Waspada ! 4 Jenis Penyebab Penyakit Berak Hijau Ternak Ayam Anda

Waspada ! 4 Jenis Penyebab Penyakit Berak Hijau Ternak Ayam Anda

Berbagai jenis penyakit pada ayam kampung super salah satunya adalah berak hijau

Waspada ! 4 Jenis Penyakit Penyebab Berak Hijau Ternak Ayam Anda  –  Berak hijau menjadi hal yang cukup menakutkan bagi peternak Ayam Kampung Super, terutama saat musim penghujan. Penyakit ini sering disebut dengan kolera, dan disebabkan oleh bakteri pasteurella multocida. Pada musim penghujan, situasi yang lembab akan membuat bakteri ini berkembangbiak dengan sangat cepat. Apalagi saat kondisi kandang kurang terjaga kebersihannya akan membuat penyakit ini mudah menyerang dan menular ke semua ayam.

Banyak juga faktor penyakit yang dapat menyebabkan ayam menjadi sakit diantaranya kadang yang kurang terjaga kebersihannya, pakanyang tidak berkualitas, perlatan kandang yang kotor dan kurangnya pemberian vitamin pada ayam joper.

Salah satu cara megantispasi agar ayam tidak mudah terserang penyakit yakni dengan menerapkan pola pemeliharaan yang baik
Salah satu cara megantispasi agar ayam tidak mudah terserang penyakit yakni dengan menerapkan pola pemeliharaan yang baik

Penyakit berak hijau adalah berak yang berwarna hijau yang gejala atau ciri-ciri dari berbagai macam penyakit yang menyerang ayam diantaranya adalah Tetelo atau ND, AI (Afian Influenza), Kolera (berak hijau), dan malaria. Namun berak hijau juga dapat terjadi pada ayam yang tidak diberi makan dalam jangka waktu lebih dari 10 jam. Sebelum Anda melakukan pengobatan terhadap ayam yang terkena penyakit ini sebaiknya Anda mencermati ciri-ciri lain yang terjadi pada ayam agar pengobatan yang Anda lakukan bisa sesuai dengan penyakit yang diderita oleh ayam.

Apa saja jenis peyakit yang dapat menyebabkan Berak Hijau ? 

Seperti yag telah kita ketahui pada penjelasan diatas bahwa penyakit berak hijau banyak menyerang ternak ayam kampung super ketika memasuki musim penghujan. Hal ini tentu menjadi suatu momok yang banayak dihindari dan perlu diantisipaasi bagi peter ayam joper. Penyakit berak hijau ini juga banyak diindikasi karena serangan virus atau bakteri. Umumnya berak encer seperti air ini sering terjadi pada ternak ayam joper. Selain itu penyakit berak hijau ternak ayam joper juga dapat disebabkan karena adanya stress dan ganguan nutrisi pada ayam joper.

Adapun jenis – jenis yang mengakibakan berak hijau ayam joper adalah sebagai berikut ini.

1. Newscastile disease (ND)/ Tetelo

Penyakit ND atau biasa disebut dengan tetelo merupakan suatu penyakit ayam yang disebabkan oleh infeksi virus. Tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit ini pun cukup tinggi. Gejala yang ditimbulkan jika ayam joper terserang penyakit tetelo ini yakni sebagai berikut :

  • Batuk
  • Sulit bernafas
  • Ngorok
  • Keluar lendir dari hidung
  • Nafsu makan hilang
  • Fases berwarna hijau bercampur gumpalan putih
  • Gemetar diseluruh tubuh
  • Kelainan syaraf (lumpuh kaki, sayap, leher terpuntir ayam berputar – putar)
Salah satu gejala yang ditimbulkan dari penyakit tetelo yakni kelumpuhan pada kaki
Salah satu gejala yang ditimbulkan dari penyakit tetelo yakni kelumpuhan pada kaki

2. AI (Alfian Influenza)

Penyakit AI singatannya adalah alfian influenza merupakan suatu penyakit ayam yang menyerang ternak pada bagian pernafasan, reproduksi, pencernaan dan sistem saraf. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bersifat ganas atau High Pathogenic Avian Influenza (HPAI) dan bersifat ringan Low Pathogenic Avian Influenza. Kadua jenis AI ini sama – sama meninmbulkan kerugian bagi peternak. Sehingga dengan adanya penyakit tersebut kita harus selalu menngantisipasi dengana cara menerapkan menejemen yang baik sesuai dengan standar.

Untuk mengetahui gejala – gejala yang ditumbulkan sebagai berikut ini : 

  • Susah bernafas
  • Ngorok
  • Penurunan reproduksi (penyakit pada ayam petelur)
  • Lemas
  • Pucat
  • Jengger berwarna biru
  • Kotoran berwarna hijau
  • Mata bengkak
  • Terjadi kelumpuhan
Penyakit AI umumnya dapat menyerang pada sistem pencernaan sehingga berak yang dihasilkan berwarna hijau

3. Kolera

Penyakit ayam atau kolera merupakan suatu penyakit pada unggas yang menyerang pencernaan. Penyebab penyakit ini yakni oleh bakteri vibrio dan termasuk penyakit yang menular. Cara penularan penyakit ini yakni dari air minum yang terkontaminasi. Penyakit ini juga sangat mudah mnyerang ayam serta penyebarannya pun juga sangat cepat.

Sebagainya jika ayam ada menandakan gejala – gejala terserangnya penyakit kolera harus segera ditindaklanjuti segera. Hal ini dilakukan agar dapat mengantisipasi jumlah kematian yang cukup banyak. Adapun untuk gejala yang ditimbulkan oleh terserangnya penyakit kolera ini adalah sebagai berikut :

  • Tidak nafsu makan
  • Keluar cairan dari hidung dan mulut
  • Jengger berwarna biru kehitaman
  • Lesu dan lemas
  • Sesak nafas
  • Tinja encer dan berair
  • Warna kotoran berubah
  • Tubuh terasa panas
  • Bisa terjadi pembengkakan pada sambungan lutut sehingga ayam bisa sampai mengalami kelumpuhan
  • Jika terjadi komplikasi dengan snot atau corisa maka di bagian wajah ayam bisa membengkak
Gejala lain yang ditimbulkan ayam yang terkena penyakit kolera yakni wajah terlihat membengkak
Gejala lain yang ditimbulkan ayam yang terkena penyakit kolera yakni wajah terlihat membengkak

4. Malaria 

Selain manusia ternyata ayam juga dapat terserang penyakit malaria. Penyakit malaria akan timbul ketika musim hujan tiba dengan curah hujan yang tinggi. Dan biasanya ayam yang mudah terserang penyakit malaria ini di beberapa peternak yang berada di daerah dataran rendah.

Genangan air yang ada di sekitar kandang joper menjadi salah satu media yang cocok untuk perkembangan nyamuk. Penyakit ayam ini disebabkan oleh protozoa plasmodium gallinaceum yang umumnya banyak menyerang ayam broiler dan ayam petelur. Dan tidak menutup kemungkinan banyak menyerang ternak ayam joper.

Gejala yang ditimbulkan ayam saat terserang penyakit malaria ini, sebagai berikut 

  • Jengger ayam bengkak
  • Muka & jengger pucat
  • Berak berwarna hijau
  • Sulit bernafas
  • Anemia
  • Nafsu makan menurun
  • Kurus
  • Bulu tidak teratur
  • Depresi

Bagaimana Penyakit tersebut dapat menular ? 

Untuk menentukan jenis penyakit unggas ayam pada Ayam Kampung Super merupakan langkah yang baik sehingga penanganan terhadap penyakitnya juga harus tepat. Cara penularan penyakit ini sifatnya horizontal  yaitu berasal dari ayam yang terinfeksi berak hijau dan menular ke ayam jawa yang sehat. Penularan bisa terjadi melalui tempat makan dan minum. Cara penularan yang lain bisa terjadi karena perpindahan kandang yang sudah terkena penyakit ke kandang yang sehat.

Untuk ayam yang terkena penyakit kolera harus segera di karantina. Penularan penyakit berak hijau bisa terjadi secara vertikal dari indukan kepada anakannya. Oleh karena itu indukan yang sudah terjangkit penyakit kolera sebaiknya jangan dijadikan bibit indukan.

Untuk mecegah terjadinya penularan penyakit maka peternak harus memisahkan antara ayam sehat dengan ayam yang sakit dengan cara dikarantina
Untuk mecegah terjadinya penularan penyakit maka peternak harus memisahkan antara ayam sehat dengan ayam yang sakit dengan cara dikarantina

Dalam penyimpanan pakan yang kurang baik, misalnya pakan di letakkan pada tempat yang terlalu lembab akan membuat bakteri penyebab berak hijau akan berkembang biak di dalam pakan. Jika pakan yang Anda berikan pada ayam sudah terkontaminasi dengan bakteri penyebab berak hijau, maka dapat dipastikan ayam juga akan terserang penyakit kolera atau berak hijau.

Baca lebih lanjut :

Apa saja pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit berak hijau ?

Pencegahan yang dapat dilakukan peternak yakni dengan cara memperhatikan sanitasi kandang dan lingkungan sekitar kandang. Kebersihan kandang, kebersihan tempat pakan dan minum, lantai dan dinding kandang pun juga harus terjaga kebersihannya, dan membersihkan peralatan sebelum dan sesudah digunakan. Penyemprotan menggunakan antiseptik pada kandang dan peralatan pun juga penting untuk dilakukan.

Salah satu cara agar ayam tidak mudah terserang penyakit berak hijau adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan kualitas pakan yang diberikan
Salah satu cara agar ayam tidak mudah terserang penyakit berak hijau adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan kualitas pakan yang diberikan

Kandang ayam yang jarang dibersihkan akan membuat kandungan amoniak semakin banyak dan menumpuk. Karena itu diperlukan pembersihan kandang dan di setiap kandang harus terdapat fentilasi yang cukup dan baik agar udara di dalam kandang bisa berganti dengan udara luar dan dapat mencegah bakteri penyebab berak hijau berkembangbiak. Kualitas pakan juga harus dijaga dengan baik, jangan sampai pakan yang diberikan berkualitas buruk dan dapat menyebabkan ayam terserang penyakit korela.

Pengobatan apa saja yang bisa Anda berikan untuk ternak ayam Anda ?

Apabila penyakit sudah terlanjur menyerang Ayam Kampung Super, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengkarantina ayam yang sakit. Ayam yang terkena penyakit ini sebaiknya segera diberikan pengobatan. Kandang ayam yang terserang penyakit sebaiknya disemprot menggunakan antiseptik.

Obat yang digunakan untuk mengobati penyakit kolera atau berak hijau adalah yang mengandung antibiotik yang akan membunuh bakteri penyebab berak hijau. Antibiotik yang disuntikkan antara lain coccilin, furozolidon dan lainnya. Bagian yang Anda suntik sebaiknya di bagian dadanya. Berak hijau juga bisa disembuhkan dengan menggunakan antibiotik seperti ampisol dan noxal. Selain itu obat tradisional ayam sakit juga dapat diberikan dengan cara memanfaatkan tanaman herbal sebagai penyembuhnya.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super dengan kulitas yang bagus. Kami jualayamhias.com kami menyediakan DOC JOPER usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia dengan harga terjangkau dan kargo hewan terpecaya. Silahkan hubugi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, berak encer seperti air, penyakit ayam, penyakit tetelo, penyakit ayam pedaging, penyakit pada ayam petelur, obat tradisional ayam sakit, jenis penyakit unggas ayam, penyakit ayam pedaging dan cara mengatasinya, obat ayam lesu ngantuk, obat ayam sakit tetelo,

Image Sources:

  • joper dewasa di kandang: Nura Sikin
  • Ayam Lumpuh: cluckinggoodpoultry.com
  • gambar 5: Nura Sikin
  • joper di kandang postal: Meilani Sawitri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: