Cara Merawat Ayam Hias Polan / Mahkota Anakan

Cara Merawat Ayam Hias Polan / Mahkota Anakan

Ayam Polan Abu-Abu

Ayam Polan adalah salah satu jenis ayam hias yang memiliki kelebihan diantaranya adalah memiliki jambul dikepalanya dengan bulu yang indah, berbeda-beda jenis, warna dan coraknya. Ayam polan saat ini banyak mulai banyak digemari oleh para penghobi. Hal ini karena bentuknya yang indah dan ukurannya pun lebih kecil dari ayam kampung biasa, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah.

Ayam Polan Abu-Abu

Ayam Polan Abu-Abu

Ciri khas ayam polan / mahkota diantaranya :

  • Di belakang jengger ayam polan terdapat jambul ataupun mahkota yang panjang dan lebat
  • Sedangkan untuk ayam polan betina, jengger tidak tampak karena kepalanya diliputi bulu mahkota berbentuk kribo
  • Pial ayam jantan polan berwarna merah dan tampak menggantung di dagu
  • Bobotnya sekitar 1,2 kg untuk ayam polan jantan, dan 0,9 kg untuk ayam polan betina

Varietas warna dari ayam polan ini sangatlah beragam. Ada yang polos hitam, polos putih, atau ada juga yang three color / tiga warna. Untuk harga saat ini, lebih mahal yang tiga warna karena memang tampil lebih indah.

Cara merawat ayam polan anakan :

  • Usahakan kandang ayam polan harus bersih, sebelum digunakan, kandang dapat dicuci terlebih dahulu lalu dikeringkan beberapa hari, atau bila perlu disemprot dengan obat suci hama.
  • Sebaiknya lobang lantai kandang dengan ukuran kecil, agar kaki anakan ayam polan tidak terjepit atau jatuh. Atau anda dapat melapisinya dengan koran.
  • Disisi kanan dan kiri kandang ayam polan sebaiknya dilapisi plastik yang bertujuan untuk menghindari tiupan angin secara langsung, karena angin terutama pada malam hari cukup berbahaya bagi anakan ayam, akan lebih baik jika kandang berada di ruangan tertutup dengan suhu yang stabil dan sirkulasi udara yang baik.
  • Untuk usia 1-3 bulan, berilah lampu bolam pijar dengan daya sekitar 40 watt agar memberi rasa hangat untuk anakan ayam polan.
  • Tempat pakan dan minum diletakkan menyilang dari lampu pemanas
  • Usahakan agar kandang anakan ayam polan dapat terkena sinar matahari, akan lebih baik jika sinar matahari di pagi hari karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.
  • Pakan diberikan dalam bentuk butiran yang kecil-kecil
  • Pemberian vitamin dan pemacu pertumbuhan dapat dicampur dalam air minumnya
  • Air minum gunakan air yang sudah matang / sudah dimasak

Silahkan bagi Anda yang ingin membeli ayam polan / mahkota berkualitas hubungi kami kapan saja, kami menyediakan ayam polan berbagai usia :

Call/SMS : 0812 2028 8686 

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : hobiternakmail@gmail.com

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: