0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Cara Beternak Ayam Serama Agar Menghasilkan Serama Berkualitas

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Cara Beternak Ayam Serama Agar Menghasilkan Serama Berkualitas

Sepasang ayam serama yang mungil dan cantik


Kenali Dulu Perbedaan Ayam Serama dan Ayam Kate

Sebelum memulai beternak ayam serama alangkah baiknya bila kita mengerti terlebih dahulu perbedaan ayam serama dan kate. Agar tidak salah dalam memilih, ayam serama dan ayam kate memiliki banyak perbedaan.

Dari segi ukuran tubuh, ayam serama tidak sebesar ayam kate. Ayam kate berbobot 500 gram lebih sedangkan ayam serama hanya berbobot sekitar 350 gram – 500 gram saja. Kira – kira ukuran ayam serama hanya sebesar satu kepalan tangan orang dewasa.

Postur tubuh ayam serama dan ayam kate juga berbeda. Ayam serama memiliki dada yang membusung sedangkan ayam kate tidak. Saat ayam serama membusungkan dadanya, maka sayapnya akan jatuh lurus ke bawah.

Bahkan saat bergaya, kepala ayam serama bisa hampir menyentuh ekor. Itulah sebabnya ayam serama sering diikutsertakan dalam kontes unjuk kebolehan bagi ayam serama.

Untuk warna bulu, ayam serama biasanya berwarna merah atau hitam. Berbeda dengan ayam kate yang memiliki warna bulu yang lebih bervariasi.

Ayam Kate dan Serama

Pemeliharaan Ayam Serama

Ayam Serama termasuk ayam yang berpostur mungil, tegap dengan dada membusung. Ayam yang berasal dari Malaysia ini mempunyai penggemar yang tidak sedikit di tanah air. Apalagi sekarang banyak kontes diadakan di kota-kota besar. Untuk itu cakupan pasar Ayam Serama terbuka luas. Ini tentu menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Namun biasanya harga ayam serama yang sudah sering diikutkan kontes akan lebih mahal dibandingkan dengan ayam serama yang belum pernah ikut kontes.

Memelihara ayam Serama sedikit berbeda dibandingkan memelihara ayam kate. Postur tubuhnya yang mungil sedikit menyulitkan pada saat akan mengawinkan ayam Serama. Kakinya yang pendek menyulitkan saat akan penetrasi ketika mengawini betina. Kita harus memegang badan Ayam Serama agar mudah dikawinkan. Bisa juga dengan mengawinkan betina dengan beberapa pejantan agar persentase kesuburan meningkat.

Mengenal Tipe-tipe Ayam Serama yang Bertubuh Mini
Ayam serama jantan dan betina

Meskipun bertubuh mungil namun Ayam Serama mempunyai libido yang besar. Sejak umur 3 bulanan Serama mulai belajar kawin. Saat usia 5 bulanan dia sudah siap untuk dikawinkan. Namun umur yang tepat untuk bereproduksi sekitar 6-7 bulan. Dalam sehari pejantan Ayam Serama bisa beberapa kali mengawini betina. Untuk itu dalam satu kandang bisa dimasukkan beberapa betina untuk melayani satu pejantan Ayam Serama.

Produktivitas telur ayam Serama cukup tinggi. Dalam sekali periode ayam Serama mampu bertelur banyak. Namun sayangnya Serama tidak mampu untuk mengerami semua telur yang dihasilkannya. Postur tubuhnya yang mungil membuat telur yang dierami hangatnya tidak akan merata bila semua dierami. Maka solusinya dengan menitipkan pada indukan lain atau dimasukkan dalam mesin penetas telur.

Bagaimana mengatasi ayam serama yang tidak mau mengerami telurnya?

Terkadang ada serama yang tidak mau untuk mengerami maka perlu dibuatkan kotak tempat bertelur khusus untuk masing- masing betina, bila ada predator pengganggu usahakan dijauhkan, Bila tetap tak mau bertelur pasanglah kandang dari ram kawat disekitar kotak bertelur. Sediakan makanan secukupnya dan kurunglah selama 2 hari agar dia terbiasa. Setelah lewat 2 hari tunggu reaksinya. Bila masih tidak mau mengerami coba lagi dari proses pertama.

Pakan Ayam Serama

Untuk makanan ayam serama tidak begitu jauh berbeda dengan ayam jenis lainnya. Penggunaan voer atau BR. Hanya saja untuk Serama penggunaan voer seminimal mungkin karena bisa mengakibatkan kegemukan. Beras merah, jagung giling (sumber karbohidrat). Jagung berfungsi sebagai pembentuk cangkang telur. Untuk itu penting diberikan pada saat ayam betina memasuki masa reproduksi. Setiap 1 atau 2 hari sekali diberikan jangkrik 2 ekor dalam satu porsi. Tauge atau kecambah juga bagus untuk makanan tambahan saat masa subur Serama. Jangan lupa Vitamin E diberikan setiap hari. Penambahan konsentrat juga bagus  untuk tambahan nutrisi bagi ayam serama.

Untuk menghasilkan Serama unggulan diperlukan perkawinan silang antara beberapa jenis Serama. Bahkan ada yang menyilangkan dengan jenis ayam lain agar mempunyai perawakan yang bagus. Untuk mengetahui daftar harga terbaru ayam serama, silahkan buka di daftar harga ayam serama.

Kandang Ayam Serama

Kandang juga menjadi salah satu faktor keberhasilan untuk menciptakan keturunan ayam serama yang berkualitas. Kondisi kandang harus bersih dan nyaman. Supaya ayam serama tetap dalam kondisi sehat dan terhindar dari penyakit, tempatkan kandang di tempat yang terlindungi dari air hujan.
Bersihkan kotoran di kandang setiap har,. terutama pada tempat makan dan minum ayam serama. Gantilah air minum untuk ayam serama setiap hari dan juga bersihkan tempat minumnya.

Jual Ayam Serama 

Dalam berjualan ayam serama kita harus selalu meperhatikan beberapa aspek yang harus kita jaga terutama kesehatan ayam dan keselamatan ayam sampai di tujuan tempat pengiriman, karena dengan kesehatan ayam yang terjaga dengan baik,ini akan membuat para customer merasa percaya dengan ayam – ayam yang kita jual dalam keadaan sehat dan baik.

Ayam Serama Usia 3 Bulan
Ayam Serama Usia 3 Bulan

Harganya pun bervariasi tetapi banyak masyarakat mengatakan bahwa harga ayam serama memang terbilang relatif murah. Adapun harga ayam ayam kate yang ada ditempat kami sebagai berikut :

Harga Ayam Serama : 

1 Bln Rp125.000/ekor
2 Bln Rp150.000/ekor
3 Bln Rp200.000/ekor
4 Bln Rp250.000/ekor
5 Bln Rp300.000/ekor
Dewasa Rp450.000/ekor

Apabila Anda tertarik untuk memelihara ayam serama kami jualayamhias.com menyediakan. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
jual ayam serama, telur ayam serama, ternak ayam serama, ayam serama, peternak ayam serama

*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: