0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Cara Perawatan Ayam Poland Agar Tetap Tampil Cantik

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Cara Perawatan Ayam Poland Agar Tetap Tampil Cantik

Cara Perawatan Ayam Poland Agar Tetap Tampil Cantik – Ayam polan adalah salah satu ayam hias yang memiliki bentuk yang unik dan cantik. Selain warna bulunya yang beragam, hal yang paling menonjol dari ayam polan ini adalah kepalanya ada jambulnya. Sehingga ayam polan sering disebut juga dengan ayam mahkota, ayam jambul, ayam gondrong karena bulu-bulu dikepalanya sangat lebat. Nama lain dari ayam polan untuk negara-negara adalah polish chicken  atau padua chicken. Sekilas, orang akan mengira bahwa ayam polan adalah ayam yang berasal dari Polandia. Karena Poland atau Polish memang berarti Polandia, namun sejarah tidak mencatat bahwa ayam polan ini berasal dari Negara Polandia. Pendapat terkuat tentang asal-usul ayam polan ini adalah berasal dari kawasan Eropa Timur tepatnya di Belanda ataupun Rusia.

Salah satu tanda-tanda ayam ini berasal dari Eropa adalah adanya referensi paling tua yang ditemukan berupa patung ayam berjambul di Vatikan, dan penggalian arkelogi Romawi di selatan Inggris menemukan tulang tengkorak unggas yang mirip tengkorak ayam unik ini. Seperti yang kami sebutkan diatas, beberapa keunggulan ayam polan yang unik ini adalah  bulu-bulunya yang rapi seperti disisir, juga jambul di kepalanya yang unik dan bisa dikembangkan dengan beragam bentuk. Di beberapa negara, unggas berbulu lembut ini dipelihara sebagai ayam kontes / ayam hias. Untuk di Indonesia sendiri, kontes ayam polan belumlah terlalu populer, karena saat ini kontes ayam hias yang baru kami jumpai adalah untuk ayam bekisar, ayam ketawa dan ayam serama.

Ayam Poland
Ayam Poland

Sebagai salah satu ayam hias yang terkenal, ayam poland seringkali digunakan sebagai hiasan pekarangan rumah, sehingga sangat jarang dimanfaatkan sebagai ayam pedaging, meskipun sebenarnya ayam polan ini cukup produktif. Ayam polan kurang pandai merawat anaknya, atau ketika bertelur, ayam polan kebanyakan tidak mau mengerami anaknya, sehingga perlu ditetaskan melalui mesin penetas. Bahkan, sudah ada beberapa kasus di mana anakan dibunuh induknya.

Merawat ayam polan memang memerlukan keuletan dan ketekunan, terutama dalam menjaga kebersihan kandang dan selalu memenuhi kebutuhan pakannya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mencampurkannya dengan ayam jenis lain karena bisa berkelahi dan merusak bulu ayam polan ini. Selain itu, jangan biarkan ayam ini berkeliaraan di luar kandang, agar jambulnya tetap kering dan bersih.

Ayam Polan Dewasa
Polan

Pemberian paka untuk ayam poland

Ketika memberikan tempat pakan dan minumnya, pastikan agar jambul ayam tidak mengenainya. Sebab, selain bisa membuat kotor, kotoran yang menempel pada bulu–bulu jambulnya bisa mengundang bakteri, jamur, maupun seperti kutu dan tungau. Karena ketika kutu sudah menyelinap pada jambulnya, dikhawatirkan akan merambat hingga ke lubang telinga, lubang hidung, bahkan mata ayam. Selain itu, debu / kotoran yang menempal pada jambul juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya pada mata. Jadi, kalau ingin memeliharanya, Anda harus rajin mengecek kebersihan jambulnya. Demikianlah beberapa hal mengenai perawatan ayam polan, si ayam mahkota atau ayam jambul yang cantik. Semoga bermanfaat.

Ternak Ayam Polan

Kini ayam polan banyak dipelihara oleh masyarakat, karena mamemang benar ayam polan memiliki jambul yang mampu memikat hati para pembeli. Bukan hanya sebagai ayam peliharaan ternyata ayam polan banyak dikembangkan sebagai ayam hias yang dibudiayakan oleh sejumlah pengusaha. Peternak ayam polan pun kini sudah banyak berkembang di berbagai daerah. Keuntungan yang didadapat pengusaha dalam beternak ayam polan memang relatif cukup tinggi. Pememliharaan ayam polan relatif cukup rumit karena terdapat jambul yang harus tetap dijaga kebersihannya agar ayam polan tidak mudah terserang penyakit.  tetapi ada hal khusus yang perlu diperhatikan dalam ternak ayam polan. Kare ayam polan termasuk ayam hias, jadi peternak harus memperhatikan kebersihan dan tata cara pemeliharaan yang baik dan benar.

Ayam Polan Dewasa
Ayam Polan Dewasa

Tata cara ternak Ayam Polan yang baik antara lain :

1. Pemberian Pakan Ayam Polan yang baik

Pakan merupakan sumber asupan nutrisi yang baik pada hewan, terutama pada ayam poland. Pakan yang baik mengandung lemak, protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Pakan untuk ayam polan yang baik adalah voer, kacang – kacangan, beras merah, konsentrat, dan gabah.

2. Membatasi minum pada ayam polan

Membatasi minum pada ayam polan akan membuat ayam polan terhindar dari penyakit pilek. Bukan hanya menghindarkan penyakit pilek tetapi ini bertujuan agar jambul pada ayam polan tidak basah dan virus tidak mudah menempel pada jambul yang mengakibatkan bakteri dapat menyebar ke seluruh tubuh pada ayam polan.

3. Posisi kandang

Kandang ayam polan sebaiknya dibuat ditempat yang tidak terlalu banyak angin. Karena ayam polan menyukai tempat yang mempunyai temperatur yang hangat.

4. Menghirup udara yang segar dan panas matahari

Dalam pemeliharaan ayam polan usahakan agar ayam polan sesekali atau 2 – 3 kali dikeluarkan dalam kandang. Ini bertujuan agar ayam terhindar dari serangan pemyakit dan gangguan stress pada ayam.

5. Suhu 

Dalam pemeliharaan ayam polan usahakan agar ayam polan tidak megalami kedinginan akibat temperatur suhu yang terlalu dingin atau panas. Karena jika udara terlalu dingin akan mengakibatkan ayam polan terserang pilek dan stress. Untuk ayam polan usia 0 – 3 bulan sebaiknya diberikan lampu pijar berukuran 45 watt atau 40 watt. Hal in dilakukan agar kandang ayam polan dalam keadaan hangat, karena ayam polan membutuhkan suhu yang selalu hangat.

6. Stress 

Banyak hal yang dapat menyebabkan ayam polan menjadi stres, salah satu penyebabnya adalah ayam polan selalu dipindah kandang, pemberian pakan yang tidak sesuai, serta kalah dari bertarung menjadi penyebab ayam polan tidak mau makan dan akhirnya mati.

Harga Ayam Polan

Ayam polan yang unik ini banyak dipelihara oleh kalangan pencinta ayam hias. Bahkan di wilayah tertentu di Indonesia ayam polan digunakan sebagai ayam kontes. Untuk harga ayam polan sendiri tidak terlalu mahal hanya relatif mahal tetapi pas dikantong pembeli.

Harga ayam polan ditempat kami adalah sebagai berikut : 

1 Bln Rp125.000/ekor
2 Bln Rp150.000/ekor
3 Bln Rp175.000/ekor
4 Bln Rp225.000/ekor
5 Bln Rp350.000/ekor
Dewasa Rp500.000/ekor

Bagi Anda yang ingin memiliki ayam polan dapat menghubungi kami kapan saja, kami menyediakan ayam polan berbagai usia, mulai usia 1 bulan hingga usia dewasa / indukan.

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
Ayam polan, ternak ayam polan, pakan ayam polan, harga ayam polan, peternak ayam polan
*.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: