juga : Ayam Cemani Menjadi Salah Satu Bentuk Usaha Ternak Ayam

Jenis ayam cemani tersebut memang merupakan jenis ayam yang banyak dicari dan diminati oleh sebagian masyarakat dan pecinta ayam hias.

Bukan karena sebagai kepercayaan yang banyak dianggap oleh masyarakat, melainkan warna tersebut berasal dari gen atau keturunannya yang memang berwarna hitam.

Tetapi warna tersebut tidak mempengaruhi warna telurnya, telur cemani berwarna putih atau terkadang coklat mirip seperti telur ayam kampung.

Apakah Ayam Cemani Bisa Berubah Warna ?

Selama kami ternak kami tidak menemukan perubahan warna yang mencolok dalam ternak ayam ini. Ada kemungkinan ayam cemani akan berubah warna jika saat ternak tidak di pisah dengan ayam lain.

Saat ayam di campur dengan ayam lain bukan tidak mungkin betina ayam cemani akan dikawin oleh pejantan jenis ayam lain.

Tentu saja hasilnya atau anakanya  nanti akan berubah secara bentuk dan warnanya  dengan mengikuti karakter ayam jantan yang membuahi tersebut.

Dengan keanekaragaman fauna asli Indonesia ini sebenarnya kita memiliki kekayaan potensi untuk di eksplor lebih dalam sehingga bisa di dapati kemanfaatan yang lebih besar yang salah satunya dari ayam cemani ini.

Tenggorokan ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya berwarna abu-abu atau malah terkadang putih. | image 3
Tenggorokan ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya berwarna abu-abu atau malah terkadang putih. | image 3

Hal ini merupakan tantangan bagi kita terutama untuk para penggerak dunia peternakan seperti peternak, mahasiswa peternakan maupun dinas peternakan yang terkait.

Bila usaha ini bisa di lakukan dengan fokus dan sungguh-sungguh serta konsisten kami yakin usaha ini akan merubah pandangan masyarakat mengenai ayam cemani yang lekat dengan nuansa ritual atau klinik.

Produktifitas Ayam Cemani

Dalam cara memelihara ayam cemani memang seperti memelihara ayam kampung pada umumnya tidak hal khusus yang perlu di sembunyikan atau di rahasiakan.

Ayam cemani memiliki berat badan rata-rata 2 – 3 kg untuk cemani jantan sedangkan untuk cemani betina bisa mencapai 2,5 kg.

Ayam cemani yang sudah siap bertelur pada umur 7-8 bulan keatas, dengan jangka waktu 3 – 4 kali per tahunnya. Tetapi waktu produksi tersebut tergantung pada penetasannya jika menggunakan mesin penetas.

Tentunya akan memberikan peluang untuk meningkatkan produksi telurnya. Ayam cemani sendiri bisa mempunyai usia sampai 7 tahun lebih.

Salah satu gambar telur ayam cemani yang memiliki warna cangkang yang hampir menyerupai telur ayam kampung | image 4
Salah satu gambar telur ayam cemani yang memiliki warna cangkang yang hampir menyerupai telur ayam kampung | image 4

Namun memang keberadaan ayam cemani sekarang ini sudah semakin langka, jarang ditemukan karena hanya beberapa peternak saja yang memiliki ayam cemani ini.

Sebenarnya masih banyak bisa di lakukan penelitian mengenai ayam cemani ini. Semisal bila di lakukan eksperimen menyilangkan ayam cemani ini dengan jenis ayam lain.

Karena memang ayam cemani memiliki keunggulan produksi telur bila kita bandingkan dengan ayam kampung pada umumnya.

Dan bila untuk produksi daging, ayam cemani ini memiliki kekurangan yakni warna dagingnya yang berwarna hitam atau keabu – abuan.

Bagaimana Cara Beternak atau Budidaya Ayam Cemani ?

Dalam cara ternak ayam cemani sebenarnya relatif mudah. Tidak ada cara khusus yang perlu kami rahasiakan. Budidaya ayam cemani ini layaknya kita memelihara ayam kampung pada umumnya.

Untuk pakan kita bisa menggunakan voer/BR yang kadang di sebut juga dengan konsentrat ayam. Dari pakan tersebut bisa kita bisa padukan dengan jagung maupun nasi.

Ada juga yang menambahkan dengan beras merah maupun kacang hijau. Tetapi memang penambahan beras merah maupun kacang hijau tidak memberikan efek yang signifikan dalam pertumbuhan ayam cemani.

Dalam pemeliharaan atau cara ternak ayam cemani kita perlu perhatikan pemisahan dengan ayam lain. Hal ini  merupakan hal yang paling mendasar untuk menjaga ayam cemani kita terjaga keaslianya.

Beras merah merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit ayam hias terutama ayam Cemani | image 5
Beras merah merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit ayam hias terutama ayam Cemani | image 5

Karena bila ayam cemani bercampur dengan ayam lain maka resiko ayam di kawin oleh jenis lain akan menghasilkan jenis ayam cemani yang tidak asli atau murni lagi.

Teknik pemisahan ayam cemani dengan ayam lain ini selain bertujuan untuk menjaga ayam cemani terjaga keaslianya sebenarnya mengandung banyak manfaat.

Dan teknik ini kadang kami temui tidak dilakukan peternak khususnya bagi peternak pemula.

Bila kita bisa mengkondisikan kandang ayam terpisah berdasar jenis dan usia ayam maka penyebaran penyakit akan berkurang serta pemerataan pakan pun dapat kita raih.

Baca juga : 3 Hal Penting dan Tips Dalam Pemeliharaan Ayam Cemani

Ayam Cemani menjadi salah satu jenis ayam hias dari 34 jenis ayam hias lebih  yang ada di jualayamhias.com, ayam cemani tersedia mulai dari anakan atau bibit ayam cemani, indukan dewasa siap produksi hingga telurnya yang bisa di tetaskan di daearah mana saja.

Kami menyediakan telur ayam cemani yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Harga bibit ayam cemani dapat anda ketahui di tabel diatas.

Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam cemani kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan.

Untuk ke Pulau Jawa kami kirimkan via kereta pengambilan di kargo stasiun, sedangkan Luar Pulau Jawa kami kirimkan via pesawat pengambilan di karo bandara.

Apabila Anda menginginkan ayam cemani dari usia anakan sampai dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

WHATSAPP/TELP/SMS

Admin Umum

0812-2028-8686

Divisi Ayam Hias

0856-4772-3888

Kata terkait : Ayam Hias, Ayam Cemani, Jual Ayam Cemani, Harga Ayam Cemani, foto ayam cemani, jual ayam cemani, cara ternak ayam cemani, telur ayam cemani
*.

5/5 - (18 votes)
Ayam Kampung Super JOPER-

 

2 Responses

  1. Kashif berkata:

    I am from Pakistan and want to Purchase ayam cemani breeders. My WhatsApp is 00923127007000 and email is kashif8816@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
WhatsApp GRATIS Konsultasi, boleh tanya dulu.... 😊🙏...
%d blogger menyukai ini: