American Silkie Si Ayam Kapas Halus Berbulu Sutera

American Silkie Si Ayam Kapas Halus Berbulu Sutera

American Silkie Si Ayam Kapas Halus Berbulu Sutera

American Silkie – Memiliki hewan peliharaan yang unik dan menawan tentu di idam-idamkan oleh semua orang. Ada banyak jenis hewan yang bisa dipelihara dan dekat dengan manusia. Diantaranya seperti kucing, kelinci, marmut, burung, ikan hias, ayam hias dan masih banyak lagi jenis lainnya. Dari banyaknya jenis hewan yang unik dan lucu-lucu tersebut, kali ini kita akan membahas jenis hewan yang masih cukup asing di pelihara oleh masyarakat. Apakah itu?? Yaitu ayam hias.

Ayam hias adalah jenis ayam yang memiliki keunikan baik di bagian tubuhnya, postur tubuhnya ataupun suaranya. Salah satu jenis ayam yang unik dan lucu yaitu jenis American Silkie. American silkie yaitu jenis ayam kapas yang berasal dari Amerika. Hampir mirip ayam kapas di Indonesia, namun bulunya lebih tebal dan bentuknya lebih bulat.

American silkie adalah jenis ayam kapas yang memiliki bulu tebal dan lebat | Image 1
American silkie adalah jenis ayam kapas yang memiliki bulu tebal dan lebat | Image 1

American silkie dikenal sebagai ayam yang lemah lembut, ramah dan lucu. Ayam ini memiliki penampilan yang berbeda dari ayam lainnya. Bulu ayam american silkie mirip seperti kapas yang lembut, halus dan lebat.

Promo JOPER NEW

Perbedaan american silkie dari jenis ayam lainnya :

  1. Memiliki jari kaki berjumlah 5
  2. Memiliki kulit dan tulang hitam
  3. Telinga berwarna biru
Jumlah jari kaki ayam american silkie yaitu 5, berbeda dengan ayam lainnya | Image 2
Jumlah jari kaki ayam american silkie yaitu 5, berbeda dengan ayam lainnya | Image 2

American silkie masuk ke Indonesia pada tahun 2017. Pada tahun tersebut Indonesia mengimpor american silkie dengan harga yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 25 juta perpasang. Sampai saat ini pun harga american silkie masih relatif stabil. Di karenakan barang yang tersedia belum terlalu banyak jadi untuk harganya masih relatif tinggi. 

Perbedaan ayam kapas biasa dengan american silkie : 

  • Ayam kapas biasa
    Pada bagian kaki, bulu ayam kapas hanya sedikit
    Ayam kapas biasa memiliki jengger berwarna merah besar dan yang betina kecil
    Memiliki rambut di kepala namun tidak terlalu lebat
  • American silkie
    Bulu ayam kapas lebih lembut mirip seperti sutra
    Pada bagian kaki bulunya sangat lebat
    Memiliki jambul yang lebat dan lebih bulat

Perawatan ayam american silkie

American silkie memiliki bulu yang cantik dan unik, maka dari itu dalam hal perawatan harus hati-hati supaya bulunya tidak rusak. Merawat american silkie tidak jauh beda seperti merawat kucing anggora berbulu tebal. Yang terpenting kandang harus selalu dibersihkan supaya kotoran-kotoran tidak menempel pada bulu ayam.

Bulu ayam kapas tidak tahan air berbeda dengan ayam lainnya yang tahan terhadap air. American silkie tidak menyukai tempat yang lembab dan basah. Jadi usahakan kandang dalam keadaan sejuk dan kering. 

Sanitasi Kandang

Sanitasi kandang yaitu teknik atau proses membersihkan kandang dan juga ternak itu sendiri. Dalam membersihkan kandang american silkie dapat dilakukan 2 hari sekali. Sedangkan untuk ayamnya sendiri dapat dibersihkan atau dimandikan dalam jangka waktu 1 bulan sekali paling lama. Setelah dimandikan, lalu ayam bisa di jemur di tempat yang lapang.

Kebersihan bulu american harus selalu dijaga supaya ayam tetap terlihat cantik dan terhindar dari serangan penyakit | Image 5
Kebersihan bulu american harus selalu dijaga supaya ayam tetap terlihat cantik dan terhindar dari serangan penyakit | Image 5

Si Lucu American Silkie

American silkie dikenal dengan ayam yang suka mengeram. Betina american silkie senang mengerami telurnya meskipun produktivitas telur yang dihasilkannya tidak banyak yaitu 3 butiran saja. Memiliki sifat yang senang mengeram tentu akan memudahkan dalam hal pengembangbiakan. Telur akan menetas dengan indukannya tanpa harus menggunakan mesin penetas. 

Memang sangat menggemaskan ayam yang satu ini. Ingin rasanya memeluk dan menyentuh bulu halusnya tersebut 🙂

Baca juga : Tertarik Pelihara Ayam Hias? Yuk Tengok 13 Jenis Ayam Hias Unik Ini

Manajemen Pakan

Supaya american silkie tetap dapat tumbuh dengan bagus dan berkualitas, tentu manajemen pakan harus di perhatikan dengan benar. Ada tiga fase dalam pemberian pakan ayam american silkie, diantaranya fase anakan (DOC), fase remaja dan fase dewasa.

Fase anakan :
Pada fase anakan atau ayam masih DOC, american silkie cenderung memiliki energi yang rendah dan memiliki kebutuhan protein yang tinggi yaitu 21 %. Pakan yang bisa diberikan untuk ayam yang masih DOC yaitu murni voer. Banyak jenis voer yang bisa diberikan contohnya yaitu voer merk 591 dari pokhpan. Pakan voer tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi, jadi cukup bagus untuk ayam yang masih berusia 0-8 minggu.

Fase Remaja :
Usia 2 bulan keatas atau remaja, american silkie dapat diberi pakan campuran seperti jagung. Untuk perbandingannya 2 : 1 yaitu 2 voer dan 1 jagung. Jagung yang diberikan lebih baik digiling terlebih dahulu supaya ayam mudah untuk memakannya.

Fase Dewasa : 
Untuk fase dewasa, masih hampir sama seperti remaja yaitu voer dan jagung. Bedanya hanya dalam perbandingannya. Perbandingannya yaitu 1:1. 1 voer : 1 jagung.

Manajemen Air Minum

Sama seperti manusia, american silkie juga membutuhkan air untuk memenuhi kebuhan cairan tubuhnya. Air yang diberikan untuk si ayam harus di perhatikan jangan sampai terkena bakteri yang dapat menyebabkan ayam menjadi sakit. Tempat air dapat di cuci atau dibersihkan pada waktu pagi hari dan sore hari.
Sekali-kali juga dapat diberikan herbal seperti kunyit, jahe atau temulawak untuk meningkatkan imun tubuh pada ayam.

Penampilannya yang unik dan berbeda dari jenis ayam lain membuat para pecinta ayam hias terpukau dan tertarik | Image 6
Penampilannya yang unik dan berbeda dari jenis ayam lain membuat para pecinta ayam hias terpukau dan tertarik | Image 6

Manajemen Produksi

Bagi para pengusaha ayam hias manajemen produksi mempunyai peran yang sangat penting dalam kemajuan usahanya. Mengapa bisa dikatakan seperti itu? Karena jika manajemen produksi tidak bagus maka usahanya akan tidak mendapatkan keuntungan.

Yang banyak peternak lakukan dalam manajemen produksi yaitu dengan memelihara ayam dari usia dewasa atau siapan. Sehingga ayam akan menghasilkan anakan dan bisa kita jual.

Bagaimana supaya ayam american silkie bisa mengawini si betinanya?

Biasanya ayam akan terbiasa dan tidak takut untuk mengawini si betina karena sejak usia 5 bulan keatas sudah di umbar. Proses pengumbaran ini sangat membantu si ayam untuk beradaptasi dan belajar mengawani si betinanya. Biasanya ayam diumbar dari mulai usia 5 bulan sampai 8 bulan.

Itu dia beberapa informasi mengenai ayam american silkie yang lucu dan unik ini. Semoga informasi diatas dapat menambah ilmu dan wawasan Anda tentang ayam hias. Jika Anda berminat untuk memelihara american silkie di rumah sendiri, kami dari jualayamhias.com jual american silkie berbagai jenis warna.

Pengiriman dapat ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Pengiriman aman dan bergaransi. Silahkan hubungi nomor di bawah ini untuk konsultasi atau pemesanan : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Promo JOPER NEW

Kata terkait : 
ayam american silkie, harga american silkie, jual american silkie, american silkie, ayam hias, jual ayam kapas, ayam kapas

Ayam Kampung Super JOPER-

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d blogger menyukai ini: