Ayam Cemani Memiliki Kekuatan Mistis, Betul Nggak Sih?

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Ayam Cemani Memiliki Kekuatan Mistis, Betul Nggak Sih?

Ayam Cemani Jantan Dewasa

Ayam Cemani Memiliki Kekuatan Mistis, Betul Nggak Sih? – Ayam cemani merupakan ayam lokal asli yang berasal dari Indonesia tepatnya di wilayah Kedu tapatnya di desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kata cemani berasal dari bahasa sansekerta yang berarti Hitam legam, pada sekujur tubuh pada ayam cemani dari ujung kepala sampai ujung kaki berwarna hitam. Bahkan daging dan tulang pada ayam cemani memiliki warna yang sama dengan bulunya yaitu berwarna hitam.

Menurut cerita ayam cemani sudah terkenal pada masa Kerajaan Majapahit dimana ayam cemani merupakan koleksi para raja dan juga kelurga raja yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Pemilik pertama kali ayam cemani pada masa itu adalah seorang petapa sakti bernama Ki Ageng Mangkuhan yang gemar mengkoleksi ayam serba hitam dan hanya paruhny ayang berwarna putih. Suatu hari, pada saat Ki Ageng Mangkuhan sedang bertapa di sebuah kuburan keramat di daerah Kedu, dia mendapatkan sebuah wangsit yang memberitahuan bahwa untuk mengobati penyakit Putra Panembahan Hargo Pikukuh yang bernama Lintang Katon yakni diobati menggunakan ayam tersebut. Melalui perantara ayam cemani tersebut akhirnya Lintang Katon dapat sembuh dari penyakitnya.

Setelah kejadian tersebut, kemudian ayam tersebut dikawinkan dengan ayam betina yang memiliki warna yang sama yaitu berwarna hitam legam. Sehingga telur yang dihasilkan pada ayam tersebut menghasilkan anakan yang tidak berparuh putih lagi melainkan berwarna hitam legam. Setelah kejadian itu akhirmya ayam tersebut diberi nama sebagai ayam cemani yang berasal dari bahasa sansekerta dan yang  memilki arti hitam legam. Ukuran tubuh pada ayam cemani lebih besar dibandingkan dengan ayam kampung lainnya. Ayam Cemani memiliki tinggi sekitar 60 cm dengan lingkar dada mencapai 34 cm dan panjang sayap 25 cm.

Mitos Ayam Cemani

Setelah kejadian tersebut banyak masyarakat beranggapan bahwa ayam cemani memiliki kekuatan magis, bahkan dapat mengusir makhluk halus. Karena ayam cemani memiliki beberapa keunikan ayam ini sering dijadikan pelengkap dalam pelaksanaan upacara adat seperti bersih desa, sekatenan, dan gerebek maulud. Selain menjadi pelengkap dalam pelaksanaan upacara adat, ayam cemani juga dipercaya memberikan keberuntungan kepada pemiliknya. Mungkin kerena ayam cemani memiliki harga yang tinggi ketika dijual dipasaran sehingga jenis ayam ini memberikan keberuntungan tersendiri bagi pemiliknya.

Ayam Cemani

Ayam Cemani

Banyak orang beranggapan bahwa ayam cemani merupakan ayam pembawa sial. Mitos inilah yang membuat ayam cemani menjadi terkenal, disebut sebagai ayam pembawa sial dikarenakan warna tubuh yang serba hitam membuat ayam ini banyak disukai oleh bangsa jin dan setan. Bahkan ayam ini kerap dijadikan persembahan sesajen yang harus dipenuhi ketika seseorang ingin menguasai ilmu – ilmu hitam. Dipercaya juga dapat memperoleh kesaktian dan dapat menangkal sihir. Mungkin mitos tersebut sangat tidak masuk akal jika ditelaah lebih jauh.

Hingga saat ini tradisi tersebut masih dilestarikan di Indonesia. Semoga kepercayaan tersebut lambat laun akan hilang di kalangan masyarakat, karena kepercayaan ini merupakan hal yang salah dan tidak dapat dibenarkan. Terlepas dari segala mitos ayam cemani yang sudah tersebar di telinga masyarakat entah benar yang mana yang terpenting kita dapat mengambil hikmahnya saja, jangan sampai kita percaya sampai – sampai membuat syirik dengan adanya ayam cemani ini. Padahal sudah diterangkan dalam Al – Qur,an bahwa sebagai berikut :

وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

“Barang siapa yang mempersekutukan [sesuatu] dengan Allah, maka sesungguhnya dia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS. An-Nisa’ ayat 116)

 Ayam Cemani Eggs

Ayam cemani eggs atau biasa kita sebut sebagai telur ayam cemani, memiliki warna yang berbeda dengan tubuh ayam cemani yang keseluruhannya berwarna hitam legam. Telur ayam cemani memiliki warna dan bentuk sama dengan telur pada umunya, berwarna kream atau putih tulang dengan bintik -bintik merah muda pada cangkangnya. Menurut beberapa pakar penelitian mengatakan bahwa warna putih pada telur ayam cemani disebabkan adanya proses mutasi fibromelanosis yang terjadi pada sel ayam tersebut hingga menyebabkan tidak menularnya terhadap cangkang telur. Dan beberapa kemungkinan terjadi akibat cangkang telur terdiri dari kristal kalsium karbonat yang pada dasarnya sama dengan semua jenis ayam.

Ayam Cemani mengandung berbagai macam manfaat untuk kesehatan

Ketika telur ayam cemani disinari dengan senter, bagian dalam pada telur ayam cemani memiliki warna yang sama dengan telur pada umumnya. Warna hitamnya baru akan muncul setelah embrio pada ayam ini muncul. Hal tersebut juga akan menjadi pertanda bahwa telur ayam cemani tersebut sehat dan dapat menetas dengan baik.

Baca artikel menarik lainnya :

Selain itu, ternyata telur ayam cemani menyimpan berbagai khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada ayam cemani diantaranya adalah kalori, protein, lemak, zat besi, vitamin A, vitamin B1, B12 dan B6, magnesium, kalsium, dan fosfor. Adapun manfaat ayam cemani untuk kesehatan sebagai berikut :

Manfaat telur ayam cemani untuk kesehatan 

  • Menambah kekebalan tubuh
  • Meningkatkan stamina
  • Mengobati sakit maag
  • Menguatkan otot tulang
  • Meregenerasi sel – sel
  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Mencegah sakit lambung
  • Mencegah gizi buruk
  • Menyuplai protein tinggi
  • Menstabilkan tekanan darah

Khasiat Ayam Cemani

Tidak hanya terkenal dengan mitosnya yang melegenda, ternyata pada daging ayam cemani mengandung manfaat yang begitu  berkhasiat bagi tubuh manusia. Di berbagai daerah tertentu di wilayah Indonesia daging ayam cemani banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi karena memang khasiat dalam daging ayam cemani sangatlah banyak. Tetapi untuk masyarakat yang mengkonsumsinya hanya sebagian dan jarang hanya orang tertentu.

Daging Ayam Cemani

Adapun khasiat pada daging ayam cemani adalah sebagai berikut :

  • Menghilangkan Sakit Kesleo

Kandungan minyak yang terdapat pada ayam cemani berkhasiat untuk meyembuhkan penyakit kesleo. Sakit kesleo dapat diobati dengan memakan daging ayam cemani yang dimasak dengan dikukus sehingga minyaknya bisa keluar, sebenarnya banyak peneliti belum dapat membuktikan khasiat ini. Namun kepercayaan masyarakat terhadap hal tersebut membuktikan bahwa minyak ayam cemani berkhasiat untuk penyembuhan kesleo pada tubuh manusia.

  • Meningkatkan vitalitas pria

Daging ayam cemani juga dipercaya untuk meningkatkan vitalitas pria karena daging pada jenis ayam ini dipercaya mempunyai banyak protein, karena pada tubuh yang disuplai protein dapat membuat kualitas kejantanan seorang pria menjadi lebih baik. Jangan hanya mengandalkan daging ayam cemani saja tetapi harus diimbangi dengan olahraga secara teratur dan mengkonsumsi sayuran yang dapat membuat tubuh menjadi segar dan bugar.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan mineral yang ada pada daging ayam cemani terbukti dapat meingkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan berbagai bibit penyakit yang ada di dalam tubuh.

  • Sangat penting untuk pertumbuhan anak

Daging ayam cemani memang memiliki khasiat yang sangat banyak, dengan kandungan fosfor yang terkandung dalam daging dapat membuat tulang menjadi kuat dan tumbuh normal pada pertumbuhan anak. Sehingga pada anak – anak sedang dalam masa pertumbuhan dianjurkan untuk mengkonsumsi daging ayam cemani.

  • Menghilangkan stress

Ayam cemani mengandung zat B5 yang berfungsi untuk memberikan rasa tenang pada syaraf manusia. Dengan mengkonsumsi daging ayam cemani dapat menghilangkan stress yang berkepanjangan yang disebabkan oleh beberapa faktor.

  • Mencegah radang sendi

Kandungan selenium dan mineral pada daging ayam cemani berkasiat untuk mencegah radang sendi. Radang sendi atau arthritis adalah ganguan kesehatan sendi yang sangat menyakitkan dan dapat berakibat fatal jika tidak segera diberikan penanganan. Dengan mengkonsumsi daging ayam cemani dapat mengurangi dan mencegah penyakit sendi atau arthitis tersebut.

Jual Ayam Cemani

Kini ayam cemani bukan hanya dikenal sebagai ayam yang memiliki berbagai mitos, tetapi ayam cemani banyak dikenal oleh masyarakat luas sebagai ayam hias. Ayam cemani merupakan ayam yang memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan ayam pada umumnya, sehingga nilai jualnya memiliki harga yang sangat tinggi. Alasan inlah yang membuat peluang usaha ayam cemani kian menjanjikan.

Bisnis ayam cemani merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Budidaya ayam cemani cocok dijalankan oleh semua orang. Untuk memulai bisnis ayam cemani ini tidaklah sulit, peternak dapat memulai usahanya  dengan modal yang kecil. Tetapi sebelum memulai beternak ayam cemani tentunya peternak harus mempersiapkan segala persiapan dan fasilitas yang ada. Mulai dari modal, lokasi peternakan, pakan ayam hingga segi pemasaran yang harus selalu diperhatikan. Dengan jual ayam cemani peternak dapat mendapatkan keuntungan yang relatif lebih besar.

Harga ayam cemani dipasaran dijual dengan harga yang relatif tinggi mulai dari harga Rp 100.000 – Rp 600.000 kita dapat membawa pulang ayam cemani yang memiki corak yang sangat indah ini. Ayam cemani dijual berdasarkan usia pada ayam, semakin besar usianya maka akan semaki tinggi harga yang ditawarkan.

Harga ayam cemani 2018 di tempat kami sebagai berikut : 

1 Bln Rp110.000/ekor
2 Bln Rp150.000 /ekor
3 Bln Rp200.000/ekor
4 Bln Rp250.000/ekor
5 Bln Rp300.000/ekor
Dewasa Rp550.000/ekor

*Tidak melayani permintaan Cemani untuk ritual, pengobatan dan sejenisnya

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam cemani, kami menyediakan telur ayam cemani yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam cemani kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam cemani dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

Silahkan hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Email :hobiternakmail@gmail.com

Kata terkait :
harga ayam cemani, telur ayam cemani, ayam cemani eggs, jual ayam cemani, harga ayam cemani 2018, mitos ayam cemani, khasiat ayam cemani

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Cemani
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

One Response

  1. […] Ayam Cemani Memiliki Kekuatan Mistis, Betul Nggak Sih? […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: