6 Cara Mudah Perawatan Ayam American Silkie yang Baik

Ayam American Silkie dikenal dengan bulu cantik dan uniknya, sehingga perawatannya harus dilakukan dengan hati-hati untuk menjaga keindahan bulunya. Merawat ayam American Silkie mirip dengan merawat kucing Anggora yang memiliki bulu tebal.

Berikut ini adalah beberapa langkah penting dalam perawatan ayam American Silkie :

1. Kandang Bersih dan Kering

Kandang ayam harus selalu dalam kondisi bersih dan kering. Bulu kapas yang unik pada American Silkie tidak tahan terhadap air, jadi pastikan kandang tetap kering.

Ini membantu mencegah bulu-bulu ayam terkena kotoran atau lumpur yang dapat merusaknya.

Pentingnya menjaga kebersihan pada kandang ayam american silkie menjadi salah satu cara agar ayam tetap bersih dan kesehatan terjaga | image 1
Pentingnya menjaga kebersihan pada kandang ayam american silkie menjadi salah satu cara agar ayam tetap bersih dan kesehatan terjaga | image 1

2. Sanitasi Kandang yang Tepat

Sanitasi kandang adalah proses membersihkan kandang dan ternak dengan baik. Kandang American Silkie sebaiknya dibersihkan setidaknya dua kali dalam seminggu, sementara ayamnya dapat dimandikan sekali sebulan. Setelah dimandikan, biarkan ayam kering di tempat yang lapang.

Baca juga : American Silkie Si Ayam Kapas Halus Berbulu Sutera

3. Produktivitas Telur

American Silkie terkenal suka mengeram, dan betina biasanya senang mengerami telurnya sendiri. Meskipun produktivitas telur ayam american silkie tidak tinggi, sekitar 3 butir saja, sifat ini memudahkan dalam pembiakan.

Anda tidak perlu menggunakan mesin penetas karena induknya akan menetaskan telur dengan baik.

Pakan ayam kapas yang baik yakni harus mengandung gizi yang dibutuhkan ayam kapas seperti protein, karbohidrat, mineral vitamin dan lain sebagainya | image 2
Pakan ayam kapas yang baik yakni harus mengandung gizi yang dibutuhkan ayam kapas seperti protein, karbohidrat, mineral vitamin dan lain sebagainya | image 2

4. Manajemen Pakan yang Tepat

Pemilihan pakan yang tepat sangat penting untuk pertumbuhan dan kualitas ayam American Silkie. Ada tiga fase dalam pemberian pakan:

Fase Anakan (DOC)

Ayam yang masih sangat muda memerlukan pakan dengan tingkat protein yang tinggi, sekitar 21%. Voer murni seperti Voer Merk 591 dari Pokhpan merupakan pilihan yang baik untuk ayam berusia 0-8 minggu.

Fase Remaja

Setelah mencapai usia 2 bulan, Anda dapat memberikan campuran pakan seperti jagung dengan perbandingan 2:1, artinya dua bagian voer dan satu bagian jagung yang telah digiling.

Fase Dewasa

Untuk ayam dewasa, tetap berikan campuran voer dan jagung, tetapi dalam perbandingan 1:1.

Memelihara ayam american silkie tentu sangat mudah tetapi pastikan bahwa kandang tetap bersih dan tidak becek agar bulu ayam american silkie tidak kotor | image 3
Memelihara ayam american silkie tentu sangat mudah tetapi pastikan bahwa kandang tetap bersih dan tidak becek agar bulu ayam american silkie tidak kotor | image 3

5. Manajemen Air Minum yang Baik

Sama seperti manusia, American Silkie membutuhkan air untuk menjaga kesehatannya. Pastikan air yang diberikan bersih dan terhindar dari bakteri.

Cuci atau bersihkan tempat air pada pagi dan sore hari. Anda juga bisa memberikan herbal seperti kunyit, jahe, atau temulawak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam

Baca juga : 10 Jenis Ayam Hias Populer yang Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

6. Perawatan Masa Indukan

Bagi para peternak ayam hias, manajemen produksi sangat penting. Memelihara ayam dari usia dewasa atau siap bertelur merupakan praktik umum.

Ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan anak ayam yang dapat dijual, meningkatkan potensi keuntungan usaha Anda.

Dengan memperhatikan langkah-langkah perawatan ini, Anda dapat menjaga kesehatan dan keindahan bulu ayam American Silkie Anda, serta meningkatkan produktivitasnya dalam pembiakan.

Ayam American Silkie memang memikat dengan bulu halusnya yang unik, dan perawatan yang baik akan memastikan mereka tetap sehat dan bahagia.

Bagi Anda yang tertarik untuk ternak ayam american silkie kami dari jualayamhias.com menyediakan mulai usia satu bulan hingga usia indukan dewasa.

Pengiriman dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dengan biaya ongkir yang murah.

Hubungi layanan nomor kami dibawah ini untuk mendapatkan informasi daftar harga ayam american silkie lebih lengkap, cara pengiriman, layanan konsultasi gratis dan lain sebagainya

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA jualayamhias.com Koleksi Ayam Hias Terlengkap 6 Cara Mudah Perawatan Ayam American Silkie yang Baik
5/5 - (19 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!