0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Mengenal Ciri-Ciri Ayam Joper atau Ayam Kampung Super

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal Ciri-Ciri Ayam Joper atau Ayam Kampung Super

Mengenal Ciri-Ciri Ayam Joper atau Ayam Kampung Super

Mengenal Ciri-Ciri Ayam Joper atau Ayam Kampung Super – Ayam kampung Super adalah ayam kampung yang berasal dari hasil persilangan antara ayam petelur dan ayam kampung atau dengan jenis lain. Inovasi penemuan ayam kampung super ini disebabkan karena banyaknya para peternak yang mengeluh karena lamanya menikmati hasil dari budidaya ayam kampung. Dengan penemuan ayam ini, dapat memberi jawaban bagi para peternak. Jenis ayam kampung super dapat dipanen hasilnya dengan kurun waktu 45-60 hari. Ayam kampung super atau joper atau ayam jawa super merupakan sebutan yang beredar di masyarakat tapi maksud dari semua sebutan tersebut pada intinya adalah sama saja. Dalam artikel ini semoga pembaca akan mengetahui  ayam joper persilangan ayam apa? dan beberapa hal penting mengenai ayam joper tersebut.

Kondisi Kandang Ayam Joper aa

Kondisi Kandang Ayam Joper atau ayam kampung super

Apakah ayam joper itu?

Kadang memang masih muncul pertanyaan tersebut, namun kami faham istilah yang berbeda-beda kadang membuat peternak baru akan mengalami kesulitan. Seperti kami jelaskan di atas ayam joper adalah nama lain dari ayam kampung super. Ayam joper persilangan dari ayam petelur dengan ayam bangkok atau bisa juga dengan ayam kampung. Jadi ayam joper hasil persilangan dua jenis ayam tersebut di harapkan menjadi solusi peternak untuk panen ternak ayamnya dengan lebih cepat. 

Mengenai pilihan persilangan ayam joper silang bangkok dalam praktenya memang ada perbedaan pendapat di antara penetas. Memang pemilihan indukan ayam bangkok atau menggunakan ayam kampung masing-masing memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Ada juga yang bereksperimen dengan melakunan persilangan ayam bangkok dan ayam jawa, tentu saja bisa di tebak ayam bangkok silangan kampung ini tidak cukup memberi efek yang cukup signifikan dalam memangkas waktu dalam memanen ternak ayam kita. Karena kecepatan dalam panen ayam joper tidak lepas dari faktor genetis induknya yakni ayam petelur.

Dalam pemeliharan Ayam kampung super pun sebaiknya di bedakan dengan cara memelihara ayam kampung dengan pola tradisional dan beralih ke pola yang lebih moderen. Memang ayam joper ini ditujukan untuk para peternak agar mereka cepat memanen hasilnya. Ayam kampung biasa memang relatif lebih lama untuk dapat menikmati hasilnya, karena hal itu disebabkan cara pemeliharaannya yang masih sederhana.

Apakah ada ayam joper indukan ?
Untuk ayam joper kebanyakan memang tidak di besarkan sampai menjadi ayam joper indukan karena jenis ayam ini bisa di panen dalam kurun waktu sekitar 2 bulan sehingga sangat jarang peternak yang membesarkan indukanya dan di gunakan untuk produksi lagi. Dalam menjawab pertanyaan ini memang kembali kepada fungsi ayam joper sebagai ayam kampung pedaging yang di panen sebelum ayam benar-benar dewasa atau memasuki masa produksi. Jadi saat ayam joper besar di umur 2 bulanan peternak bisa langsung segera memanen nya karena juga bila semakin lama biaya pakan akan terus bertambah.

Pejantang Ayam Joper bisa tumbuh dengan berat yang cukup bagus

Pejantang Ayam Joper bisa tumbuh dengan berat yang cukup bagus

Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri ayam kampung super?

Berikut 10 Ciri-Ciri Ayam Kampung Super :

  1. Ukuran DOC lebih besar
  2. Memiliki warna yang dominan yaitu putih dan kuning, dan beberapa muncul warna coklat, abu-abu dan hitam
  3. Ayam kampung super relatif lebih kuat dalam masa awal pemeliharaannya
  4. Tahan Penyakit
  5. Lincah
  6. Berkokok
  7. Bertengger
  8. Tingkat kematian ayam kampung juga relatif rendah dibanding dengan ayam kampung biasa
  9. Masa panen berkisar antara 45-60 hari
  10. Memiliki kemampuan bertelur secara terus menerus seperti ayam ras, tetapi tidak memiliki sifat mengeram

    Ayam Joper siap panen - Kondisi ayam joper yang tumbuh dengan baik dan siap di panen

    Ayam Joper siap panen – Kondisi ayam joper yang tumbuh dengan baik dan siap di panen


Baca juga :

Kondisi Kandang Ayam Joper

Kondisi Kandang Ayam Joper

Apakah warna ayam joper mempengaruhi nilai jual?

Memang di beberapa tempat hal ini cukup menjadi kasus tersendiri karena pengepul tidak mau mengambil ayam yang warnanya putih atau coklat. Mengenai warna ini bisa menjadi kelemahan ayam joper. Namun banyak juga daerah yang tidak mempermasalahkanya. Karena ayam joper tidak di jual eceran sehingga pengepul langsung membawanya ke rumah pemotongan ayam dan memprosesnya untuk menjadi karkas ayam kampung super. Memang yang menjadi perbedaan fisik ayam joper dan kampung nampak di warnanya bulunya saja namun dari ciri fisik lain ayam ini relatif sama.

Apakah ayam joper bisa bertelur?

Pertanyaan ini memang cukup sering kami dapati. Untuk ayam joper memang bisa bertelur seperti layaknya ayam kampung pada umumnya. Dan produksi telur nya juga cukup bagus karena ayam joper ini memiliki garis keturunan ayam petelur yang tentu saja di wariskan kepada keturunanya. Kalau kami amati warna telur ayam joper sendiri realtif ke warna coklat mirip telur ayam ras. Dan berikut contoh foto telur ayam joper yang kami sandingkan dengan telur ayam ras. Anda bisa mengamti secara besaran dan warnanya.

Perbedaan telur ayam joper dengan telur ayam ras

Perbedaan telur ayam joper dengan telur ayam ras

Berapa harga doc ayam joper?

Untuk harga doc ayam joper atau bibit ayam joper kadang memang mengalami naik turun harga. Namun kalau kami amati masih cukup stabil. Harga doc ayam joper sendiri di rentang harga 5ribu sampai 7ribu per ekornya. Namun di panenan memang harga ayam joper cukup fluktuatif, disinilah di perlukan kejelian peternkan untuk memilih waktu mulai ternak. Untuk harga terbaru Anda bisa hubungi kami via Whatsapp atau Telpon di nomor layanan pelanggan yang bisa Anda dapatkan kami di bagian penutup artikel ini atau Anda bisa juga lansung klik tautan whatsapp berikut:
http://bit.ly/wahobiternakig⁣

Oh ya, bagi Anda yang belum tau DOC apa? tidak usah bingung dan ragu. Kami akan jelakan secara ringkas. DOC adalah singkatan Day old chicken. DOC ini biasanya digunakan dalam istilah peternakan untuk menyebut bibit ayam terutama bibit ayam pedaging atau petelur. Untuk beratnya sendiri di angka sekitar 4o gr setiap ekornya.

Kondisi DOC ayam kampung super atau ayam joper dalam proses pengiriman

Kondisi DOC ayam kampung super atau ayam joper saat di terima di pelanggan

Fakta Ayam Joper

Ternak ayam kampung super memang menjadi salah satu jawaban dari permasalahan lambatnya pertumbuhan ayam kampung. perkembangbiakkan ayam kampung super memang dimulai di Indonesia. Dengan ciri khas pertumbuhannya yang cepat ini memang yang membuat para peternak Indonesia memilih ayam kampung super yang dipilih untuk dibudidayakannya.

Bagi peternak memang perlu mempelajari kerugian ternak ayam joper yang di mungkinkan bisa timbul. Hal ini perlu diantisipasi sebelum memulai beternak. Tinggi nya harga pakan, kematian serta nilai jual ayam joper perlu di pelajari dengan seksama. Dalam penerapan di lapangan tidak bisa menggunakan standar yang sama untuk setiap daerah karena tentu saja harga dan respon mengenai ayam joper ini bisa berbeda-beda. Jadi penguasaan ilmu, konsultasi dengan ahli serta mendapatkan bibit yang baik menjadi hal cukup prioritas dalam memulai ternak ayam joper ini.

Di Indonesia pada umumnya dalam berbudidaya ayam kampung super dilakukan dengan sistem umbaran dan intensif. Dengan sistem umbaran, ayam akan dibiarkan untuk mencari makanan sendiri. Cara ini tentunya kurang efektif produktivitas yang dihasilkan juga kurang optimal. Dengan sistem intensif para peternak akan lebih memperhatikan kualitas pakan ayam joper, pemeliharaan serta perkembangannya, ayam yang diberikan pakan  yang berkualitas akan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Dengan membaca artikel di atas kami harap pembaca faham ayam joper itu apa? dan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan setelah beternak.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :
Ayam Kampung, Ayam Lokal, Ayam Kampung Super, Jual DOC Ayam Kampung Super

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: