Harga Jual Ayam Poland dari Bibit Sampai Dewasa – 2022

Harga Jual Ayam Poland dari Bibit Sampai Dewasa – 2022

Daftar Harga Ayam Poland Terbaru 2022 | thumnail

Ayam Poland disebut juga dengan ayam polish, bukan berasal dari negara Polandia melainkan ayam ini berasal dari negara Belanda.

Di Indonesia ayam ini juga disebut dengan ayam mahkota, karena ayam ini memiliki bulu seperti mahkota  di kepalanya. Atau bisa disebut sebagai ayam jambul mahkota. 

Masyarakat memang banyak yang menganggap ayam poland berasal dari Polandia karena namanya yang mengarah ke negara Polandia, akan tetapi ayam ini memang berasal dari Belanda.

Promo DOC bibit Ayam Joper
Ayam Poland menjadi salah satu ayam hias yang memiliki keunikan pada jambulnya | image 1
Ayam Poland menjadi salah satu ayam hias yang memiliki keunikan pada jambulnya | image 1

Tipe ayam poland sebenarnya adalah ayam petelur, namun karena keunikannya tersebut banyak masyarakat yang menjadikan ayam ini sebagai ayam hias di lingkungan rumah.

Banyak sebutannya bagi ayam hias yang satu ini, ada yang menyebutnya ayam poland, ayam tanduk, ayam poland jambul mahkota dan ada juga yang menyebutnya sebagai ayam jambul.

Dahulu ayam ini hanya dimiliki oleh kalangan tertentu akan tetapi seiring berjalannya waktu ayam ini dapat dimiliki oleh semua kalangan.

Dari waktu ke waktu banyak adanya hasil perkawinan silang yang mengakibatkan banyaknya ayam poland yang ada di dunia.

Daftar Harga Jual Ayam Poland usia Bibit hingga Dewasa

Ayam hias poland yang satu ini memang dikenal dengan keunikannya yang terdapat pada jambulnya. Hingga banyak orang pun menyebutnya sebagai ayam mahkota, ayam jambul dan lain sebagainya. 

Peminat dari ayam poland ini pun setiap harinya tidak pernah surut. Beberapa pelanggan kami yang masuk banyak menanyakan ketersediaan ayam poland.

Hal itulah yang menandakan bahwa peminat ayam poland masih cukup banyak. Harga jual ayam poland dari usia bibit hingga dewasa memang cukup beragam. 

Adapun untuk daftar harga ayam poland sebagai berikut ini : 

UsiaHarga/ ekor
DewasaRp. 485.000
5 BulanRp. 335.000
4 BulanRp. 210.000
3 BulanRp. 160.000
2 BulanRp. 135.000
1 BulanRp. 110.000

Ciri – ciri Ayam Poland

Hampir bulu diseluruh kepalanya banyak yang  menyebutnya seperti tanduk atau mahkota. Keunikan ini tentunya tidak dimiliki oleh ayam hias jenis lain.

Bulu seperti mahkota tersebut juga menjadi ciri khasnya, selain itu terdapat beberapa ciri yang terdapat pada ayam poland diantaranya

  • Memiliki jambul di bagian kepala
  • Pada bulu tubuh ayam polan berkombinasi dengan berwarna abu – abu, kecoklatan dan kehitaman
  • Bobot ayam polan sekitar 1 – 2 kg
  • Bagian mata tertutup mahkota atau crown
  • Bulu pada ayam polan halus dan lembut
  • Postur tubuhnya relatif tidak terlalu besar, kurang lebih sebesar ayam kampung
  • Memiliki warna bulu yang beragam
Saat  dewasa ayam poland akan terlihat semakin cantik, karena bulu pada bagian jambul mulai tumbuh lebat | image 2
Saat dewasa ayam poland akan terlihat semakin cantik, karena bulu pada bagian jambul mulai tumbuh lebat | image 2

Tata Cara Perawatan Ayam Poland yang Baik dan Benar 

Namun dibalik keunikannya itu ayam poland termasuk jenis ayam yang sangat rawan, sehingga dibutuhkan perawatan yang khusus. salah satunya yaitu dengan membersihkan kandang ataupun pemenuhan kebutuhan pakannya.

Saat pemberian pakan jangan campurkan dengan jenis pakan ayam yang tidak berjambul. Agar jambul selalu bersih dan kering, jangan biarkan ayam poland berkeliaran.

Usahakan untuk tempat pakan dan minumnya dibuat yang tidak dapat menyentuh jambulnya hal ini untuk menghindari ayam terkena penyakit.

Karena jika jambul terkena kotoran maka lama kelamaan akan menimbulkan bakteri yang dapat menyebabkan ayam terserang penyakit.

Baca juga :
Sebelum Pelihara Ayam Poland, Cek Dulu Informasi Penting yang Satu Ini

Untuk menjaga jambul ayam poland agat tetap bersin. Maka peterna perlu memberikan perawatan yang baik dan sesuai standar | image 3
Untuk menjaga jambul ayam poland agat tetap bersin. Maka peterna perlu memberikan perawatan yang baik dan sesuai standar | image 3

Karena perawatannya yang khusus, masih jarang masyarakat yang membisniskan ayam poland ini. Kesempatan untuk berbisnis ayam poland saat ini masih memiliki peluang yang cukup luas.

Adapun untuk tata cara pemeliharaan ayam poland yang baik dan benar adalah sebagai berikut ini : 

1. Pemberian Pakan yang Baik

Pemberian pakan yang baik untuk ayam poland harus diperhatikan dengan baik dan benar. Karena pakan yang baik akan menunjang produktifitas serta kesehatan ayam poland menjadi lebih baik.

Pakan yang baik mengandung lemak, protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Untuk pakan ayam poland terdiri dari voer, kacang – kacangan, beras merah, konsentrat, dan gabah.

2. Membatasi minum pada ayam polan

Membatasi minum pada ayam polan akan membuat ayam polan terhindar dari penyakit pilek.

Bukan hanya menghindarkan penyakit pilek tetapi ini bertujuan agar jambul pada ayam polan tidak basah. 

Selain itu virus juga tidak mudah menempel pada jambul yang mengakibatkan bakteri dapat menyebar ke seluruh tubuh pada ayam polan.

Jika kandang selalu di bersihkan, maka penyakit tidak akan mendekat | image 4
Jika kandang selalu di bersihkan, maka penyakit tidak akan mendekat | image 4

3. Posisi kandang

Kandang ayam polan sebaiknya dibuat ditempat yang tidak terlalu banyak angin.

Karena ayam polan menyukai tempat yang mempunyai temperatur yang hangat.

Jika dirasa di daerah lingkungan Anda memiliki suhu udara yang dingin. Peternak dapat menambahkan lampu sebagai penghangat ayam hias poland agar tidak kedinginan. 

Baca juga : Mari Mengenal Ayam Polan atau Ayam Mahkota

4. Menghirup udara yang segar dan panas matahari

Dalam pemeliharaan ayam polan usahakan agar ayam polan sesekali atau 2 – 3 kali dikeluarkan dalam kandang. Ini bertujuan agar ayam terhindar dari serangan penyakit dan gangguan stress pada ayam.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam hias poland. Bisa Anda dapatkan bibit ayamnya ditempat kami, kami menyediakan ayam hias poland dari usia 1 bulan hingga dewasa.

Untuk pengriman Anda tidak perlu khawatir, karena kami sudah berpengalaman dari tahun 1999 dalam melakukan pengiriman baik dalam pulau mapun luar pulau. 

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan update informasi terbaru terkait harga ayam poland dewasa, stock yang ready dan informasi lengkap lainnya : 

WHATSAPP/TELP/SMS

Admin Umum

0812-2028-8686

Divisi Ayam Hias & Merpati

0856-4772-3888

Kata terkait :
Ayam Hias, Ayam Poland, Ayam Mahkota, Ayam Jambul, Jual Ayam Poland, Harga Ayam Poland


4.9/5 - (37 votes)
Ayam Kampung Super JOPER-

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
WhatsApp GRATIS Konsultasi, boleh tanya dulu.... 😊🙏...
%d blogger menyukai ini: