0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Jual Ayam Poland dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan Serta Tata Cara Perawatan Ayam Poland yang Baik dan Benar

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Jual Ayam Poland dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan Serta Tata Cara Perawatan Ayam Poland yang Baik dan Benar

jual ayam poland berjambul

Jual  Ayam Poland dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan – Ayam Poland disebut juga dengan ayam polish, bukan berasal dari negara Polandia melainkan ayam ini berasal dari negara Belanda. Di Indonesia ayam ini juga disebut dengan ayam mahkota, karena ayam ini memiliki bulu seperti mahkota  di kepalanya. Masyarakat memang banyak yang menganggap ayam poland berasal dari Polandia karena namanya yang mengarah ke negara Polandia, akan tetapi ayam ini memang berasal dari Belanda.

Ayam poland memiliki ciri khas jambul di bagian kepalanya
Ayam poland memiliki ciri khas jambul di bagian kepalanya

Tipe ayam poland sebenarnya adalah ayam petelur, namun karena keunikannya tersebut banyak masyarakat yang menjadikan ayam ini sebagai ayam hias di lingkungan rumah. Banyak sebutannya bagi ayam hias yang satu ini, ada yang menyebutnya ayam poland, ayam tanduk, ayam mahkota dan ada juga yang menyebutnya sebagai ayam jambul. Dahulu ayam ini hanya dimiliki oleh kalangan tertentu akan tetapi seiring berjalannya waktu ayam ini dapat dimiliki oleh semua kalangan. Dari waktu ke waktu banyak adanya hasil perkawinan silang yang mengakibatkan banyaknya ayam poland yang ada di dunia.

Hampir bulu diseluruh kepalanya banyak yang  menyebutnya seperti tanduk atau mahkota. Keunikan ini tentunya tidak dimiliki oleh ayam hias jenis lain. Bulu seperti mahkota tersebut juga menjadi ciri khasnya, selain itu terdapat beberapa ciri yang terdapat pada ayam poland diantaranya

Ciri – ciri Ayam Poland : 

  • Memiliki jambul di bagian kepala
  • Pada bulu tubuh ayam polan berkombinasi dengan berwarna abu – abu, kecoklatan dan kehitaman
  • Bobot ayam polan sekitar 1 – 2 kg
  • Bagian mata tertutup mahkota
  • Bulu pada ayam polan halus dan lembut
  • Postur tubuhnya relatif tidak terlalu besar, kurang lebih sebesar ayam kampung
  • Memiliki warna bulu yang beragam
Ayam Poland Umur 4 Bulan
Ayam Poland Umur 4 Bulan

Namun dibalik keunikannya itu ayam poland termasuk jenis ayam yang sangat rawan, sehingga dibutuhkan perawatan yang khusus. salah satunya yaitu dengan membersihkan kandang ataupun pemenuhan kebutuhan pakannya. Saat pemberian pakan jangan campurkan dengan jenis pakan ayam yang tidak berjambul. Agar jambul selalu bersih dan kering, jangan biarkan ayam poland berkeliaran. Usahakan untuk tempat pakan dan minumnya dibuat yang tidak dapat menyentuh jambulnya hal ini untuk menghindari ayam terkena penyakit, karena jika jambul terkena kotoran maka lama kelamaan akan menimbulkan bakteri yang dapat menyebabkan ayam terserang penyakit.

Ayam Poland Umur 2 bulan masih lucu
Ayam Poland Umur 2 bulan masih lucu

Karena perawatannya yang khusus, masih jarang masyarakat yang membisniskan ayam poland ini. Kesempatan untuk berbisnis ayam poland saat ini masih memiliki peluang yang cukup luas.

Tata Cara Perawatan Ayam Poland yang Baik dan Benar 

1. Pemberian Pakan yang Baik

Pemberian pakan yang baik untuk ayam poland harus diperhatikan dengan baik dan benar. Karena pakan yang baik akan menunjang produktifitas serta kesehatan ayam poland menjadi lebih baik. Pakan yang baik mengandung lemak, protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Untuk pakan ayam poland terdiri dari voer, kacang – kacangan, beras merah, konsentrat, dan gabah.

2. Membatasi minum pada ayam polan

Membatasi minum pada ayam polan akan membuat ayam polan terhindar dari penyakit pilek. Bukan hanya menghindarkan penyakit pilek tetapi ini bertujuan agar jambul pada ayam polan tidak basah dan virus tidak mudah menempel pada jambul yang mengakibatkan bakteri dapat menyebar ke seluruh tubuh pada ayam polan.

3. Posisi kandang

Kandang ayam polan sebaiknya dibuat ditempat yang tidak terlalu banyak angin. Karena ayam polan menyukai tempat yang mempunyai temperatur yang hangat.

4. Menghirup udara yang segar dan panas matahari

Dalam pemeliharaan ayam polan usahakan agar ayam polan sesekali atau 2 – 3 kali dikeluarkan dalam kandang. Ini bertujuan agar ayam terhindar dari erangan pemyakit dan gangguan stress pada ayam.

Daftar Harga Ayam Poland

1 Bln Rp 110,000 / ekor
2 Bln Rp 135,000 / ekor
3 Bln Rp 160,000 / ekor
4 Bln Rp 210,000 / ekor
5 Bln Rp 335,000 / ekor
Dewasa Rp 485,000 / ekor

Di mana tempat membeli ayam poland?

Di jualayamhias.com tentunya. Tempat jual ayam hias on online terpercaya.Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam poland, kami menyediakan telur ayam poland yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam poland kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam poland dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
Ayam Hias, Ayam Poland, Ayam Mahkota, Ayam Jambul, Jual Ayam Poland, Harga Ayam Poland
*.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: