American Silkie

Panduan Kandang Ayam American Silkie dari Usia Anakan sampai Indukan

Written by

Ayam American Silkie adalah salah satu jenis ayam hias yang populer di kalangan pecinta unggas. Mereka dikenal karena bulu mereka yang lembut dan berbulu, serta kepribadian yang ramah.

Merawat ayam Silkie dari tahap menetas hingga dewasa memerlukan perhatian khusus dan pemahaman tentang kebutuhan mereka.

Ayam american silkie memiliki keunikan pada bulunya yang sangat halus seperti sutera | image 1
Ayam american silkie memiliki keunikan pada bulunya yang sangat halus seperti sutera | image 1

Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah yang mudah dipahami untuk merawat ayam Silkie Anda dengan baik.

Panduan Kandang Ayam American

Tahap 1 : Menetas di Inkubator

Proses perawatan ayam Silkie dimulai sejak tahap menetas. Setelah ayam Silkie menetas dari telurnya di inkubator, mereka perlu ditempatkan di tempat yang aman dan hangat untuk mengeringkan bulu mereka dengan baik.

Suhu yang ideal adalah sekitar 32-35°C. Pastikan inkubator dilengkapi dengan lampu pemanas yang cukup untuk menjaga suhu yang konstan.

Baca juga : 6 Cara Mudah Perawatan Ayam American Silkie yang Baik

Tahap 2 : Kandang Anakan

Setelah Ayam Silkie mengering sepenuhnya, saatnya memindahkan mereka ke kandang anakan. Kandang ini dilengkapi dengan lampu pemanas untuk menjaga suhu yang sesuai. Pastikan mereka tetap hangat dan nyaman.

Setelah dipastikan bulu pada ayam american silkie mengering Anda dapat memindahkannya ke kandang khusus anakan | image 2
Setelah dipastikan bulu pada ayam american silkie mengering Anda dapat memindahkannya ke kandang khusus anakan | image 2

Tahap 2 : Kandang Ayam usia 2-4 Minggu

Saat usia mereka mencapai sekitar 2-4 minggu, Ayam Silkie siap dipindahkan ke kandang ayam muda yang lebih besar.

Lampu pemanas tetap diperlukan untuk menjaga suhu yang nyaman, tetapi sekarang Anda dapat mematikannya pada siang hari dan menghidupkannya pada malam hari.

Pastikan kandang ini dilengkapi dengan tempat minum dan makan untuk menunjang pertumbuhannya.

BACA JUGA:  6 Cara Mudah Perawatan Ayam American Silkie yang Baik

Tahap 3 : Kandang Ayam usia 2 Bulan

Ketika ayam Silkie mencapai usia 2 bulan, Anda dapat mulai mematikan lampu pemanas siang hari dan hanya menggunakannya pada malam hari untuk menjaga suhu yang stabil.

Selain itu, pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari kelembaban yang berlebihan.

Ketika ayam american silkie memasuki usia 3 bulan Anda dapat melepas lampu pemanas yang ada di kandang ayam american silkie | image 3
Ketika ayam american silkie memasuki usia 3 bulan Anda dapat melepas lampu pemanas yang ada di kandang ayam american silkie | image 3

Tahap 4 : Kandang Ayam usia 3 Bulan

Pada usia 2-3 bulan, Anda dapat sepenuhnya melepaskan lampu pemanas di kandang ayam muda. Namun, pastikan suhu di dalam kandang tetap nyaman.

Selama tahap ini, ayam Silkie akan mulai tumbuh lebih besar dan kuat.

Baca juga : American Silkie Si Ayam Kapas Halus Berbulu Sutera

Tahap 5 : Kandang Ayam Umbaran usia Dewasa

Setelah mencapai usia 3 bulan, Anda dapat mengajari ayam Silkie untuk umbaran di luar kandang. Pastikan lingkungan di luar aman dari predator, dan awasi mereka dengan baik saat mereka belajar menjelajahi area baru.

Pada usia sekitar 4 bulan, Anda dapat mulai membiarkan mereka lepas umbaran di luar kandang secara lebih mandiri. Jangan lupa memberikan makanan dan air bersih saat mereka berada di luar.

Salah satu contoh kandang ayam american silkie ketika sudah memasuki usia diatas 5 bulan | image 4
Salah satu contoh kandang ayam american silkie ketika sudah memasuki usia diatas 5 bulan | image 4

Ayam jenis ini tidak suka bertengger mereka lebih suka kumpul bersama di lantai untuk tidur atau duduk. Ayam jenis ini merupakan sasaran empuk predator karena mereka tidak bisa terbang.

Maka harus memiliki area luar yang ditutup dan dilindungi agar memberikan perlindungan lebih extra dari hal lainnya.

Cara Menjaga Kebersihan Kandang

Lakukan sanitasi kandang dimana teknik atau proses membersihkan kandang. Dalam membersihkan kandang american silkie dapat dilakukan 2-3 hari sekali.

Sedangkan untuk ayamnya sendiri dapat dibersihkan atau dimandikan dalam jangka waktu 1 bulan sekali paling lama paling minimal 2 minggu sekali jika mau menghasilkan bulu yang bersih.

BACA JUGA:  Simak!! Poin Penting dalam Ternak Ayam Kapas 

Setelah dimandikan, lalu ayam bisa di jemur di tempat yang lapang atau dibiarkan bebas dihalaman.

Baca juga : 10 Jenis Ayam Hias Populer yang Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

Agar ayam american silkie tetap bersih bulunya maka Anda perlu memandikan secara rutin dan teratur | image 5
Agar ayam american silkie tetap bersih bulunya maka Anda perlu memandikan secara rutin dan teratur | image 5

Penting untuk selalu memberikan perhatian dan cinta kepada ayam American Silkie Anda selama seluruh tahap perkembangan mereka. Ini akan membantu mereka tumbuh menjadi unggas yang sehat dan bahagia.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan menjadi pemilik ayam Silkie yang berpengetahuan dan peduli, yang akan memberikan lingkungan terbaik untuk unggas peliharaan Anda.

Jualayamhias.com telah memudahkan proses pemesanan untuk kenyamanan Anda. Sekarang, Anda dapat memesan dengan lebih mudah dan lebih cepat melalui WhatsApp (WA).

Tidak hanya itu, untuk Anda yang senang berbelanja di platform marketplace, kami juga hadir di Tokopedia dan Shopee.

Dengan menggunakan platform tersebut, Anda dapat dengan cepat memilih produk impian Anda dan melakukan pembayaran dengan metode yang paling Anda sukai.

WhatsApp : 0896-0696-2052

Tokopedia : Hobiternakstore

Shopee : Hobiternak Store

Jadi, jangan tunggu lagi! Segera pesan bibit & indukan ayam american silkie Anda sekarang juga. Hubungi nomor di bawah ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA kandang ayam american silkie Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 kandang ayam american silkie Panduan Kandang Ayam American Silkie dari Usia Anakan sampai Indukan
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!