3 Tahapan Pemberian Pakan Ayam American Silkie yang Benar

Ayam american silkie adalah salah satu ras unik yang terkenal karena memiliki bulu halus dan lebat seperti sutra. Dengan keunikan inilah yang menjadikan ayam american silkie menjadi hewan peliharaan yang menarik.

Agar ayam american silkie dapat tumbuh dengan baik dan kesehatannya tetap terjaga maka peternak perlu memberikan pakan yang mengandung gizi tinggi.

Ayam american silkie memilki bulu yang lebat dan sangat lembut | image 1
Ayam american silkie memilki bulu yang lebat dan sangat lembut | image 1

Dalam artikel ini, kami akan membahas tiga fase pemberian pakan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan yang optimal bagi ayam American Silkie.

Tahapan Pemberian Pakan Ayam American Silkie

1.Fase Anakan

Fase anakan adalah periode awal dalam kehidupan ayam American Silkie yang masih berstatus DOC (Day-Old Chick).

Pada fase ini, ayam memiliki energi yang sangat rendah, sehingga sangat penting untuk memberikan pakan dengan kadar protein yang tinggi, sekitar 21% dari total pakan yang diberikan.

Ketika ayam american silkie memasuki usia anakan usahakan agar peternak memberikan pakan berupa voer saja tanpa ada tambahan pakan lainnya | image 2
Ketika ayam american silkie memasuki usia anakan usahakan agar peternak memberikan pakan berupa voer saja tanpa ada tambahan pakan lainnya | image 2

Baca juga : 6 Cara Mudah Perawatan Ayam American Silkie yang Baik

Untuk DOC yang benar-benar masih sangat muda, sebaiknya berikan jenis pakan voer murni yang kaya akan protein.

Banyak merek voer yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah voer merk 591, yang memiliki kandungan protein yang sesuai untuk ayam yang berusia 0-7 minggu.

2. Fase Remaja

Ketika ayam American Silkie memasuki usia dua bulan ke atas atau fase remaja, pemberian pakan bisa lebih bervariasi.

Anda dapat mencampurkan voer dengan pakan lain seperti jagung. Perbandingan yang baik antara voer dan jagung adalah 2:1, artinya dua bagian voer dan satu bagian jagung.

BACA JUGA:  Asal Usul Ayam American Silkie Si Ayam Berbulu Sutera

Penting untuk menggiling jagung terlebih dahulu agar mudah dicerna oleh ayam dalam sistem pencernaan mereka.

Setelah lepas memasuki usia anakan peternak dapat menambahkan pakan voer tersebut dengan jagung giling | image 3
Setelah lepas memasuki usia anakan peternak dapat menambahkan pakan voer tersebut dengan jagung giling | image 3

3. Fase Dewasa

Pada fase dewasa, pola pemberian pakan hampir mirip dengan fase remaja, dengan perbandingan 1:1 antara voer dan jagung. Ini akan memberikan ayam dewasa nutrisi yang cukup untuk menjaga kekuatan dan produktivitas mereka.

Pentingnya Air Minum

Selain pakan, air minum juga merupakan aspek penting dalam perawatan ayam American Silkie. Seperti manusia, ayam ini membutuhkan air untuk bertahan hidup dan tetap sehat.

Penting untuk memastikan bahwa air yang diberikan bersih dan bebas dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada ayam.

Oleh karena itu, sebaiknya tempat air minum rutin dicuci atau dibersihkan, terutama pada pagi dan sore hari. Anda juga dapat memberikan herbal seperti jahe, kunyit, atau temulawak secara periodik ke dalam air minum ayam.

Baca juga : American Silkie Si Ayam Kapas Halus Berbulu Sutera

Saat memberikan minum pada ayam american silkie usahakan wadah minum tidak mudah tumpah agar kebersihan bulu ayam tetap terjaga | image 4
Saat memberikan minum pada ayam american silkie usahakan agar wadah minum tidak mudah tumpah agar kebersihan bulu ayam tetap terjaga | image 4

Herbal ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam dan menjaga kesehatan mereka.

Dengan memahami dan mengikuti pedoman pemberian pakan dan perawatan air minum yang tepat untuk ayam American Silkie, Anda dapat memastikan bahwa mereka tumbuh dengan baik dan tetap sehat sepanjang hidup mereka.

Semoga informasi ini membantu Anda dalam merawat ayam American Silkie dengan baik!

Yuk Ternak Ayam American Silkie

Jualayamhias.com telah memudahkan proses pemesanan untuk kenyamanan Anda. Sekarang, Anda dapat memesan dengan lebih mudah dan lebih cepat melalui WhatsApp (WA).

Tidak hanya itu, untuk Anda yang senang berbelanja di platform marketplace, kami juga hadir di Tokopedia dan Shopee.

Dengan menggunakan platform tersebut, Anda dapat dengan cepat memilih produk impian Anda dan melakukan pembayaran dengan metode yang paling Anda sukai.

BACA JUGA:  READY STOCK AYAM HIAS TERBARU

WhatsApp Kami Sekarang : 0896-0696-2052

Kunjungi Tokopedia : Hobiternakstore

Cek Shopee : Hobiternak Store

Jadi, jangan tunggu lagi! Segera pesan bibit & indukan ayam american silkie Anda sekarang juga. Hubungi nomor di bawah ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0896-0696-2052

WA pakan ayam american silkie Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 pakan ayam american silkie 3 Tahapan Pemberian Pakan Ayam American Silkie yang Benar
5/5 - (22 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!