Keindahan dan Keunikan Ayam Cemani Hitam yang Menawan

Ayam cemani dikenal luas oleh masyarakat karena memiliki keunikan warna tubuhnya yang hitam. Dengan keunikan tersebut ternyata menarik perhatian masyarakat sehingga banyak yang memelihara ayam tersebut.

Warna hitam yang dimiliki ayam cemani tidak hanya sekedar stetika saja loh, tetapi juga mencerminkan nilai sejarah dan budaya yang cukup menarik.

Adapun asal usul dan sejarah ayam cemani akan dibahas pada paragraf dibawah ini.

Sama dengan anggota tubuh lainnya, kaki Ayam Cemani pun juga berwarna hitam | image 1
Sama dengan anggota tubuh lainnya, kaki Ayam Cemani pun juga berwarna hitam | image 1

Asal Usul & Sejarah Ayam Cemani Hitam

Ayam Cemani berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Jawa. Sejak zaman dahulu, ayam ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat.

Warna hitamnya yang khas diyakini memiliki makna simbolis dalam kepercayaan dan budaya Jawa. Selain itu, Ayam Cemani juga pernah menjadi hewan yang dianggap sakral dan digunakan dalam berbagai upacara adat.

Meskipun Ayam Cemani memiliki daya tarik alami dengan warna hitamnya yang elegan, tidak dapat dipungkiri bahwa ayam ini sering dikaitkan dengan unsur mistis.

Ayam cemani sudah terkenal sejak jaman kerajaan Majapahit | image 2
Ayam cemani sudah terkenal sejak jaman kerajaan Majapahit | image 2

Baca juga : Mengungkap Mitos dan Kelebihan Ayam Cemani Walik

Beberapa kepercayaan lokal meyakini bahwa Ayam Cemani memiliki kekuatan magis dan dapat membawa keberuntungan.

Meski begitu, bagi sebagian besar pemelihara, kepercayaan ini lebih sebagai cerita tradisional yang menambah kesan eksotis Ayam Cemani.

Keunikan Warna Hitam Ayam Cemani Hitam

Ayam Cemani dikenal sebagai salah satu jenis ayam dengan warna hitam yang paling intens. Bulu, kulit, kaki, hingga jengger ayam ini semuanya berwarna hitam legam.

Lidah ayam cemani tidak serta merta berwarna hitam, tetapi biasanya ada juga yang memiliki warna abu  abu | image 3
Lidah ayam cemani tidak serta merta berwarna hitam, tetapi biasanya ada juga yang memiliki warna abu abu | image 3

Keunikan ini berasal dari ciri genetik spesifik yang membuat Ayam Cemani menjadi unik di antara jenis ayam lainnya.

Baca juga : 6 Cara Memilih Indukan dan Anakan Ayam Cemani Berkualitas (Part 2)

Potensi Bisnis Ayam Cemani Hitam

Tidak hanya sebagai hewan peliharaan, Ayam Cemani juga memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Banyak peternak di daerah asalnya, seperti Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang menekuni bisnis budidaya Ayam Cemani.

Pasar yang terbuka lebar, dari penjualan telur hingga ayam dewasa, memberikan peluang bagi para peternak untuk mengembangkan usaha mereka. Keunikan warna hitam Ayam Cemani menjadi daya tarik utama yang menjual.

Bagi Anda yang tertarik untuk ternak ayam cemani bisa di dapatkan bibit & indukannya di jualayamhias.com atau WA : 0856-4772-3888 | image 4
Bagi Anda yang tertarik untuk ternak ayam cemani bisa di dapatkan bibit & indukannya di jualayamhias.com atau WA : 0856-4772-3888 | image 4

Harga Ayam Cemani Hitam

Ayam cemani termasuk dalam kategori ayam hias yang memiliki harga terjangkau dan relatif murah. Adapun harga ayam cemani di jualayamhias.com tergantung pada usia masing-masing ayam.

Berikut daftar harga ayam cemani terbaru :

UsiaHarga (Rp)
1 bulanRp. 95.000
2 bulanRp. 135.000
3 bulanRp. 185.000
4 bulanRp. 235.000
Jantan 5 bulan Rp. 285.000
Indukan Rp. 535.000
Indukan JantanRp. 750.000

Bagi yang tertarik memulai peternakan Ayam Cemani, langkah pertama adalah memahami kebutuhan dan karakteristik ayam ini.

Pemilihan bibit yang baik, pemeliharaan yang baik, dan pemahaman akan pasar menjadi kunci sukses dalam bisnis ini.

Pemberian pakan yang seimbang, kesehatan ayam yang terjaga, dan perawatan yang baik akan mendukung pertumbuhan dan reproduksi yang optimal.

Baca juga : Cara Memelihara Ayam Cemani dari Anakan hingga Indukan

Layanan Pemesanan Anakan & Indukan Ayam Cemani Hitam

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan anakan & indukan ayam cemani berkualitas di tempat kami kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi nomor kami dibawah ini untuk mengetahui informasi lengkapnya : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA ayam cemani hitam jualayamhias.com Koleksi Ayam Hias Terlengkap ayam cemani hitam Keindahan dan Keunikan Ayam Cemani Hitam yang Menawan

Ayam cemani meski warnanya hitam legam namun ayam cemani dikenal memiliki harga yang mahal. Bagi penyuka warna hitam ayam ini mungkin bisa menjadi pilihan hobi untuk dipelihara.

Ini bukan karena mistis atau kesaktian Ayam cemani hitam legam tersebut, tetapi karena harga Ayam Cemani yang Hitam legam sangat tinggi bisa mencapai jutaan rupiah. Meski di beberapa tempat ayam cemani selalu dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Dibandingkan dengan ternak ayam kampung beternak ayam cemani ternyata memberi keuntungan tersendiri bagi para peternak peternak di daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Sehingga banyak peternak menekuni usaha ternak Ayam Cemani ini. Jika anda melewati jalan dari Temanggung – Wonosobo akan banyak dijumpai ayam cemani dipajang dipinggir jalan untuk dijual.

Harga ayam cemani standard berkisar antara 150 ribu hingga 500 ribu untuk ukuran dewasa. Untuk harga ini memang terkadang bervariasi pada setiap peternak atau pedagang ayam cemani. Tidak bisa di pungkiri memang masih banyak yang mencari ayam cemani untuk pengobatan maupun keperluan lain yang bukan untuk ayam hias. Di jualayamhias.com kami tidak melayani untuk pembelian ayam cemani untuk keperluan tersebut.

Kabupaten Temanggung khususnya Kedu dan sekitarnya sudah sejak lama terkenal dengan Ayam Kedu dan Cemani. Banyak peternak Cemani baik perorangan maupun kelompok membudidayakan ayam jenis ini. Selain itu ada yang memang menekuni bisnis ayam cemani ini sebagai pekerjaan pokok, tetapi lebih banyak lagi bisnis ayam cemani sebagai usaha sampingan. Tak heran jika banyak pedagang dari daerah lain mencari bibit maupun ayam cemani dewasa ke kawasan ini.

Peluang usaha budi daya ayam cemani sebenarnya cukup terbuka bagi siapa saja yang ingin menekuninya. Permintaan pasar ayam cemani cukup terbuka dan pola pemeliharaannya juga relatif mudah. Pemeliharaan ayam cemani sama dengan pemeliharaan ayam kampung biasa. Ayam cemani bisa menggunakan kandang yang terbatas maupun dibiarkan bebas berkeliaran di luar.

Ayam cemani diminati pembeli dari telur, DOC maupun anakan ayam cemani. Untuk indukan dan ayam cemani dewasa tentunya yang lebih di serap pasar. Potensi pasar ayam cemani ini membuka peluang bagi peternak untuk memilih model peternakannya.

Untuk mendapatkan ayam cemani asli berkualitas dengan harga terjangkau silahkan hubungi kami di:

Call/SMS : 0812-2028-8686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : hobiternakmail@gmail.com

Kata terkait:

ayam cemani, harga ayam cemani, jual ayam cemani, ayam cemani asli, khasiat ayam cemani, ayam, cemani darah hitam, ternak ayam cemani

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!