6 Cara Mudah Ternak Ayam Kampung Super agar Cepat Besar

6 Cara Mudah Ternak Ayam Kampung Super agar Cepat Besar

6 Cara Mudah Ternak Ayam Kampung Super agar Cepat Besar | cover

Ternak ayam kampung super menjadi salah satu pilihan masyarakat sebagai usaha yang memiliki keuntungan cukup tinggi.

Pertumbuhan Ayam Kampung Super dirasa tidak bisa cepat besar dan tidak beragam oleh para peternak yang baru memulai usaha ini.

Namun, hal ini terjadi karena ayam peternak yang baru belum memahami teknis atau cara bagaimana membudidayakan ayam ini.

Jenis pakan yang diberikan pada ternak ayam kampung super juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam.

DOC atau Bibit Ayam kampung super Joper baru saja menentas sedang dalam proses seleksi untuk segera di masukan ke box pengiriman | image 1
DOC atau Bibit Ayam kampung super Joper baru saja menentas sedang dalam proses seleksi untuk segera di masukan ke box pengiriman | image 1

Biasanya para peternak yang baru awalan memelihara ayam jawa akan memberikan pakan pabrikan (broiler), namun untuk tahap finish atau tahap akhir biasanya para peternak memberikan pakan pabrik yang dicampur dengan jagung giling atau bekatul.

Justru hal ini dapat menyebabkan nutrisi yang diserap oleh tubuh ayam menjadi lebih rendah sehingga ayam yang tumbuh menjadi tidak beragam.

Bagaimana Cara Ternak Ayam Kampung Super Cepat Besar ?

Berbicara mengenai cara ayam joper cepat gemuk terkadang memang bisa berbeda-beda. Karena kadang setiap peternak memakai tehnik sendiri-sendiri yang kadang belum tentu juga cocok di terapkan oleh peternak lain.

Namun beberapa poin berikut ini semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi Anda semua. Berikut poin-poin penting agar ayam joper kita bisa tumbuh besar gemuk atau besar dengan cepat :

1. Memilih DOC Ayam Kampung Super yang berkualitas

Bibit ayam kampung super yang Anda pelihara haruslah jenis Ayam Kampung Super yang cepat tumbuh besarnya.

Hal ini agar pertumbuhan ayam bisa cepat dan agar mudah dipacu pertumbuhannya. Di sinilah perlu nya memilih tempat beli doc ayam joper yang baik.

Pemilihan DOC Ayam Kampung Super yang berkualitas memberikan pengaruh pada pertumbuhan selama masa pertumbuhan | image 2
Pemilihan DOC Ayam Kampung Super yang berkualitas memberikan pengaruh pada pertumbuhan selama masa pertumbuhan | image 2

Mengenai harga doc ayam joper memang menjadi poin penting yang di pikirkan dari sisi peternak, namun harga sebaiknya tidak mengesampingkan kualitas dari doc atau bibit ayam joper tersebut

2. Pengelompokan antara Ayam yang kecil dan besar

Dengan dibuat secara berkelompok tentu akan mengurangi persaingan pakan dan dapat membuat ayam mendapatkan makanan yang seimbang antar ayam. Biasanya setiap kelompok diisi dengan 50 ekor anak ayam.

3. Memisahkan Antara Ayam Betina dan Jantan

Pemisahan Ayam Jawa Super di dalam kandang sebaiknya dibedakan jenis kelaminnya. Dalam pemisahan jenis kelamin tersebut bisa dimulai saat ayam jawa sudah berumur 1 bulan.

Pemisahan ini dilakukan agar ayam kampung super tersebut dapat tumbuh dengan baik.

4. Memilih Tipe Kandang yang Sesuai

Kandang dibuat cukup luas agar ayam bisa nyaman untuk makan dan minum di dalam kandang, berikan juga fentilasi yang baik agar udara di dalam kandang bisa berganti dengan udara yang baru.

Karena kandang yang tidak terdapat fentilasi di dalamnya akan bau dan pengap. Selain itu, gunakan kandang yang semi intensif, di mana kandang terdapat halaman untuk pengumbaran ayam.

Namun lebih baiknya lagi apabila alasnya tanah, sehingga ayam dapat bebas berkeliaran. 

Kandang yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi ayam | image 3
Kandang yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi ayam | image 3

Sebaiknya di dalam kandang ayam joper dibuatkan tangkringan dari kayu atau bambu, karena ayam jawa senang melompat-lompat dan bertengger di tangkringan, hal ini yang menyebabkan tubuh ayam jawa besar dan relatif kekar.

Tangkringan juga bisa berfungsi sebagai tempat menyelematkan diri saat ada ayam lain nya menyerang.

Selain itu saat ayam nangkring terutama akan memberi efek kesehatan yang relatif bagus di banding dengan memelihara ayam nya langsung di atas tanah tanpa tangkringan.

5. Berikan Perlakuan Khusus untuk Ayam 

Setelah dilakukan pemisahan antara ayam jantan dan betina sebaiknya diberlakukan khusus untuk ayam betina, karena pertumbuhan ayam betina  lebih lambat jika dibandingkan dengan ayam jantan.

6. Pengaturan Pakan yang Optimal 

Rekayasa ransum atau pakan ayam joper yang dibuat tidaklah sulit, namun pakan ayam joper cepat gemuk sebaiknya yang mengandung protein tinggi.

Pemeliharaan ternak ayam kampung super dengan kandang yang tepat akan memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan ayam kampung super | image 4
Pemeliharaan ternak ayam kampung super dengan kandang yang tepat akan memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan ayam kampung super | image 4

Protein tinggi ini bisa Anda dapatkan di pakan pabrikan. Di bagian ini memang kadang menimbulkan diskusi yang cukup alot antara peternak yang memakai pakan prabikan dan pakan alternatif.

Sejauh kami tahu pakan pabrikan memang masih sangat unggul bila di bandingkan dengan pakan buatan sendiri. Usahakan jika peternak akan membuat pakan ayam joper agar cepat besar harus mengetahui bagaimana komposisi yang bagus.

Hal ini dikarenakan agar pertumbuhan optimal dan kesehatan ayam terjaga juga dengan baik.

Baca juga : Pemeliharaan Ayam Kampung Super dari DOC Sampai Masa Panen

Komposisi Pakan  Agar Ayam Kampung Super Cepat Besar atau Gemuk 

1. Pakan Ayam usia DOC – 25 hari 

Anak ayam yang berumur 1 – 25 hari sebaiknya diberikan 100 % BR. Pada usia ini, berikan lampu penerangan agar tubuh ayam tetap hangat dan bisa makan di malam hari.

Air yang diberikan biasanya air rebusan sayuran, contohnya daun pepaya, singkong atau temu-temuan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga nafsu makan ayam.

Selain itu peternak juga dapat menambahkan vitamin ayam joper agar cepat besar.

2. Pakan Ayam usia 25 hari  – 2 bulan 

Ayam jawa umur 26 hari โ€“ 2 bulan sebaiknya diberikan konsentrat daging 20 %, jagung giling halus 30 % dan dedak padi yang halus 40 %, pada umur ayam ini lampu sudah bisa dikurangi secara bertahap.

Voer salah satu pakan yang dapat di berikan untuk ternak ayam kampung super | image 5
Voer salah satu pakan yang dapat di berikan untuk ternak ayam kampung super | image 5

3. Pakan Ayam usia 2 bulan keatas

Ayam jawa umur 2 bulanan ke atas sebaiknya diberikan konsentrat daging 20 %, jagung 30 %, dedak padi sekitar 40 %, dan 5 โ€“ 10 % tambahan sayuran. Selain itu Anda bisa menambahkan suplemen, vitamin, mineral dan serat.

Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar dapat diberikan berupa pakan sayuran. Pemberiannya dengan memotong kecil-kecil. Atau direbus lalu diberikan langsung ke pakan ayam.

Supaya ayam joper cepat gemuk pemberian pakan yang berkuaitas saat berpengaruh besar. Tidak hanya itu saja penerapan pemeliharaan yang baik juga memberikan pengaruh terlebih pada pembersihan kandang dan sanitasi lainnya secara teratur. 

Baca juga : Cara Mudah Mempersiapkan Pakan dalam Ternak Ayam Kampung Super

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubugi layanan pelanggan kami di :

WHATSAPP/TELP/SMS

Admin Umum

0856-4772-3888

Divisi Ayam Kampung

0895-6124-93491

Kata terkait : Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, ternak yang paling cepat panen, ternak paling cepat untung, ransum unggas, ternak DOC ayam kampung super, ayam joper cepat gemuk, cara ayam joper cepat gemuk, pakan ayam joper cepat gemuk, supaya ayam joper cepat gemuk,

5/5 - (26 votes)

 

4 Responses

  1. Ayam Bangkok berkata:

    Keren mas , Terima Kasih Tipsnya ๐Ÿ™‚ Berguna bangett .. hehe

    • Meilani Sawitri berkata:

      Sama-sama Pak.
      Silahkan Pak apabila tertarik untuk ternak ayam hias jenis lainnya bisa langsung hubungi nomor kami di 081220288686

  2. JHONI BUKHARI berkata:

    berapa lama umur ayam kampung super yang siap di panen?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
WhatsApp GRATIS Konsultasi, boleh tanya dulu.... ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™...
%d blogger menyukai ini: