Galeri Foto Ayam Cemani Walik Terbaru

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Galeri Foto Ayam Cemani Walik Terbaru

Ayam Cemani Walik

Di Indonesia memiliki beberapa jenis ayam cemani, contohnya seperti ayam cemani rejeg wesi (bulu lidi), ayam cemani walik cemara, cemani walik dan lain sebagainya.

Ayam cemani di bedakan menjadi beberapa macam :

1. Bulu biasa
yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bulu biasa berwarna hitam sama seperti ayam pada umumnya.
2. Bulu Walik
yaitu jenis ayam cemani yang memiliki blu terbalik atau menyingkap terbalik
3. Cemani Rajeg (bulu besi/bulu lidi)
yaitu jenis ayam cemani yang memiliki bulu seperti lidi atau besi.
4. Cemani Putih/Klawu
yaitu jenis ayam cemani yang memiliki jengger mirip seperti mahkota.

Asal-usul ayam cemani

Ayam Cemani Walik Umur 5 Bulan
Ayam Cemani Walik

Ayam cemani berasal dari Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jenis ayam ini sudah hadir sejak zaman kerajaan Majapahit. Dahulu ayam cemani pertama kali di temukan oleh Ki Ageng Mangkuhan. Namun, pada waktu itu ayam cemani masih memiliki prauh berwarna putih. Waktu itu ayam cemani di gunakan oleh Ki Ageng untuk mengobati penyakit anak pejabat di daerahnya. Menurut cerita setelah anak itu di obati menggunakan ayam cemani anak tersebut langsung sembuh. Namun kita harus lebih selektif lagi karena sembuh atau tidaknya kita saat sedang sakit adalah kehendak Allah SWT. Jangan sampai dengan banyak mitos mengenai ayam cemani untuk pengobatan dapat menjadikan kita musyrik.

Persamaan ayam cemani walik dengan ayam cemani biasa

Sebenarnya ayam ini hampir mirip dengan ayam cemani, warna bulu diseluruh tubuhnya berwarna hitam, serta warna paruh, dubur, ketiak, kaki, tenggorokan dan jengger juga berwarna hitam yang membedakan dengan ayam cemani biasa adalah pada bulunya, ayam Cemani Walik memiliki bulu yang menghadap keatas seperti kebalik.

Dari bulu khas yang cemani walik miliki menjadi daya tarik bagi para penghobi ayam untuk memeliharanya. Dengan bulu yang khas dan seluruh warnanya yang hitam menjadi keunikan tersendiri. Banyak para penghobi ayam di Indonesia yang menjadikan ayam cemani walik sebagai ayam hias.

Berikut adalah daftar harga ayam cemani walik di jualayamhias.com :

Cemani Walik
1 Bln Rp175.000/ekor
2 Bln Rp250.000/ekor
3 Bln Rp350.000/ekor
4 Bln Rp500.000/ekor
5 Bln Rp600.000/ekor
Dewasa Rp875.000/ekor
*Tidak melayani permintaan Cemani untuk ritual, pengobatan dan sejenisnya

Pakan untuk ayam cemani walik sama seperti ayam cemani biasa

Ayam cemani walik sama seperti ayam cemani biasa dari segi warnanya dan pakannya juga. Untuk ayam cemani pakan yang bisa Anda berikan untuk ayam cemani walik yaitu yang mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak mineral dan vitamin.

Pakan ayam butiran

Pakan ayam butiran merupakan jenis pakan yang tersaji namun dalam bentuk butiran. Contohnya seperti gabah, beras, jagung, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Bentuk pakan ayam butiran ini dapat Anda berikan 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. Untuk komposisinya pada saat pagi hari 1 ekor cemani usia dewasa yaitu 20-25 gram dan saat sore hari bisa lebih banyak yaitu sekitar 30-35 gram. Fungsi lebih banyaknya pemberian pakan pada sore hari yaitu agar pada saat ayam akan istirahat masih dalam keadaan kenyang.

Pakan ayam tepung

Bentuk pakan ayam tepung merupakan campuran dari bahan-bahan yang sudah di giling. Tujuan pakan di giling adalah agar ayam dapat dengan mudah di cerna oleh perut. Bahan-bahan yang biasanya di campur adalah tepung ikan, tepung kacang-kacangan atau tepung daging. Meskipun sudah di beri pakan tepung biasanya agar lebih lengkap peternak menambahkan sayur-sayuran yang di cacah.

Kandang untuk ayam cemani walik

Saat ayam cemani masih berusia 1 hari atau baru saja menetas maka dapat di masukkan ke dalam boks yang berpenghangat. Setelah itu saat ayam berusia 3 minggu maka bisa di pindahkan ke kadang pembesaran. Ketika ayam cemani siap untuk di kembangbiakan maka cemani dapat dipindahkan ke dalam kandang khusus. 

Cara mengawinkan ayam cemani

Ayam cemani yang sudah berusia dewasa sudah bisa di kawinkan. Cara mengawinkan ayam cemani dapat dengan 2 cara yaitu alami atau buatan (inseminasi). Komposisinya yaitu 5 ekor ayam betina dan 1 ekor ayam jantan atau 1 ekor betina dan 1 ekor jantan. Apabila ayam betina sudah di buahi maka sudah bisa di keluarkan dan di ganti dengan ayam betina yang lain.

Manfaat ayam cemani

Ada dari sebagian orang yang menggunakan ayam cemani untuk tujuan ritual, sesajen, persembahan, upacara adat dan pengobatan. Semua manfaat tersebut sebenarnya sudah kepercayaan turun temurun di mana pada saat itu belum ada ajaran tentang agama. Semoga kepercayaan tersebut lama kelamaan akan hilang di kalangan masyarakat, karena kepercayaan ini hal yang salah. Terlepas dari mitos-mitos yang sudah beredar semoga kita dapat mengambil hikmahnya dan jangan sampai kita percaya sampai membuat kita menjadi syirik. Biasanya para pembeli mencari ayam cemani ini untuk di ternak atau hanya sebagai hobi saja. 

Berikut adalah contoh foto-foto ayam cemani walik :

 

Ayam Cemani Walik Usia 1 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 1 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 2,5 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 2,5 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 3 Bulan

Cemani Walik Usia 3 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 4 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 4 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 4 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 4 Bulan

Cemani Walik Usia 4 Bulan

Cemani Walik Usia 4 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 4 Bulan

Ayam Cemani Walik Usia 4 Bulan

Ayam Cemani Walik Dewasa Jantan

Ayam Cemani Walik Dewasa Jantan

Ayam Cemani Walik Dewasa Jantan

Cemani Walik Dewasa Jantan

Ayam Cemani Walik Dewasa

Ayam Cemani Walik Dewasa

Ayam Cemani Walik Dewasa

Ayam Cemani Walik Dewasa

Kaki Ayam Cemani Walik

Kaki Ayam Cemani Walik

 

Di atas adalah  contoh-contoh foto ayam cemani walik di jualayamhias.com . Cemani walik kami di gunakan untuk diternak atau sebagai hobi saja bukan untuk digunakan keperluan lain atau ritual-ritual. 

Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam cemani walik kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam cemani walik dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
Ayam Hias, Ayam Cemani, Ayam Cemani Walik, Galeri Foto Ayam Cemani Walik, Ternak Cemani Walik, Jual Ayam Cemani Walik, Harga Ayam Cemani Walik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: