Galeri Foto Ayam Serama Terbaru Serta Cara Pemeliharaan Ayam Serama yang Baik dan Benar

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Galeri Foto Ayam Serama Terbaru Serta Cara Pemeliharaan Ayam Serama yang Baik dan Benar

Ayam Serama

Galeri Foto Ayam Hias Serama –  Ayam kate ini banyak diminati oleh masyarakat luas dikarenakan mempunyai corak yang sangat khas sekali.Ayam serama adalah ayam kate terkecil di dunia, postur tubuhnya kecil dan pendek seperti ayam kate. Ayam serama ini konon katanya berasal dari Negeri Malaysia.  Mulai dari corak bulu yang sangat menawan, postur tubuh yang tegak hampir 90 derajat, dan posisi dada yang sedikit diangkat keatas menambah ketegasan ayam kate serama ini.

Ayam serama ini dapat tumbuh hingga umur 15 tahun. Untuk berat ideal ayam kate serama ini kisaran 300 – 500 gram atau 1/2 kg.Rata – rata untuk ukuran tinggi ayam ini  sekitar 20 – 25 cm.  Ciri ayam kate serama yang sangat cantik terdapat pada ekor yang menjulang keatas dan kepak sayap lurus kebawah. Jenis ayam ini termasuk kedalam hewan peliharaan yang sangat jinak, manja dan mengenal pemeliharaanya. Ayam ini juga memiliki gelagat layaknya seorang sedang fashion show, mampu berjalan maju dan mundur kebelakang.

Ayam serama sering dijuluki sebagai ayam sombong, sebab dijulukiny ayam sombong karena ayam serama memiliki ciri khas dada yang membusung ke depan, dengan sayap yang besar sehingga seperti memamerkan tubuhnya yang terlihat gagah.Dengan ciri khas ayam kate serama seperti ini siapa yang tidak terpikat hatinya untuk memiliki dan memelihara ayam kate serama. Masyarakat Indonesia pun banyak meminati jenis ayam ini.Maka haga dipasaran pun cukup membuat mata terkejut.Ayam Serama dari Negeri Jiran

Baca selanjutnya di : 

Ayam serama memiliki kelebihan dibanding dengan ayam lainnya, jenis ayam ini sering dijadikan ajang perlombaan bagi sebagaian pecinta ayam hias. Para pecinta ayam seram ini memanfaatkan ciri ayam ini untuk dipentaskan atau diperlombakan, penilaian nya dapat dilihat dari postur tubuh dan ketegasan pada gaya ayam serama. Gaya pada ayam serama ini dapat dilihat dari dadanya yang maju melebihi kepala, dengan hal ini semakin maju dada pada ayam serama hiagga melebihi kepala ayam akan menambah penilainnya menjadi lebih bagus.

Bagaimana Caranya Beternak Ayam Hias Serama yang Mudah

1. Pemilihan indukan

Kualitas ayam serama dipingaruhi oleh indukan ayam serama, ayam serama yang unggul berasal dari indukan ayam serama yang baik dan sehat. Dalam beternak ayam serama peternak harus memastikan bahwa ayam serama yang akan diternakkan dalam keadaan baik. Berikut tips memilih indukan serama :

  • Dalam memilih ayam serama betina dan jantan minimal berumur 1 tahun
  • Memiliki tubuh yang agak besar
  • Memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak terdapat cacat baik mental maupun fisik

2. Persiapan Kandang

"Kandang

*Sumber gambar

Dalam pembuatan kandang ayam serama sebaiknya peternak membuat kandang dengan ukuran yang cukup luas. Karena dengan pembuatan kandang yang sempit akan membuat ayam serama tidak dapat bergerak secara bebas. Alangkah baiknya jika dalam pembuatan kandang ayam serama dibuat dengan desain yang unik dan bagus agar membuat ayam serama semakin indah jika dipandang.

3. Pemberian Pakan

Pakan ayam serama sama dengan pakan ayam pada umumnya. Untuk pakan ayam haruslah mengandung gizi yang baik agar pertumbuhan ayam serama menjadi lebih baik dan unggul. Pakan untuk ayam super terdiri dari dedak yang dicampur dengan jagung.

4. Pengawinan Ayam

Untuk teknik pengawinan bisa dilakukan dengan cara teknik kawin gilir yaitu dengan satu ayam betina melayani 3 ayam pejantan, teknik ini dilakukan agar memperoleh hasil yang maksimal dalam dunia peternakan.

5. Pengeraman dan Penetasan

Ayam serama dapat menghasilkan telur sebanyak 15 – 20 butir. Jumlah tersebut bukanlah jumlah yang sedikit, melihat ukuran ayam serama yang kecil tidak mampu menutupi semua telur dengan badanya, sebaiknya telur ayam serama sebagian dititipkan ke ayam lain yang sedang mengeram.

Selain mengguinakan metode alami, peternak juga dapat dengan mudah menggunakan metode dengan car menggunakan mesin penetas. Faktor yang mempengaruhi suksesnya dalam penetasaan ayam serama adalah suhu dan kelembaban. Suhu yang baik untuk ayam serama adalah 37,5 – 38 derajat celcius.

Untuk kelembaban pada telur ayam serama saat memasuki minggu pertama sekitar 65 – 70% saat memasuki umur telur kurang dari 2 – 3 hari menjelang penetasan kelembaban yang baik berkisar 95 -100%. Bila kondisi udara di dalam kandang terlalu kering, akan mengakibatkan kulit telur menjadi lebih keras hal ini akan mengakibatkan ayam akan sulit memecah cangkakg telur.

6.Melatih Mental Ayam 

Ayam serama sering dijadikan sebagai ayam hias bahakan untuk saat ini sering diberlakukan sebagai ayam kontes. Ayam jenis ini sering di adu dalam sebuah kompetisi. Dengan demikian ayam serama harus diberi pelatihan agar mental dari ayam serama dapat tumbuh dan dapat tampil prima saat di atas panggung.

Dalam melatih ayam serama dapat menggunakan panggung berkarpet dengan meja didepannya yang diberi karpet hijau.

Gallery Foto Ayam Hias Serama

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam serama, kami menyediakan telur ayam serama yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam serama kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam serama dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Email :hobiternakmail@gmail.com

*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Galeri Foto Ayam Serama
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: