Manfaat Tetra Chlor untuk Mengobati Penyakit Ayam

Beternak merupakan suatu kegiatan yang banyak mendatangkan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat. Salah satu hewan yang saat ini banyak diternakkan dan mudah dalam perawatannya adalah ayam.

Ternak ayam biasanya dipelihara masyarakat untuk dimanfaatkan menjadi berbagai macam keperluan hidup. Seperti daging, telur, bulu dan kotorannya pun banyak dimanfaatkkan masyarakat.

Ternak Ayam Kampung Super merupakan salah satu kegiatan yang banyak masyarakat lakukan| image 1Source: Nura Sikin
Ternak Ayam Kampung Super merupakan salah satu kegiatan yang banyak masyarakat lakukan| image 1

Kesehatan ayam sangat penting, tetapi dibeberapa kondisi ayam menjadi rentan terhadap penyakit sehingga dapat berakibat fatal.

Inilah yang membuat peternak was-was. Bagaimana cara melindungi ayam Anda ? Salah satu solusinya adalah dengan memberikan obat seperti Tetra Chlor. 

Apa itu Kapsul Tetra Chlor ?

Obat Tetra Chlor merupakan suplemen yang berfungsi sebagai antibiotik, yang dapat menjaga kebugaran tubuh ayam serta menyembuhkan ayam dari berbagai penyakit.

Kapsul Tetra Chlor salah satu solusi untuk menyembuhakan berbagai jenis penyakit pada ayam | image 2
Kapsul Tetra Chlor salah satu solusi untuk menyembuhakan berbagai jenis penyakit pada ayam | image 2

Kapsul Tetra Chlor ini merupakan kapsul yang di produksi oleh PT MEDION, yang mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, yang berfungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang menyerang ayam. 

Jenis Penyakit yang Bisa Sembuh dengan Kapsul Tetra Chlor 

Ketika ayam peliharaan Anda sakit, langkah pertama adalah memisahkannya ke kandang terpisah. Hal ini mencegah penularan penyakit ke ayam lainnya sehingga mengurangi risiko penyebaran penyakit.

Penting bagi peternak untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan dengan obat-obatan yang tepat, seperti Kapsul Tetra Chlor.

Penyakit - penyakit yang dapat disembuhkan dengan Kapsul Tetra Chlor | image 3
Penyakit – penyakit yang dapat disembuhkan dengan Kapsul Tetra Chlor | image 3

Obat ini mengandung 2 antibiotik dengan spektrum luas, vitamin B kompleks, vitamin C, dan mineral, yang mempercepat proses penyembuhan penyakit ayam.

BACA JUGA:  Rahasia Sukses Mengatasi Kelumpuhan pada Ayam dengan Kapsul Ostelin

Kapsul Tetra Chlor efektif untuk mengatasi berbagai penyakit seperti yang ada didaftar berikut ini : 

1. Snot atau Pilek

Penyakit snot, atau biasa disebut pilek oleh peternak disebabkan oleh bakteri bernama Hemophillus gallinarum.

Gejala ayam yang terinfeksi termasuk kegelisahan, penurunan nafsu makan, dan penurunan berat badan. Ayam juga mengeluarkan cairan kental dari hidung dan mata hingga menjadi lengket. Bagi ayam petelur, ini dapat mengurangi produksi telur.

Gejala lain yang ditimbulkan ayam yang terkena penyakit snit yakni kelopak mata menjadi lengket | image 4Source: kelantanport.web.app
Gejala lain yang ditimbulkan ayam yang terkena penyakit snit yakni kelopak mata menjadi lengket | image 4

Penyebaran penyakit terjadi melalui kontak langsung antara ayam sehat dan sakit. Penting bagi peternak untuk segera memisahkan ayam yang menunjukkan gejala seperti ini.

Pemisahan dapat dilakukan dengan karantina atau isolasi di kandang yang berbeda. Selain itu, perlu menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta menjauhkan ayam sakit dari yang sehat.

Untuk pengobatan, Kapsul Tetra Chlor adalah pilihan yang efektif. Dosis yang tepat tertera pada bungkus obat.

Baca juga : 3 Jenis Obat Herbal untuk Mengobati Penyakit Snot pada Ayam

2. Kolera (Berak Hijau)

Penyakit kolera atau disebut sebagai berak hijau seringkali muncul saat musim hujan, terutama jika kandang tidak terjaga kebersihannya.

Gejala penyakit meliputi kotoran hijau, bengkak pada lutut, nafsu makan menurun, pembengkakan di bawah perut, dan cairan dari mulut. Penularannya bisa melalui makanan, minuman, serta wadah pakan dan minum.

Kebersihan kandang dan lingkungan berperan penting dalam mencegah penyakit ini menyerang ayam peliharaan Anda.

Gejala penyakit ini biasanya ketika mengeluarkan kotoran atau berak berwarna hijau | image 5
Gejala penyakit ini biasanya ketika mengeluarkan kotoran atau berak berwarna hijau | image 5

3. Pullorum 

Penyebab penyakit pullorum adalah bakteri Salmonella pullorum yang membuat ayam menjadi lemah, kehilangan nafsu makan, dan berat badan yang menurun.

Gejalanya mencakup kotoran putih seperti kapur dan cairan berwarna kekuningan kental dari hidung. Sayangnya, ayam yang terinfeksi Pullorum seringkali tidak selamat, dengan tingkat kematian mencapai 20-40%.

BACA JUGA:  4 Penyakit yang Sering Menyerang Ayam

Penularan penyakit ini terjadi ketika ayam sakit tidak ditangani dengan cepat. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sangat penting untuk mencegahnya.

Pisahkan ayam yang sakit dari yang sehat dan berikan perawatan yang tepat, termasuk Kapsul Tetra Chlor dan suplemen vitamin.

Ayam yang terkena penyakit pullorum biasanya mengeluarkan berak berwarna putih seperti pengapuran | image 6Source: Pinterest.com
Ayam yang terkena penyakit pullorum biasanya mengeluarkan berak berwarna putih seperti pengapuran | image 6

4. CRD atau Ngorok

Penyakit CRD atau Chronic Respiratory Disease, sering disebut peternak sebagai penyakit ngorok. Penyakit ini menyerang saluran pernapasan kronis pada ayam yang disebabkan oleh bakteri mycoplasma gallisepticum.

Penyakit ini sulit disembuhkan karena berlangsung dalam waktu lama. Gejala termasuk bersin, pembengkakan leher, mata bengkak, lendir dari hidung, dan penurunan makanan.

Pencegahan termasuk vaksinasi pada ayam muda (DOC) dan pemberian antibiotik seperti Kapsul Tetra Chlor sesuai dengan penyakit yang menyerang. Temukan solusi lebih lanjut di bawah.

Gejala lain yang ditimbulkan akibat penyakit ini yakni keluar lendir dari hidung, ngorok, mata menjadi bengkak dan berair serta penurunan pada konsumsi pakan | image 7
Gejala lain yang ditimbulkan akibat penyakit ini yakni keluar lendir dari hidung, ngorok, mata menjadi bengkak dan berair serta penurunan pada konsumsi pakan | image 7

Berapakah Dosis dan Aturan Pakai Kapsul Tetra Chlor untuk Ayam ? 

Agar penanganan ayam yang sakit tepat, penting bagi peternak untuk mengetahui jenis penyakitnya dan mengikuti dosis yang dianjurkan, biasanya dosis tersebut tertera di kemasan obat.

Berikut dosis dan panduan penggunaannya :

  • Umur 4 minggu: ½ kapsul sekali sehari.
  • Umur 4-8 minggu: ½ kapsul dua kali sehari.
  • Umur 8 minggu ke atas: 1 kapsul dua kali sehari.

Pada kemasan Kapsul Tetra Chlor sudah terdapat anjuran pemakaian untuk ayam yang sedang sakit | image 8
Pada kemasan Kapsul Tetra Chlor sudah terdapat anjuran pemakaian untuk ayam yang sedang sakit | image 8

Pemberian Kapsul Tetra Chlor dilakukan selama 4-5 hari berturut-turut sampai ayam benar-benar sembuh. Jika ayam akan disembelih, hentikan pemberian obat 3 hari sebelumnya untuk menghindari efek obat pada manusia.

Menjaga kebersihan kandang, lingkungan, pakan, dan tempat minum adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan ayam. Kapsul Tetra Chlor dapat ditemukan di toko hewan dengan harga terjangkau dan manfaat yang tinggi.

Baca juga : Cara Mudah Mengobati Penyakit Ayam Serta Mengenal Ciri Ciri Penyakit Ayam

BACA JUGA:  Waspada ! 4 Jenis Penyebab Penyakit Berak Hijau Ternak Ayam Anda

Layanan Pemesanan Bibit/ DOC Ayam, DOD Bebek atau Ayam Hias

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di sana, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit ayam, bebek atau ayam hias berkualitas di tempat kami kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi nomor dibawah ini untuk pemesanan dan juga konsultasi : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

4.9/5 - (31 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!