Cara Mengobati Penyakit Ayam di Cuaca Buruk dengan Kapsul Trimezyn

Indonesia adalah Negara Tropis yang memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Disaat perubahan musim terkadang membuat cuaca tidak baik yang mengakibatkan aktivitas sehari-hari terganggu, kondisi kesehatan pun juga terganggu, misalnya ketika musim pancaroba, banyak masyarakat yang menderita penyakit seperti flu dan batuk.

Hal ini dikarenakan cuaca yang tidak menentu, terkadang di waktu siang hari panas matahari menyengat, tetapi tiba-tiba hujan dan udara terasa dingin, cuaca inilah yang membuat kita sakit apalagi kalau daya tahan tubuh kita sedang menurun.

Cuaca seperti itu tidak hanya dirasakan oleh manusia, hewan-hewan pun juga bisa merasakan dampak dari musim pancaroba ini, ayam juga ikut merasakan dampaknya, banyak yang terserang penyakit karena musim ini.

Salah satu cara megantispasi agar ayam tidak mudah terserang penyakit yakni dengan menerapkan pola pemeliharaan yang baik | image 1Source: Nura Sikin
Salah satu cara megantispasi agar ayam tidak mudah terserang penyakit yakni dengan menerapkan pola pemeliharaan yang baik | image 1

Penyakit seperti Pullorum (Berak Putih), Kolera (Berak Hijau), Snot (Pilek) dan penyakit lainnya itu merupakan penyakit yang sering menyerang ayam ketika musim tidak menentu. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan produktivitas, diantaranya

Pengaruh Cuaca Buruk terhadap Kesehatan Ayam

  • Ketika sedang terjadi musim pancaroba, ayam merasa tidak nyaman berada didalam kandangnya, karena kebanyakan para peternak ayam membuat kandang dengan kondisi yang terbuka sehingga ayam bisa langsung merasakan hawa dingin maupun hawa panas sehingga ayam akan mudah terserang penyakit.
  • Kondisi air minum akan menurun kualitasnya, karena air akan lebih rentan terkena bakteri E-Coli. Bisa juga air itu terkontaminasi debu disekitar kandang ayam.
  • Kualitas ransum atau pakan ayam akan menurun, kondisi ini dikarenakan nutrisi dan protein yang ada dalam ransum tersebut rentan terkena jamur dan hewan-hewan serangga akan mudah menghinggapi pakan ayam itu.
Cuaca buruk menjadi salah satu pengaruh terhadap kesehatan ayam | image 2
Cuaca buruk menjadi salah satu pengaruh terhadap kesehatan ayam | image 2

Bagaimana agar Ayam tidak terserang Penyakit yang disebabkan Cuaca Buruk ? 

Pada umumnya ayam yang terserang penyakit akan diberikan obat khusus agar ayam kembali dalam keadaan sehat.

BACA JUGA:  Ayam Anda Cacingan?, Obati dengan Cara Ini! Manjur

Untuk jenis obat yang dapat diberikan pun ada antibiotik, anthelmintik dan antiprozoa biasanya memiliki nama merk yang berbeda – beda.

Selain obat berbahan dasar kimia, obat tradisional ayam sakit juga dapat direkomendasikan pemberian nya pada ternak ayam kampung anda.

Tetapi biasanya tidak sedikit peternak yang belum mengetahui cara pemberian yang tepat sesuai dengan penyakit yang diderita si ayam.

Sehingga akan mengakibatkan pengobatan yang kurang tepat bahkan penyakit yang diderita ayam tidak akan sembuh – sembuh. Maka dari itu kami harap peternak dapat memperhatikan pemberian obat yang tepat dan sesuai.

Baca juga : 6 Cara Mudah Ternak Ayam Kampung Super agar Cepat Besar

Salah satu hal terpenting agar ayam tidak mudah terserang penyakit yakni pemberian vaksin dan vitamin | image 3Source: Meilani Sawitri
Salah satu hal terpenting agar ayam tidak mudah terserang penyakit yakni pemberian vaksin dan vitamin | image 3

Adapun beberapa penyakit yang menyerang ayam ketika terjadi cuaca buruk seperti yang sudah kami tuliskan diatas, seperti :

  • Penyakit Korisa atau Pilek dan Snot
  • CRD atau Ngorok
  • Koler atau Berak hijau
  • Fowl Thypoid atau Mencret kuning
  • Pullorum atau Berak Kapur

Beberapa penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan Kapsul Trimezyn-s. Kapsul Trimezyn-s ini adalah jenis obat ayam yang berbentuk kapsul dan di produksi oleh salah satu perusahaan ternama.

Manfaat Kapsul Trimezyn bagi kesehatan Ayam | image 2Source: canva.com
Manfaat Kapsul Trimezyn bagi kesehatan Ayam | image 2

Apa itu Kapsul Trimezyn ?

Kapsul Trimezyn merupakan salah satu obat yang dapat menyembuhkan penyakit yang di derita ayam kampung super, seperti yang sudah dituliskan diatas. Obat ini cukup ampuh dan banyak dipakai oleh peternak di Indonesia.

Kandungan obat yang ada di dalam Kapsul Tirmezyn terdiri dari trimethoprim dan sulfadiazine. Kedua bahan ini termasuk golongan antiseptik yang berfungsi untuk menghancurkan bakteri.

Dalam bentuknya, obat ini ada yang berbentuk kapsul/ kaplet, serbuk dan cair. Obat ayam sakit tetelo, obat ayam lesu ngantuk dan obat ayam ngorok pun juga dapat diberikan kapsul trimezyn ini untuk menyembuhkan penyakit yang diderita si ayam

Penggunaan kapsul ini sudah banyak digunakan peternak Ayam di Indonesia | image 4Source: Tokopedia
Penggunaan kapsul ini sudah banyak digunakan peternak Ayam di Indonesia | image 4

Bagaimana Cara Penggunaan Obat Trimezyn ini ?

Dalam pemberian pada ternak ayam kampung super atau jenis ayam lainnya, Anda sebagai peternak harus memperhatikan dosis dan anjuran pemakaiannya.

BACA JUGA:  21 Jenis Tanaman Obat Herbal untuk Kesehatan Ayam Anda

Untuk cara penggunaannya peternak dapat langsung memberikannya dengan cara di lolohkan atau dicampur dengan pakan.

Dosis yang disarankan biasanya sudah tertera di kemasan. Atau lebih detail nya sebagai berikut ini :

  • Ayam Dewasa : sehari 1 kaplet untuk satu ekor ayam
  • Anak Ayam : sehari ½ kaplet untuk satu ekor anak ayam
Dalam penggunaanya sebaiknya peternak tetap memperhatikan anjuran pemakian agar pemberian tepat dan sesuai | image 5Source: Bukalapak
Dalam penggunaanya sebaiknya peternak tetap memperhatikan anjuran pemakian agar pemberian tepat dan sesuai | image 5

Untuk pemberiannya pada ayam yang sakit, peternak dapat memberikan 3 – 5 hari berturut – turut sampai ayam yang sakit tersebut sembuh.

Perlu diketahui apabila ayam tersebut akan di  potong usahakan agar menghentikan pemberian obat 5 hari sebelum ayam dipotong.

Hal tersebut dilakukan agar kandungan obat Tirmezy tidak ikut bercampur ke daging yang akan dikonsumsi oleh manusia.

Ayam yang sehat merupakan dambaan para peternak, karena ayam yang sehat akan menghasilkan kualitas daging yang berkualitas serta panenan yang sesuai target dan bobot.

Maka dari itu peternak harus selalu memperhatikan menejemen pemeliharaan yang baik. Penerapan pemeliharaan yang baik ini akan memberikan dampak positif bagi peternak dan ayam yang diternakkan.

Untuk mecegah terjadinya berbagai jenis penyakit ayam kampung super peternak perlu menjadwalkan pembersihan kandang, minimal 2 - 3 kali seminggu | image 6Source: Nura Sikin
Untuk mecegah terjadinya berbagai jenis penyakit ayam kampung super peternak perlu menjadwalkan pembersihan kandang, minimal 2 – 3 kali seminggu | image 6

Untuk menjaga kesehatan si ayam maka peternak harus selalu memperhatikan kebersihan kandang, minimal 2 – 3 kali seminggu kandang harus segera dibersihkan.

Selain itu kebersihan luar kandang atau lingkungan kandang juga dibersihkan. Pemberian pakan juga mempengaruhi pertumbuhan ayam.

Usahakan agar peternak juga memberikan vaksin serta vitamin. Hal ini bertujuan agar kesehatan ayam joper tetap terjaga dan melindungi dari serangan penyakit.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk beternak ayam kampung super. Silahkan dapat dipesan di jualayamhias.com. Kami menyediakan berbagai jenis bibit ayam usia baru saja menetas yang siap untuk diternakkan.

Untuk pengiriman kami siap mengirimkan pesanan hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk bibit yang kami kirimkan insyaAllah berkualitas baik dengan harga terjangkau.

BACA JUGA:  Cara Mencegah Terjadinya Wabah dengan Serbuk Therapy

Informasi lebih lengkap mengenai cara pemesanan, cara pemeliharaan dan dan pengiriman DOC dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (27 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: