0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

7 Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

7 Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli

Ayam Cemani

7 Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli – Ayam cemani merupakan jenis ayam asli Indonesia tepatnya di Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Ayam cemani yang legendaris membuat sebagian kalangan ingin mengoleksinya. Namun karena terkadang banyak nya permintaan dan terbatasnya ayam munculah Ayam Cemani abal-abal atau tidak asli. Untuk sejarah ayam cemani asli ada beberapa versi namun jenis ayam ini memang berkembang dengan baik di daerah asalnya. Sepengetahuan kami sebagai perternak dan bergaul dengan peternak lain akan cukup mudah untuk mendeteksinya. Bicara mengenai harga jual ayam cemani dari waktu ke waktu cukup stabil.

Kestabilan ini terjadi karena di dasari dari permintaan yang stabil dan ayam cemani selalu berproduksi terus. Jadi harganya pun selalu dalam keadaan stabil. 


Bagaimana cara mudah untuk mengetahui keaslian Ayam Cemani?

Berikut ini akan kami sampaikan cara mengetahui ayam cemani asli dengan mudah :

1. Paruh

Serba Serbi Tentang dalam Ternak Ayam Cemani
Paruh ayam cemani berwarna hitam

Ayam cemani memiliki paruh berwarna hitam. Warna hitam ini akan nampak dari Ayam Cemani yang masih kecil. Namun seiring berjalannya waktu ujung paruh akan aus karena untuk mematuk makanan terus menerus dan terlihat warna putih karena aus. Biasanya muncul di ujungnya paruh.

2. Bulu

Bulu Ayam Cemani berwarna hitam
Bulu Ayam Cemani berwarna hitam

Ayam cemani memiliki bulu berwarna hitam. Bila ayam cemani sebelumnya pernah di silangkan dengan ayam lain maka warna hitam dari bulunya tidak bisa mencapai 95%. Hal ini yang menjadikan kita mudah untuk mengetahuinya.

3. Ketiak atau kulit

Kulit Ayam Cemani
Kulit Ayam Cemani

Mendekati angka 100 persen untuk warna ketiak maupun kulit ayam cemani berwarna hitam. Hampir secara keseluruhan ayam cemani semua kulit tubuhnya berwarna hitam.

4. Dubur

Dubur Ayam Cemani
Dubur Ayam Cemani

Ayam cemani memiliki dubur berwarna hitam. Hal ini sangat berbeda dengan jenis ayam lain yang tidak memiliki dubur yang berwarna hitam legam.

5. Kaki

Warna Kaki Ayam Cemani
Warna Kaki Ayam Cemani

Bagi yang sudah terbiasa melihat ayam kampung mungkin sering melihat kaki ayam yang berwarna kuning atau kadang juga putih. Namun untuk ayam cemani memiliki kaki yang berwarna hitam. Namun hitam di sini bukan hitam legam karena seperti kita ketahui bersama bahwa kaki ayam bersisik sehingga kalau kering akan berwarna putih.

6. Tenggorokan dan lidah

Lidah Ayam Warna Lidah Ayam Cemani Asli

Tenggorokan ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya berwarna abu-abu atau malah terkadang putih. Walupun begitu Ayam cemani lidah hitam pun masih banyak yang mencarinya. Meskipun selama kami ternak sejak 1999 kami belum pernah menemukanya.

7. Jengger

Mengamati Jengger Ayam Cemani Asli
Mengamati Jengger Ayam Cemani Asli

Jengger ayam cemani mempunya warna hitam. Tapi memang saat ayam cemani beranjak semakin dewasa di jengger bagian bawah kadang terlihat warna merah.

Makanan Ayam Cemani

Voer salah satu pakan yang dapat di berikan untuk ayam cemani
Voer salah satu pakan yang dapat di berikan untuk ayam cemani

Untuk makanan ayam cemani asli yang biasa berikan  voer atau BR yang sangat cocok bagi anakan ayam cemani guna membantu pertumbuhan dengan kandungan proteinnya yang cukup tinggi.  Atau bisa juga diberikan pakan  konsentrat ayam, jagung giling, dedak maupun bekatul. Sesekali juga bisa dicampurkan dengan irisan sayuran seperti bayam, kangkung dan lain sebagainya itu saja sudah cukup. Dan kami tidak memberikan makanan khusus ayam cemani. Meskipun begitu hasil dari ternak ayam cemani kami pun tetap bagus, sehat dan tumbuh dengan baik.

Daging Ayam Cemani

Daging Ayam Cemani
Daging Ayam Cemani

Untuk daging ayam cemani sendiri tidak berwarna hitam total tetapi ciri khas daging ayam cemani asli bisa jelas terlihat. Daging ayam cemani terlihat hitam dan beberapa bagian nampak keabu-abuan hal ini menjadikan beberapa orang merasa ngeri untuk menyantapnya.  Meskipun begitu cita rasa daging ayam cemani mirip dengan daging ayam kampung. Ayam cemani atau yang biasa kita sebut ayam hitam ini juga dapat kita temukan diwilayah Asia, khususnya dinegeri tirai bambu atau Cina yang biasanya ayam hitam ini dijadikan hidangan khusus yang khas dalam suatu perayaan tertentu. Tak jarang juga banyak restoran-restoran di Tiongkok,Cina yang menjadikan daging ayam cemani sebagai salah satu menu andalan dengan berbagai khasiat bagi kesehatan.

Tujuh poin di atas cukup menjadi bahan pertimbangan untuk mengetahui ayam cemani tersebut asli atau tidak. Sedangkan bagi penghobi yang masih mencari ayam cemani lidah hitam, selama kami ternak ayam cemani kami belum pernah menemukan ayam cemani lidah hitam. Selain itu ada juga yang mencari ayam cemani dengan warna darah hitam. Hal ini juga merupakan fenomena tersendiri disaat kami memelihara ayam cemani untuk ayam hias, keunikan lain yang dimiliki ayam cemani terlihat pada bentuk dan warnanya. Mengenai darah ayam cemani di tempat kami jualayamhias.com berwarna merah tua.

Mitos Ayam Cemani

Ayam Cemani Sebagai
Penolak Bala, Benarkah ???

Selama ini banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai ayam cemani sebagai salah satu jenis ayam yang dapat dijadikan sebagai jenis ayam penolak  bala. Sehingga banyak yang memburu jenis ayam cemani yang hanya akan dijadikan sebagai tumbal maupun hal-hal syirik lainnya.

Dalam ajaran agama tentunya kita dilarang untuk meyakini hal-hal yang membawa sifat syirik. Bagi yang sedang mencari ayam cemani untuk pengobatan, ritual atau keperluan lain yang sejenis segeralah untuk bertobat. Sandarkanlah kepada Allah bukan pada ayam cemani asli. Sungguh perbuatan seperti itu sangat dekat dengan kesyirikan dan orang yang berbuat syirik akan sesat di dunia dan akhirat. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya” (QS. An Nisa’: 116).

Beternak Ayam Cemani

Untuk ternak ayam cemani sebenarnya cukup mudah dan cara membuat kandang ayam cemani pun mirip seperti saat kita membuat kandang ayam kampung pada umumnya. Hanya saja sebaiknya memang ayam cemani ini tidak di gabung dengan ayam jenis lain untuk menghindari kawin silang sehingga jenis ayam cemani kita terjaga keaslianya. Ayam cemani ini memang bisa di bilang usaha yang cukup prospektif sebagai contoh produktifitasnya yang cukup tinggi. Untuk harga telur ayam cemani biasa kami jual 40 ribu per butirnya. Mengenai manfaat telur cemani sendiri ada beberapa yang percaya memberi kekuatan lebih meskipun begitu saat kami mengkonsumsinya tidak ada efek spesial yang muncul. Jadi sampai sekarang kami menganggap telur ayam cemani asli sebenarnya hampir sama atau sama dengan telur ayam kampung pada umumnya.

Kesimpulan

Sampai sekarang memang setahu kami belum ada yang meneliti lebih dalam tentang khasiat ayam cemani. Hal ini memang suatu tantangan bagi kalangan ilmuwan kita untuk meneliti lebih lanjut mengenai aset jenis ayam ini. Sehingga mitos ayam cemani pun dapat terkikis dan masyarkat kita lebih berfikir obyektif melihat ayam cemani selayaknya ayam hias atau ayam mempunyai manfaat tertentu dengan dasar penelitian yang dapat di percaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadikan panduan mengetahui keaslian ayam cemani. Untuk mengetahui harga ayam cemani terbaru silahkan klik dan temukan di daftar harga ayam cemani.

Ayam Cemani Umur 2 Bulan
Ayam Cemani usia 5 bulan
Ayam Cemani usia 5 bulan

Ingin mendapatkan ayam cemani asli untuk menambah koleksi ayam hias Anda silahkan hubungi kami kapan saja. Kami juga menyediakan berbagai jenis ayam hias lainnya seperti ayam phoenix, ayam kapas, ayam kalkun, ayam pheasant dan berbagai jenis ayam lainnya yang berkualitas siap kirimkan keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Dan jika anda ingin membeli ayam cemani, kami akan sangat senang jika anda mau datang langsung ke kandang kami untuk melihat koleksi ayam hias . Kami juga akan sangat senang sekali untuk memberikan konsultasi mengenai seputar peternakan. Hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
ayam cemani lidah hitam, cara membuat kandang ayam cemani, cara mengawinkan ayam cemani, daftar harga ayam cemani, daging ayam cemani, darah ayam cemani, harga telur ayam cemani, khasiat ayam cemani, makanan ayam cemani

_Viky Ristiyarti_
*.


 

15 Responses

  1. […] 7 Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli […]

  2. […] 7 Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli […]

  3. Imam says:

    Kalau ngirim sumatra ngak ya..

  4. […] Ciri Ayam Cemani asli yaitu dari untuk warna lidah putih atau abu-abu, dengan bulu dan kulit berwarna hitam. Begitu juga untuk ketiak, dubur hingga kaki yang berwarna hitam dengan darah yang berwarna merah tua.  Selengkapnya tentang ciri ayam cemani asli silahkan baca di 7 Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli. […]

  5. […] Baca juga! Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani Asli […]

  6. […] Ayam Cemani memiliki cirikhas warna hitamnya yang eksotis mulai dari jengger, paruh, ketiak, dubur hingga kaki. Sementara untuk tenggorokan berwarna abu-abu atau putih. Warna yang khas dari Ayam Cemani ini menjadi daya tarik bagi setiap penghobinya dan mengakibatkan permintaannya semakin tinggi. Baca juga Cara Mudah Mengetahui Ciri Ayam Cemani yang Asli. […]

  7. Dede salahuddin says:

    Visa minta alamat nya Pak….matur nuwun…

    • Admin2 jualayamhias.com-Hasti says:

      ?Alamat Kandang Utama jualayamhias.com

      ?Dusun : Carikan, Kelurahan : Gondosuli, Kecamatan : Muntilan, Kabupaten : Magelang, Jawa Tengah

      ☑Tugu Bambu Runcing naik 1 km sampai di Pasar Sapi naik lagi sekitar 1 km. Kami di belakang TK ABA Aisiyah Carikan.

      Mohon janjian waktunya dulu sebelum datang dengan menghubungi:
      Mas Yanto Ayam Hias (085713572454)

      Google Maps:
      https://goo.gl/maps/mZQv5arnB4m

  8. yosep purwandi says:

    Berapa mas anak ayam pelung sama cemani berbulu walik yang berumur1bulan

  9. Arief says:

    sy senang sepasang cemani yg dulu sy beli di sini, waktu itu masih 2 bulan, sekarang sdh bertelur banyak, dan banyak anak. semoga jualayamhias selalu sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: