Mengenal Ciri – ciri Ayam Kampung Super atau JOPER

Ayam kampung Super adalah ayam kampung yang berasal dari hasil persilangan antara ayam petelur dan ayam bangkok jantan. Inovasi penemuan ayam kampung super ini disebabkan karena banyaknya para peternak yang mengeluh karena lamanya menikmati hasil dari budidaya ayam kampung.

Dengan penemuan ayam ini, dapat memberi jawaban bagi para peternak. Jenis ayam kampung super dapat dipanen hasilnya dengan kurun waktu 45 – 60 hari.

Ayam kampung super atau joper atau ayam jawa super merupakan sebutan yang beredar di masyarakat tapi maksud dari semua sebutan tersebut pada intinya adalah sama saja.

Dalam artikel ini semoga pembaca akan mengetahui  ayam joper persilangan ayam apa? dan beberapa hal penting mengenai ayam joper tersebut.

Ayam Kampung Super atau JOPER merupakan ayam yang berasal dari persilangan antara ayam petelur betina dengan ayam bangkok jantan | image 1
Ayam Kampung Super atau JOPER merupakan ayam yang berasal dari persilangan antara ayam petelur betina dengan ayam bangkok jantan | image 1

Apakah Ayam JOPER itu?

Kadang memang masih muncul pertanyaan tersebut, namun kami faham istilah yang berbeda-beda kadang membuat peternak baru akan mengalami kesulitan.

Seperti kami jelaskan di atas ayam joper adalah nama lain dari ayam kampung super. Ayam joper persilangan dari ayam petelur dengan ayam bangkok atau bisa juga dengan ayam kampung.

Jadi ayam joper hasil persilangan dua jenis ayam tersebut di harapkan menjadi solusi peternak untuk panen ternak ayamnya dengan lebih cepat. 

Mengenai pilihan persilangan ayam joper silang bangkok dalam prakteknya memang ada perbedaan pendapat di antara penetas.

Memang pemilihan indukan ayam bangkok atau menggunakan ayam kampung masing-masing memiliki keunggulan sendiri-sendiri.

Ada juga yang bereksperimen dengan melakukan persilangan ayam bangkok dan ayam jawa, tentu saja bisa di tebak ayam bangkok silangan kampung ini tidak cukup memberi efek yang cukup signifikan dalam memangkas waktu dalam memanen ternak ayam kita.

Karena kecepatan dalam panen ayam joper tidak lepas dari faktor genetis induknya yakni ayam petelur. Ayam kampung biasa memang relatif lebih lama untuk dapat menikmati hasilnya, karena hal itu disebabkan cara pemeliharaannya yang masih sederhana.

Ciri – ciri Ayam JOPER atau Ayam Kampung Super

Sekilas ayam kampung super atau ayam joper memang memiliki warna dan bentuk tubuh yang hampir mirip dengan ayam kampung biasa. Beda ayam joper dan kampung asli terletak pada masa panennya.

Ayam joper memiliki masa panen 60 hari, sedangkan ayam kampung asli memiliki masa panen 75 hari panen. 

Berikut beberapa point ciri ciri ayam kampung super atau joper : 

  1. Memiliki ukuran DOC/ Bibit yang relatif besar
  2. Warna DOC dominan putih, cokelat, abu abu dan hitam. 
  3. Daya tahan tubuh yang kuat saat awal pemeliharaan 
  4. Tidak mudah terserang penyakit
  5. Sifat yang lincah, suka berkokok dan bertengger 
  6. Tingkat kematian yang relatif rendah dibandingkan dengan ayam kampung biasa
  7. Masa panen yang cepat yakni 60 hari panen 
  8. Memiliki kemampuan bertelur ketika menginjak usia dewasa

Apakah ada Ayam JOPER Indukan ?

Untuk ayam joper kebanyakan memang tidak di besarkan sampai menjadi ayam joper indukan karena jenis ayam ini bisa di panen dalam kurun waktu sekitar 2 bulan.

Sehingga sangat jarang peternak yang membesarkan indukanya dan di gunakan untuk produksi lagi.

Dalam menjawab pertanyaan ini memang kembali kepada fungsi ayam joper sebagai ayam kampung pedaging yang di panen sebelum ayam benar-benar dewasa atau memasuki masa produksi.

Jadi saat ayam joper besar di umur 2 bulanan peternak bisa langsung segera memanen nya karena juga bila semakin lama biaya pakan akan terus bertambah.

Baca juga : 6 Cara Mudah Ternak Ayam Kampung Super agar Cepat Besar

Pejantang Ayam Joper bisa tumbuh dengan berat yang cukup tinggi | image 2
Pejantang Ayam Joper bisa tumbuh dengan berat yang cukup tinggi | image 2

Apakah warna Ayam JOPER mempengaruhi nilai jual ?

Memang di beberapa tempat hal ini cukup menjadi kasus tersendiri karena pengepul tidak mau mengambil ayam yang warnanya putih atau coklat.

Mengenai warna ini bisa menjadi kelemahan ayam joper. Namun banyak juga daerah yang tidak mempermasalahkanya.

Karena ayam joper tidak di jual eceran sehingga pengepul langsung membawanya ke rumah pemotongan ayam dan memprosesnya untuk menjadi karkas ayam kampung super.

Selain itu ayam joper jantan memiliki bobot yang relatif tinggi dibandingkan dengan ayam betina.

Memang yang menjadi perbedaan fisik ayam joper dan kampung nampak di warnanya bulunya saja namun dari ciri fisik lain ayam ini relatif sama.

Salah satu ayam kampung super yang sudah siap memasuki masa panen | image 3
Salah satu ayam kampung super yang sudah siap memasuki masa panen | image 3

Apakah Ayam JOPER bisa bertelur ?

Pertanyaan ini memang cukup sering kami dapati. Untuk ayam joper memang bisa bertelur seperti layaknya ayam kampung pada umumnya.

Dan produksi telur nya juga cukup bagus karena ayam joper ini memiliki garis keturunan ayam petelur yang tentu saja di wariskan kepada keturunanya.

Kalau kami amati warna telur ayam joper sendiri realtif ke warna coklat mirip telur ayam ras. Dan berikut contoh foto telur ayam joper yang kami sandingkan dengan telur ayam ras.

Anda bisa mengamati secara besaran dan warnanya.

Perbedaan telur ayam joper dengan telur ayam ras | image 4
Perbedaan telur ayam joper dengan telur ayam ras | image 4

Baca juga : Kandang Ternak Ayam Kampung Super dengan Lantai Semen

Fakta Ayam JOPER

Ternak ayam kampung super memang menjadi salah satu jawaban dari permasalahan lambatnya pertumbuhan ayam kampung. Perkembangbiakkan ayam kampung super memang dimulai di Indonesia.

Dengan ciri khas pertumbuhannya yang cepat ini memang yang membuat para peternak Indonesia memilih ayam kampung super yang dipilih untuk dibudidayakannya.

Bagi peternak memang perlu mempelajari kerugian ternak ayam joper yang di mungkinkan bisa timbul. Hal ini perlu diantisipasi sebelum memulai beternak.

Tinggi nya harga pakan, kematian serta nilai jual ayam joper perlu di pelajari dengan seksama. Dalam penerapan di lapangan tidak bisa menggunakan standar yang sama untuk setiap daerah karena tentu saja harga dan respon mengenai ayam joper ini bisa berbeda-beda.

Jadi penguasaan ilmu, konsultasi dengan ahli serta mendapatkan bibit yang baik menjadi hal cukup prioritas dalam memulai ternak ayam joper ini. 

Di Indonesia pada umumnya dalam berbudidaya ayam kampung super dilakukan dengan sistem umbaran dan intensif.

Dengan sistem umbaran, ayam akan dibiarkan untuk mencari makanan sendiri. Cara ini tentunya kurang efektif produktivitas yang dihasilkan juga kurang optimal.

Dengan sistem intensif para peternak akan lebih memperhatikan kualitas pakan ayam joper, pemeliharaan serta perkembangannya, ayam yang diberikan pakan  yang berkualitas akan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Dengan membaca artikel di atas kami harap pembaca faham ayam joper itu apa? dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan setelah beternak.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super kami dari jualayamhias menyediakan DOC ayam Kampung super usia baru saja menetas dan siap mengirimkan hingga keseluruh wilayah Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Kata Terkait : Ayam Kampung, Ayam Lokal, Ayam Kampung Super, Jual DOC Ayam Kampung Super

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: