Ayam Kalkun

8 Ciri-ciri Ayam Kalkun yang Sehat dan Berkualitas

Written by

Ayam kalkun merupakan jenis unggas yang memiliki ukuran tubuh cukup besar. Jenis ayam kalkun ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat diternakan untuk dijadikan sebagai ayam hias.

Namun karena ayam kalkun memiliki tubuh yang besar dan bogsor ternyata masyarakat tidak hanya menjadikannya sebagai ayam hias saja, melainkan ayam kalkun ini juga dijadikan sebagai ayam penghasil daging.

Ayam kalkun dikenal juga sebagai salah satu jenis unggas yang memiliki nilai gizi yang tinggi sumber protein yang banyak.

Ayam kalkun menjadi salah satu jenis ayam hias cantik yang banyak dipelihara oleh masyarakat | image 1
Ayam kalkun menjadi salah satu jenis ayam hias cantik yang banyak dipelihara oleh masyarakat | image 1

Untuk menghasilkan ayam kalkun yang tumbuh kembang dengan optimal, maka peternak perlu memperhatikan sistem pemeliharaan ayam kalkun.

Selain itu peternak pun juga harus mengetahui ciri-ciri kalkun yang sehat agar ketika ada kendala dalam menjalankan ternak ayam kalkun dapat menangani masalah yang terjadi.

Baca juga :

Ciri-ciri Ayam Kalkun yang Sehat

1. Bulu Ayam Kalkun Bersih & Bercahaya

Ayam kalkun yang sehat memiliki warna bulu yang cerah, bercahanya dan berkilau. Bulu kalkun yang sehat tidak akan terkualai, rontok dan tidak ada kutu atau parasit yang menempel.

2. Mata Bersih & Bersinar

Mata ayam kalkun yang sehat akan telihat bersih dan tidak ada kotoran di dalamnnya. Selain itu mata ayam kalkun yang sehat akan nampak bersinar dan tidak terdapat iritasu atau infeksi lainnya.

Salah satu ayam kalkun jenis Royal Palm yang memiliki bulu cerah dan mengkilap menandakan ayam kalkun tersebut sehat | image 2
Salah satu ayam kalkun jenis Royal Palm yang memiliki bulu cerah dan mengkilap menandakan ayam kalkun tersebut sehat | image 2

3. Hidung Ayam Kalkun Bersih

Hidung ayam kalkun dikatakan bersih jika tidak berair dan berlendir. Karena jika hidung kalkun bersih tentu menandakan bahwa kalkun tersebut bebas dari penyakit saluran pernafasan.

BACA JUGA:  Pengenalan dalam Ternak Ayam Kalkun

4. Suara Kalkun Keras dan Jelas

Tentu sudah kita ketahui bukan bahwa suara ayam kalkun ini cenderung keras dan jelas. Maka jika suara ayam kalkun tidak terlihat keras atau jelas besar kemungkinan kalkun tersebut sedang ada masalah pada saluran pernafasannya.

5. Tekstur & Kotoran Ayam Kalkun Normal

Kotoran ayam kalkun yang sehat akan cenderung berwarna cokelat dan padat. Apabila kotoran ayam kalkun berwarna hijau, kuning atau putih maka dipastikan ayam kalkun tersebut sedang sakit dan terdapat permasalahan pada bagian pencernaan.

Baca juga :

Ayam kalkun yang sehat akan selalu bergerak aktif dan lincah | image 3
Ayam kalkun yang sehat akan selalu bergerak aktif dan lincah | image 3

6. Kalkun terlihat Lincah & Aktif

Sebagian besar ayam kalkun melakukan aktifitasnya di tanah adapun jika kalkun diatas pohon pun dilakukan ketika daerahnya tidak aman, maka ayam kalkun akan bertengger diatas pohon.

Kalkun yang sehat akan menunjukan keaktifan dan keberaniannya dalam melakukan gerakan. Ayam yang terlihat lincah dan aktif cenderung terbebas dari serangan penyakit.

7. Memiliki Berat Badan yang Ideal

Berat badan ideal ayam kalkun ketika menginjak usia indukan yakni sekitar 5-8 kg/ekornya. Adapun untuk berat pada ideal pun juga dipengaruhi oleh usia ayam kalkun itu sendiri.

Jika berat badan ayam kalkun terlalu ringan atau terlalu berat dari ukuran normalnya maka kemungkinan ayam kalkun tersebut sedang sakit atau dipengaruhi oleh masalah kesehatan lainnya.

Agar tidak terkena penyakit usahakan ayam kalkun mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan bervitamin | image 4
Agar tidak terkena penyakit usahakan ayam kalkun mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan bervitamin | image 4

8. Nafsu Makan & Minum Normal

Ayam kalkun yang sehat akan memiliki nafsu makan dan minum yang baik. Untuk menjaga nafsu makan dan minum tetap baik maka peternak perlu juga memberikan pakan yang berkualitas serta rutin menganti minum di wadah.

Apabila ayam kalkun terlihat tidak mau makan atau minum peternak harus segera memberikan penanganan lebih lanjut dengan memberikan obat atau suplemen vitamin.

BACA JUGA:  Tahapan dalam Usaha Berternak Ayam Kalkun

Bagi Anda yang tertarik untuk ternak ayam kalkun kami menyediakan ayam kalkun mulai dari usia satu bulan hingga usia indukan dewasa. Pengiriman dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia dengan harga terjagkau dan ongkos kirim murah.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga kalkun terbaru, cara pemesanan, cara pengiriman dan keterangan lengkap lainnya hubungi nomor kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA ciri-ciri ayam kalkun yang sehat Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 ciri-ciri ayam kalkun yang sehat 8 Ciri-ciri Ayam Kalkun yang Sehat dan Berkualitas
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!